Rabu, 30 Maret 2011

Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Definisi Leher Rahim (Cervix)

Leher Rahim adalah bagian dari sistim reproduksi wanita. Ia adalah bagian bawah yang sempit dari rahim atau kandungan ( uterus atau womb). Rahim adalah organ berongga yang berbetuk buah per pada perut bagian bawah. Mulut rahim (cervix) menghubungkan rahim (kandungan) ke vagina. Vagina menjurus pada bagian luar tubuh.
Kanal rahim adalah jalan terusan. Darah mengalir dari kandungan melalui kanal kedalam vagina sewaktu periode me
nstruasi seorang wanita. Mulut rahim juga menghasilkan lendir. Lendir membantu sperma bergerak dari vagina kedalam kandungan (uterus). Selama kehamilan, mulut rahim ditutup dengan ketat untuk membantu mempertahankan bayi didalam kandungan. Sewaktu kelahiran bayi, mulut rahim (cervix) membuka lebar untuk mengizinkan bayi melewati vagina.

Definisi Kanker

Kanker mulai didalam sel-sel, blok-blok bangunan yang menyusun jaringan-jaringan. Jaringan-jaringan menyusun organ-organ tubuh.
Secara normal, sel-sel tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru ketika tubuh membutuhkan mereka. Ketika sel-sel tumbuh menjadi tua, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.
Kadangkala, proses yang teratur ini berjalan salah. Sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka, dan sel-sel tuatidak mati ketika mereka seharusnya mati. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa dari jaringan yang disebut pertumbuhan atau tumor.
Tumor-tumor dapat bersifat jinak atau ganas:
  • Tumor-tumor jinak adalah bukan kanker
    • Tumor-tumor jinak adalah jarang mengancam nyawa.
    • Secara umum, tumor-tumor jinak dapat diangkat, dan mereka biasanya tidak akan tumbuh kembali.
    • Sel-sel dari tumor-tumor jinak tidak menyerang jaringan-jaringan sekitar mereka.
    • Sel-sel tumor-tumor jinak tidak menyebar ke bagian-bagian lain tubuh.
    • Polip-polip, kista-kista, dan kutil-kutil genital adalah tipe-tipe pertumbuhan-pertumbuhan yang jinak dari leher rahim (cervix).
  • Tumor-tumor ganas adalah kanker:
    • Tumor-tumor ganas umumnya adalah lebih serius daripada tumor-tumor jinak. Mereka mungkin mengancam nyawa.
    • Tumor-tumor ganas seringkali dapat diangkat. Namun kadangkala mereka tumbuh kembali.
    • Sel-sel tumor-tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan-jaringan dan organ-organ yang berdekatan.
    • Sel-sel tumor-tumor ganas dapat menyebar (metastasize) ke bagian-bagian lain tubuh. Sel-sel kanker menyebar dengan memecah dari tumor asal (primer) dan masuk kedalam aliran darah atau sistim getah bening (lymphatic system). Sel-selnya menyerang organ-organ lain dan membentuk tumor-tumor baru yang merusak organ-organ ini. Penyebaran dari kanker disebut metastasis.
Ketika kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain tubuh, tumor baru mempunyai macam yang sama dari sel-sel yang abnormal dan nama yang sama seperti tumor primernya. Contohnya, jika kanker leher rahim menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker didalam paru-paru sebenarnya adalah sel-sel kanker leher rahim. Penyakitnya adalah kanker leher rahim yang metastatik, bukan kanker paru-paru. Untuk sebab ini, ia dirawat sebagai kanker leher rahim, bukan kanker paru-paru. Dokter-dokter menyebut tumor baru penyakit "jauh" atau metastatik.




Faktor-Faktor Risiko dan Penyebab-Penyebab Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Dokter-dokter tidak selalu dapat menjawab mengapa seorang wanita mengembangkan kanker leher rahim dan wanita lainnya tidak. Bagaimanapun, kita tahu bahwa seorang wanita dengan faktor-faktor risiko tertentu lebih mungkin daripada yang lainnya untuk mengembangkan kanker leher rahim (cervical cancer). Faktor risiko adalah yang dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan suatu penyakit.
Studi-studi telah menemukan sejumlah faktor-faktor yang mungkin meningkatkan risiko kanker leher rahim. Faktor-faktor ini mungkin bekerja bersama untuk bahkan lebih meningkatkan risiko:
  • Human papillomaviruses (HPVs): Infeksi HPV adalah faktor risiko utama untuk kanker leher rahim. HPV adalah kelompok dari virus-virus yang dapat menginfeksi leher rahim (cervix). Infeksi-infeksi HPV adalah sangat umum. Viris-virus ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak seksual. Kebanyakan dewasa-dewasa pernah terinfeksi dengan HPV pada suatu ketika dalam kehidupannya. Beberapa tipe-tipe HPV dapat menyebabkan perubahan-perubahan pada sel-sel leher rahim. Perubahan-perubahan ini dapat menjurus pada kutil-kutil genital (alat kemaluan), kanker, dan persoalan-persoalan lain. Dokter-dokter dapat memeriksa untuk HPV bahkan jika tidak ada kutil-kutil atau gejala-gejala lainnya.
  • Jika seorang wanita mempunyai infeksi HPV, dokternya dapat mengdiskusikan cara-cara untuk menghindari terinfeksinya orang lain. Tes Pap dapat mendeteksi perubahan-perubahan sel pada leher rahim yang disebabkan oleh HPV. Perawatan dari perubahan-perubahan sel ini dapat mencegah kanker leher rahim. Ada beberapa metode-metode perawatan, termasuk pembekuan (freezing) atau pembakaran (burning) jaringan yang terinfeksi. Beberapa obat-obatan juga bermanfaat.
  • Ketiadaan dari tes-tes Pap secara teratur: Kanker leher rahim adalah lebih umum diantara wanita-wanita yang tidak mempunyai tes-tes Pap yang teratur (reguler). Tes Pap membantu dokter-dokter mencari sel-sel sebelum bersifat kanker (precancerous cells). Perawatan perubahan-perubahan leher rahim sebelum bersifat kanker seringkali mencegah kanker.
  • Sistim imun yang melemah (sistim pertahanan alamiah tubuh): Wanita-wanita dengan infeksi HIV (virus yang menyebabkan AIDS) atau yang meminum obat-obat penekan sistim imun mempunyai risiko yang lebih tinggi dari rata-rata mengembangkan kanker leher rahim. Untuk wanita-wanita ini, dokter-dokter menyarankan screening secara teratur (regular screening) untuk kanker leher rahim.
  • Umur: Kanker leher rahim terjadi paling sering pada wanita-wanita berumur lebih dari 40 tahun.
  • Sejarah seksual: Wanita-wanita yang telah mempunyai banyak mitra-mitra seksual mempunyai risiko yang lebih tinggi dari rata-rata mengembangkan kanker leher rahim. Juga, seorang wanita yang telah mempunyai hubungan seksual dengan seorang pria yang telah mempunyai banyak mitra-mitra seksual mungkin berisiko lebih tinggi mengembangkan kanker leher rahim. Pada kedua kasus-kasus, risiko mengembangkan kanker leher rahim lebih tinggi karena wanita-wanita ini mempunyai risiko infeksi HPV yang lebih tinggi dari rata-rata.
  • Merokok: Wanita-wanita dengan infeksi HPV yang merokok mempunyai risiko kanker leher rahim yang lebih tinggi daripada wanita-wanita dengan infeksi HPV yang tidak merokok.
  • Menggunakan pil-pil pengontrol kelahiran untuk waktu yang lama: Menggunakan pil-pil pengontrol kelahiran untuk waktu yang lama (5 tahun atau lebih) dapat meningkatkan risiko kanker leher rahim diantara wanita-wanita dengan infeksi HPV.
  • Mempunyai banyak anak: Studi-studi menyarankan bahwa melahirkan banyak anak-anak dapat meningkatkan risiko kanker leher rahim diantara wanita-wanita dengan infeksi HPV.
Diethylstilbestrol (DES) mungkin meningkatkan risiko dari bentuk yang jarang dari kanker leher rahim dan kanker-kanker lain tertentu dari sistim reproduksi pada anak-anak perempuannya yang terekspos pada obat ini sebelum lahir. DES diberikan pada beberapa wanita-wanita hamil di Amerika antara tahun 1940 dan 1971. Ia sudah tidak diberikan lagi pada wanita-wanita hamil.
Wanita-wanita yang pikir mereka mungkin berisiko untuk kanker leher rahim harus mendiskusikan kekhwatiran ini dengan dokternya. Mereka mungkin ingin bertanya tentang jadwal untuk pemeriksaan-pemeriksaan.

Screening untuk Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Screening untuk memeriksa perubahan-perubahan leher rahim sebelum adanya gejala-gejala adalah sangat penting. Screening dapat membantu dokter mencari sel-sel abnormal sebelum kanker berkembang. Mencari dan merawat sel-sel abnormal dapat mencegah kebanyakan kanker leher rahim. Juga, screening dapat membantu mencari kanker dini, ketika perawatan kemungkinan menjadi efektif.
Untuk beberapa dekade yang lalu, jumlah wanita-wanita yang didiagnosis setiap tahun dengan kanker leher rahim sudah menurun. Dokter-dokter percaya bahwa ini terutama disebabkan oleh sukses dari screening.
Dokter-dokter merekomendasikan bahwa wanita-wanita membantu mengurangi risiko kanker leher rahim mereka dengan mempunyai tes-tes Pap secara teratur. Tes Pap (kadangkala disebut Pap smear atau cervical smear) adalah tes yang mudah untuk melihat sel-sel leher rahim. Untuk kebanyakan wanita-wanita, tesnya tidak menyakitkan. Tes Pap dilakukan di ruang praktek dokter atau klinik sewaktu pemeriksaan pelvik (pelvic). Dokter atau suster memarut/menggores satu contoh sel-sel leher rahim, dan kemudian mencoreng sel-sel itu pada sebuah kaca mikroskop. Pada tipe baru dari tes Pap (tes Pap yang berdasarkan pada cairan), sel-sel itu dibilas kedalam wadah cairan yang kecil. Sebuah mesin khusus menaruh sel-sel pada kaca-kaca mikroskop. Untuk kedua tipe dari tes Pap, laboratorium memeriksa sel-sel pada kaca mikroskop untuk kelainan-kelainan dibawah sebuah mikroskop.
Tes-tes Pap dapat menemukan kanker leher rahim atau sel-sel abnormal yang dapat menjurus pada kanker leher rahim. Dokter-dokter secara umum merekomendasikan bahwa:
  • Wanita-wanita harus mulai mempunyai tes-tes Pap 3 tahun setelah mereka mulai mempunyai hubungan seksual, atau ketika mereka mencapai umur 21 tahun (yang mana saja yang datang lebih dahulu).
  • Kebanyakan wanita-wanita harus mempunyai tes Pap paling sedikit satu kali setiap 3 tahun.
  • Wanita-wanita berumur 65 sampai 70 tahun yang telah mempunyai paling sedikit tiga tes-tes Pap normal dan tidak ada tes-tes Pap abnormal dalam 10 tahun terakhir dapat memutuskan, setelah bicara dengan dokternya, untuk memberhentikan screening kanker leher rahim.
  • Wanita-wanita yang telah mempunyai hysterectomy (operasi) untuk mengangkat kandungan (uterus) dan leher rahim (cervix), juga disebut total hysterectomy, tidak perlu mempunyai screening kanker leher rahim. Bagaimanapun, jika operasi adalah perawatan untuk sel-sel sebelum bersifat kanker atau kanker, wanita -wanita itu harus terus menerus menjalankan screening.
Wanita-wanita harus bicara dengan donternya tentang kapan mereka mereka harus mulai mempunyai tes-tes Pap, berap sering mempunyai mereka, dan kapan mereka dapat memberhentikan mempunyai mereka. Ini terutama penting untuk wanita-wanita yang berisiko kanker leher rahim lebih tinggi dari rata-rata.
Beberapa aktivitas dapat menyembunyikan sel-sel abnormal dan mempengaruhi hasil-hasil tes Pap. Dokter-dokter menyarankan petunjuk-petunjuk berikut:
  • Jangan menyemprotkan air untuk 48 jam sebelum tes.
  • Jangan mengadakan hubungan seksual untuk 48 jam sebelum tes.
  • Jangan menggunakan obat-bat vagina (kecuali seperti yang diarahkan oleh dokter) atau busa-busa, creams, atau jellies pengontrol kelahiran untuk 48 jam sebelum tes.
Dokter-dokter juga menyarankan bahwa seorang wanita menjadwalkan tes Papnya untuk waktu yang adalah 10 sampai 20 hari setelah hari pertama dari periode menstruasinya.
Kebanyakan, sel-sel abnormal yang ditemukan pada tes Pap adalah bukan bersifat kanker. Bagaimanapun, beberapa kondisi-kondisi abnormal dapat menjadi kanker melalui waktu:
  • LSIL (low-grade squamous intraepithelial lesion): LSILs adalah perubahan-perubahan sel yang ringan pada permukaan leher rahim. Perubahan-perubahan seperti itu seringkali disebabkan oleh infeksi-infeksi HPV. LSILs adalah umum, terutama pada wanita-wanita muda. LSILs bukan kanker. Bahkan tanpa perawatan, kebanyakan LSILs tetap seperti semula atau menghilang. Bagaimanapun, beberapa menjadi luka-luka tingkat tinggi yang dapat menjurus pada kanker.
  • HSIL (high-grade squamous intraepithelial lesion): HSILs bukan kanker, namun tanpa perawatan mereka dapat menjurus pada kanker. Sel-sel sebelum bersifat kanker ada hanya pada permukaan leher rahim (cervix). Mereka nampak sangat berbeda dari sel-sel normal.


Gejala-gejala Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Perubahan-perubahan sebelum bersifat kanker dan kanker-kanker awal dari leher rahim umumnya tidak menyebabkan nyeri atau gejala-gejala lain. Adalah penting untuk tidak menunggu sampai merasakan nyeri sebelum mengunjungi seorang dokter.
Ketika penyakitnya memburuk, wanita-wanita dapat mencatat satu atau lebih dari gejala-gejala ini:
  • Perdarahan vagina yang abnormal
    • Perdarahan yang terjadi diantara periode-periode teratur menstruasi
    • Perdarahan setelah hubungan seks, penyemprotan air, atau suatu pemeriksaan pelvic
    • Periode-periode menstruasi yang berlangsung lebih lama dan lebih berat daripada sebelumnya
    • Perdarahan setelah menopause
  • Kotoran vagina yang meningkat
  • Nyeri Pelvic
  • Nyeri sewaktu hubungan seks
Infeksi-infeksi atau persoalan-persoalan kesehatan lain dapat juga menyebabkan gejala-gejala ini. Hanya seorang dokter yang dapat memastikannya. Seorang wanita dengan gejala-gejala ini manapun harus memberitahu dokternya sehingga persoalan-persoalan dapat didiagnosis dan dirawat sedini mungkin.

Diagnosis Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Jika seorang wanita mempunyai gejala atau hasil-hasil tes Pap yang menganjurkan sel-sel sebelum bersifat kanker atau kanker leher rahim, dokternya akan menyaranka prosedur-prosedur lain untuk membuat diagnosis.
Ini dapa termasuk:
  • Colposcopy: Dokter menggunakan sebuah colposcope untuk melihat pada leher rahim (cervix). Colposcope menggabungkan cahaya yang terang dengan lensa pembesar untuk membuat jaringan lebih mudah dilihat. Ia tidak dimasukkan kedalam vagina. Colposcopy biasanya dilakukan di ruang praktek dokter atau klinik.
  • Biopsy: Dokter mengangkat jaringan untuk mencari sel-sel sebelum bersifat kanker (precancerous cells) atau sel-sel kanker. Kebanyakan wanita-wanita mempunyai biopsinya di ruang praktek dokter dengan pembiusan lokal. Seorang ahli patologi memeriksa jaringan itu dengan sebuah mikroskop.
    • Punch biopsy: Dokter menggunakan suatu alat berongga yang tajam untuk mencubit contoh-contoh (samples) kecil dari jaringan leher rahim.
    • LEEP: Dokter menggunakan suatu kawat listrik untuk memotong potongan bulat yang tipis dari jaringan.
    • Endocervical curettage: Dokter menggunakan suatu curette (sebuah alat kecil berbentuk sendok) untuk memarut sample kecil jaringan dari kanal leher rahim. Beberapa dokter-dokter mungkin menggunakan sikat halus yang tipis sebagai ganti dari sebuah curette.
    • Conization: Dokter mengangkat sample jaringan yang berbentuk seperti kerucut. Conization, atau biopsi kerucut (cone biopsy), membiarkan ahli patologi melihat jika sel-sel abnormal berada di jaringan dibawah permukaan leher rahim. Dokter mungkin melakukan tes ini di rumah sakit dibawah pembiusan total. Conization juga dapat digunakan untuk mengangkat area sebelum bersifat kanker.
Mengangkat jaringan dari leher rahim dapat menyebabkan beberapa perdarahan atau kotoran lain. Area ini biasanya sembuh dengan cepat. Wanita-wanita mungkin juga merasa beberapa nyeri serupa dengan kejang-kejang menstruasi. Obat dapat menghilangkan ketidaksenangan ini.

Perawatan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Peningkatan

Jika biopsi menunjukan bahwa anda mempunyai kanker, dokter anda akan melakukan pemeriksaan pelvic yang seksama dan mungkin mengangkat jaringan tambahan untuk mempelajari luasnya (tingkat) penyakit anda. Tingkat memberitahukan apakah tumor telah menyerang jaringan-jaringan yang berdekatan, apakah kanker telah menyebar dan, jika ya, ke bagian-bagian tubuh yang mana.
Ini adalah tingkat-tingkat dari kanker leher rahim:
  • Tingkat 0: Kanker hanya ditemukan pada lapisan atas dari sel-sel pada jaringan yang melapisi leher rahim. Tingkat 0 juga disebut carcinoma in situ.
  • Tingkat I: Kanker telah menyerang leher rahim dibawah lapisan atas dari sel-sel. Itu ditemukan hanya di leher rahim.
  • Tingkat II: Kanker meluas melewati leher rahim kedalam jaringan-jaringan berdekatan. Ia meluas ke bagian atas dari vagina. Kanker tidak menyerang ke bagian ketiga yang lebih rendah dari vagina atau dinding pelvic (lapisan dari bagian tubuh antara pinggul).
  • Tingkat III: Kanker meluas ke bagian bawah dari vagina. Ia juga mungkin telah menyebar ke dinding pelvic dan simpul-simpul getah bening yang berdekatan.
  • Tingkat IV: Kanker telah menyebar ke kandung kemih, rektum, atau bagian-bagian lain tubuh.
  • Terjadinya kembali kanker: Kanker telah dirawat, namun telah kembali setelah periode waktu yang selama waktu ini tidak dapat terdeteksi. Kanker mungkin timbul kembali pada leher rahim atau pada bagian-bagian lain tubuh.
Untuk mempelajari luasnya penyakit dan menyarankan jalan perawatan, dokter mungkin meminta beberapa dari tes-tes berikut:
  • X-rays dada: X-rays seringkali dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar ke paru-paru.
  • CT scan: Mesin x-ray yang dihubungkan ke sebuah komputer mengambil rentetan dari gambar-gambar yang mendetil (terperinci) dari organ-organ anda. Anda munkin menerima materi kontras melalui suntikan dilengan atau tangan anda, melalui mulut, atau dengan enema. Beberapa orang alergi terhadap materi-materi kontras yang mengandung iodine. Beritahu dokter atau suster jika anda mempunayi alergi. Materi kontras membuat area-area abnormal lebih mudah untuk dilihat. Tumor di hati, paru-paru, atau dimana saja didalam tubuh dapt terlihat pada CT scan.
  • MRI: Magnet yang kuat yang dihubungkan ke sebuah komputer digunakan untuk membuat gambar-gambar yang mendetil dari pelvis dan perut anda. Dokter dapat melihat gambar-gambar ini pada sebuah monitor dan dapat mencetak mereka pada film. MRI dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar. Kadangkala materi kontras membuat area-area abnormal timbul lebih jelas pada gambar.
  • Ultrasound: Alat ultrasound diletakkan pada perut atau dimasukkan kedalam vagina. Alat mengirim gelombang-gelombang suara yang tidak dapat didengar manusia. Gelombang-gelombang memantul pada leher rahim dan jaringan-jaringan berdekatan, dan sebuah komputer menggunakan gema-gema (echoes) menciptakan gambar. Tumor-tumor dapat menghasilkan gema-gema yang berbeda dari gema-gema yang dibuat oleh jaringan-jaringan yang sehat. Gambar dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar.

Perawatan

Banyak wamita-wanita dengan kanker leher rahim ingin mengambil bagian yang aktif dalam membuat keputusan-keputusan tentang perawatan medik mereka. Adalah alami berkeinginan untuk belajar semua yang anda bisa tentang penyakit anda dan pilihan-pilihan perawatan anda. Bagaimanapun, shock dan stres setelah diagnosis dapat membuatnya menjadi susah untuk memikirkan segalanya yang anda ingin tanyakan pada dokter. Adalah seringkali bermanfaat untuk membuat daftar pertanyaan-pertanyaan sebelum janji temu.
Untuk membantu mengingat apa yang dikatakan dokter, anda mungkin membuat catatan atau bertanya apakah anda dapat menggunakan suatu alat perekam (tape recorder). Anda juga mungkin ingin mempunyai seorang anggota keluarga atau teman dengan anda ketika anda berbicara dengan dokter — mengambil bagian dalam diskusi, membuat catatan-catatan, atau hanya mendengarkan.
Anda tidak perlu bertanya semua pertanyaan-pertanyaan anda seketika. Anda akan mempunyai kesempatan-kesempatan lain meminta dokter anda untuk menjelaskan hal-hal yang tidak jelas dan untuk bertanya lebih banyak informasi-informasi.
Dokter anda mungkin merujuk anda pada seorang spesialis, atau anda dapat bertanya referensi. Ahli-ahli kandungan (Gynecologists), ahli-ahli kanker kandungan (gynecologic oncologists), ahli-ahli pengobatan kanker (medical oncologists), dan ahli-ahli radiasi kanker (radiation oncologists) adalah spesialis-spesialis yang merawat kanker leher rahim.

Mendapatkan suatu pendapat/pikiran kedua

Sebelum memulai perawatan, anda mungkin ingin pendapat (opini) kedua tentang diagnosis dan rencana perawatan. Banyak perusahaan-perusahaan asuransi menempuh pendapat kedua jika anda atau dokter anda memintanya. Itu dapat memakan beberapa waktu dan usaha untuk mengumpulkan catatan mengenai kesehatan (medical records) dan mengatur untuk menemui dokter lain. Biasanya itu bukanlah persoalan yang memakan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan pendapat kedua. Pada kebanyakan kasus-kasus, penundaan dalam memulai perawatan tidak akan membuat perawatan berkurang efektif. Untuk memastikannya, anda harus diskusi penundaan ini dengan dokter anda. Beberapa wanita-wanita dengan kanker leher rahim memerlukan perawatan yang segera.
Ada sejumlah cara-cara untuk menemukan dokter untuk pendapat kedua:
  • Dokter anda mugkin merujuk anda pada satu atau lebih spesialis-spesialis. Pada pusat-pusat kanker, beberapa spesialis-spesialis seringkali bekerja sama sebagai suatu regu (team).
  • NCI's Cancer Information Service, at 1-800-4-CANCER, dapat memberitahu anda tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.
  • The American Board of Medical Specialties (ABMS) mempunyai dafter dari dokter-dokter yang telah mendapatkan latihan dan telah lulus ujian dalam spesialisasinya. Anda dapat mencari dokter-dokter ini pada http://www.abms.org. (Click on "Who's Certified.")

Persiapan untuk perawatan

Pilihan perawatan tergantung terutama dari ukuran tumor dan apakah kanker telah menyebar. Jika seorang wanita berada pada umur-umur mengandung anak, pilihan perawatan mungkin juga tergantung pada apakah ia ingin hamil suatu ketika.
Dokter anda dapat menguraikan pilihan-pilhan perawatan anda dan hasil-hasil yang diharapkan dari setiap pilihan. Anda dan dokter anda dapat bekerja sama untuk mengembangkan rencana perawatan yang memenuhi keperluan-keperluan medik anda dan nilai-nilai pribadi anda.

Metode-metode perawatan

Wanita-wanita dengan kanker leher rahim dapat dirawat dengan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi radiasi dan kemoterapi, atau kombinasi dari metode ketiga-tiganya.
Pada tingakat manapun dari penyakit, wanita-wanita dengan kanker leher rahim dapat mempunyai perawatan untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lainnya, untuk menghilangkan efek-efek sampingan terapi, dan untuk meringankan persoalan-persoalan emosi dan praktis. Perawatan semacam ini disebut perawatan yang menunjang (supportive care), pengendalian gejala (symptom management), atau perawatan yang meredakan (palliative care).
Anda mungkin ingin bicara pada dokter anda tentang ambil bagian dalam percobaan klinik, studi penelitian dari metode-metode perawatan yang baru.

Operasi

Operasi merawat kanker pada leher rahim dan area yang berdekatan dengan tumor.
Kebanyakan wanita-wanita dengan kanker leher rahim awal mempunyai operasi untuk mengangkat leher rahim (cervix) dan kandungan (uterus) yaitu total hysterectomy. Bagaimanapun, untuk setiap kanker leher rahim dini (tingkat 0), hysterectomy mungkin tidak diperlukan. Cara-cara lain untuk mengangkat jaringan yang bersifat kanker termasuk conization, cryosurgery, operasi laser, atau LEEP.
Beberapa wanita-wanita memerlukan hysterectomy yang radikal. Hysterectomy yang radikal adalah operasi pengangkatan kandungan (uterus), leher rahim (cervix), dan bagian dari vagina.
Dengan salah satu dari hysterectomy total atau radikal, ahli bedah mungkin mengangkat kedua tabung-tabung fallopian dan indung-indung telur (ovaries). Prosedur ini adalah salpingo-oophorectomy.
Ahli bedah mungkin juga mengangkat simpul-simpul getah bening dekat tumor untuk melihat apakah mereka mengandung kanker. Jika sel-sel kanker telah mencapai simpul-simpul getah bening, itu berarti penyakit telah menyebar pada bagian-bagian lain tubuh.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi (juga disebut radiotherapy) menggunakan sinar-sinar yang tinggi energinya untuk membunuh sel-sel kanker. Ia mempengaruhi sel-sel hanya di area-area yang dirawat.
Wanita-wanita mendapat hanya terapi radiasi, dengan kemoterapi, atau dengan kemoterapi dan operasi. Dokter mungkin menyarankan terapi radiasi sebagai ganti dari operasi untuk jumlah yang kecil dari wanita-wanita yang tidak bisa mendapat operasi karean sebab-sebab medis. Kebanyakan wanita-wanita dengan kanker yang meluas melalui leher rahim mendapat terapi radiasi dan kemoterapi. Untuk kanker yang telah menyebar pada organ-organ yang jauh, hanya terapi radiasi sendiri mungkin digunakan.
Dokter-dokter menggunakan dua tipe dari terapi radiasi untuk merawat kanker leher rahim. Beberapa wanita-wanita menerima kedua-dua tipe:
  • External radiation: Radiasi datang dari sebuah mesin besar diluar tubuh. Wanita biasanya mendapat perawatan sebagai seorang pasien luar dalam sebuah rumah sakit atau klinik. Ia menerima external radiation 5 hari setiap minggu untuk beberapa minggu.
  • Internal radiation (intracavitary radiation): Tabung-tabung tipis (juga disebut implants) mengandung unsur radioaktif ditinggalkan di vagina untuk beberapa jam atau sampai 3 hari. Wanita itu dapat tinggal di rumah sakit selama waktu itu. Untuk melindungi yang lain-lainnya dari radiasi, wanita itu tidak boleh menerima tamu-tamu atau dapat menerima tamu-tamu hanya untuk periode waktu yang singkat ketika tabung-tabungnya berada ditempat. Sekali tabung-tabungnya diangkat, tidak ada radioaktif yang tertinggal didalam tubuhnya. Internal radiation dapat diulang dua kali atau lebih melalui beberapa minggu.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obat anti kanker untuk membunuh sel-sel kanker. Ia disebut terapi sistemik (systemic therapy) kerena obat-obat masuk kedalam aliran darah dan dapat mempengaruhi sel-sel diseluruh tubuh. Untuk perawatan kanker leher rahim, kemoterapi biasanya digabungkan dengan terapi radiasi. Untuk kanker yang telah menyebar pada organ-organ yang jauh, hanya kemoterapi sendiri mungkin digunakan.
Obat-obat anti kanker untuk kanker leher rahim biasanya diberikan melalui pembuluh darah. Wanita-wanita biasanya menerima perawatan pada bagian pasien luar dari rumah sakit, di ruang praktek dokter, atau dirumah. Jarang seorang wanita tinggal dirumah sakit selama perawatan.




Efek-Efek Sampingan dari Perawatan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Karena perawatan kanker seringkali merusak sel-sel dan jaringan-jaringan yang sehat, efek-efek sampingan yang tidak dikehendaki adalah umum. Efek-efek sampingan terutama tergantung dari tipe dan luasnya perawatan. Efek-efek sampingan mungkin tidak sama untuk setiap wanita, dan mereka mungkin berubah dari satu sesi perawatan ke yang berikutnya. Sebelum perawatan mulai, regu pelayanan kesehatan anda akan menjelaskan efek-efek sampingan yang mungkin dan menyarankan cara-cara untuk membantu anda mengendalikan mereka.

Pembedahan

Itu memakan waktu untuk sembuh setelah pembedahan, dan watu kesembuhan adalah berbeda untuk setiap wanita. Anda mungkin tidak enak untuk beberapa hari pertama. Bagaimanapun, obat biasanya dapat mengontrol nyerinya. Sebelum pembedahan, anda harus mendiskusikan rencana untuk menghilangkan nyeri dengan dokter atau suster anda. Setelah operasi, dokter anda dapat menyesuaikan rencana jika anda memerlukan lebih banyak penghilangan nyeri.
Jika anda mempunyai pembedahan (operasi) untuk mengangkat tumor kecil pada permukaan leher rahim (cervix), anda mungkin mempunyai cramping atau nyeri lain, perdarahan, atau kotoran yang berbentuk air (watery discharge).
Jika anda mempunyai hysterectomy, lamanya tinggal dirumah sakit dapat bervariasi dari beberapa hari sampai satu minggu. Adalah biasa untuk merasa lelah atau lemah untuk sementara. Anda mungkin mempunyai persoalan-persoalan dengan mual dan muntah, dan anda mungkin mempunyai persoalan-persoalan kandung kemih dan usus besar. Dokter mungkin membatasi diet anda pada cairan-cairan pada pertamanya, dengan kembalinya ke makanan padat secara berangsur-angsur. Kebanyakan wanita-wanita kembali ke aktivitas-aktivitas normalnya dalam 4 sampai 8 minggu setelah operasi.
Setelah hysterectomy, wanita-wanita tidak lagi mempunyai periode-periode menstrual. Mereka tidak dapat hamil.
Ketika indung-indung telur diangkat, menopause terjadi dengan segera. Rasa panas dan gejala-gejala menopause lainnya yang disebabkan oleh operasi mungkin lebih parah daripada yang disebabkan oleh menopause secara alamiah. Anda mungkin menghendaki untuk mendiskusikan ini dengan dokter anda sebelum operasi. Beberapa obat-obat telah menunjukan membantu gejala-gejala ini, dan mereka mungkin lebih efektif jika dimulai sebelum operasi.
Setelah operasi, beberapa wanita-wanita mungkin khwatir tentang keintiman seksual. Banyak wanita-wanita menemukan bahwa itu bermanfaat untuk berbagi kekhwatiran-kekhwatiran ini dengan mitra mereka. Sepasang pasangan mungkin ingin meminta seorang penasehat membantu mereka mengutarakan kekhwatiran-kekhwatiran mereka.

Terapi Radiasi

Efek-efek sampingan tergantung terutama pada dosis radiasi dan bagian tubuh anda yang dirawat. Radiasi pada perut (abdomen) dan pelvis dapat menyebabkan mual, muntah, diare, atau persoalan-persoalan tentang air kencing. Anda mungkin kehilangan rambut di area kemaluan anda. Juga, kulit anda di area yang dirawat dapat menjadi merah, kering, dan perih.
Anda mungkin mempunyai kekeringan, gatal, atau rasa terbakar di vagina anda. Radiasi mungkin juga membuat vagina anda lebih sempit. Dokter atau suster mungkin menyarankan cara-cara untuk menghilangkan ketidakenakan ini. Juga ada cara-cara untuk melebarkan vagina, yang mana akan membantu membuat pemeriksaan-pemeriksaan follow-up lebih mudah. Dokter anda mungkin menganjurkan anda untuk tidak berhubungan seksual selama perawatan. Namun kebanyakan wanita-wanita dapat mulai lagi aktivitas seksual dalam beberapa minggu setelah perawatan berakhir.
Anda kemungkinan menjadi sangat lelah selama terapi radiasi, terutama pada minggu-minggu dikemudiannya dari perawatan. Istirahat adalah penting, namun dokter-dokter biasanya menasehati pasien-pasien untuk tetap aktif sebisa mereka.
Meskipun efek-efek sampingan terapi radiasi dapat menyusahkan (distressing), dokter anda biasanya dapat mencari cara-cara untuk menghilangkan mereka.

Kemoterapi

Efek-efek sampingan dari kemoterapi tergantung terutama pada obat-obat khusus dan dosisnya. Obat-obat mempengaruhi sel-sel kanker dan sel-sel lain yang membelah dengan cepat:
  • Sel-sel darah: Sel-sel ini melawa infeksi, membantu darah anda untuk menggumpal, dan membawa oksigen keseluruh bagian-bagian tubuh. Jika obat-obat mempengaruhi sel-sel darah anda, anda lebih mungkin mendapat infeksi, memar atau mudah berdarah, dan merasa sangat lemah dan lelah.
  • Se-sel pada akar-akar rambut: Kemoterapi dapat menyebabkan anda kehilangan rambut anda. Rambut akan tumbuh kembali, namun ia akan dalam warna dan susunan (texture) yang berbeda.
  • Sel-sel yang melapisi saluran pencernaan: Kemoterapi dapat menyebabkan suatu ketidaknafsuan makan, mual dan muntah, diare, atau luka-luka mulut dan bibir.
Obat-obat yang digunakan untuk kanker leher rahim juga dapat menyebabkan ruam kulit (skin rash), persoalan-persoalan pendengaran, kehilangan keseimbangan, nyeri sendi, atau kaki-kaki yang bengkak.
Dokter anda dapat menyarankan cara-cara mengontrol banyak dari efek-efek sampingan ini.

Pengobatan Pelengkap dan Alternatif

Beberapa orang dengan kanker menggunakan pengobatan pelengkap dan alternatif [complementary and alternative medicine (CAM)] untuk meringankan stres atau mengurangi efek-efek sampingan dan gejala-gejala:
  • Pendekatan umumnya disebut pengobatan pelengkap jika ia digunakan bersama dengan perawatan standar.
  • Pendekatan disebut pengobatan alternatif jika ia digunakan sebagai pengganti dari perawatan standar.
Akupunktur, terapi urut, produk-produk jamu, vitamin-vitamin atau diet-diet khusus, visualisasi, meditasi, dan penyembuhan spiritual adalah tipe-tipe dari CAM. Banyak orang mengatakan pendekatan-pendekatan seperti itu membantu mereka merasa lebih baik.
Bagaimanapun, beberapa tipe-tipe dari CAM, termasuk vitamin-vitamin tertentu, dapat bertentangan dengan perawatan standar. Menggabungkan CAM dengan perawatan standar mungkin bahkan lebih berbahaya. Sebelum mencoba tipe manapun dari CAM, anda harus mendiskusikan kemungkinan manfaat-manfaatnya dan efek-efek berbahayanya dengan dokter anda.
Beberapa tipe-tipe dari CAM adalah mahal. Asuransi kesehatan mungkin tidak akan mengganti biayanya.

Nutrisi

Adalah penting untuk makan dengan baik selama perawatan kanker. Makan dengan baik berarti mendapat cukup kalori-kalori untuk mempertahankan suatu berat badan yang baik dan protein yang cukup untuk mempertahankan kekuatan anda. Nutrisi-nutrisi baik seringkali membantu orang-orang dengan kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.
Namun makan dengan baik dapat menjadi sulit. Anda mungkin tidak ingin makan jika anda tidak merasa enak atau anda lelah. Juga , efek-efek sampingan perawatan (seperti tidak nafsu makan, mual, muntah, atau luka-luka mulut) dapat menjadi persoalan. Beberapa orang merasakan bahwa makanan tidak enak rasanya selama terapi kanker.
Dokter, seorang ahli diet, atau penyedia pelayanan kesehatan lainnya dapat menyarankan cara-cara untuk mempertahankan diet yang sehat.

Perawatan Follow-Up untuk Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Kepedulian follow-up setelah perawatan kanker leher rahim adalah penting. Bahkan ketika kanker kelihatannya telah diangkat atau dihancurkan secara penuh, penyakitnya kadangkala datang kembali karena sel-sel kanker yang tidak terdeteksi menetap entah dimana didalam tubuh setelah perawatan. Dokter anda akan mengawasi kesembuhan anda dan memeriksa untuk terjadinya kembali kanker. Checkups membantu memastikan perubahan-perubahan apapun dalam kesehatan anda diketahui dan dirawat jika diperlukan. Checkups dapat termasuk pemeriksaan fisik dan juga tes-tes Pap dan x-rays dada. Diantara kunjungan-kunjungan yang dijadwalkan, anda harus segera menghubungi dokter jika anda mempunyai persoalan-persoalan kesehatan apa saja.

Sumber-Sumber Dukungan untuk Pasien-Pasien Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Hidup dengan penyakit yang serius seperti kanker leher rahim adalah tidak mudah. Anda mungkin khwatir tentang kepedulian kepada keluarga anda, mempertahankan pekerjaan anda, atau meneruskan aktivitas harian. Kekhwatiran-kekhwatiran tentang perawatan-perawatan dan mengendalikan efek-efek sampingan, kediaman di rumah sakit, dan biaya-biaya pengobatan adalah juga umum. Docter-dokter, suster-suster, dan anggota-anggota lain dari regu pelayanan kesehatan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan, pekerjaan, atau aktivitas-aktivitas lain. Pertemuan dengan seorang pekerja sosial, penasehat, atau anggota dari kependetaan dapat bermanfaat jika anda ingin berbicara tentang perasaan-perasaan dan kekhwatiran-kekhwatiran anda. Seringkali, seorang pekerja sosial dapat menyarankan sumber-sumber bantuan keuangan, transportasi, pelayanan rumah, atau dukungan emosi.
Kelompok-kelompok pendukung juga dapat membantu. Pada kelompok-kelompok ini, pasien-pasien atau anggota-anggota keluarganya bertemu dengan pasien-pasien lain atau keluarganya untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari tentang menghadapi penyakit dan efek-efek perawatan. Kelompok-kelompok dapat menawarkan dukungan secara pribadi, melalui telephone, atau internet. Anda munkin ingin berbicara dengan seseorang dari regu pelayanan kesehatan anda tentang menemukan kelompok pendukung.

Janji dari Penelitian Kanker

Dokter-dokter diseluruh negara sedang melakukan banyak tipe-tipe dari percobaan-percobaan klinik (meneliti studi-studi dimana orang-orang secara sukarela ambil bagian). Mereka sedang mempelajari cara-cara baru untuk merawat kanker leher rahim. Beberapa juga sedang mempelajari terapi-terapi yang mungkin memperbaiki kwalitas hidup untuk wanita-wanita selama atau sesudah perawatan kanker.
Percobaan-percobaan klinik diciptakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dan untuk menemukan apakah pendekatan-pendekatan yang baru adalah aman dan efektif. Penelitian telah menjurus pada banyak kemajuan-kemajuan, dan peneliti-peneliti meneruskan untuk menemukan metode-metode yamg lebih efektif untuk menangani kanker.
Peneliti-peneliti sedang memeriksa pendekatan-pendekatan baru pada perawatan, termasuk obat-obat anti kanker dan kombinasi-kombinasi obat. Mereka juga sedang mempelajari metode-metode berbeda, dosis-dosis, dan jadwal-jadwal terapi radiasi. Beberapa percobaab-percobaan menggabungkan kemoterapi, operasi, dan terapi radiasi. Percobaan-percobaan lain sedang meneliti terapi biologi.
Peneliti-peneliti juga sedang mempelajari operasi untuk mengangkat simpul-simpul getah bening penjaga (sentinel lymph nodes). Sentinel lymph node adalah simpul getah bening pertama ke mana kemungkinan kanker menyebar. Sekarang ini, ahli-ahli bedah seringkali harus mengangkat banyak simpul-simpul getah bening (lymph nodes) dan memeriksa setiap dari mereka untuk kanker. Namun jika peneiti menunjukan bahwa adalah mungkin untuk mengidentifikasi sentinel lymph node (simpul getah bening yang kemungkinan besar mempunyai kanker), dokter-dokter mungkin mampu untuk menghindari lebih banyak operasi untuk mengangkat simpul-simpul getah bening lainnya.
Orang-orang yang ikut serta pada percobaan-percobaan klinik mungkin berada diantara yang pertama mendapat manfaat jika pendekatan yang baru adalah efektif. Dan bahkan jika peserta-peserta tidak mendapat manfaat secara langsung, mereka tetap membuat kontribusi yang penting pada pengobatan dengan membantu dokter-dokter belajar lebih banyak tentang penyakit dan bagaimana mengontrolnya. Meskipun percobaan-percobaan klinik dapat memperlagakan beberapa risiko-risiko, peneliti-peneliti berbuat sekuat tenaga mereka untuk melindungi pasien-pasien mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar