Senin, 14 Maret 2011

Alternatif-Alternatif Pada Hysterectomy

Sepertiga dari wanita-wanita Amerika mengalami beberapa tipe dari penyakit kesehatan pelvis pada waktu mereka berumur 60 tahun. Dan kira-kira 600,000 wanita-wanita setiap tahun mempunyai hysterectomy -- pengeluaran atau pengangkatan uterus (kandungan) mereka untuk membebaskan gejala-gejala yang menyusahkan. Keseluruhan, diperkirakan 20 juta wanita-wanita telah mempunyai hysterectomy.
Namun jika andamempunyai periode-periode yang menyakitkan dengan perdarahan yang berlebihan, fibroids, endometriosis, atau persoalan kesehatan pelvis yang lain, anda harus tahu bahwa ada alternatif-alternatif baru pada hysterectomy untuk dipertimbangkan.

Uterine Fibroids

Tumor-tumor ini, biasanya tidak berbahaya, umumnya ditemukan pada otot-otot halus dari kandungan (uterus), dan dapat menyebabkan nyeri pelvis, kemandulan, dan perdarahan menstruasi yang berat. Penyebab mereka adalah kompleks, namun satu hal adalah jelas: Uterine fibroids adalah sebab utama mengapa wanita-wanita mempunyai hysterectomies, bertanggyng jawab untuk antara 177,000 dan 366,000 dati total tahunan.
Jika fibroid-fibroid anda tidak menyebabkan gejala-gejala, adalah seluruhnya layak untuk mengadopsi strategi yang disebut "watchful waiting" -- memonitor sratus mereka dengan dokter anda dan tidak menjalankan segala operasi kecuali perosalan-persoalan berkembang. Namun jika anda mengalami nyeri, ketidaknyamanan, atau gejala-gejala tekanan, ada beberapa opsi-opsi yang kurang invasif untuk merawat fibroid-fibroid:
  • Myomectomy. Ini adalah pengangkatan secara operasi fibroid-fibroid sendiri. Ia dapat dilakukan melalui operasi perut, secara laparoskopi (masuk melalui pusar), atau via hysteroscopy (memasukan alat yang tipis seperti teleskop yang disebut hysteroscope melalui vagina). Pendekatan laparoskopik atau hysteroscopik adalah paling sedikit invasif, dan ini juga adalah lebih murah dan memerlukan waktu pemulihan yang lebih singkat.
  • Uterine artery embolization (UAE), juga dikenal sebagai Uterine fibroid embolization (UFE). Ini adalah prosedur noninvasif yang cukup sederhana dimana partikel-partikel kecil disuntik kedalam arteri-arteri kandungan yang memberi makan fibroid-fibroid, memutuskan pasokan darah mereka. Tidal seperti hysterectomy, prosedur ini memelihara kandungan (uterus) dan membantu secara potensial menghindari operasi. Ia telah digunakan bertahun-tahun untuk membantu menghentikan hemorrhage setelah kelahiran anak atau operasi. Gejala-gejala membaik pada 85% sampai 90% dari pasien-pasien, kebanyakan dari mereka secara signifikan.
  • Hysteroscopy. Pemasukan dari alat yang tipis seperti telekop (disebut hysteroscope) melalui vagina dapat digunakan jika fibroid terutama ada didalam rongga (kandungan) uterus. INi adalah prosedur operasi minor dengan waktu penyembuhan yang minimal, namun hanya dapat ditawarkan pada wanita-wanita yang mempunyai fibroid-fibroid didalam lapisan dari rongga uterine.
  • Manajemen medis. Gejala-gejala yang menyakitkan dari fibroid-fibroid kandungan dapat pada awalnya dirawat dengan obat-obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), seperti Motrin. Jika itu tidak efektif, opsi yang lain adalah kelompok dari obat-obat yang menghalangi produksi estrogen dan hormon-hormon lain dari ovaries (indung-indung telur). Efek-efek sampingan mereka dapat termasuk gejala-gejala dari menopause prematur dan pengurangan pada kepadatan tulang.

Menorrhagia

Menorrhagia berarti perdarahan vagina yang parah. Pada banyak kasus-kasus, perdarahan mempunyai sebab yang diketahui, seperti uterine fibroids (lihat atas), namun pada kasus-kasus lain penyebabnya tetap tidak dikatahui. Ada ambang pintu medis untuk menorrhagia -- kehilangan lebih dari 80 mL darah pada setiap siklus menstruasi -- namun kebanaykan dokter-dokter sekrang cenderung mendefinisikan menorrhagia dengan berapa banyak ia mempengaruhi kehidupan harian anda: menyebabkan nyeri, ayunan-ayuana suasana hati, dan gangguan-gangguan pada pekerjaan anda, aktivitas seksual, dan aktivitas-aktivitas lain.
Beberapa opsi-opsi untuk merawat menorrhagia, kependekan dari hysterectomy:
  • Manejemen medis. Pilihan perawatan pertama Menorrhagia adalah medis, menggunakan kontrasepsi-kontrasepsi (alat pencegah kehamilan) oral atau intrauterine device (IUD) yang melepaskan hormon yang disebut levonorgestrel. Kedua-dyanya dari perawatan-perawatan ini mengurangi perdarahan menstruasi secara signifikan, meskipun wanita-wanita melaporkan umumnya lebih puas dengan IUD. Jka anda masih merencanakan untuk mempunyai anak-anak dimasa depan, ini mungkin adalah opsi-opsi terbaik anda.
  • Endometrial ablation. Ada beragam teknik-teknik yang dapat digunakan untuk mengeluarkan lapisan kandungan. Anda harus hanya mempertimbangkan opsi-opsi ini, bagaimanapun, jika anda selesai dengan kemampuan beranak. Metode-metode baru, "generasi kedua" seperti thermal balloon ablation, cryoablation, dan radiofrequency ablation mempunyai angka-angka kesuksesan sampai pada 80%. Ini semua adalah prosedur-prosedur rawat jalan, jadi mereka tidak mempunyai angka-angka komplikasi yang sama tinggal dirumah sakit yang diperpanjang yang terlibat dalam hysterectomy.
  • Adakalanya NSAID diresepkan selama mens-mens untuk membantu mengurangi aliran darah ke lapisan kandungan dan oleh karenanya perdarahan menstruasi. 

Uterine Prolapse

Uterine prolapse terjadi ketika kandungan anda jatuh dari posisi normalnya dan menekan pada dinding-dinding vagina anda. Ia dapat disebabkan oleh sejumlah hal-hal, namun salah satu dari penyebab-penyebab yang paling umum adalah kelahiran anak melalui vagina (vaginal childbirth). Umur yang lanjut dan kegemukan (obesitas) adalah juga faktor-fator risiko yang signifikan.
Dengan jelas, hysterectomy akan memecahkan persoalan ini -- namun ada pendekatan-pendekatan yang kurang drastis yang anda juga dapat pertimbangkan. Pilihan perawatan pertama adalah vaginal pessary -- alat yang dapat dikeluarkan yang ditempatkan kedalam vagina untuk mendukung area-area dimana turunnya kandungan terjadi. Ada beberapa jenis-jenis yang berbeda dari pessaries, dan dokter anda dapat membantu anda memutuskan mana yang terbaik untuk situasi anda. Mereka tidak menyembuhkan prolapse (turunnya kandungan), namun dapat membebaskan gejala-gejala secara parsial atau sepenuhnya. Sering, mereka dapat bermanfaat dalam kehamilan, menahan kandungan pada tempatnya sebelum ia membesar dan menyerbu kanal vagina.
Juga ada beragam metode-metode operasi untuk merawat turunnya kandungan (uterine prolapse), dan ahli-ahli bedah mungkin menggunakan lebih dari satu teknik. Adakalanya mereka akan harus menggabungkan dengan hysterectomy, namun untuk berapa wanita-wanita adalah mungkin untuk menghindari tindakan ini. Satu contoh dari keragaman opsi-opsi operasi yang tersedia adalah laparoscopic sacral colpopexy, dimana dokter-dokter menggunakan teknik-teknik operasi yang invasifnya minimal untuk melapisi bagian-bagian dari vagina dengan synthetic mesh, yang dihubungkan pada ligamen-ligamen sepanjang spine (tulang belakang). Tipe-tipe lain dari operasi termasuk paravaginal defect repairs dan reparasi-reparasi dari enteroceles dan rectoceles (hernia-hernia dari usus kecil atau rectum kedalam vagina).

Endometriosis

Kira-kira 5 juta wanita-wanita Amerika mengalami endometriosis, yang terjadi ketika jaringan yang berkelakuan seperti lapisan kandungan -- endometrium -- tumbuh pada area-area lain dari rongga perut, seperti ovaries (ndung-indung telur), tabung-tabung fallopian, atau permukaan luar dari kandungan. Gejala-gejala termasuk nyeri pelvis, hubungan seksual yang menyakitkan, spotting diantara periode-periode, dan kemandulan. Rata-rata wanita dengan endometriosis mempunyai gejala-gejala untuk dua sampai lima tahun sebelum terdiagnosa.
Kira-kira 18% dari hysterectomies di Amerika yang dilakukan disebabkan oleh endometriosis -- dan ia tidak perlu menyembuhkan persoalan. Sebanyak 13% dari wanita-wanita melihat endometriosis mereka kembali dalam tiga tahun; angkanya naik ke 40% dalam lima tahun. Dan karena endometriosis seringkali mempengaruhi wanita-wanita muda -- dengan umur rata-rata dari kira-kira 27 tahun -- opsi operasi yang mengeluarkan semua kemungkinan kehamilan benar-benar bukan alternatif.
Perawatan-perawatan untuk endometriosis tergantung pada keparahan dari gejala-gejala dan keperluan-keperluan wanita. Contohnya, nyeri dapat dirawat dengan pembebas-pembebas nyeri yang bebas resep atau diresepkan. Untuk merawat nyeri dan pedarahan menstruasi yang abnormal,wanita-wanita mungkin diresepkan perawatan-perawatan hormon seperti pil-pil pengontrol kelahiran atau obat-obat yang secara drastis mengurangi tingkat-tingkat estrogen. Obat-obat ini, bagaimanapun, tidak untuk wanita-wanita yang sedang mencoba untuk hamil , dan mereka bukan perawatan permanen -- melepaskan pengobatan biasanya berarti gejala-gejala endometriosis kembali.
Perawatan yang lebih berjangka lama untuk endometriosis yang lebih mungkin membantu persoalan-persoalan kesuburan adalah operasi laparoscopic, pendekatan yang invasifnya minimal pada pengeluaran pertumbuhan-pertumbuhan endometrial dan jaringan parut, atau membakar habis mereka dengan panas yang kuat. Jika pertumbuhan-pertumbuhan tidap dapat semuanya dihancurkan dengan jalan ini, ahli-ahli bedah dapat mengambil pendekatan yang lebih invasif, laparotomy, yang melibatkan membuat sayatan yang lebih besar pada perut. Ini memerlukan periode pemulihan yang jauh lebih panjang, namun masih kurang invasif daripada hysterectomy dan menawarkan prospek dari mempertahankan kesuburan.

Nyeri Pelvis Kronis

Nyeri pelvis kronis mempengaruhi banyak wanita-wanita: Beberapa studi-studi mengindikasikan bahwa sebanyak 39% dari wanita-wanita mempunyai beberapa jenis dari nyeri pelvis kronis. Ia adalah paling umum pada wanita-wanita yang lebih muda, terutama antara umur 26 dan 30 tahun.
Nyeri pelvis dapat disebabkan oleh banyak hal-hal, termasuk fibroid-fibroid kandungan yang disebutkan diatas dan endometriosis, penyakit peradangan pelvis, dan persoalan-pesoalan usus dan kantong kemih seperti irritable bowel syndrome dan interstitial cystitis (kantong kemih yang meradang). Wanita-wanita yang mengalami penyiksaan seksual juga lebih mungkin mengalami nyeri pelvis kronis.
Hysterectomy harus dipertimbangkan sebagai upaya terakhir untuk nyeri pelvis kronis, terutama karena banyak tipe-tipe dari nyeri pelvis tidak disembuhkan dengan operasi. Adalah penting untuk bekerja dengan dokter anda untuk mengungkap penyebab yang spesifik dari nyeri anda sehingga perawatan dapat ditargetkan pada penyebab itu, memberikan anda kesempatan pembebasan yang terbaik. Contohnya, jika anda didiagnosa dengan fibroid-fibroid kandungan atau endometriosis, salah satu dari opsi-opsi perawatan yang digambarkan diatas mungkin mempunyai kesempatan terbaik untuk mengakhiri nyeri pelvis kronis.
Opsi-opsi perawatan lain, tergantung pada penyebab dari nyeri anda, mungkin termauk:
Penghentian ovulasi dengan metode-metode hormon seperti pil-pil pengontrol kelahiran
  • Penggunaan dari obat-obat anti-peradangan nonsteroid
  • Latihan-latihan pengenduran, biofeedback, dan terapi fisik
  • Suntikan-suntikan titik pemicu perut. Obat yang disuntikan kedalam area-area yang menyakitkan pada dinding bagian bawah dari perut dapat membantu membebaskan nyeri.
  • Antibiotik-antibiotik (jika infeksi, seperti penyakit peradangan pelvis, adalah sumber dari nyeri)
  • Penasehatan psikologi
Masih mungkin bahwa, apapun kondisi kesehatan anda, hysterectomy mungkin adalah perawatan yang paling efektif dan tepat. Namun dengan banyak alternatif-alternatif baru yang tersedia, adalah penting untuk lebih dahulu mendiskusikan semua opsi-opsi anda dengan dokter anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar