Jumat, 25 Maret 2011

Degenerasi Makula Macular Degeneration

Definisi Degenerasi Makula Yang Berkaitan Dengan Umur

Degenerasi makula yang berkaitan dengan umur atau Age-related macular degeneration (AMD) adalah suau penyait yang dihubungkan dengan penuaan (menjadi tua) yang secara berangsur-angsur merusak penglihatan tengah yang tajam. Penglihatan tengah diperlukan untuk melihat obyek-obyek secara jelas dan untuk pekerjaan-pekejaan setiap hari yang umum seperti membaca dan mengemudi mobil.
AMD mempengaruhi makula, bagian mata yang mengizinkan anda untuk melihat detil yang halus. AMD tidak menyebabkan sakit/nyeri.
Pada beberapa kasus-kasus, AMD maju begitu perlahan sehingga orang-orang mencatat sedikit perubahan pada penglihatan mereka. Pada yang lainnya, penyakit maju lebih cepat dan mungkin menjurus pada suatu kehilangan penglihatan pada kedua mata-mata. AMD adalah suatu penyebab yang memimpin dari kehilangan penglihatan pada orang-oranga Amerika yang berumur 60 tahun dan yang lebih tua.
AMD terjadi dalam dua bentuk: basah dan kering.

Lokasi Makula

Makula berlokasi ditengah (pusat) dari retina, jaringan di belakang mata yang sensitif (peka) sinar. Retina dengan serta merta merubah sinar, atau suatu gambar, kedalam impuls-impuls listrik. Retina kemudian mengirim impuls-impuls ini, atau signal-signal syaraf, ke otak.

Definisi AMD Basah

AMD basah terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah abnormal dibelakang retina mulai tumbuh dibawah makula. Pembuuh-pembuluh darah baru ini cenderung menjadi sangat mudah pecah dan seringkali membocorkan darah dan cairan. Darah dan cairan mengangkat atau menaikkan makula dari tempat normalnya dibelakang mata. Kerusakkan pada makula terjadi secara cepat.
Dengan AMD basah, kehilangan penglihatan tengah dapat terjadi secara cepat. AMD basah juga dikenal sebagai AMD yang telah lanjut. Ia tidak mempunyai tingkatan seperti AMD kering.
Suatu gejala awal dari AMD basah adalah bahwa garis-garis lurus nampak berombak. Jika anda mencatat kondisi ini atau perubahan-perubahan lain pada penglihatan anda, hubungi dokter mata anda segera. Anda memerlukan suatu pemeriksaan pelebaran mata secara lengkap.

Definisi AMD Kering

Pada AMD kering, sel-sel yang peka sinar dalam makula pecah secara perlahan. Dengan kurang berfungsinya makula, penglihatan tengah berkurang. AMD kering seringkali terjadi pada hanya satu mata pada awalnya. Belakangan, mata yang lainnya dapat dipengaruhi. Dokter-dokter tidak ada jalan untuk mengetahui apakah atau kapan kedua mata mungkin menjadi terlibat. Penyebab AMD kering tidak diketahui.



Definisi Drusen

Drusen adalah endapan-endapan kuning dibawah retina. Mereka seringkali ditemukan pada orang-orang yang berumur diatas 60 tahun. Dokter anda dapat mendeteksi drusen sewaktu suatu pemeriksaan mata yang dibesarkan yang lengkap.
Drusen sendirian biasanya tidak menyebabkan kehilangan penglihatan. Faktanya, ilmuwan-ilmuwan tidak jelas tentang hubungan antara drusen dan AMD. Mereka tahu bahwa suatu peningkatan dalam ukuran atau jumlah drusen menaikkan risiko seseorang mengembangkan salah satunya yaitu AMD kering yang telah lanjut atau AMD basah. Perubahan-perubahan ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang serius.
AMD kering mempunyai tiga tingkatan, semua darinya mungkin terjadi pada satu atau kedua mata-mata:
  1. AMD Dini. Orang-orang dengan AMD dini mempunyai salah satunya yaitu beberapa drusen kecil atau beberapa drusen ukuran sedang. Pada tingkatan ini, tidak ada gejala-gejala dan tidak ada kehilangan penglihatan.
  2. AMD Menengah. Orang-orang dengan AMD tingkatan menengah mempunyai salah satunya yaitu banyak drusen ukuran medium atau satu atau lebih drusen besar. Beberapa orang melihat suatu titik yang kabur ditengah penglihatannya. Lebih banyak sinar mungkin diperlukan untuk membaca dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.
  3. AMD Kering yang telah lanjut. Sebagai tambahan pada drusen, orang-orang dengan AMD kering yang telah lanjut mempunyai suatu keruntuhan dari sel-sel yang peka sinar dan jaringan pendukung pada area tengah retina. Keruntuhan ini dapat menyebabkan suatu titik yang kabur ditengah/pusat penglihatan anda. Melalui waktu, titik yang kabur mungkin menjadi lebih besar dan lebih gelap, mengambil lebih banyak penglihatan tengah anda. Anda mungkin mempunyai kesulitan membaca atau mengenali muka-muka sampai mereka sangat dekat pada anda.
Jika anda mempunyai kehilangan penglihatan dari AMD kering hanya di satu mata, anda mungkin tidak mencatat perubahan-perubahan apa saja dalam penglihatan keseluruhan anda. Dengan mata yang lain melihat secara jelas, anda tetap bisa berkemudi, membaca, dan melihat detil-detil halus. Anda mungkin mencatat perubahan-perubahan dalam penglihatan anda hanya jika AMD mempengaruhi kedua mata-mata. Jika kekaburan terjadi dalam penglihatan anda, cari seorang dokter mata untuk suatu pemerikasaan mata yang dilebarkan secara lengkap.
Sembilan puluh persen dari orang-orang dengan AMD mempunyai tipe ini. Ilmuwan-ilmuwan masih belum yakin apa yang menyebabkan AMD kering.

Yang Lebih Umum Diantara Kedua Bentuk Kering Dan Basah

Bentuk kering adalah jauh lebih umum. Lebih dari 85 persen dari orang-orang dengan tingkatan AMD menengah dan yang telah lanjut yang digabungkan mempunyai bentuk kering.
Bagaimanapun, jika hanya AMD yang telah lanjut dipertimbangkan, kira-kira dua pertiga dari pasien-pasien mempunyai bentuk basah. Karena hampir semua kehilangan penglihatan datang dari AMD yang telah lanjut, bentuk basah menjurus pada kehilangan penglihatan yang lebih banyak secara signifikan daripada bentuk kering.

Bentuk Kering Berubah Menjadi Bentuk Basah

Ya. Semua orang yang mempunyai bentuk basah awalnya mempunyai bentuk kering.
Bentuk kering dapat maju dan menyebabkan kehilangan penglihatan tanpa berubah kedalam bentuk basah. Bentuk kering juga dapat secara tiba-tiba berubah kedalam bentuk basah, bahkan selama stadium dini AMD. Tidak ada jalan untuk memberitahu apakah atau kapan bentuk kering akan berubah kedalam bentuk basah.

Bentuk Kering Mempunyai Tingkatan-Tingkatan Dini Dan Menengah. Tingkat Basah Mempunyai Tingkatan-Tingkatan Serupa ?

Tidak. Bentuk basah dianggap sebagai AMD yang telah lanjut.

Dapatkah AMD Yang Telah Lanjut Berbentuk Kering Atau Basah

Ya. Keduanya bentuk basah dan bentuk kering yang telah lanjut dianggap sebagai AMD yang telah lanjut. Kehilangan penglihatan terjadi dengan kedua bentuk. Pada kebanyakan kasus-kasus, hanya AMD yang telah lanjut dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.
Orang-orang yang mempunyai AMD yang telah lanjut pada satu mata berada pada risiko yang terutama tinggi mengembangkan AMD yang telah lanjut pada mata lainnya.

Yang Berisiko Untuk AMD

Faktor risiko yang paling besar adalah umur. Meskipun AMD mungkin terjadi sewaktu usia pertengahan, studi-studi menunjukan bahwa orang-orang berumur diatas 60 tahun secara jelas berada pada risiko yang lebih besar daripada kelompok-kelompok umur lain. Sebagai contoh, suatu studi yang besar menemukan bahwa orang-orang yang berusia pertengahan mempunyai kira-kira 2 persen risiko mendapatkan AMD, namun risiko ini meingkat sampai mendekati 30 persen pada mereka yang berusia diatas 75 tahun.
Faktor-Faktor Risiko lain termasuk:
  • Merokok. Merokok mungkin meningkatkan risiko AMD.
  • Kegemukan. Studi-studi penelitian menunjukan suatu hubungan antara kegemukan dan kemajuan dari tingkatan AMD dini dan menengah ke AMD yang telah lanjut.
  • Suku bangsa. Orang-orang kulit putih Amerika jauh lebih mungkin kehilangan penglihatan dari AMD daripada orang-orang Amerika keturunan Afrika.
  • Sejarah keluarga. Mereka yang dengan anggota-anggota keluarga dekat yang mempunyai AMD berisiko lebih tinggi mengembangkan penyakit ini.
  • Jenis kelamin. Wanita-wanita tampaknya lebih berisiko tinggi daripada pria-pria. 

Gaya Hidup Membuat Suatu Perbedaan

Gaya hidup anda dapat memainkan suatu peran dalam mengurangi risiko anda mengembangkan AMD.
  • Makan suatu diet yang sehat yang tinggi sayur-sayuran yang daunnya hijau dan ikan.
  • Jangan merokok.
  • Pertahankan tekanan darah yang normal.
  • Jaga berat badan anda.
  • Latihan/olahraga

Gejala-Gejala

Dua-duanya AMD kering dan basah tidak menyebabkan sakit/nyeri.
Untuk AMD Kering: tanda awal yang paling umum adalah penglihatan yang kabur. Ketika lebih sedikit sel-sel di makula yang mampu berfungsi, orang-orang akan melihat detil-detil didepan mereka kurang jelas, seperti muka-muka atau kata-kata dalam sebuah buku. Seringkali penglihatan kabur ini akan hilang pada cahaya yang lebih terang. Jika kehilangan sel-sel perasa sinar menjadi besar, orang-orang mungkin melihat suatu titik buta yang kecil namun tumbuh ditengah bidang penglihatan mereka.
Untuk AMD Basah: gejala dini yang klasik adalah bahwa garis-garis lurus nampak bengkok. Ini berakibat ketika cairan dari pembuluh-pembuluh darah yang bocor berkumpul dan mengangkat makula, mendistorsi penglihatan. Suatu titik buta (blind spot) mungkin juga nampak pada AMD basah, berakibat pada kehilangan penglihatan tengah seseorang.

Mendeteksi AMD

Dokter mata anda mungkin mencurigai AMD jika anda berumur diatas 60 tahun dan telah mempunyai perubahan-perubahan akhir-akhir ini pada penglihatan tengah anda. Untuk mencari tanda-tanda penyakit, ia akan menggunakan obat tetes mata untuk melebarkan, atau memperbesar pupil anda. Melebarkan pupil-pupil mengizinkan dokter mata anda melihat belakang mata lebih baik.
AMD dideteksi sewaktu suatu pemeriksaan mata yang lengkap yang termasuk:
  1. Tes ketajaman penglihatan. Tes peta mata ini mengukur berapa baik anda melihat pada beragam jarak-jarak.
  2. Pemeriksaan mata yang dilebarkan. Obat-obat tetes ditempatkan pada mata-mata anda untuk melebarkan pupil-pupil. Dokter mata anda menggunakan suatu lensa pembesar khusus untuk memeriksa retina dan syaraf optik anda untuk tanda-tanda AMD dan persoalan-persoalan mata lain. Setelah pemeriksaan, penglihatan dekat (close-up) anda tetap kabur untuk beberapa jam.
  3. Tonometry. Suatu alat mengukur tekanan didalam mata. Obat tetes yang membiuskan mungkin dipakai pada mata anda untuk tes ini.
Dokter mata anda juga mungkin melakukan tes-tes lain untuk mempelajari lebih banyak tentang struktur dan kesehatan mata anda.
Sewaktu suatu pemeriksaan mata, anda mungkin diminta untuk melihat pada Amsler grid. Pola dari kisi (grid) menyerupai suatu papan catur. Anda akan menutup satu mata dan menatap pada suatu titik hitam ditengah kisi (grid). Ketika menatap pada titik, anda mungkin mencatat bahwa garis-garis lurus di pola nampak berombak. Anda mungkin mencatat bahwa beberapa garis-garis hilang. Ini mungkin adalah tanda-tanda dari AMD.
Jika dokter mata anda percaya anda memerlukan perawatan untuk AMD basah, ia mungkin menyarankan suatu fluorescein angiogram. Pada tes ini, suatu zat pewarna khusus disuntikan kedalam lengan anda. Gambar-gambar diambil ketika zat pewarna melewati pembuluh-pembuluh darah pada retina anda. Tes ini mengizinkan dokter anda untuk mengidentifikasi segala pembuluh-pembuluh darah yang bocor dan merekomendasikan perawatan.

Merawat AMD Basah

AMD basah dapat dirawat dengan operasi laser, photodynamic therapy, dan suntikan-suntikan kedalam mata. Tidak satupun dari perawatan ini adalah suatu penyembuhan untuk AMD basah. Penyakit dan kehilangan penglihatan mungkin berlanjut meskipun dirawat.
  1. Operasi Laser. Prosedur ini menggunakan suatu laser untuk menghancurkan pembuluh-pembuluh darah yang rapuh (mudah pecah) dan bocor. Suatu sorotan sinar yang berkekuatan tinggi diarahkan secara langsung pada pembuluh-pembuluh darah yang baru dan menghancurkan mereka, mencegah lebih jauh kehilangan penglihatan. Bagaimanapun, perawatan laser mungkin juga merusak/menghancurkan beberapa jaringan sehat sekeliling dan beberapa penglihatan. Hanya suatu persentase yang kecil dari orang-orang dengan AMD basah dapat dirawat dengan operasi laser. Operasi laser adalah lebih efektif jika pembuluh-pembuluh darah yang bocor telah berkembang keluar dari fovea, bagian tengah dari makula. Operasi laser dilakukan pada suatu ruang praktek dokter atau klinik mata.
  2. Risiko pembuluh-pembuluh darah baru berkembang setelah perawatan laser adalah tinggi. Perawatan yang berulangkali mungkin perlu. Pada beberapa kasus-kasus, kehilangan penglihatan mungkin berkembang meskipun dirawat berulangkali.
  3. Photodynamic therapy. Suatu obat yang disebut verteporfin disuntikan kedalam lengan anda. Ia berjalan keseluruh tubuh, termasuk pembuluh-pembuluh darah baru di mata anda. Obat cenderung untuk "menempel" pada permukaan pembuluh-pembuluh darah baru. Berikutnya, suatu cahaya disinarkan kedalam mata anda untuk kira-kira 90 detik. Cahaya mengaktifkan obat. Obat yang diaktifkan menghancurkan pembuluh-pembuluh darah baru dan menjurus pada suatu kecepatan penurunan penglihatan yang lebih perlahan. Tidak seperti operasi laser, obat ini tidak menghancurkan/merusak jaringan sekelilingnya yang sehat. Karena obat diaktifkan dengan sinar/cahaya, anda harus menghindari memaparkan kulit atau mata-mata anda pada sinar matahari langsung atau lampu dalam ruangan yang terang untuk lima hari setelah perawatan.
  4. Photodynamic therapy adalah relatif tidak sakit. Ia memakan waktu kira-kira 20 menit dan dapat dilaksanakan di ruang praktek dokter. Photodynamic therapy memperlambat kecepatan kehilangan penglihatan. Ia tidak menghentikan kehilangan penglihatan atau memulihkan penglihatan pada mata-mata yang telah rusak oleh AMD yang telah lanjut. Hasil-hasil perawatan seringkali adalah sementara. Anda mungkin memerlukan dirawat kembali.
  5. Suntikan-Suntikan. AMD basah dapat sekarang dirawat dengan obat-obat baru yang disuntikkan kedalam mata (anti-VEGF therapy). Tingkat-tingkat yang tingginya abnormal dari suatu faktor pertumbuhan khusus terjadi pada mata-mata dengan AMD basah dan memajukan pertumbuhan dari pembuluh-pembuluh darah baru yang abnormal. Perawatan obat ini memblokir efek-efek dari faktor pertumbuhan.
  6. Anda akan memerlukan suntikan-suntikan yang berkali-kali yang mungkin diberikan sesering satu bulan. Mata dibius sebelum setiap suntikan. Setelah suntikan, anda akan tinggal di ruang praktek dokter sebentar dan mata anda akan dimonitor. Perawatan obat ini dapat membantu memperlambat kehilangan penglihatan dari AMD dan pada beberapa kasus-kasus memperbaiki penglihatan.

Merawat AMD Kering

Sekali AMD kering mencapai stadium yang telah lanjut, tidak ada bentuk perawatan dapat mencegah kehilangan penglihatan. Bagaimanapun, perawatan dapat menunda dan mungkin mencegah AMD menengah dari kemajuan menuju ke stadium yang telah lanjut, dimana kehilangan penglihatan terjadi.
The National Eye Institute's Age-Related Eye Disease Study (AREDS) menemukan bahwa mengkonsumsi suatu formulasi dosis tinggi dari antioksidan-antioksidan dan seng (zinc) yang spesifik secara signifikan mengurangi risiko AMD yang telah lanjut dan kehilangan penglihatan yang berkaitan dengannya. Memperlambat kemajuan AMD dari stadium menengah ke stadium yang telah lanjut akan menyelamatkan penglihatan dari banyak orang-orang.

Studi Penyakit Mata Yang Berkaitan Dengan Umur / Age-related eye disease study (AREDS)

Dosis Formulsi AREDS

Jumlah-jumlah harian antioksidan-antioksidan dan seng yang spesifik yang digunakan oleh peneliti-peneliti studi adalah 500 miligram vitamin C, 400 International Units vitamin E, 15 miligram beta-carotene (seringkali dilabel sama seperti 25,000 International Units vitamin A), 80 miligram zinc sebagai zinc oxide, dan dua miligram copper (tembaga) sebagai cupric oxide. Copper (tembaga) ditambahkan pada formulasi AREDS yang mengandung zinc untuk mencegah anemia kekurangan tembaga, suatu kondisi yang berkaitan dengan tingkat-tingkat pemasukkan zinc yang tinggi.

Yang Harus Mengambil Formulasi AREDS

Orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan AMD yang telah lanjut harus mempertimbangkan mengambil formulasi. Anda berisiko tinggi mengembangkan AMD yang telah lanjut jika anda mempunyai salah satunya:
  1. AMD menengah pada satu atau kedua mata-mata.
  2. ATAU
  3. AMD yang telah lanjut (kering atau basah) pada satu mata namun tidak pada mata lainnya.
Dokter mata anda dapat memberitahu anda jika anda mempunyai AMD, tingkatannya, dan risiko anda mengembangkan bentuk yang telah lanjut.
Formulasi AREDS adalah bukan suatu penyembuhan untuk AMD. Ia tidak akan memulihkan penglihatan yang telah hilang dari penyakit. Bagaimanapun, ia mungkin menunda timbulnya AMD yang telah lanjut. Ia mungkin membantu orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan AMD yang telah lanjut mempertahankan penglihatan mereka.

Dapatkah orang-orang dengan stadium awal AMD mengambil formulasi AREDS untuk membantu mencegah penyakitnya dari kemajuan ke stadium menengah ?

Tidak ada keperluan yang nyata untuk mereka yang terdiagnosis dengan stadium awal AMD untuk mengambil formulasi AREDS. Studi tidak menemukan bahwa formulasi menyediakan manfaat pada mereka dengan stadium awal AMD. Jika anda mempunyai stadium awal AMD, suatu pemeriksaan mata yang dilebarkan secara lengkap setiap tahun dapat membantu menentukan apakah penyakitnya berkembang. Jika stadium awal AMD berkembang ke stadium menengah, diskusikan untuk mengambil formulasi dengan dokter anda.

Dapatkah diet sendirian menyediakan tingkatan-tingkatan antioksidan-antioksidan dan zinc (seng) yang sama tinggi seperti formulasi AREDS ?

Tidak. Tingkatatn-tingkatan tinggi dari vitamin-vitamin dan mineral-mineral adalah sulit untuk dicapai dari diet sendirian. Bagaimanapun, studi-studi sebelumnya telah menyarankan bahwa orang-orang yang mempunyai diet yang kaya pada sayur-sayuran berdaun hijau mempunyai suatu risiko yang lebih rendah mengembangkan AMD.

Dapatkah suatu multivitamin harian sendirian menyediakan tingkatan-tingkatan antioksidan-antioksidan dan zinc (seng) yang sama tinggi seperti formulasi AREDS ?

Tidak. Tingkatan-tingkatan antioksidan-antioksidan dan zinc dari formulasi adalah jauh lebih tinggi daripada jumlah-jumlah didalam segala multivitamin harian.
Jika anda telah mengkonsumsi multivitamin-multivitamin harian dan dokter anda menyarankan anda mengkonsumsi dosis tinggi formulasi AREDS, pastikan untuk meninjau ulang semua supplements vitamin anda dengan dokter anda sebelum anda mulai. Karena multivitamin-multivitamin mengandung banyak vitamin-vitamin penting yang tidak ditemukan pada formulasi AREDS, anda mungkin ingin mengkonsumsi suatu multivitamin bersama dengan formulasi AREDS. Contohnya, orang-orang dengan osteoporosis perlu mempertimbangkan terutama tentang pemasukkan vitamin D, yang tidak ada dalam formulasi AREDS.

Menjaga Penglihatan Setelah Mempunyai AMD

AMD Kering. Jika anda mempunyai AMD kering, anda harus mempunya suatu pemeriksaan mata yang dilebarkan secara lengkap paling sedikit sekali dalam setahun. Dokter mata anda dapat memonitor kondisi anda dan memeriksa penyakit-penyakit mata lainnya. Juga, jika anda mempunyai AMD menengah pada satu atau kedua mata, atau AMD yang telah lanjut hanya pada satu mata, dokter anda mungkin menyarankan bahwa anda mengkonsumsi formulasi AREDS yang mengandung tingkatan-tingkatan antioksidan-antioksidan dan zinc yang tinggi.
Karena AMD kering dapat berubah menjadi AMD basah pada setiap saat, anda harus mendapat suatu Amsler grid dari dokter mata anda. Gunakan kisi (grid) ini setiap hari untuk mengevaluasi penglihatan anda untuk tanda-tanda dari AMD basah. Tes yang cepat ini bekerja paling baik untuk orang-orang yang masih mempunyai penglihatan tengah yang baik. Periksa setiap mata secara terpisah. Tutup satu mata dan lihat pada kisi (grid). Kemudian tutup mata lainnya dan lihat pada grid. Jika anda mendeteksi perubahan-perubahan apa saja dalam penampakan grid ini atau dalam penglihatan sehari-hari anda ketika membaca koran atau nonton televisi, dapatkan pemeriksaan mata yang dilebarkan secara lengkap.
AMD Basah. Jika anda mempunyai AMD basah dan dokter anda menasehati perawatan, jangan menunggu. Setelah operasi laser atau photodynamic therapy, anda akan memerlukan pemeriksaan-pemeriksaan mata yang seringkali untuk mendeteksi segala kekambuhan dari pembuh-pembuluh darah yang bocor. Studi-studi menunjukan bahwa orang-orang yang merokok mempunyai suatu risiko kekambuhan yang lebih besar daripada orang-orang yang tidak merokok. Sebagai tambahan, periksa penglihatan anda dirumah dengan Amsler grid. Jika anda mendeteksi perubahan-perubahan apa saja, jadwalkan suatu pemeriksaan mata segera.

Yang Dapat Diperbuat Setelah Kehilangan Beberapa Penglihatan Dari AMD

Jika anda telah kehilangan beberapa penglihatan dari AMD, jangan takut untuk menggunakan mata-mata anda untuk membaca, menonton televisi, dan aktivitas-aktivitas rutin lain. Penggunaan normal mata-mata anda tidak akan menyebabkan kerusakan yang lebih jauh pada penglihatan anda.
Jika anda telah kehilangan beberapa penglihatan dari AMD, tanyakan dokter mata anda tentang pelayanan-pelayanan dan alat-alat penglihatan rendah yang mungkin membantu anda membuat yang terbanyak dari sisa penglihatan anda. Minta suatu referensi dari spesialis penglihatan rendah. Banyak organisasi-organisasi masyarakat dan para agen masyarakat menawarkan informasi tentang penasehatan, pelatihan penglihatan rendah, dan pelayanan-pelayanan khusus lainnya untuk orang-orang dengan gangguan-gangguan penglihatan.

Penelitian Yang Sedang Dilakukan

The National Eye Institute sedang melaksanakan dan mendukung sejumlah studi-studi untuk mempelajari lebih banyak tentang AMD. Contohnya, ilmuwan-ilmuwan sedang:
  • mempelajari kemungkinan mencangkok sel-sel sehat kedalam suatu retina yang berpenyakit.
  • mengevaluasi keluarga-keluarga dengan suatu sejarah AMD untuk mengerti faktor-faktor genetik dan yang diturunkan/diwariskan yang mungkin menyebabkan penyakit.
  • mencari perawatan-perawatan anti-peradangan tertentu untuk bentuk basah AMD.
Penelitian ini seharusnya menyediakan cara-cara yang lebih baik untuk mendeteksi, merawat, dan mencegah kehilangan penglihatan pada orang-orang dengan AMD.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar