Rabu, 09 Maret 2011

Echocardiogram

Echocardiogram (seringkali disebut "echo") adalah garis luar grafik dari gerakan jantung. Selama tes ini, gelombang-gelombang suara frekwensi tinggi, disebut ultrasound, menyediakan gambar-gambar dari klep-klep dan kamar-kamar jantung. Ini mengizinkan teknisi, disebut sonographer, untuk mengevaluasi aksi pompa dari jantung. Echo seringkali digabungkan dengan Doppler ultrasound dan Doppler berwarna untuk mengevaluasi aliran darah melalui klep-klep jantung.
Mengapa Saya Perlu Echo ?

Dokter anda mungkin melakukan echocardiogram untuk:

* Menilai fungsi keseluruhan dari jantung anda.
* Menentukan kehadiran dari banyak tipe-tipe penyakit jantung.
* Mengikuti progresi (kemajuan) dari penyakit klep jantung melalui waktu.
* Mengevaluasi keefektifan dari perawatan-perawatan medis atau operasi.

Tipe-Tipe Dari Echocardiograms

Ada beberapa tipe-tipe echocardiograms dan dokter anda akan membantu menentukan yang mana yang terbaik untuk anda.

* Transthoracic echocardiogram: Ini adalah echocardiogram standar. Ia adalah tes yang tidak menyakitkan serupa pada X-ray, namun tanpa radiasi. Prosedur menggunakan teknologi yang sama yang digunakan untuk mengevaluasi kesehatan bayi sebelum kelahiran. Alat yang digenggam ditangan yang disebut transducer ditempatkan pada dada dan memancarkan gelombang-gelombang suara frekwensi tinggi (ultrasound). Gelombang-gelombang suara ini memantul dari struktur-struktur jantung, menghasilkan gambar-gambar dan suara-suara yang dapat digunakan oleh dokter untuk mendeteksi kerusakan dan penyakit jantung.
* Transesophageal echocardiogram (TEE): Tes ini memerlukan transducer dimasukan kebawah tenggorokan kedalam esophagus (tabung menelan yang menghubungkan mulut pada lambung). Karena esophagus berlokasi dekat pada jantung, gambar-gambar yang jelas dari struktur-struktur jantung dapat diperoleh tanpa campur tangan dari paru-paru dan dada.
* Stress echocardiogram: Ini adalah echocardiogram yang dilakukan ketika pasien berolahraga pada treadmill atau sepeda yang tidak bergerak. Tes ini dapat digunakan untuk melihat gerakan dari dinding-dinding jantung dan aksi pompa jantung ketika jantung dibebankan. Ia mungkin mengungkap kekurangan aliran darah yang tidak selalu terlihat pada tes-tes jantung lain. Echocardiogram dilakukan tepat sebelum dan sesudah latihan.
* Dobutamine atau adenosine/sestamibi stress echocardiogram: Ini adalah bentuk lain dari stress echocardiogram. Bagaimanapun, sebagai gantinya berolehraga untuk membebankan jantung, beban diperoleh dengan memberikan obat yang menstimulasi jantung dan membuatnya berpikir ia sedang olahraga. Tes digunakan untuk mengevaluasi jantung anda dan fungsi klep ketika anda tidak mampu untuk berolahraga pada treadmill atau sepeda yang tidak bergerak. Ia juga digunakan untuk menentukan berapa baik jantung anda mentolerir aktivitas dan kemungkinan anda mempunyai penyakit arteri koroner (arteri-arteri yang terhalang), serta mengevaluasi keefektifan dari rencana perawatan cardiac anda.
* Intravascular ultrasound: Ini adalah bentuk dari echocardiography yang dilakukan selama kateterisasi cardiac (jantung). Selama prosedur ini, transducer diteroboskan kedalam pembuluh-pembuluh darah jantung via kateter pada selangkangan. Ia seringkali digunakan untuk menyediakan informasi detil tentang atherosclerosis (rintangan) didalam pembuluh-pembuluh darah.


Echocardiogram


Bagaimana Saya Harus Mempersiapkan Diri Untuk Echocardiogram ?

Pada hari tes, makan dan munum seperti biasanya. Konsumsi semua dari obat-obat anda pada waktu-waktu yang biasa, seperti yang diresepkan oleh dokter anda.
Yang Terjadi Selama Tes

Selama tes, anda akan diberikan gown (baju panjang) rumah sakit untuk dipakai. Anda akan diminta untuk melepaskan baju anda dari pinggang ke atas. Cardiac sonographer akan menempatkan tiga elektrode-elektrode (lempengan-lempengn yang kecil, rata dan lengket) pada dada anda. Elektrode-elektrode disambung pada electrocardiograph monitor (ECG atau EKG) yang mempetakan aktivitas elektrik jantung anda.

Sonographer akan meminta anda untuk berbaring pada sisi kiri anda diatas meja pemeriksaan. Ia akan menempatkan wand (disebut transducer gelombang suara) pada beberapa area-area dari dada anda. Wand akan mempunyai jumlah yang kecil dari gel pada ujungnya, yang tidak akan membahayakan kulit anda. Gel digunakan untuk membantu menghasilkan gambar-gambar yang lebih jekas.

Suara-suara adalah bagian dari sinyal Doppler. Anda mungkin atau mungkin tidak mendengar suara-suara selama tes. Anda mungkin diminta untuk merubah posisi-posisi beberapa kali selama pemeriksaan dalam rangka untuk sonographer mengambil gambar-gambar dari area-area yang berbeda dari jantung anda. Anda juga mungkin diminta untuk menahan napas pada saat-saat selama pemeriksaan.

Anda seharusnya tidak merasakan ketidaknyamanan utama selama tes, meskipun anda mungkin merasakan kesejukan dari gel pada transducer dan sedikit tekanan dari transducer pada dada anda.

Tes akan memakan waktu kira-kira 40 menit. Setelah tes, anda dapat berpakaian dan menjalankan aktivitas-aktivitas harian anda. Dokter anda akan mendiskusikan hasil-hasil tes dengan anda.
Yang Saya Harus Lakukan Untuk Persiapan Stress Echo

Jika anda dijadwalkan untuk dobutamine stress echo dan anda mempunyai pacemaker (pemacu jantung), silahkan hubungi dokter anda untuk instruksi-instruksi spesifik. Alat anda mungkin perlu diperiksa sebelum tes.

Pada hari tes, jangan makan atau minum apa saja kecuali air empat jam sebelum tes. Jangan minum atau makan produk-produk kafein (cola, coklat, kopi, teh) 24 jam sebelum tes. Kafein akan mengganggu hasil-hasil dari tes anda. Karena banyak obat-obat tanpa resep mengandung kafein, jangan mengkonsumsi obat-obat bebas resep apa saja yang mengandung kafein 24 jam sebelum tes. Tanya dokter anda, apoteker atau perawat jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan tentang obat-obat yang mungkin mengandung kafein.

Jangan mengkonsumsi obat-obat jantung berikut 24 jam sebelum tes anda kecuali dokter anda mengatakan yang lainnya, atau kecuali obat diperlukan untuk merawat ketidaknyamanan dada:

* Beta blockers (contohnya, Tenormin, Lopressor, Toprol, atau Inderal)
* Isosorbide dinitrate (contohnya, Isordil, Sorbitrate)
* Isosorbide mononitrate (contohnya, Ismo, Imdur, Monoket)
* Nitroglycerin (contohnya, Deponit, Nitrostat, Nitropatches)

Dokter anda mungkin juga meminta anda untuk menghentikan mengkonsumsi obat-obat jantung lain pada hari tes anda. Jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan apa saja tentang obat-obat anda, tanyakan pada dokter anda. Jangan menghentikan obat apa saja tanpa lebih dahulu berbicara dengan dokter anda.

Jika anda memakai inhaler untuk pernapasan anda, silahkan membawanya pada tes stress echo.

Yang Harus Saya Lakukan Jika Saya Mempunyai Diabetes

* Jika anda memakai insulin untuk mengontrol gula darah anda, tanyakan dokter anda berapa jumlah obat anda yang harus anda pakai pada hari tes. Seringkali, dokter anda akan memberitahu anda untuk memakai hanya separuh dari dosis pagi biasa anda dan untuk memakan makanan ringan empat jam sebelum tes.
* Jika anda meminum pil-pil untuk mengontrol gula darah anda, jangan meminum obat anda sampai setelah tes selesai.
* Jangan mengkonsumsi obat diabetes anda dan lewati makan sebelum tes.
* Jika anda memiliki monitor glucose, bawa bersama anda untuk memeriksa tingkat-tingkat gula darah anda sebelum dan setelah tes anda. Jika anda pikir gula darah anda rendah, beritahu personal labor segera.
* Rencanakan untuk makan dan mengkonsumsi obat gula darah anda setelah tes anda.

Yang Terjadi Selama Tes

Pertama, teknisi akan dengan lembut menggosok 10 area-area kecil pada dada anda dan menempatkan elektrode-elektrode pada area-area ini. Elektrode-elektrode disambungkan pada electrocardiograph monitor (ECG or EKG) yang mempetakan aktivitas elektrik jantung anda selama tes.

Intravenous line (IV) akan dimasukan kedalam vena pada lengan anda sehingga obat dobutamine dapat diserahkan secara langsung kedalam aliran darah anda. Teknisi akan melakukan resting echo, mengukur nadi jantung waktu istirahat anda dan mengambil tekanan darah anda. Dokter atau perawat akan memasukan dobutamine kedalam IV sementara teknisi terus menerus memperoleh gambar-gambar echo. Obat akan menyebabkan jantung anda untuk bereaksi seperti jika anda sedang olahraga: nadi jantung anda akan naik dan anda mungkin merasakan ia berdenyut lebih kuat. Ia mungkin menyebabkan perasaan hangat dan membilas dan pada beberapa kasus-kasus, sakit kepala yang ringan.

Pada interval-interval tertentu, personal lab akan bertanya bagaimana anda rasakan. Silahkan beritahu mereka jika anda merasa nyeri dada, lengan atau rahang atau ketidaknyamanan; sesak napas; pening; lightheaded atau jika anda mempunyai gejala-gejala lain yang tidak biasa apa saja.

Personal lab akan mengamati segala perubahan-perubahan pada ECG monitor yang menyarankan tes harus dihentikan. IV akan dikeluarkan dari lengan anda sekali semua dari obat-obat telah memasuki aliran darah anda.

Janji temu akan memakan waktu kira-kira 60 menit. Waktu infusi sebenarnya adalah biasanya kira-kira 15 menit. Setelah tes, rencanakan untuk berdiam di ruang tunggu sampai semua dari gejala-gejala yang anda mungkin telah alami selama tes telah hilang.

Dokter anda akan mendiskusikan hasil-hasil tes dengan anda.

Yang Harus Saya Lakukan Untuk Mempersiapkan Transesophageal Echo

Beritahu dokter anda jika anda mempunyai persoalan-persoalan apa saja dengan esophagus anda seperti hiatal hernia, persoalan-persoalan menelan, atau kanker, atau jika anda mempunyai persoalan-persoalan leher.

Pada hari tes, jangan makan atau minum apa saja enam jam sebelum tes. Minum semua dari obat-obat anda pada waktu-waktu yang biasanya, seperti yang diresepkan oleh dokter anda. Jika anda harus meminum obat sebelum tes, minumlah dengan minum air yang sedikit.

Jika anda mempunyai diabetes dan meminum obat-obat atau insulin untuk mengendalikan gula darah anda, silahkan tanya dokter anda atau pusat pengujian untuk petunjuk-petunjuk yang spesifik tentang mengkonsumsi obat-obat diabetes anda sebelum tes.

Seseorang harus datang bersama anda ke temu janji anda untuk membawa pulang anda, karena anda harus tidak mengemudi sampai hari setelah tes. Obat penenang yang diberikan selama tes menyebabkan keadaan mengantuk, kepeningan dan memperburuk kemampuan anda membuat keputusan, membuatnya tidak aman untuk anda mengemudi atau menjalankan mesin.
Yang Terjadi Selama Transesophageal Echo

Sebelum tes, anda akan diminta untuk menanggalkan gigi-gigi palsu. Intravenous line (IV) akan dimasukan kedalam vena di lengan atau tangan anda sehingga obat-obat dapat diserahkan selama tes.

Teknisi akan dengan lembut menggosok tiga area-area kecil pada dada anda dan menempatkan elektrode-elektrode pada area-area ini. Elektrode-elektrode dipasang pada electrocardiograph monitor (ECG or EKG) yang mempetakan aktivitas elektrik jantung anda selama tes.

Manset tekanan darah akan ditempatkan pada lengan anda untuk memonitor tekanan darah anda selama tes. Jepitan yang kecil, yang dipasang pada pulse oximeter, akan ditempatkan pada jari tangan anda untuk memonitor tingkat oksigen dari darah anda selama tes.

Obat penenang yang ringan (obat untuk membantu anda untuk relax) akan diberikan melalui IV anda. Karena obat penenang, anda mungkin tidak seluruhnya sadar untuk tes.

Ujung penghisap dental ditempatkan kedalam mulut anda untuk mengeluarkan segala sekresi-sekresi. Endoscope (alat penglihat) yang tipis dan dilumasi akan dimasukan kedalam mulut anda, menuruni tenggorokan dan kedalam esophagus anda. Ini tidak mempengaruhi pernapasan. Anda mungkin diminta untuk menelan pada saat-saat tertentu untuk membantu melewatkan endoscope. Bagian dari tes ini berlangsung beberapa detik dan mungkin tidak menyenangkan. Sekali endoscope telah diposisikan, gambar-gambar dari jantung diperoleh pada berbagai sudut-sudut. Anda tidak akan merasakan bagian dari tes ini.

Ketika selesai, tabung ditarik. Anda akan dimonitor untuk kira-kira 20-30 menit setelah tes, yang memakan waktu kira-kira 90 menit untuk melakukannya.

Seseorang akan perlu untuk mengemudi anda pulang kerumah setelah tes. Anda harus tidak makan atau minum sampai spray pembiusan hilang atau sampai mati rasa di tenggorokan anda hilang -- kira-kira satu jam setelah tes. Dokter anda akan mendiskusikan hasil-hasil tes dengan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar