Selasa, 15 Maret 2011

Reye Syndrome

Definisi Reye Syndrome

Reye's syndrome (RS) adalah terutama penyakit anak-anak, meskipun ia dapat terjadi pada segala umur. Ia mempengaruhi semua organ-organ tubuh namin adalah paling berbahaya pada otak dan hati - menyebabkan peningkatan yang akut dari tekanan dalam otak dan, seringkali akumulasi lemak yang besar-besaran pada hati dan organ-organ lain. RS didefinisikan sebagai penyakit dua fase karena ia umumnya terjadi dalam hubungan dengan infeksi virus sebelumnya, seperti flu atau chicken pox (cacar air). Penyakit umumnya terjadi sewaktu kesembuhan dari infeksi virus, meskipun ia dapat juga berkembang 3 sampai 5 hari setelah penimbulan penyakit virus. RS seringkali disalahartikan sebagai encephalitis, meningitis, diabetes, overdosis obat, keracunan, sindrom kematian bayi yang tiba-tiba, atau peyakit psychiatric (jiwa).

Gejala-Gejala Dari Reye Syndrome

Gejala-gejala dari Reye syndrome termasuk:
  • muntah yang gigih atau berulang,
  • kelesuan,
  • perubahan-perubahan kepribadian termasuk sifat lekas marah atau menyerang,
  • disorientasi atau kebingungan,
  • delirium (mengigau),
  • convulsions, dan
  • kehilangan kesadaran.
Jika gejala-gejala ini hadir selama atau segera setelah penyakit virus, perhatian medis harus segera dicari. Gejala-gejala dari RS pada bayi-bayi tidak mengikuti pola yang khas; contohnya, muntah tidak selalu terjadi.

Penyebab Reye Syndrome

Penyebab dari RS tetap adalah misteri. Bagaimanapun studi-studi telah menunjukan bahwa menggunakan aspirin atau obat-obat yang mengandung salicylate untuk merawat penyakit virus meningkatkan risiko mengembangkan RS. Dokter harus dikonsultasikan sebelum memberi anak segala aspirin atau obat-obat anti mual selama penyakit virus, yang dapat menyembunyikan gejala-gejala dari RS.

Adakah Perawatan Untuk Reye Syndrome ?

Tidak ada penyembuhan untuk RS. Menajemen yang sukses, yang tergantung pada diagnosis dini, adalah terutama ditunjukan pada perlindungan otak terhadap kerusakan yang tidak dapat dibalikan dengan mengurangi pembengkakan otak, membalikan luka metabolik, mencegah komplikasi-komplikasi pada paru-paru, dan mengantisipasi cardiac arrest (berhentinya jantung). Telah dipelajari bahwa beberapa kesalahan-kesalahan metabolisme yang dibawa sejak lahir meniru RS dimana manifestasi pertama dari kesalahan-kesalahan ini mungkin adalah encephalopathy dengan disfungsi hati. Penyakit-penyakit in harus dipertimbangkan pada semua kasus-kasus RS yang dicurigai. Beberapa bukti menyarankan bahwa perawatan pada stadium-stadium akhir dari RS dengan hypertonic IV glucose solutions mungkin mencegah progresi dari sindrom.

Prognosis (Harapan) Dengan Reye Syndrome

Kesembuhan dari RS secara langsung dihubungkan pada keparahan dari pembengkakan otak. Beberapa orang-orang sembuh sepenuhnya, sementara yang lain-lain mungkin menahan beragam derajat-derajat kerusakan otak. Kasus-kasus dimana penyakit berlanjut dengan cepat dan pasien jatuh kedalam koma mempunyai prognosis yang lebih buruk daripada yang dengan perjalanan penyakit yang kurang parah. Statistik-statistik mengindikasi bahwa ketika RS didiagnosa dan dirawat pada stadium-stadium dininya, kesempatan-kesempatan kesembuhan adalah sangat baik. Jika diagnosis dan perawatan ditunda, kesempatan-kesempatan untuk kesembuhan yang sukses dan kelangsunagn hidup adalah sangat berkurang. Kecuali RS didiagnosa dan dirawat dengan sukses, kematian adalah umum, seringkali dalam beberapa hari.

Informasi Tambahan

Tipe Aspirin Mana Yang Aman ?

Tidak ada satupun. Semua obat yang dilabel sebagai "aspirin" atau mempunyai produk-produk aspirin didalamnya harus dihindari, tidak perduli apakah mereka bermerek nama aspirin atau generik. Nama kimia untuk aspirin adalah acetyl salicylate atau acetylsalicylic acid.

Adakah Obat-Obat Yang Bebas Resep Atau Diresepkan Yang Aman ?

Tidak perlu demikian. Hanya karena obat tidak disebut "aspirin", itu tidak berarti ia bebas dari aspirin. Banyak obat-obat yang bebas resep mengandung aspirin (acetylsalicylic acid), atau sodium atau bismuth salicylates yang secara kimia dihubungkan pada aspirin. Juga, beberapa produk-produk topical mungkin mengandung aspirin.

Obat Apa Yang Direkomendasikan Untuk Anak-Anak Dengan Demam ?

Obat yang disukai untuk anak-anak dengan demam adalah acetaminophen (Tylenol, dll), ibuprofen (Advil, Motrin, dll), naproxen sodium (Aleve).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar