Senin, 14 Maret 2011

Pencegahan Penyakit Pada Wanita

Gambaran Ikhtisar Pencegahan Penyakit Pada Wanita

Tes-tes screening adalah bagian dasar dari pengobatan pencegahan. Semua tes-tes screening umumnya tersedia melalui dokter umum anda. Beberapa tes-tes khusus mungkin tersedia ditempat lain. Ambil peran yang aktif dan diskusikan tes-tes screening dengan dokter anda sedini mungkin dalam kehidupan anda. Tabel-tabel berikut adalah tes-tes screening yang bermanfaat (umumnya sederhana dan aman) yang dapat membantu mendeteksi penyakit-penyakit dan kondisi-kondisi sebelum mereka menjadi berbahaya.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dengan kehilangan yang progresif dari kepadatan tulang yang menjurus pada patah-patah tulang. Estrogen adalah penting untuk mempertahankan kepadatan tulang. Ketika tingkat-tingkat estrogen jatuh setelah menopause, kehilangan tulang mempercepat. Jadi osteoporosis adalah paling umum diantara wanita-wanita postmenopause.

Tes-Tes Screening

Pengukuran dari kepadatan tulang yang menggunakan dual energy X-ray absorptiometry (DEXA) scan, DEXA bone density scanning dapat:
  • mendeteksi osteoporosis sebelum patah-patah tulang terjadi,
  • memprediksi risiko patah-patah tulang masa depan,
  • Meskipun masih kontroversial, beberapa dokter-dokter menggunakan kepadatan tulang untuk memonitor efek-efek dari perawatan-perawatan osteoporosis.

Siapa Yang Diuji Dan Berapa Sering

Petunjuk-petunjuk National Osteoporosis Foundation menyatakan bahwa semua wanita-wanita postmenopause dibawah umur 65 tahun yang mempunyai faktor-faktor risiko untuk osteoporosis atau kondisi-kondisi medis yang berhubungan dengan osteoporosis dan semua wanita-wanita berumur 65 tahun dan lebih tua harus mempertimbangkan pengujian kepadatan tulang.
Faktor-faktor risiko tinggi termasuk:
  • Menopause dini atau ketidakhadiran dari indung-indung telur (ovaries) melalui operasi.
  • Anggota-anggota keluarga dengan osteoporosis dan patah-patah tulang yang berhubungan.
  • Merokok sigaret dan/atau penggunaan alkohol yang berat.
  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hyperthyroidism), anorexia nervosa atau bulimia, sebelumnya atau yang sekarang.
  • Perawakan kurus, berkulit terang.
  • Keturunan Asian atau Eropa Utara.
  • Segala kondisi yang berhubungan dengan penyerapan kalsium atau vitamin D yang buruk.
  • Penggunaan yang kronis dari oral corticosteroids [seperti Cortisone dan prednisone (Deltasone, Liquid Prep)], penggantian hormon tiroid yang berlebihan, dan phenytoin (Dilantin) atau obat-obat anti-seizure (anti epilepsi) lain.
  • Persoalan-persoalan dengan periode-periode menstruasi yang hilang.

Manfaat-Manfaat Dari Deteksi Dini

Osteoporosis tidak menghasilkan gejala-gejala sampai patah tulang terjadi. Patah tulang pada osteoporosis dapat terjadi dengan hanya jatuh, pukulan yang minor, atau bahkan hanya terkilirnya tubuh yang biasanya tidak akan menyebabkan luka.
Pencegahan dan perawatan dari osteoporosis dapat mengurangi risiko patah-patah tulang.
Tindakan-tindakan pencegahan termasuk:
  • Berhenti merokok dan batasi pemasukan alkohol.
  • Melakukan latihan-latihan membawa berat secara teratur, termasuk jalan, dansa, berkebun dan aktivitas-aktivitas fisik lain, dan latihan-latihan yang menguatkan otot.
  • Mendapatkan pemasukan kalsium dan vitamin D yang cukup.
  • Obat-obatan mungkin diminum untuk mencegah osteoporosis. Obat-obat yang paling efektif untuk osteoporosis yang disetujui oleh FDA adalah anti-resorptive agents, yang mencegah penguraian tulang. Contoh-contoh termasuk alendronate (Fosamax), risedronate (Actonel), raloxifene (Evista), ibandronate (Boniva), calcitonin (Calcimar), dan zoledronate (Reclast).
  • Sementara terapi hormon (TH) yang mengandung estrogen telah ditunjukan mencegah kehilangan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risko patah-patah tulang, TH juga telah dihubungkan dengan risiko-risiko kesehatan. Sekarang ini, TH direkomendasikan untuk wanita-wanita untuk perawatan dari gejala-gejala menopause hanya pada dosis efektif yang paling rendah untuk jangka pendek. 

Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum diantara wanita-wanita di Amerika. Kira-kira satu dalam sembilan wanita-wanita yang hidup ke umur 65 tahun akan mengembangkan kanker payudara, meskipun banyak tidak akan melakukan begitu sampai setelah umur 65 tahun.

Tes-Tes Pengujian (Screening)

  • Pemeriksaan sendiri payudara bulanan.
  • Pemeriksaan payudara oleh dokter.
  • Mammography.

Siapa Yang Diuji Dan Berapa Sering

Pemeriksaan sendiri payudara
  • Semua wanita-wanita diatas umur 20 tahun harus melakukan pemeriksaan-pemeriksaan sendiri payudara bulanan, lebih disukai pada kira-kira waktu bersamaan dalam siklus menstruasi mereka.
  • Pemeriksaan payudara oleh dokter.
  • Semua wanita-wanita diatas umur 40 tahun harus mempunyai pemeriksaan-pemeriksaan payudara oleh dikter-dokter mereka setiap tahun.
  • Mammography
  • Semua wanita-wanita harus mempunyai mammogram garis dasar pada umur 40 tahun. American Cancer Society (ACS) merekomendasi mammogram garis dasar untuk semua wanita-wanita pada umur 40 tahun dan mammograms tahunan untuk wanita-wanita umur 40 tahun dan lebih tua selama mereka dalam keadaan sehat.
  • Pada wanita-wanita dengan "payudara-payudara yang bergumpal" atau gejala-gejala payudara, dan juga pada wanita-wanita dengan risiko tinggi mengembangkan kanker payudara, adakalanya mammogram garis dasar pada umur 35 tahun direkomendasikan. Rekomendasi ini adalah sedikit banyak kontroversi, dan ada pandangan-pandangan lain.
  • Semua wanita-wanita lebih tua dari umur 50 tahun harus mempunyai mammograms setiap tahun.
Faktor-faktor risiko tinggi termasuk:
  • Kanker payudara sebelumnya.
  • Saudara-saudara dekat (ibu, kakak perempuan, atau anak perempuan) dengan kanker payudara. Risiko terutama tinggi jika keduanya ibu dan kakak atau adik perempuan telah mempunyai kanker-kanker payudara, jika saudara mengembangkan kankernya sebelum usia 50 tahun, jika saudara telah mempunya kanker payudara pada kedua payudara-payudaranya, jika ada keduanya kanker-kanker ovari (indung telur) dan payudara di keluarga, atau jika anggota keluarga laki telah didiagnosa dengan kanker payudara.
Manfaat-manfaat dari deteksi dini
Pendeteksian dini dari kanker payudara adalah penting pada setiap wanita, tidak perduli faktor-faktor risikonya, karena lebih dini kanker ditemukan, lebih kecil dia. Studi-studi telah dengan jelas menunjukan bahwa lebih kecil ukuran dari kanker payudara ketika terdeteksi, lebih baik kesempatan perawatan secara operasi dan kelangsungan hidup jangka panjang. Kanker-kanker payudara yang lebih kecil juga kurang mungkin telah menyebar ke nodul-nodul limfa dan ke organ-organ lain seperti paru-paru, hati, tulang-tulang, dan otak.
Mammograms dapat mendeteksi banyak kanker-kanker payudara kecil jauh sebelum mereka mungkin dirasakan dengan pemeriksaan-pemeriksaan payudara, dan ada bukti yang ekstensif bahwa pendeteksian dini oleh mammograms telah memperbaiki kelangsungan hidup pada wanita-wanita dengan penyakit ini.
Bagaimanapun, beberapa 10% sampai 15% dari kanker-kanker payudara tidak terdeteksi oleh mammograms, namun terdeteksi dengan pemeriksaan-pemeriksaan payudara. Oleh karenanya mammogram normal tidak sepenuhnya menyampingkan kemungkinan kanker payudara, dan pemeriksaan-pemeriksaan sendiri payudara dan pemeriksaan-pemeriksaan payudara oleh dokter tetap penting.



Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kira-kira seperenam dari semua orang Amerika mempunyai tekanan darah tinggi, dan kejadian dari penyakit ini meningkat dengan umur. Sebagai konsekwensi, proporsi antara kaum dewasa adalah lebih tinggi, dan adalah bahkan lebih tinggi antara senior-senior. Orang-orang Afrika Amerika lebih mungkin daripada yang lain -lain untuk mempunyai tekanan darah tinggi.
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit arteri (atherosclerosis) yang dapat menjurus pada serangan jantung, gagal jantung congestif, stroke dan gagal ginjal.

Tes-Tes Pengujian (Screening)

Pengukuran-pengukuran tekanan darah
  • Tekanan darah tinggi-normal adalah 130-139/85-89.
  • Hipertensi stadium 1 adalah 140-159/90-99.
  • Hipertensi stadium 2 dan 3 adalah >160 / >100.

Siapa yang diuji dan berapa sering

  • Berapa sering tekanan darah harus diperiksa tergantung pada berapa parahnya kenaikan tekanan darah. Ia juga tergantung pada kehadiran dari faktor-faktor risiko lain untuk serangan jantung dan stroke.
  • Kaum dewasa dengan tekanan darah normal yang paling baru-baru ini dari systolic <130 dan diastolic <85 harus diperiksa paling sedikit setiap tahun berikutnya.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit-penyakit tanpa segala gejala-gejala peringatan dini.
Ada bukti yang baik bahwa perawatan dari tekanan darah tinggi dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.
Sebenarnya ada bukti yang baik bahwa kaum dewasa dengan semua derajat-derajat dari tekanan darah tinggi dapat memperoleh manfaat dari penurunan tekanan darah, jadi adalah penting untuk mendiskusikan dengan dokter anda tentang manajemen berat, latihan, dan manajemen stres.



Kanker Cerviks

Kanker dari cervix (bagian dari kandungan yang meluas kedalam rongga vagina) adalah kanker ginekologis yang paling umum ketiga. Kanker cervix disebabkan oleh infeksi dengan human papillomavirus (HPV). Kanker cervix secara khas berkembang melalui jangka waktu yang panjang dari sel-sel prakanker (sebelum kanker) yang abnormal pada permukaan dari cervix. Sel-sel abnormal ini mengubah bentuk kedalam kanker cervix melaui waktu bertahun-tahun. Setelah berubah menjadi kanker, sel-sel kanker ini dapat menyerang atau meyebar ke bagian-bagian lain dari tubuh.

Tes-tes pengujian (Screening)

Tes Pap juga dikenal sebagai Pap smear
Tes Pap adalah tes yang sederhana dan cepat di tempat praktek dimana sample dari sel-sel cervix wanita diambil dengan aspirasi atau diseka dan disebar (dicoreng) pada slide mikroskop. Sel-sel diperiksa dibawah mikroskop dalam rangka untuk mencari sel-sel prakanker (sebelum kanker) atau kanker.

Siapa yang diuji dan berapa sering

Wanita-wanita harus mempunyai tes-tes Pap tahunan sebagai bagian dari pemeriksaan pelvis manual yang dimulai pada umur 18 tahun. Karena risiko kanker cervix meningkat secara tajam pada beberapa tahun pertama setelah aktivitas seksual, beberapa dokter-dokter mulai menyaring (screening) wanita-wanita segera setelah mereka menjadi aktif secara seksual, naum tidak sebelumnya. Faktor-faktor risiko tinggi untuk kanker cervix termasuk:
  • merokok sigaret,
  • kutil-kutil genital atau infeksi genital lain dengan human papilloma virus (HPV) sebelumnya,
  • banyak pasangan-pasangan seksual atau pasangan yang mempunyai banyak pasangan-pasangan seksual,
  • permulaan dari aktivitas seksual pada umur yang muda.
Setelah dua tes-tes Pap yang normal, wanita-wanita pada hubungan-hubungan monogami dua belah pihak mungkin mengurangi frekwesi dari tes-tes Pap ke sekali setiap dua sampai tiga tahun.
Adalah jarang untuk menemukan prakanker atau kanker cervix pada wanita-wanita yang berumur diatas 65 tahun yang telah berulangkali mempunyai Pap smears yang normal, jadi banyak dokter-dokter menghentikan penyaringan pada wanita-wanita diatas umur 65 tahun yang secara konsisten mempunyai Pap smears yang normal. Dokter-dokter lain mengurangi frekwensi penyaringan Pap dibawah keadaan-keadaan ini.
Wanita-wanita yang telah mempunyai hysterectomy (operasi yang mengeluarkan kandungan atau uterus, termasuk cervix) tidak lagi memerlukan tes Pap, namun mereka harus meneruskan pemeriksaan-pemeriksaan pelvis dan rektum manual oleh dokter-dokter mereka sebagai bagian dari evaluasi-evaluasi medis periodik mereka untuk sebab-sebab yang lain daripada kanker cervix.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Telah ada 70% pengurangan pada kematian-kematian dari kanker cervix dengan penggunaan yang teratur dari tes Pap. Manfaat-manfaat dari tes Pap termasuk:
  1. Tes-tes Pap dapat mencegah kanker cervix dengan mengidentifikasi dan mengizinkan perawatan dari sel-sel abnormal sebelum mereka menjadi bersifat kanker.
  2. Tes-tes Pap dapat mengidentifikai kanker cervix pada stadium awal yang dapat disembuhkan, sebelum sel-sel kanker menyebar (metastasize) ke bagian-bagian lain dari tubuh.

Pencegahan

Vaksin (Gardasil) telah menerima persetujuan U.S. FDA untuk penggunaan pada wanita-wanita yang berumur antara 9 dan 26 tahun dan memberikan imunitas terhadap HPV tipe-tipe 6, 11, 16, dan 18. Percobaan-percobaan awal dengan vaksin telah menunjukan bahwa vaksin HPV-16/18 adalah aman dan menginduksi derajat perlindungan yang tinggi terhadap infeksi HPV-16/18. Gardasil diberikan dalam tiga suntikan melalui waktu enam bulan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika merekomendasi bahwa gadis-gadis berumur 11-12 tahun menerima vaksin ini. Juga direkomendasikan untuk gadis-gadis dan wanita-wanita yang berumur 13 sampai 26 tahun yang sekarang masih belum divaksin atau masih belum menyelesaikan serie-serie vaksin.


Human immunodeficiency virus (HIV)

HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS (Acquired immune deficiency syndrome). Sementara obat-obat anti-HIV modern mempunyai perbaikan yang signifikan dari kelangsungan hidup jangka panjang dan kwalitas hidup dari individu-individu yang terinfeksi HIV, masih tidak ada penyembuhan atau vaksin. Infeksi HIV masih akhirnya mematikan pada setiap orang yang terinfeksi. Oleh karenanya, pencegahan penyebaran dari HIV adalah langkah yang paling penting dalam mencegah penyakit dan kematian yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Tes-tes penyaringan (Screening)

  • Tes penyaringan darah untuk antibodi-antibodi terhadap HIV disebut tes ELISA. Tes konfirmasi untuk antibodi-antibodi terhadap HIV disebut Western blot.
  • Individu-individu yang terinfeksi HIV dapat tetap bebas dari gejala-gejala bertahun-tahun; mereka akan tahu jika mereka terinfeksi hanya jika tes darah untuk HIV dilakukan. Pengujian HIV dapat dilakukan oleh dokter atau di pusat pengujian.

Siapa yang harus diuji

Individu-individu berikut harus secara rutin ditawarkan pengujian HIV:
  • Wanita-wanita hamil.
  • Individu-individu yang berhubungan dengan pekerjaan terpapar pada HIV (pekerja-pekerja perawatan kesehatan dan peneliti-peneliti yang bekerja dengan HIV).
  • Individu-individu dengan kelakuan seksual yang berisiko tinggi (banyak pasangan-pasangan seksual, hubungan seksual yang tidak terlindung), atau yang mempraktekan berbagi jarum.
  • Siapa saja yang meminta pengujian HIV.
  • Individu-individu dengan tuberculosis aktif, demam-demam yang tak dapat dijelaskan, jumlah-jumah sel darah putih yang rendah, atau yang telah didiagnosa dengan infeksi yang ditularkan secara seksual.
Kebanyakan individu-individu yang terinfeksi akan mengembangkan tes darah HIV positif dalam tiga bulan setelah terpapar pada HIV. Jika tes HIV pada tiga bulan adalah negatif dan ada faktor-faktor risiko untuk infeksi, tes harus diulang pada tiga bulan berikutnya.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Secara teori, perawatan dini dengan obat-obat anti-HIV mungkin membantu sistim imun tubuh melawan virus. Sejauh ini, perawatan awal tidak dapat menyembuhkan atau membasmi virus. Oleh karenanya, deteksi awal adalah paling penting untuk mencegah penyebaran virus.
Virus hadir dalam darah, genital, dan sekresi-sekresi tubuh lain dari hampir semua individu-individu yang terinfeksi, tidak perduli apakah mereka mempunyai atau tidak mempunyai gejala-gejala. Virus HIV disebar dari orang ke orang lain ketika sekresi-sekresi ini bersentuhan dengan vagina, area anus, mulut, atau mata-mata, atau dengan pecah di kulit, seperti dari sayatan, memar, luka, atau tusukan oleh jarum. Penularan HIV secara seksual telah digambarkan dari laki-laki ke laki-laki, laki-laki ke wanita-wanita, wanita-wanita ke laki-laki, dan wanita-wanita ke wanita-wanita melalui vaginal, anal, dan oral sex.

Pencegahan penyebaran HIV

  • Pantangan dari sex hingga kedua pasangan-pasangan yakin bahwa mereka tidak terinfeksi (contohnya tes kedua pasangan-pasangan negatif untuk antibodi HIV setelah paparan terakhir yang berpotensi). Sementara tes kebanyakan individu-individu yang baru saja terinfeksi positif dalam dua bulan setelah infeksi, sampai dengan 5% masih negatif setelah enam bulan dengan pengujian rutin. Jika pantangan tidak memungkinkan, gunakan rintangan-rintangan latex seperti condoms dan dental dam (potongan dari latex yang mencegah sekresi-sekresi vagina bersentuhan secara langsung dengan mulut).
  • Untuk wanita-wanita hamil yang terinfeksi dengan HIV, penasehatan yang tepat sebelum kelahiran, perawatan-perawatan dengan obat-obat anti-HIV setelah trimester pertama, penanganan proses kelahiran yang tepat, dan perawatan jangka pendek dari anak yang baru dilahirkan dapat sangat pada hakekatnya mengurangi infeksi HIV pada yang baru lahir.
  • Hindari berbagi jarum-jarum, silet-silet cukur, dan sikat-sikat gigi.
  • Pekerja-pekerja perawatan kesehatan yang mengalami tusukan jarum atau paparan mata-mata, mulut, atau kulit yang luka dari seorang yang terinfeksi harus mengambil pengobatan anti-HIV dalam rangka mengurangi risiko mengembangkan infeksi.



(Mesin Pencari Google)




Pencegahan Penyakit

Pada Wanita



Hypercholesterolemia (juga dirujuk sebagai Hyperlipidemia, Dyslipidemia)

Kolesterol LDL yang naik atau kolesterol HDL yang rendah meningkatkan risiko mengembangkan atherosclerosis ("pengerasan arteri-arteri"). Atherosclerosis dapat mulai berkembang pada masa remaja dan maju tanpa segala gejala-gejala bertahun-tahun. Ia menjurus pada serangan jantung dan stroke dikemudian hari.
Hyperlipidemia adalah penyebab dari atherosclerosis yang umum dan dapat dirawat. Atherosclerosis adalah penyebab yang paling umum dari kematian pada keduanya laki-laki dan wanita-wanita di negara-negara maju. Tujuan adalah untuk mendiagnosa dan memperlambat atau membalikan atherosclerosis ketika ia masih dalam keadaan awal yang diam.

Tes-tes penyaringan (Screening)

Panel lipid darah yang termasuk:
  • Total Kolesterol
  • Kolesterol LDL, kolesterol "buruk"
  • Kolesterol HDL, kolesterol "baik"
  • Tryglyceride

Siapa yang diuji dan berapa sering

  • LDL adalah bagian dari panel kolesterol yang adalah paling signifikan ketika memutuskan perawatan, serta menentukan berapa sering panel-panel lipid diperiksa.
  • Semua kaum dewasa diatas umur 20 tahun harus mempunyai panel lipid setiap lima tahun, dan lebih sering ketika diindikasikan secara medis.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Ada bukti yang baik bahwa menurunkan kolesterol LDL yang naik dan meningkatkan HDL yang rendah adalah bermanfaat pada pencegahan serangan jantung dan pada beberapa kasus-kasus pencegahan stroke pada subyek-subyek dengan atau tanpa atherosclerosis yang diketahui.
Perawatan dari kolesterol LDL yang naik adalah multi-dimensi. Pasien-pasien harus mendiskusikan pemasukan total kalori mereka, total lemak, lemak jenuh, dan pemasukan kolesterol serta pengurangan berat badan dan latihan yang teratur dengan dokter mereka. Obat-obat penurun kolesterol juga adalah bagian yang penting dari perawatan untuk banyak orang-orang dengan tingkat-tingkat lipid darah yang naik.


Diabetes Mellitus Tipe II

Diabetes mellitus adalah kondisi yang dikarakteristikan oleh tingkat-tingkat gula darah yang naik ("hyperglycemia") yang disebabkan oleh peggunaan insulin yang terganggu, produksi insulin yang berkurang, atau kedua-duanya.
Diabetes adalah penyebab pemimpin yang ketujuh dari kematian di Amerika. Diperkirakan 18% dari semua orang Amerika diatas umur 65 tahun mempunyai diabetes. Lebih dari sepuluh juta orang Amerika telah didiagosa dengan diabetes; dan paling sedikit setengahnya lagi diperkirakan mempunyai diabetes yang tidak terdiagnosa. Lebih banyak orang-orang mempunyai kondisi yang mendahului diabetes, dirujuk sebagai prediabetes, dikarakteristikan oleh metabolism gula (glucose) yang melempem pada derajat yang lebih sedikit daripada yang hadir pada mereka yang dengan diabetes.
Diabetes adalah penyebab pemimpin kasus-kasus baru dari kebutaan pada kaum dewasa yang berumur 20-74 tahun, penyebab pemimpin gagal ginjal kronis, dan penyebab pemimpin amputasi-amputasi kaki-kaki yang tidak berhubungan dengan luka. Individu-individu dengan diabetes adalah 2-4 kali kemungkinan mempunyai serangan jantung atau stroke dibanding yang tanpa diabetes.

Tes-tes penyaringan (Screening)

Tes-tes untuk diabetes mellitus:
  • Gula darah puasa (tes gula darah setelah paling sedkit delapan jam tanpa kalori-kalori), tingkat normal kurang dari 100 mg/dl.
  • Pre-diabetes dikarakteristikan oleh tingkat gula darah puasa dari 100-125 mg/dl.
  • Diabetes dikarakteristikan oleh tingkat glucose puasa lebih besar dari 126 mg/dl.
  • Gula darah 2 jam setelah makan (tes gula darah dua jam setelah makan), tingkat normal kurang dari 140mg/dl.

Siapa yang diuji dan berapa sering

Subyek-subyek yang sehat diatas umur 45 tahun harus mempunyai tingkat gula darah puasa diperiksa setiap tiga tahun; bagaimanapun, kaum dewasa yang berada pada risiko yang lebih tinggi daripada normal mengembangkan diabetes mellitus harus diperiksa lebih sering daripada setiap tiga tahun.
Faktor-faktor risiko diabetes termasuk:
  • berat badan yang berlebihan,
  • saudara darah derajat satu dengan permulaan diabetes dewasa,
  • kelompok-kelompok etnik tertentu seperti African-Americans, Hispanics, kelompok-kelompok pribumi Amerika tertentu, dan beberapa orang-orang Asia,
  • melahirkan bayi yang beratnya lebih dari 9 lbs atau sejarah diabetes selama kehamilan ("gestational diabetes"),
  • toleransi glucose yang terganggu, sekarang atau sebelumnya,
  • kolesterol HDL rendah (35 mg/dl atau kurang) atau tingkat triglyceride yang naik (diatas 250 mg/dl).

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Diabetes mellitus umumnya menyebabkan kerusakan organ tanpa gejala-gejala sampai kerusakan yang ekstensif hadir.
Ada bukti yang baik bahwa membatasi pemasukan total kalori (terutama pemasukan dari tajin yang diproses, gula dan manisan), latihan yang teratur, dan menghilangkan berat badan yang lebih dapat membantu mencegah perkembangan diabetes mellitus. Kontrol dari berat badan yang lebih umumnya menjurus pada metabolism gula yang membaik, seringkali ke normal pada mereka yang dengan toleransi glucose yang terganggu.
Ada bukti yang baik bahwa pada pasien-pasien dengan diabetes, mengontrol hyperglycemia dengan obat-obat, diet, kontrol berat badan, dan latihan teratur dapat memperlambat perkembagan dari semua komplikasi-komplikasi diabetes.
Ada bukti yang baik bahwa bahkan mereka yang dengan toleransi glucose terganggu dapat secara signifikan memperbaiki yang kalau tidak meningkatkan risiko untuk penyakit atherosclerotic mereka (termasuk serangan-serangan jantung dan stroke) dengan perubahan-perubahan yang tepat pada diet, aktivitas fisik, dan berat badan.

Kanker Kolon Dan Rektum / Polip-Polip Kolon Dan Rektum

Kanker colorectal adalah penyebab paling umum kedua kematian dari keseluruhan kanker, dan menduduki ketiga pada keduanya wanita-wanita (setelah kanker paru dan payudara) dan laki-laki (setelah kanker paru dan prostate).
Ilmuwan-ilmuwan percaya bahwa mayoritas dari kanker-kanker colon (usus besar) berkembang dari polip-polip colon (pertumbuhan-pertumbuhan prakanker pada permukaan bagian dalam dari colon). Setelah berubah menjadi bersifat kanker, sel-sel kemudian dapat menyerang atau menyebar (metastasize) ke bagian-bagian lain dari tubuh.
Kanker colon dapat dicegah dengn mengeluarkan polip-polip colon sebelum mereka berubah bersifat kanker. Kanker colon dapat disembuhkan jika dikeluarkan secara operasi sebelum kanker menyebar.

Tes-tes penyaringan (Screening)

  • Stool occult blood test: Stool occult blood test adalah tes kimia untuk mendeteksi jejak jumlah-jumlah darah pada feces. Ia tidak mahal dan mudah, namun tidak selalu akurat. Beberapa kanker-kanker tidak terdeteksi oleh tes, dan banyak tes-tes positif tidak disebabkan oleh kanker.
  • Flexible sigmoidoscopy: Flexible sigmoidoscopy adalah prosedur yang relatif cepat dan mudah di tempat praktek yang mengizinkan penglihatan secara langsung dan biopsi luka-luka yang dicurigai dari bagian distal colon, namun menyebabkan beberapa ketidaknyamanan, dan tidak seseksama (seteliti) seperti colonoscopy.
  • Colonoscopy: Colonoscopy mengizinkan penglihatan dari seluruh colon dan adalah tes yang paling komplit dan seksama, namun seringkali memerlukan pemberian obat penenang secara intravena, adalah jauh lebih mahal, dan tidak dibayar oleh beberapa perusahaan asuransi untuk screening. Meskipun screening colonoscopies mungkin mempunyai risiko yang sedikit lebih tinggi dari komplikasi-komplikasi daripada flexible sigmoidoscopies, kedua tes-tes screening adalah sangat aman jika dilakukan oleh professional yang telah terlatih.

Siapa yang diuji dan berapa sering

Semua subyek-subyek sehat harus mempunyai stool occult blood tests dan flexible sigmoidoscopy pada umur 50 athun, diikuti oleh stool occult blood tahunan dan flexible sigmoidoscopy setiap lima tahun.
Sebagai alternatif, sebagai gantinya flexible sigmoidoscopy, semua subyek-subyek sehat dapat menjalani screening colonoscopy pada umur 50 tahun dan kemudian setiap 10 tahun jika tes-tes tetap normal dan tidak ada sejarah polip-polip atau kanker sebelumnya.
Subyek-subyek yang berisiko tinggi (individu-individu dengan sejarah keluarga dari polip-polip dan kanker, ulcerative colitis yang berkepanjangan, atau sejarah personal sebelumnya dari polip-polip colon atau kanker) perlu colonoscopy lebih awal dan pada interval-interval yang lebih pendek.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Stool occult blood test, flexible sigmoidoscopy, dan colonoscopy telah didokumentasikan mengurangi kematian kanker colon dengan:
  1. Mencegah kanker colon dengan mengidentifikasi dan mengeluarkan polip-polip sebelum mereka menjadi kanker.
  2. Meningkatkan angka kesembuhan kanker dengan mengidentifikasi kanker lebih awal pada stadium yang dapat dirawat sebelum kanker telah menyebar (metastasized). 

Kanker Kantong Kemih

Tes-tes penyaringan (Screening)

Pemeriksaan urin untuk sel-sel darah (urinalysis). Ini mungkin dilakukan dengan dipstick dengan konfirmasi oleh pemeriksaan mikroskopik dari urin, atau oleh pemeriksaan mikroskopik awal.
Kanker kantong kemih dapat menyebabkan gross hematuria (darah yang terlihat dalam urin) atau microscopic hematuria (darah dalam urin hanya terlihat dengan mikroskop).
(Catat bahwa kanker kantong kemih adalah hanya salah satu dari banyak penyebab-penyebab dari darah dalam urin).

Siapa yang diuji dan berapa sering

Semua orang-orang yang sekarang ini adalah atau bekas perokok-perokok sigaret atau yang mempunyai sejarah dari secara pekerjaan terpapar pada kimia-kimia tertentu yang seringkali digunakan dalam zat pewarna, kulit, ban, dan industri-industri karet harus mempunyai pemeriksaan urin untuk darah secara periodik setelah berumur 60 tahun.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Kanker kantong kemih dini mungkin tidak menghasilkan gejala-gejala dan tidak ada perdarahan dalam urin, dan darah dalam urin paling umum nampaknya secara mikroskopik dan tidak terlihat dengan mata telanjang.
Perawatan dapat menjadi efektif jika kanker dideteksi dini, dan kelangsungan hidup sanga kuat berhubungan dengan stadium penyakit pada saat perawatan.
Merokok sigaret selalu sebaiknya dihentikan.

Glaucoma

Glaucoma adalah kondisi dengan tekanan-tekanan intra-ocular (tekanan didalam mata-mata) yang naiknya secara abnormal.

Tes-tes penyaringan (Screening)

  • Pengukuran dari tekanan intra-ocular harus menjadi komponen standar dari pemeriksaan mata yang komprehensif.
  • Catat bahwa check up untuk penglihatan tidak mengukur tekanan intra-ocular.
  • Tekanan intra-ocular harus diukur oleh spesialis-spesialis perawatan mata.

Siapa yang diuji dan berapa sering

Interval-interval untuk pemeriksaan mata yang direkomendasikan oleh American Academy of Ophthalmology, termasuk penyaringan glaucoma, adalah:
  • Umur 20-29: Individu-individu dari keturunan Afrika atau dengan sejarah galucoma keluarga harus mempunyai pemeriksaan mata setiap tiga sampai lima tahun. Yang lain-lain harus mempunyai pemeriksaan mata paling sedikit sekali selama periode ini.
  • Umur 30-39: Individu-individu dari keturunan Afrika atau dengan sejarah galucoma keluarga harus mempunyai pemeriksaan mata setiap dua sampai empat tahun. Yang lain-lain harus mempunyai pemeriksaan mata paling sedikit dua kali selama periode ini.
  • Umur 40-64: Setiap dua sampai empat tahun.
  • Umur 65 atau lebih tua: Setiap satu sampai dua tahun.
Meskipun ada rekomendasi penyaringan formal untuk subyek-subyek yang sehat dengan risiko yang normal, setiap orang diatas umur 60 tahun harus mempunyai pengukuran-pengukuran tekanan intra-ocular secara periodik, mungkin tahunan.

Manfaat-manfaat dari deteksi dini

Glaucoma menyebabkan kerusakan yang ekstensif pada retina dan kehilangan penglihatan yang tidak dapat dikembalikan tanpa gejala-gejala peringatan dan sebelum individu menjadi sadar dari kehilangan penglihatan.
Ada bukti yang baik bahwa perawatan dari tekanan mata yang naik pada glaucoma dapat mencegah kebutaan.


Melanoma Dan Kanker-Kanker Kulit Lain

Melanoma adalah bentuk yang paling serius dari kanker kulit.

Tes-Tes Penyaringan

Pemeriksaan Kulit Tubuh Total

Siapa Yang Diuji Dan Berapa Sering

American Cancer Society merekomendasi pemeriksaan kulit setiap tiga tahun antara umur 20 dan 40 tahun, dan pemeriksaan kulit tahunan diatas umur 40 tahun.
Kaum dewasa dengan risiko yang lebih tinggi dari normal untuk melanoma harus terutama waspada jika mereka mempunyai:
  • sejarah melanoma keluarga,
  • adalah dewasa berumur pertengahan dengan paparan matahari yang sering,
  • sejarah dari terbakar sinar matahari yang serius atau sering. Terbakar sinar matahari pada masa anak-anak adalah terutama berisiko.
  • lebih dari 50 tahi-tahi lalat (moles)
  • kulit yang terang.
Cari dokter jika tahi lalat mempunyai karakteristik-karakteristik berikut:
  • garis tengah lebih besar dari 6mm,
  • asymmetric, yang berarti bentuk yang tidak rata,
  • batas yang tidak teratur,
  • polar warna yang bervariasi, yang berarti banyak warna-warna atau warna-warna yang tidak biasa, seperti biru atau hitam.

Manfaat-Manfaat Dari Deteksi Dini

Kanker kulit adalah kanker yang paling umum. Meskipun manfaat dari penyaringan kanker kulit tidak menentu (sejauh ini, penelitian belum menunjukan bahwa kematian dari kanker kulit dapat dkurangi setelah program penyaringan yang teratur diinstitusikan), perawatan dini dari kanker kulit dapat menjadi efektif. Melanomas mungkin terdeteksi pada stadium yang lebih tipis dengan pemeriksaan-pemerksaan kulit reguler. Melanoma-melanoma yang lebih tipis lebih sukses dirawat daripada yang tebal yang telah tumbuh kebawah kedalam bagian-bagian kulit yang lebih dalam.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar