Jumat, 25 Maret 2011

Cataracts (Katarak)

Definisi Cataract

Cataract adalah pengkabutan dari lensa-lensa dalam mata yang mempengaruhi penglihatan. Kebanyakan cataracts berhubungan dengan penuaan. Cataracts adalah sangat umum pada orang-orang yang lebih tua. Pada umur 80 tahun, lebih dari separuh orang-orang Amerika mempunyai cataract atau telah mepunyai operasi cataract.
Cataract dapat terjadi pada satu atau kedua mata-mata. Ia tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata lainnya.

Definisi lensa-lensa

Lensa-lensa adalah bagian yang bening dari mata yang membantu memfokus cahaya, atau gambar, pada retina. Retina adalah jaringan yang sensitif cahaya di belakang mata.
Pada mata yang normal, cahaya lewat melalui lensa-lensa yang transparan (jernih) ke retina. Sekali ia mencapai retina, cahaya dirubah kedalam sinyal-sinyal syaraf yang dikirim ke otak.
Lensa-lensa harus bening untuk retina menerima gambar yang tajam. Jika lensa-lensa berkabut dari cataract, gambar yang anda lihat akan menjadi kabur.

Ada tipe-tipe lain dari cataract ?

Ya. Meskipun kebanyakan cataracts berhubungan dengan penuaan, ada tipe-tipe lain dari cataracts:
  • Cataract sekunder. Cataracts dapat terbentuk setelah operasi untuk persoalan-persoalan mata lain, seperti glaucoma. Cataracts juga dapat berkembang pada orang-orang yang mempunyai persoalan-persoalan kesehatan lain, seperti diabetes. Cataracts adakalanya dihubungkan pada penggunaan steroid.
  • Cataract traumatic. Cataracts dapat berkembang setelah luka mata, adakalanya bertahun-tahun kemudian.
  • Cataract congenital. Beberapa bayi-bayi dilahirkan dengan cataracts atau mengembangkan mereka pada masa kanak-kanak, seringkali pada kedua mata-mata. Cataracts ini mungkin begitu kecil sehingga mereka tidak mempengaruhi penglihatan. Jika mereka lakukan, lensa-lensa mungkin perlu dikeluarkan.
  • Cataract radiasi. Cataracts dapat berkembang setelah paparan pada beberapa tipe-tipe radiasi. 

Penyebab Cataracts

Lensa-lensa terletak dibelakang iris dan pupil. Ia bekerja seperti lensa-lensa kamera. Ia memfokus cahaya keatas retina dibelakang mata, dimana gambar direkam. Lensa-lensa juga menyesuaikan fokus mata, membiarkan kita melihat benda-benda secara jelas kedua-duanya dekat dan jauh. Lensa-lensa terbuat kebanyakan dari air dan protein. Protein disusun dalam cara yang tepat yang mempertahankan lensa-lensa jernih dan membiarkan cahaya lewat melaluinya.
Namun ketika kita menua, beberapa dari protein mungkin menggumpal bersama dan mulai mengeruhkan area-area yang kecil dari lensa-lensa. Ini adalah cataract. Melalui waktu, cataract mungkin tumbuh lebih besar dan mengeruhkan lebih banyak dari lensa-lensa, membuatnya lebih sulit untuk melihat.
Peneliti-peneliti mencurigai bahwa ada beberapa penyebab-penyebab dari cataracts, seperti merokok dan diabetes. Atau, mungkin protein pada lensa-lensa hanya berubah dari pemakaian melalui waktu bertahun-tahun.

Bagaimana cataracts dapat mempengaruhi penglihatan saya ?

Cataracts yang berhubungan dengan umur dapat mempengaruhi penglihatan anda dalam dua cara-cara:
  • Gumpalan-gumpalan dari protein mengurangi ketajaman dari gambar yang mencapai retina.
    • Lensa-lensa terdiri kebanyakan dari air dan protein. Ketika protein menggumpal, ia memperkeruh lensa-lensa dan mengurangi cahaya yang mencapai retina. Pengkabutan (perkeruhan) mungkin menjadi cukup parah untuk menyebabkan penglihatan yang kabur. Kebanyakan cataracts yang berhubungan dengan umur berkembang dari gumpalan-gumpalan protein.
    • Ketika cataract kecil, perkeruhan mempengaruhi hanya bagian yang kecil dari lensa-lensa. Anda mungkin tidak mencatat segala perubahan-perubahan pada penglihatan anda. Cataracts cenderung untuk "tumbuh" secara perlahan, jadi penglihatan memburuk secara berangsur-angsur. Melalui waktu, area berkabut pada lensa-lensa mungkin menjadi lebih besar, dan cataract mungkin meningkat dalam ukuranya. Melihat mungkin menjadi lebih sulit. Penglihatan anda mungkin menjadi lebih pudar atau kabur.
  • Lensa-lensa yang bening secara perlahan berubah ke warna kekuningan/kecoklatan, menambah warna kecoklatan pada penglihatan.
    • Ketika lensa-lensa bening secara perlahan berwarna dengan umur, penglihatan anda secara berangsur-angsur mungkin memperoleh corak kecoklat-coklatan. Pertama, jumlah pewarnaan mungkin adalah kecil dan mungkin tidak menyebabkan persoalan penglihatan. Melalui waktu, pewarnaan yang meningkat mungkin membuatnya lebih sulit untuk membaca dan melakukan aktivitas-aktivitas rutin lain. Perubahan secara berangsur-angsur ini pada jumlah dari pewarnaan tidak mempengaruhi ketajaman dari gambar yang dikirim ke retina.
    • Jika anda mempunyai perubahan warna (pelunturan) lensa-lensa yang berlanjut, anda mungkin tidak mampu untuk mengidentifikasi biru-biru dan ungu-ungu. Anda mungkin memakai apa yang anda percaya adalah sepasang kaos kaki hitam, hanya untuk menemukan dari teman-teman bahwa anda memakai kaos-kaki ungu.

Kapan anda paling mungkin mempunyai cataract ?

Istilah "berhubungan dengan umur" adalah sedikit menyesatkan. Anda tidak perlu menjadi warga negara tua (senior) untuk mendapatkan tipe cataract ini. Nyatanya, orang-orang dapat mempunyai cataract yang berhubungan dengan umur pada umur 40-an dan 50-an mereka. Namun selama umur pertengahan, kebanyakan cataracts adalah kecil dan tidak mempengaruhi penglihatan. Adalah setelah umur 60 tahun yang kebanyakan cataracts mencuri penglihatan.

Siapa yang berisiko untuk cataracts ?

Risiko cataract meningkat ketika anda menjadi lebih tua. Faktor-faktor risiko lain untuk cataracts termasuk:
  • Penyakit-penyakit tertentu, seperti diabetes.
  • Kelakuan pribadi, seperti merokok dan penggunaan alkohol.
  • Lingkungan, seperti paparan pada sinar matahari yang berkepanjangan.

Apa yang dapat saya buat untuk melindungi penglihatan saya ?

Memakai kacamata-kacamata hitam dan topi dengan pinggiran untuk menghalangi sinar ultraviolet matahari mungkin membantu untuk menunda cataracts. Jika anda merokok, berhentilah. Peneliti-peneliti juga percaya nutrisi yang baik dapat membantu mengurangi risiko cataracts yang berhubungan dengan umur. Mereka merekomendasikan memakan sayur-sayuran yang berdaun hijau, buah-buahan, dan makanan-makanan lain dengan antioxidants.
Jika anda berumur 60 tahun atau lebih tua, anda harus mempunyai pemeriksaan pembesaran mata yang komprehensif paling sedikit setiap dua tahun sekali. Sebagai tambahan pada cataracts, dokter anda dapat memeriksa tanda-tanda dari degenerasi makula (macular degeneration) yang berhubungan dengan umur, glaucoma, dan penyakit-penyakit penglihatan lain. Perawatan dini untuk banyak penyakit-penyakit mata mungkin menyelamatkan penglihatan anda.

Gejala-Gejala Dari Cataract

Gejala-gejala yang paling umum dari cataract adalah:
  • Penglihatan yang berkabut atau kabur.
  • Warna-warna terlihat memudar.
  • Menyilaukan. Lampu-lampu besar mobil, lampu-lampu, atau sinar matahari mungkin nampak terlalu terang. Halo mungkin nampak sekitar cahaya-cahaya.
  • Penglihatan malam yang buruk.
  • Penglihatan double atau gambar-gambar yang banyak pada satu mata. (Gejala ini mungkin menghilang ketika cataract menjadi lebih besar).
  • Perubahan-perubahan peresepan yang seringkali pada kacamata-kacamata atau contact lenses anda.
  • Gejala-gejala ini juga dapat menjadi tanda dari persoalan-persoalan mata lain. Jika anda mempunyai apa saja dari gejala-gejala ini, periksakan pada dokter mata anda.

Mendeteksi cataract

Cataract dideteksi melalui pemeriksaan mata yang komprehensif yang termasuk:
  • Tes ketajaman penglihatan. Pengujian peta mata ini mengukur berapa baik anda melihat pada berbagai jarak-jarak.
  • Pemeriksaan mata yang dibesarkan. Tetes-tetes mata ditempatkan pada mata-mata anda untuk melebarkan, atau membesarkan pupil-pupil. Dokter mata anda menggunakan lensa pembesar khusus untuk memeriksa retina dan syaraf optik anda untuk tanda-tanda kerusakan dan persoalan-persoalan mata lain. Setelah pemeriksaan, penglihatan dekat anda mungkin tetap kabur untuk beberapa jam.
  • Tonometry. Alat mengukur tekanan dalam mata. Tetes-tetes mata yang mematirasakan mungkin dipakai pada mata anda untuk tes ini.
Dokter mata anda juga mungkin melakukan tes-tes lain untuk mempelajari lebih banyak tentang struktur dan kesehatan mata-mata anda.

Merawat Cataract

Gejala-gejala dari cataracts dini mungkin diperbaiki dengan kacamata-kacamata baru, cahaya yang lebih terang, kacamata-kacamata hitam anti-silau, atau lensa-lensa pembesar. Jika tindakan-tindakan ini tidak membantu, operasi adalah satu-satunya perawatan yang efektif. Operasi melibatkan pengeluaran lensa yang berkabut dan menggantikannya dengan lensa buatan.
Cataract perlu dikeluarkan hanya ketika kehilangan penglihatan mengganggu aktivitas-aktivitas harian anda, seperti mengemudi, membaca, atau menonton TV. Anda dan dokter anda dapat membuat keputusan ini bersama-sama. Sekali anda mengerti manfaat-manfaat dan risiko-risiko dari operasi, anda dapat membuat keputusan yang telah diinformasikan tentang apakah operasi cataract adalah benar untuk anda. Pada kebanyakan kasus-kasus, menunda operasi cataract tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata anda atau membuat opereasi lebih sulit. Anda tidak harus tergesa-gesa pada operasi.
Adakalanya cataract harus dikeluarkan bahkan jika ia tidak menyebabkan persoalan-persoalan dengan penglihatan anda. Contohnya, cataract harus dikeluarkan jika ia mencegah pemeriksaan atau perawatan dari persoalan mata yang lain, seperti degenerasi makula yang berhubungan dengan umur atau diabetic retinopathy. Jika dokter anda menemukan cataract, anda mungkin tidak perlu operasi cataract untuk beberapa tahun. Nyatanya, anda mungkin tidak pernah memerlukan operasi cataract. Dengan mempunyai penglihatan anda diuji secara teratur, anda dan dokter mata anda dapat berdiskusi apakah dan kapan anda mungkin perlu perawatan.
Jika anda memilih operasi, dokter mata anda mungkin merujuk anda pada spesialis untuk mengangkat cataract.
Jika anda mempunyai cataracts di kedua mata-mata yang memerlukan operasi, operasi akan dilakukan pada setiap mata pada waktu-waktu yang terpisah, biasanya empat sampai delapan minggu terpisah.
Banyak orang-orang yang memerlukan operasi cataract juga mempunyai kondisi-kondisi mata lain, seperti degenerasi makula yang berhubungan dengan umur atau glaucoma. Jika anda mempunyai kondisi-kondisi mata lain sebagai tambahan pada cataract, bicarakan dengan dokter anda. Pelajari tentang risiko-risiko, manfaat-manfaat, alternatif-alternatif, dan hasl-hasil yang diharapkan dari operasi cataract.

Tipe-tipe yang berbeda dari operasi cataract

Ada dua tipe dari operasi cataract. Dokter anda dapat menjelaskan perbedaan-perbedaan dan membantu menentukan mana yang lebih baik untuk anda:
  • Phacoemulsification, atau phaco. Sayatan (irisan) kecil dibuat pada sisi dari cornea, permukaan yang bening dan berbentuk kubah yang menutupi depan mata. Dokter anda memasukan probe yang kecil kedalam mata. Alat ini memancarkan gelombang-gelombang ultrasound yang melunakan dan memisahkan lensa sehingga ia dapat dikeluarkan dengan pengisapan (sedotan). Kebanyakan operasi cataract sekarang ini dilakukan dengan phacoemulsification, juga disebut "operasi cataract sayatan kecil".
  • Operasi Extracapsular. Dokter anda membuat sayatan yang lebih panjang pada sisi cornea dan mengeluarkan inti lensa yang keruh dalam satu potongan. Sisa dari lensa dikeluarkan dengan pengisapan.
Setelah lensa alamiah telah dikeluarkan, ia seringkali digantikan dengan lensa buatan, yang disebut intraocular lens (IOL). IOL adalah lensa plastik yang bening yang tidak memerlukan perawatan dan menjadi bagian yang permanen dari mata anda. Cahaya difokus dengan jelas oleh IOL ke retina, memperbaiki penglihatan anda. Anda tidak akan merasakan atau melihat lensa baru.
Beberapa orang-orang tidak dapat mempunyai IOL. Mereka mungkin mempunyai penyakit mata lain atau mempunyai persoalan-persoalan selama operasi. Untuk pasien-pasien ini, contact lens yang lembut, atau kacamata-kacamata yang menyediakan pembesaran yang tinggi, mungkin disarankan.

Risiko-risiko dari operasi cataract

Seperti dengan operasi apa saja, operasi cataract mempunyai risiko-risiko, seperti infeksi dan perdarahan. Sebelum operasi cataract, dokter anda mungkin meminta anda untuk sementara menghentikan mengkonsumsi obat-obat tertentu yang meningkatkan risiko perdarahan sewaktu operasi. Setelah operasi, anda harus mempertahankan mata anda bersih, cuci tangan-tangan anda sebelum menyentuh mata anda, dan gunakan obat-obat yang diresepkan untuk membantu mengecilkan risiko infeksi. Infeksi yang serius dapat berakibat pada kehilangan penglihatan.
Operasi cataract sedikit meningkatkan risiko retinal detachment (pemisahan retina) anda. Penyakit-penyakit mata lain, seperti myopia tinggi (nearsightedness), dapat lebih jauh meningkatkan risiko pemisahan retina anda setelah operasi cataract. Satu tanda dari retinal detachment adalah peningkatan yang tiba-tiba pada flashes (kilasan-kilasan) atau floaters. Floaters adalah "sarang laba-laba" kecil atau bintik-bintik yang nampak mengapung dalam lapangan penglihatan anda. Jika anda mencatat peningkatan yang tiba-tiba pada floaters atau flashes, cari dokter mata anda segera. Retinal detachment adalah darurat medis. Jika perlu, pergi ke pelayanan darurat atau rumah sakit. Mata anda harus diperiksa oleh ahli bedah mata sesegera mungkin. Retinal detachment tidak menyebabkan nyeri. Perawatan dini untuk retinal detachment seringkali dapat mencegah kehilangan penglihatan yang permanen. Lebih cepat anda mendapat perawatan, lebih mungkin anda akan memperoleh kembali penglihatan yang baik. Bahkan jika anda dirawat segera, beberapa penglihatan mungkin hilang.
Bicara pada dokter mata anda tentang risiko-risiko ini. Pastikan operasi cataract adalah tepat untuk anda.

Apakah operasi cataract efektif ?

Pengangkatan cataract adalah salah satu dari operasi-operasi yang paling umum yang dilakukan di Amerika. Ia juga adalah salah satu dari tipe-tipe operasi yang paling aman dan paling efektif. Pada kira-kira 90% dari kasus-kasus, orang-orang yang mempunyai operasi cataract mempunyai penglihatan yang lebih baik sesudahnya.

Apa yang terjadi sebelum operasi ?

Satu atau dua minggu sebelum operasi, dokter anda akan melakukan beberapa tes-tes. Tes-tes ini mungkin termasuk pengukuran kurva (lekukan) dari cornea dan ukuran dan bentuk dari mata anda. Informasi ini membantu dokter memilih tipe yang benar dari IOL.
Anda mungkin diminta tidak makan atau minum apa saja 12 jam sebelum operasi anda.

Apa yang terjadi selama operasi ?

Di rumah sakit atau klinik mata, tetes-tetes mata akan ditaruh kedalam mata anda untuk memperbesar pupil. Area sekitar mata anda akan dicuci dan dibersihkan.
Operasi biasanya berlangsung kurang dari satu jam dan hampir tidak menyakitkan. Banyak orang-orang memilih untuk tetap sadar selama operasi. Yang lain-lain mungkin perlu ditidurkan untuk waktu yang singkat.
Jika anda terjaga, anda akan mempunyai anesthetic (obat bius) untuk mematirasakan syaraf-syaraf di dan sekitar mata anda.
Setelah operasi, patch mungkin ditempatkan diatas mata anda. Anda akan istirahat sebentar. Team medis anda akan menjaga persoalan-persoalan apa saja, seperti perdarahan. Kebanyakan orang-orang yang mempunyai operasi cataract dapat pulang kerumah pada hari yang sama. Anda akan memerlukan seseorang untuk mengemudikan anda ke rumah.

Apa yang terjadi setelah operasi ?

Gatal dan ketidaknyamanan yang ringan adalah normal setelah operasi cataract. Beberapa kotoran air juga adalah umum. Mata anda mungkin sensitif pada cahaya dan sentuhan. Jika anda mempunyai ketidaknyamanan, dokter anda dapat menyarankan perawatan. Setelah satu atau dua hari, ketidaknyamanan yang sedang seharusnya hilang.
Untuk beberapa hari setelah operasi, dokter anda mungkin meminta anda untuk memakai tetes-tetes mata untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi. Tanyakan dokter anda tentang bagaimana menggunakan tetes-tetes mata anda, berapa sering menggunakan mereka, dan efek-efek apa yang mereka dapat punyai. Anda akan perlu memakai pelindung mata atau kacamata untuk membantu melindungi mata anda. Hindari nmenggosok atau menekan pada mata anda.
Ketika anda dirumah, coba untuk tidak membungkuk dari pinggang untuk mengangkat barang-barang dari lantai. Jangan mengangkat barang-barang berat apa saja. Anda dapat berjalan, menaiki tangga-tangga, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang ringan.
Pada kebanyakan kasus-kasus, penyembuhan akan selesai dalam delapan minggu. Dokter anda akan merencanakan pemeriksaan-pemeriksaan untuk memeriksa kemajuan anda.

Dapatkah persoalan-persoalan berkembang setelah operasi ?

Persoalan-persoalan setelah operasi adalah jarang, namun mereka dapat terjadi. Persoalan-persoalan ini dapat termasuk infeksi, perdarahan, peradangan (nyeri, kemerahan, pembengkakan), kehilangan penglihatan, penglihatan double, dan tekanan mata yang tinggi atau rendah. Dengan perhatian medis segera, persoalan-persoalan ini dapat biasanya dirawat dengan sukses.
Adakalanya jaringan mata yang melingkungi IOL menjadi keruh dan mungkin mengaburkan penglihatan anda. Kondisi ini disebut after-cataract. After-cataract dapat berkembang berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah operasi cataract.
After-cataract dirawat dengan laser. Dokter anda menggunakan laser untuk membuat lubang kecil pada jaringan mata dibelakang lensa untuk membiarkan cahaya lewat melaluinya. Prosedur pasien rawat jalan ini disebut YAG laser capsulotomy. Ia tidak menyakitkan dan jarang berakibat pada peningkatan tekanan mata atau persoalan-persoalan mata lain. Sebagai langkah hati-hati, dokter anda mungkin memberikan anda tetes-tetes mata untuk menurunkan tekanan mata sebelum atau sesudah prosedur.

Kapan penglihatan saya akan kembali normal ?

Anda dapat kembali dengan cepat ke banyak aktivitas-aktivitas harian, namun penglihatan anda mungkin kabur. Mata yang sembuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan sehingga ia dapat fokus secara benar dengan mata lain, terutama jika mata lain mempunyai cataract. Tanya dokter anda kapan anda dapat memulai kembali mengemudi.
Jika anda menerima IOL, anda mungkin mencatat bahwa warna-warna adalah sangat terang. IOL adalah bening/jelas, tidak seperti lensa alamiah anda yang mungkin telah mempunyai warna kekuningan/kecoklatan. Dalam beberapa bulan setelah menerima IOL, anda akan menjadi terbiasa pada penglihatan warna yang diperbaiki. Juga, ketika mata anda sembuh, anda mungkin perlu kacamata-kacamata atau contact lenses baru.

Apa yang dapat saya buat jika saya telah kehilangan beberapa penglihatan dari cataract ?

Jika anda telah kehilangan beberapa penglihatan dari cataract atau operasi cataract, tanya dokter anda tentang layanan-layanan penglihatan rendah dan alat-alat yang mungkin membantu anda membuat yang terbaik dari sisa penglihatan anda. Minta referensi spesialis penglihatan rendah. Banyak organisasi-organisasi masyarakat dan para agen menawarkan informasi tentang menasehati penglihatan rendah, training, dan layanan-layanan khusus lain untuk orang-orang dengan gangguan-gangguan penglihatan. Sekolah kedokteran atau optometry yang berdekatan mungkin menyediakan layanan-layanan penglihatan rendah.

Penelitian Yang Sedang Dilakukan

National Eye Institute sedang melakukan dan mendukung sejumlah studi-studi yang berfokus pada faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan dari cataracts yang berhubungan dengan umur. Studi-studi ini termasuk:
  • Efek dari paparan sinar matahari, yang mungkin berhubungan dengan peningkatan risiko cataracts.
  • Suplemen-suplemen vitamin, yang telah menunjukan berbagai hasil-hasil dalam menunda kemajuan dari cataracts.
  • Studi-studi genetik, yang menunjukan janji untuk pengertian yang lebih baik tentang perkembangan cataract.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar