Senin, 28 Februari 2011

Autoimmune Hepatitis

Autoimmune Hepatitis
Fungsi Hati

Hati adalah "kamar mesin" tubuh. Ia memainkan peran yang penting dalam pencernaan, ia membuat ratusan komponen-komponen (misal kebanyakan protein-protein darah) yang penting untuk kehidupan, ia adalah tempat utama produksi energi dan bekerja sebagai gudang energi, dan ia membantu dalam pengeluaran senyawa-senyawa racun dari darah.

Hati manusia terdiri dari dua segmen-segmen utama atau lobes: lobe kanan yang besar dan lobe kiri yang lebih kecil. Ia mendekap terhadap diaphragm dibawah sangkar tulang rusuk dibagian kanan atas dari perut. Pada kaum dewasa, ia seberat kira-kira 2-3 lbs (1.0-1.5 kg) dan mempertahankan ukurannya pada proporsi yang relatif konstan pada berat badan, meningkat atau berkurang dalam ukuran ketika kita menambah atau kehilangan berat badan. Ini mewakili kapasitas berlebihan yang besar terhadap apa yang sebenarnya diperlukan untuk menopang kehidupan, dan kita kenyataannya dapat memanage cukup baik dengan hanya kira-kira 20-30% dari hati-hati kita yang berfungsi secara normal. Ia adalah organ yang sungguh kuat. Ketika rusak, dan jika kerusakan dapat dihentikan, atau ketika sebagian dikeluarkan secara operasi, ia adalah satu-satunya organ yang mempunyai kemampuan untuk meregenerasi dirinya sepenuhnya ke ukuran benar yang tepat.

Hati membantu pencernaan dengan menghasilkan empedu, cairan yang berwarna coklat-orange yang adalah campuran dari kolesterol, beragam protein-protein dan yang disebut garam-garam empedu - yang adalah detergent-detergent yang sangat kuat. Warnanya disebabkan oleh kehadiran dari bilirubin, yang adalah produk pembuangan yang dibentuk dari haemoglobin (protein pembawa oksigen utama dalam sel-sel darah merah) ketika sel-sel darah merah tua diuraikan. Empedu dikeluarkan via saluran-saluran empedu dan disimpan dalam kantong empedu, dari mana ia kemudian dikeluarkan kedalam duodenum (bagia pertama dari usus-usus) ketika diperlukan. Makanan-makanan berlemak yang memasuki duodenum dari lambung dibuat lebih mudah dicerna dengan emulsifikasi oleh garam-garam empedu. Bilirubin dan produk-produk uraiannya adalah pigmen-pigmen yang memberikan feces-feces warna normal coklat mereka. Adalah juga pigmen yang membuat kulit berubah kuning pada orang-orang yang jaundiced. Ini karena, ketika hati rusak, empedu seringkali tidak dapat dikeluarkan secara benar dan bilirubin cenderung berakumulasi dalam darah.
Definisi Auto-Immune Hepatitis

Maksudnya, ia adalah penyakit dimana tubuh "menolak" hatinya sendiri. Sistim imun tubuh didisain normalnya untuk melawan infeksi. Ketika kita terinfeksi oleh, katakan, virus, sel-sel darah putih khusus menyerang organisme yang menginfeksi dan mengeliminasinya secara langsung atau menghasilkan protein-protein yang dikenal sebagai antibodi-antibodi yang secara khusus mengenali dan membantu menghancurkan organisme. Cukup sering, infeksi-infeksi disertai oleh beberapa (biasanya cukup minor) kerusakan "yang kebetulan" pada jaringan-jaringan yang sehat, oleh sel-sel darah putih sendiri atau melalui produksi dari antibodi-antibodi (dikenal sebagai auto antibodies) terhadap jaringan-jaringan tubuh sendiri. Hal yang sama dapat terjadi ketika jaringan-jaringan dirusak oleh senyawa-senyawa kimia (seperti beberapa tipe-tipe dari obat-obat). Dengan kata-kata lain, kita semua berada dalam keadaan "autoimmunity", namun pada kebanyakan orang-orang ada mekanisme yang mematikan (atau mengontrol) reaksi-reaksi autoimmune oleh sistim-sistim imun kita terhadap jaringan-jaringan kita sendiri. Pada orang-orang dengan AIH, nampaknya bahwa mereka dilahirkan dengan (atau mengembangkan) kerusakan-kerusakan pada sistim kontrol ini sehingga mereka tidak dapat mematikan serangan autoimmune terhadap hati-hati mereka sendiri. Kerusakan-kerusakan serupa nampak hadir pada orang-orang dengan penyakit-penyakit autoimmune dari organ-organ lain, seperti penyakit autoimmune tiroid, myasthenia gravis (yang mempengaruhi syaraf-syaraf dan otot-otot), rheumatoid arthritis (yang mempengaruhi sendi-sendi), dan beberapa bentuk-bentuk dari diabetes.

Mengapa hanya beberapa jaringan-jaringan yang terpengaruh, misalnya hati pada AIH, dan tidak yang lain-lainnya ? Ini karena mekanisme kontrol adalah sangat kompleks. Nampaknya bahwa ia mempunyai beberapa komponen-komponen, beberapa yang mempunyai efek "dampening down" umum pada sistim imun dan lain-lain yang mengontrol reaksi-reaksi secara terpisah terhadap setiap dari jaringan-jaringan yang berbeda dalam tubuh. Unutk mengembangkan penyakit autoimmune yang mempengaruhi hanya (atau terutama) satu organ, adalah mungkin bahwa bagian-bagian kontrol umum tidak bekerja secara benar dan bahwa ada kerusakan-kerusakan tambahan pada salah satu dari bagian-bagian yang mengontrol reaksi-reaksi terhadap setiap jaringan secara terpisah.
Tipe-Tipe Yang Berbeda Dari Autoimmune Hepatitis

Hingga beberapa tahun yang lalu, penyelidik-penyelidik yang melakukan penelitian pada AIH mengelompokan penyakit menurut tipe-tipe yang berbeda dari auto antibodies yang ditemukan dalam darah dari pasien-pasien. Pasien-pasien dengan antinuclear (ANA) atau smooth muscle (SMA) auto antibodies, atau kedua-duanya, dikatakan mempunyai AIH tipe 1 dan mereka yang tidak mempunyai ini namun mempunyai apa yang disebut liver-kidney microsomal antibodies (LKM1) dikatakan empunyai penyakit tipe 2. Kira-kira 95% dari orang-orang dengan AIH, yang melingkupi semua batasan umur dari laki-laki dan wanita-wanita, mempunyai tipe 1. Paisen-pasien tipe 2 terdiri dari kelompok kecil dari (biasanya) wanita-wanita muda dengan penyakit yang parah. Belakangan, dikenali bahwa beberapa pasien-pasien tidak mempunyai satupun dari ketiga antibodies ini namun mempnyai auto antibodies lain yang sedang ditemukan. Ini diklasifikasikan sebagai mempunyai AIH tipe 3 dan subdivisi-subdivis lain disarankan berdasarkan auto antibodies lain yang ditemukan. Pengalaman dan penelitian lebih lanjut telah menunjukan bahwa keparahan penyakit lebih dihubungkan pada umur ketika ia berkembang (lihat bagian keempat) daripada pada tipe dari auto antibodies dan bahwa, paling sedikit dari pandangan klinis, ada sedikit perbedaan antara tipe-tipe yang berbeda atau sub-tipe. Semua tipe-tipe merespon pada perawatan standard (lihat bagian ke delapan) pada kebanyakan kasus-kasus dan tidak ada banyak perbedaan pada hasil akhir jangka panjang. Meskipun demikian, istilah-istilah tipe 1 dan tipe 2 masih umum digunakan karena dirasakan bahwa mekanisme-mekanisme dari kerusakan hati mungkin berbeda pada kedua tipe-tipe ini - meskipun respon pada perawatan dan hasil akhir adalah serupa.

Siapa Yang Lebih Banyak Dipengaruhi, Laki-Laki Atau Wanita-Wanita ?

Seperti kebanyakan penyakit-penyakit autoimmune, ia terutama mempengaruhi wanita-wanita (hanya kira-kira 20% dari orang-orang dengan AIH adalah laki-laki). Ia dapat berkembang pada segala umur namun mayoritas yang besar dari orang-orang dengan AIH mengembangkan penyakit antara umur antara 50 dan 70 tahun (seringkali sekitar menopause pada wanita-wanita). Ia cenderung menjadi lebih parah pada orang-orang yang lebih muda. Orang-orang yang lebih tua umumnya mempunyai bentuk yang lebih ringan yang seringkali lebih mudah dikontrol dengan perawatan (lihat bagian ia dirawat).

Berapa Banyak Yang Diketahui Dari Penyakit Ini ?

Cukup banyak benar-benar - paling sedikit berkenaan dengan tanda-tanda dan gejala-gejalanya dan bagaimana untuk mendiagnosa dan merawatnya. Diketahui bahwa orang-orang dengan AIH nampaknya mempunyai kecenderungan genetik pada penyakit dan bahwa kemungkinan ada sesuatu, seperti infeksi virus dari hati (yang mungkin tidak terdeteksi), yang diperlukan untuk memicu reaksi autoimmune pada tempat pertama (yang mungkin menerangkan mengapa kebanyakan orang-orang tidak mempunya penyakit dari kelahiran, meskipun mereka dilahirkan dengan kerusakan-kerusakan). Bagaimanpun, sifat yang tepat dari kerusakan-kerusakan, atau bagaimana untuk mengkoreksi mereka secara permanen, atau bagaimana kerusakan hati sebenarnya disebabkan, masih tidak diketahui.
Apakah Dia Penyakit Yang Umum Atau Jarang, Penyakit Yang Sangat Jarang Ditemukan ?

Ia nampaknya cukup jarang, namun kita benar-benar tidak tahu berapa umum ia adanya. Perkiraan-perkiraan kasar menyarankan bahwa mungkin di suatu tempat antara 6,000 dan 10,000 orang-orang yang terpengaruh di Inggris. Bagaimanpun, sekarang diketahui bahwa banyak orang-orang mungkin tidak mempunyai gejala-gejala untuk periode-periode yang panjang dan adalah mungkin bahwa banyak dari yang mempunyai penyakit yang ringan mungkin tidak pernah didoagnosa sebagai mempunyai AIH. Pada beberapa negara-negara dimana penyakit-penyakit lain dari hati (seperti hepatitis virus yang kronis) adalah sangat umum, kondisi-kondisi ini mungkin menyembunyikan AIH dan ia mungkin tidak ditemukan.
Tipe-Tipe Persoalan-Persoalan Yang Mungkin Terjadi Dengan Tipe Penyakit Ini

Mayoritas besar dari orang-orang dengan AIH merespon baik pada perawatan dan merasa cukup baik kebanyakan waktu. Persoalan utama yang dikeluhkan oleh beberapa orang-orang adalah perasaan agak lelah dari waktu ke waktu. Juga, untuk sebab-sebab yang tidak dimengerti, pada beberapa orang-orang penyakitnya berlanjut ke cirrhosis meskipun tampaknya dengan pengontrolan yang cukup dengan perawatan. Cirrhosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan endapan dari jaringan parut pada hati (apapun penyebabnya). Ini mungkin menyajikan persoalan-persoalan sendirinya, satu yang utama adalah peningkatan tekanan pada pembuluh-pembuluh darah yang menuju ke hati (portal hypertension) yang, pada gilirannya, mungkin menjurus pada perkembangan dari varicose veins (varices) pada lambung dan sekitar ujung bawah dari oesophagus, yang mungkin berdarah. Pada sisi lain, diketahui bahwa orang-orang dapat mempunyai cirrhosis untuk 20 atau 30 tahun tanpa mengembangkan persoalan-persoalan seperti itu, jadi mereka mungkin tidak pernah timbul. Persoalan-persoalan lain yang dapat berkembang mungkin disebabkan oleh obat-obat yang digunakan untuk mengontrol penyakit, namun pada kebanyakan kasus-kasus ini adala tidak serius. Kira-kira 50% dari orang-orang menemukan bahwa mereka menambah berat badan ketika mereka pertama kali mulai mengambil steroid-steroid. Pada kira-kira 20% dari ini, penambahan berat badan yang berlebihan menyebabkan peningkatan pada tekanan darah (yang mungkin memerlukan perawatan). Steroid-steroid dapat juga menjurus pada perkembangan dari diabetes atau osteoporosis (penipisan tulang-tulang) namun, sekali lagi, pada dosis yang cukup rendah yang biasanya diperlukan untuk mempertahankan remisi, komplikasi-komplikasi ini adalah relatif jarang. Kira-kira 10% dari orang-orang tidak dapat mentolerir azathioprine, karena mereka mengembangkan ruam, atau ia mengganggu lambung-lambung mereka, atau ia mempengaruhi sel-sel darah putih mereka. Pada kasus-kasus ini, dosis-dosis yang sedikit lebih tinggi dari steroid-steroid mungkin diperlukan untuk mempertahankan remisi.
Bagaimama Dia Dirawat ?

AIH adalah salah satu penyakit-penyakit hati kronis yang sangat sedikit yang dapat secara sangat efektif dirawat dengan hanya terapi pengobatan pada mayoritas yang besar dari kasus-kasus. Corticosteroids (biasanya prednisone atau prednisolone) adalah perawatan standar. Azathioprine seringkali juga digunakan, karena ini mempunyai efek tambahan yang mengizinkan dosis-dosis yang lebih rendah dari steroids untuk digunakan, namun kira-kira 10% dari orang-orang tidak dapat mentolerir azathioprine untuk berbagai sebab-sebab. Pada awalnya, dosis-dosis tinggi yang sedang dari steroids diperlukan untuk beberapa minggu atau bulan untuk mendapatkan penyakit dibawah kontrol secepatnya. Sesudah itu, dan terutama jika azathioprine ditolerir, dosis steroid dapat seringkali dikurangi ke tingkat-tingkat yang cukup rendah. Tiga studi baru-baru ini (di Amerika, Sweden dan Germany) telah mengindikasikan bahwa, untuk kebanyakan orang-orang dengan AIH yang penyakitnya terkontrol dengan baik, harapan hidup tidak berbeda secara signifikan dari sisa populasi. Hal yang penting adalah mengambil tablet-tablet tepat seperti yang dresepkan oleh dokter.
Kerja Obat-Obat Dan Bagaimana Mereka Membantu

Dua obat-obat utama, corticosteroids dan azathioprine, mengurangi reaksi autoimmune. Dalam arti, mereka beraksi sebagai obat-obat "anti-penolakan" dan sesungguhnya mereka juga digunakan (diantara obat-obat lain) untuk mencegah penolakan setelah transplantasi. Obat-obat "anti-penolakan" yang lain, yang lebih baru menunjukan janji untuk orang-orang yang tidak merespon pada perawatan standar ini.
Akankah Saya Lepas Dari Obat-Obat ? Mengapa ?

Ini akan tergantung sebagian pada berapa parahnya penyakit anda pada pokoknya dan berapa baik (berapa cepat) ia merespon pada perawatan. Seperti tercatat diatas, mayoritas besar dari orang-orang merespon cukup cepat dan penyakit mereka mulai terkontrol dalam waktu beberapa bulan pada perawatan, namun nampaknya memakan waktu paling sedikit satu tahun, adakalanya beberapa tahun, untuk mendapatkannya dibawah kontrol sepenuhnya (artinya memasuki remisi sepenuhnya). Sesudah itu, adalah mungkin untuk menghentikan perawatan, namun bukti yang ada mengindikasikan bahwa hanya kira-kira 20-30% dari orang-orang dapat tetap bebas dari obat-obat untuk periode-periode yang panjang. Selalu ada kemungkinan bahwa penyakit mungkin kembali (relapse), bahkan bertahun-tahun setelah menghentikan perawatan. Bagaimanapun, jika ia kembali, ia dapat biasanya dikontrol lagi dengan perawatan standar.

Apa Yang Saya Boleh Dan Tidak Boleh Lakukan Jika Saya Mempunyai AIH

Jika penyakit anda terkontrol dengan baik pada perawatan, sebenarnya ada sedikit saja yang anda tidak dapat lakukan. Bagaimanpun, anda harus umumnya menghindari alokohol. Satu gelas wine atau setengah pint bier pada kejadian-kejadian khusus mungkin tidak membahayakan anda, namun ini harus benar-benar "adakalanya" (artinya tidak lebih dari satu kali per bulan). Pada sisi lain, jika AIH anda tidak terkontrol sepenuhnya, anda dapat lalukan apa saja yang anda ingin lakukan namun anda harus menghindari alkohol sepenuhnya. Dokter anda adalah orang yang terbaik untuk menasehati anda pada hal ini.
Akankah Transplantasi Diperlukan ?

Ini akan tergantung pada apakah penyakit anda merespon secara cukup memuaskan pada perawatan. Seperti disebutkan diatas, mayoritas besar dari orang-orang dengan AIH merespon dengan baik dan oleh karenanya tidak pernah memerlukan transplantasi. Sejumlah kecil orang-orang yang mungkin memerlukan transplantasi adalah mereka yang dengan penyakit yang parah yang tidak merespon secara cukup cepat pada pengobatan dan beberapa yang dengan penyakit yang berkepanjangan yang telah berlanjut ke titik dimana tidak cukup hati tertinggal untuk mempertahnkan kehidupan atau yang telah mengembangkan komnplikasi-komplikasi yang serius.
Angka Kelangsungan Hidup Dari Transplantasi

Karena perbaikan-pebaikan pada operasi (dan pada obat-obat yang digunakan untuk mencegah penolakan) melalui waktu 5-10 tahun yang lalu, angka-angka kelangsungan hidup biasanya diperhitungkan untuk hanya 5 tahun (karena dokter-dokter masih belum mempunyai cukup pengalaman dengan perkembangan-perkembangan baru ini melalui periode-periode yang lebih panjang). Juga, karena begitu sedikit orang-orang dengan AIH yang memerlukan transplantasi-transplantasi hati, pengalaman masih cukup terbatas. Kabar baiknya adalah bahwa, diantara pusat-pusat diseluruh dunia dimana kebanyakan transplantasi-transplantasi hati untuk AIH dilakukan, kelangsungan hidup 5 tahun sekarang ini adalah kira-kira 80-90%.
Jika Transplantasi Diperlukan, Akankah Penyakitnya Kembali ?

Sayangnya, ya ia dapat kembali. Bagaimanapun, obat-obat yang digunakan untuk mencegah penolakan dapat juga membantu mengontrol AIH dan biasanya hanya ketika obat-obat ini dikurangi ke dosis-dosis yang rendah atau dihentikan bersama penyakitnya kembali. Namun, jika ia kembali, ia dapat seringkali dikontrol lagi dengan terapi standar.
Mengapa Dia kembali ?

Kemungkinan karena transplantasi tidak menyembuhkan kerusakan-kerusakan genetik dasar yang berhubungan dengan kontrol dari reaksi autoimmune.
Kesempatan-Kesempatan Kembalinya Penyakit

Ini benar-benar tidak diketahui, karena angka-angka dari orang-orang dengan AIH yang memerlukan transplantasi adalah begitu kecil dan masih tidak ada pengalaman yang cukup berjangka panjang untuk membuat perhitungan-perhitungan ini.
Apa Yang Terjadi Setelah Transplantasi, Apa Langkah Selanjutnya ?

Ini tergantung pada berapa baiknya transplantasi berjalan. Bagaimanapun, kebanyakan orang-orang yang ditransplantasikan untuk AIH berjalan dengan baik dan menjalankan hampir kehidupan-kehidupan yang normal - bahkan pada jangkauan dari adakalanya bertanding pada Transplant Olympics !!!
Obat-Obat Yang Diperlukan Untuk Menghentikan Penolakan

Sebelumnya, obat-obat utama yang digunakan adalah steroid-steroid, azathioprine dan cyclosporine, pada beragam kombinasi-kombinasi. Bagaimanpun, pada tahun-tahun baru-baru ini tacrolimus sedang secara meningkat digunakan pada efek yang besar dan obat-obat yang lain, lebih baru seperti mycophenolate juga memberikan hasil-hasil yang menjanjikan.
Jika Saya Mempunyai AIH, Dapatkah Saya Mempunyai Anak-Anak ?

Jika anda adalah seorang laki, seharusnya tidak ada masalah. Jika anda adalah seorang wanita, itu akan tergantung pada seberapa baiknya penyakit anda terkontrol dan komplikasi-komplikasi apa (jika ada) yang telah dikembangkan oleh anda. Dokter anda adalah orang yang terbaik untuk menasehati anda pada ini. Jika penyakit anda aktif, anda mungkin menemukan bahwa anda tidak dapat menjadi hamil karena penyakit yang aktif dapat mempengaruhi ovulasi. Studi-studi baru-baru ini telah menunjukan bahwa wanita-wanita yang lebih muda dengan AIH yang penyakitnya dalam remisi cukup sering menjadi hamil. Kebanyakan tidak mempunyai persoalan-persoalan utama selama kehamilan-kehamilan mereka dan mempunyai bayi-bayi sehat yang normal. Bagaimanapun, untuk sebab-sebab yang tidak dimengerti, beberapa wanita-wanita kambuh (relapse) selama kehamilan-kehamilan mereka dan yang lain-lain kambuh dalam beberapa bulan setelah kelahiran, bahkan jika mereka telah meneruskan seluruh perawatan obat mereka yang normal. Oleh karenanya, adalah penting untuk mempunyai check-ups yang sangat teratur selama kehamilan dan setelah kelahiran, dan untuk mengenali bahwa peningkatan pada pengobatan anda mungkin diperlukan pada beberapa stadium. Bukti yang tersedia menyarankan bahwa, pada dosis-dosis yang normalnya digunakan untuk mempertahankan AIH pada remisi, steroid-steroid dan azathioprine kelihatannya tidak mempengaruhi bayi.

Dapatkah AIH Diturunkan ?

Segala sesuatu tentang tubuh-tubuh kita dikontrol oleh gen-gen kita, yang kita wariskan dari orang tua-orang tua kita dan nenekmoyang-nenekmoyang mereka. Namun fungsi-fungsi dari gen-gen kita dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dan berubah sepanjang kehidupan - yang adalah mengapa kita tidak menikmati "masa muda abadi". Lebih jauh, kita semua mempunyai kerusakan-kerusakan dari satu atau lain jenis pada gen-gen kita. Apakah kerusakan-kerusakan ini mempengaruhi kehidupan-kehidupan kita tegantung pada mereka adalah apa. Pada banyak kejadian-kejadian kerusakan-kerusakan adalah tidak penting atau ada gen-gen lain yang dapat mengkompensasi mereka. Seperti didiskusikan diatas, nampaknya mungkin bahwa beberapa kerusakan-kerusakan pada kontrol dari sistim imun diperlukan untuk AIH berkembang, dan bahwa ini adalah genetik sifatnya dan kemungkinan diwariskan. Jadi, kelihatannya adalah kecenderungan genetik pada perkembangan dari AIH. Bagaimanapun, AIH bukanlah turun temurun dalam arti yang biasa. Nampaknya ia adalah lebih "kecelakaan alam", dimana sejumlah gen-gen yang berbeda yang cenderung pada penyakit telah datang bersama-sama pada satu individu. Ada sangat sedikit laporan-laporan dari AIH yang terjadi pada lebih dari satu anggota keluarga, jadi pengetahuan sekarang ini menyarankan bahwa adalah sangat tidak mungkin bahwa ia dapat diturunkan pada satu anak.
Definisi Biopsi Hati

Ini adalah prosedur diagnostik yang digunakan untuk memperoleh jumlah yang sedikit dari jaringan hati, yang dapat diperiksa dibawah mikroskop untuk membantu mengidentifikasi penyebab atau stadium dari penyakit hati.
Bahaya-Bahaya Dari Biopsi Hati

Perdarahan adalah risiko utama dari biopsi hati, dari sisi tempat jarum masuk ke hati, meskipun ini terjadi pada kurang dari 1% dari pasien-pasien. Untungnya, risiko kematian dari biopsi hati adalah sangat rendah, mencakup dari 0.1% sampai 0.01%.
Definis Cirrhosis

Hati mempunyai kapasitas yang luar biasa untuk mereparasi sendiri ketika rusak. Namun ketika penyebab dari kerusakan tetap berlangsung, bagaimanapun, seperti pada hepatitis kronis, proses reparasi mungkin tidak mampu bisa seiring dengan kematian sel yang terus menerus. Sebagai konsekwensi, kerangka reticulin yang memegang hepatocytes pada tempatnya runtuh dengan sendirinya dan akhirnya mulai menempel bersama, membentuk jaringan parut. Proses ini dikenal sebagai fibrosis. Jika fibrosisnya parah, jaringan yang terbentuk dapat mulai mengganggu jalan-jalan lintas yang normal dari darah melalui hati. Beberapa sel-sel hati mungkin kemudian kelaparan oksigen dan nutrisi-nutrisi, dan ini dapat menjurus pada kematian sel yang lebih jauh dan pembentukan dari lebih banyak jaringan parut - semacam proses yang mengabadikan sendiri yang dapat maju dalam kebersamaan dengan apa saja yang menyebabkan kerusakan pada tempat pertama. Ketika fibrosis menjadi sangat parah, ia dikenal sebagai cirrhosis - istilah yang didapat dari kata Yunani kirros, yang berarti orange atau tawny, yang benar-benar menggambarkan penampakan dari hati yang sirosis yang disebabkan oleh pengurangan jumlah darah yang mengalir melaluinya dan akumulasi dari pigmen-pigmen empedu didalamnya.
Penyebab-Penyebab Cirrhosis

Sering diperkirakan bahwa cirrhosis disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Ini adalah tidak benar. Kenyataannya, cirrhosis dapat disebabkan oleh segala proses yang secara terus menerus merusak hati. Meskipun meminum alkohol yang berat adalah penyebab utama di Europe atau Amerika utara, ini bertanggung jawab untuk hanya kira-kira 60% dari kasus-kasus cirrhosis di negara-negara ini. Pada area-area dari dunia dimana hepatitis virus dan berbagai infeksi-infeksi microba lain dari hati adalah sangat umum, mayoritas besar dari kasus-kasus cirrhosis disebakan oleh infeksi-infeksi kronis dengan agent-agent ini. Penyebab-penyebab penting lain termasuk penyakit-penyakit autoimmune hati dan beragam penyakit-penyakit genetik yang mempengaruhi hati.
Dapatkah Cirrhosis Disembuhkan ?

Sekali cirrhosis ditegakan proses pada dasarnya tidak dapat dibalikan. Penyembuhan satu-satunya adalah transplantasi hati, namun ini mungkin tidak selalu mungkin atau tepat. Bagaimanapun, keparahan dapat seringkali dikurangi dengan mengeluarkan atau merawat penyebab yang mendasari cirrhosis. Contohnya, individu-individu dengan cirrhosis yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan seringkali mengalami perbaikan yang dramatik ketika mereka menghentikan meminum alkohol.
Adakah Perawatan Untuk Cirrhosis ?

Tidak ada perawatan untuk cirrhosis sendiri, namun komplikasi-komplikasi yang timbul pada stadium-stadium lanjut dapat seringkali dirawat dengan sukses, dengan perpanjangan kehidupan yang dapat dipertimbangkan. Jika portal hypertension berkembang, adakalanya mungkin untuk merawat ini dengan obat-obat untuk mengurangi tekanan darah. Obat-obat lain, dikenal sebagai diuretics, seringkali digunakan untuk mengurangi akumulasi cairan pada pasien-pasien dengan ascites atau bentuk-bentuk lain dari edema. Jika ini tidak bekerja, operasi mungkin diperlukan untuk mengurangi ascites atau transplantasi hati mungkin diperlukan. Varices-varices lambung atau esophagus dapat disuntik dengan senyawa yang dikenal sebagai sclerosant untuk menutup jalan ini dan menghentikan perdarahan. Ini adalah serupa pada perawatan dari varicose veins pada kaki-kaki, kecuali ini harus dilakukan dengan endoscopy. Perkembangan yang lebih baru-baru ini melibatkan penggunaan endoscope untuk menempatkan karet gelang kecil sekitar varices untuk mengakhiri suplai darah lokal.

Jika ada perdarahan yang parah, baloon yang dapat ditiup (dikenal sebagai tabung Sengstaken) mungkin diturunkan ke oesophagus untuk mengaplikasikan tekanan sebagai tindakan darurat untuk menghentikan perdaraha hingga endoscopic injection atau varices dapat dilakukan. Pada beberapa kasus-kasus, mungkin perlu dipertimbangkan melakukan operasi, dikenal sebagai shunt procedure (atau TIPS), untuk mengalihkan darah dari vena portal kedalam pembuluh-pembuluh lain yang dapat mengatasi tekanan.
Gejala-Gejala

* Kelelahan - gejala-ejala yang paling umum yang orang-orang dengan AIH akan hadapi.
* Hati yang membesar.
* Jaundice.
* Gatal.
* Ruam kulit.
* Nyeri sendi.
* Ketidaknyamanan perut.
* Cairan dalam perut (ascites).
* Kebingungan mental.
* Amenorrhea.

Orang-orang pada stadium-stadium lanjut dari penyakit kemungkinan mempunyai gejala-gejala seperti cairan dalam perut (ascites) atau kebingungan mental. Wanita-wanita mungkin berhenti mempunyai periode-periode menstruasi. Gejala-gejala dari autoimmune hepatitis mencakup dari ringan sampai parah. Karena hepatitis virus yang parah atau hepatitis yang disebabkan oleh obat - contohnya, antibiotik-antibiotik tertentu - mempunyai gejala-gejala yang sama, tes-tes mungkin diperlukan untuk diagnosis yang tepat. Dokter anda harus juga meninjau kembali dan menyampingkan semua obat-obat anda sebelum mendiagnosa autoimmune hepatitis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar