Rabu, 09 Maret 2011

Perawatan/Operasi Penyakit Klep Jantung

Introduksi Pada Operasi Klep Jantung

Klep-klep jantung yang berpenyakit dapat dirawat dengan keduanya secara operasi (operasi klep jantung tradisional ) dan bukan secara operasi (balloon valvuloplasty).

Yang Terjadi Selama Operasi Klep Jantung Tradisional

Selama operasi klep jantung tradisional, ahli bedah akan membuat sayatan menuruni pusat dari sternum (tulang dada) anda untuk mendapatkan akses langsung pada jantung anda. Ahli bedah kemudian memperbaiki atau menggantikan klep atau klep-klep jantung anda yang abnormal.

Yang Terjadi Selama Operasi Klep Jantung Invasif Yang Minimal

Operasi klep jantung invasif yang minimal adalah tipe operasi yang dilakukan melalui sayatan-sayatan yang lebih kecil. Tipe operasi ini mengurangi kehilangan darah, trauma, dan panjangnya rawat inap di rumah sakit.
Ahli bedah anda akan meninjau ulang tes-tes diagnostik anda sebelum operasi anda untuk menentukan apakah anda adalah calon untuk operasi klep invasif yang minimal.
Seringkali, ahli bedah dan cardiologist (dokter jantung) akan menggunakan transesophogeal echo (ultrasound transducer probe yang diturunkan melalui tenggorokan) untuk membantu menentukan berfungsinya klep sebelum dan setelah operasi.

Definisi Operasi Perbaikan Klep Jantung

Klep mitral adalah klep jantung yang paling umum diperbaiki, namun klep-klep aortic, pulmonic, dan tricuspid mungkin juga menjalani beberapa dari teknik-teknik perbaikan ini.
Jika klep jantung anda dapat diperbaiki, ahli bedah anda akan melakukan apa saja dari tipe-tipe prosedur-prosedur perbaikan klep yang berikut.
  • Commissurotomy. Leaflets klep yang dileburkan, atau flaps, dipisahkan untuk melebarkan bukaan klep.
  • Decalcification. Endapan-endapan Calcium dikeluarkan untuk mengizinkan leaflets menjadi lebih lentur dan menutup secara benar.
  • Reshape leaflets. Jika salah satu dari leaflets terkulai, segmen mungkin dipotong dan leaflet dijahit kembali bersama, mengizinkan klep untk menutup lebih rapat. Prosedur ini disebut quadrangular resection.
  • Chordal transfer. Jika leaflet dari klep mitral mempunyai prolapse (terkulai; kurang dukungan), chordae ditransfer dari satu leaflet ke lainnya. Kemudian, leaflet dimana chordae dikeluarkan diperbaiki dengan quandrangular resection (lihat atas).
  • Annulus support. Jika valve annulus (cincin dari jaringan yang mendukung klep) terlalu lebar, ia mungkin dibentuk kembali atau dirapatkan dengan menjahit struktur cincin sekitar annulus. Cincin mungkin dibuat dari jaringan atau material sintetik.
  • Patched leaflets. Ahli bedah mungkin menggunakan tempelan-tempelan jaringan untuk memperbaiki leaflets apa saja dengan robekan-robekan atau lubang-lubang.
Keuntungan-keuntungan dari operasi perbaikan klep jantung termasuk:
  • keperluan yang berkurang untuk obat pengencer darah (anticoagulant) seumur hidup
  • mengawetkan kekuatan otot jantung

Apa Yang Terjadi Jika Klep-Klep Saya Tidak Dapat Diperbaiki ?

Jika anda mempunyai penyakit klep jantung aortic atau pulmonic, operasi penggantian klep biasanya dilakukan. Pada beberapa kasus-kasus, klep aortic dapat diperbaiki.
Selama operasi penggantian klep, klep yang rusak dikeluarkan dan klep yang baru dijahit pada annulus dari klep orisinal anda. Klep yang baru dapat adalah:
  • Klep Mekanik. Ia terbuat secara total dari bagian-bagian mekanik yang ditolerir dengan baik oleh tubuh. Klep bi-leaflet digunakan paling sering. Ia terdiri dari dua carbon leaflets dalam cincin yang ditutupi dengan kain yang dirajut polyester.
  • Klep Biologi. Klep-klep jaringan (juga disebut klep-klep biologi atau bioprosthetic) terbuat dari jaringan manusia atau hewan. Klep-klep jantung jaringan hewan mungkin datang dari jaringan babi (porcine) atau jaringan sapi (bovine). Klep-klep jaringan mungkin mempunyai beberapa bagian-bagian buatan untuk membantu memberikan dukungan pada klep dan membantu penempatan.
  • Klep Homograft (juga disebut allograft). Adalah klep manusia aortic atau pulmonic yang telah dikeluarkan dari jantung manusia yang didonorkan, dipelihara, dan dibekukan dibawah kondisi-kondisi steril. Homograft mungkin digunakan untuk mengganti klep aortic atau pulmonic yang berpenyakit.

Pros Dan Cons Dari Setiap Tipe Klep Jantung

  • Klep-Klep Jantung Mekanik. Keuntungan dari klep-klep jantung mekanik adalah kekokohan-kekokohan mereka. Mereka didisain untuk berlangsung/bertahan bertahun-tahun. Ada juga kelemahan-kelemahannya. Disebabkan oleh material buatan yang terlibat, orang-orang yang menerima klep-klep ini akan memerlukan memakai obat-obat pengencer darah (anticoagulants) seumur hidup untuk mencegah terbentuknya gumpalan-gumpalan pada klep mekanik. Gumpalan-gumpalan ini dapat meningkatkan risko stroke. Juga, beberapa orang-orang melaporkan suara berdetik klep yang biasanya tidak mengganggu. Ia adalah suara dari leaflets klep yang buka dan tutup.
  • Klep-Klep Jantung Biologi. Keuntungan dari klep-klep jantung biologi adalah bahwa kebanyakan orang-orang tidak memerlukan memakai pegencer-pengencer darah seumur hidup, kecuali mereka mempunyai kondisi-kondisi lain (seperti atrial fibrillation) yang menjamin itu. Klep-klep biologi, secara tradisional, tidak dipertimbangkan dapat bertahan selama klep-klep mekanik, terutama pada orang-orang yang lebih muda. Klep-klep biologi sebelumnya yang tersedia biasanya perlu diganti setelah kira-kira10 tahun. Bagaimanpun, beberapa studi-studi menunjukan bahwa beberapa klep-klep biologi mungkin bertahan paling sedikit 17 tahun tanpa penurunan dalam fungsinya. Ini menghadirkan tonggak sejarah baru dalam daya tahan dari klep-klep bilogi.
  • Klep-Klep Jantung Homograft. Homografts adalah klep-klep jantung yang ideal untuk penggantian klep aortic, terutama jika akar aortic berpenyakit atau ada infeksi. Anatomi alami jantung terpelihara dan pasien-pasien tidak memerlukan memakai pengencer-pengencer darah seumur hidup. Bagaimanapun, kesedian yang terbatas adalah kelemahan pada beberapa settings.

Adakah Opsi-Opsi Bukan Operasi Untuk Penyakit Klep Jantung ?

Ya. Balloon valvotomy digunakan untuk meningkatkan bukaan dari klep jantung yang menyempit (stenotic). Ia digunakan untuk orang-orang yang dipilih yang mempunyai stenosis klep mitral (penyempitan dari klep mitral) dengan gejala-gejala, orang-orang tua yang terpilih yang mempunyai aortic stenosis (penyempitan dari klep aortic) namun tidak mampu untuk menjalani operasi, dan beberapa pasien-pasen dengan pulmonic stenosis (penyempitan dari klep pulmonic).

Yang Terjadi Selama Balloon Valvotomy

Selama balloon valvotomy, kateter yang didisain secara khusus dimasukan kedalam pembuluh darah pada selangkangan dan dipandu ke jantung. Ujungnya diarahkan kedalam klep jantung yang menyempit. Sekali disana, balloon yang kecil dipompa dan dikempiskan beberapa kali untuk melebarkan bukaan klep. Sekali dokter jantung telah puas klep telah cukup dilebarkan, balloon dikeluarkan.
Selama prosedur, dokter jatung mungkin melakukan echocardiogram (ultrasound dari jantung) untuk memperoleh gambaran yang lebih bagus dari klep.
Prosedur-prosedur bukan operasi baru yang berdasarkan penelitian untuk merawat regurgitation (klep-klep yang bocor) sedang diuji dan mungkin menyediakan opsi-opsi perawatan tambahan yang menggunakan kateter untuk penyakit klep dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar