Senin, 14 Maret 2011

Kegagalan Prematur Indung Telur

Definisi Kegagalan Prematur Indung Telur atau Premature Ovarian Failure (POF)

Dokter-dokter menggunakan istilah kegagalan prematur indung telur untuk menggambarkan penghentian fungsi normal dari indung-indung telur pada wanita dibawah umur 40 tahun. Banyak wanita-wanita secara alamiah mengalami penurunan dalam kesuburan pada umur 40 tahun; umur ini mungkin juga menandai permulaan dari ketidakaturan dalam siklus-siklus menstruasi mereka yang memberi isyarat mulainya menopause. Untuk wanita-wanita dengan kegagalan prematur indung telur, kesuburan menurun dan ketidakaturan menstruasi terjadi sebelum umur 40 tahun, adakalanya bahkan pada umur belasan. Beberapa dokter-dokter juga menggunakan istilah ketidakcukupan indung telur primer untuk menggambarkan kondisi ini.
Pada masa lalu, dokter-dokter menyebut kondisi ini menopause prematur, namun istilah ini bukanlah penggambaran yang akurat dari apa yang terjadi pada wanita dengan kegagalan prematur indung telur. Wanita yang telah menjalani melalui menopause alamiah akan jarang mendapatkan periode lainnya; wanita dengan kegagalan prematur indung telur adalah sangat mungkin mendapatkan period-periode, meskipun mereka mungkin datangnya tidak secara teratur. Kenyataannnya tidak ada kesempatan untuk wanita yang telah melewati menopause secara alamiah untuk menjadi hamil; pada beberapa kasus-kasus, wanita dengan kegagalan prematur indung telur tetap dapat menjadi hamil.


Penyebab Kegagalan Prematur Indung Telur

Meskipun peneliti-peneliti mempunyai gagasan umum dari apa yang menyebabkan kegagalan prematur indung telur, pada kebanyakan kasus-kasus penyebab yang tepat tetp tidak jelas.
Untuk mengerti apa yang terjadi pada kegagalan prematur indung telur, anda perlu untuk mengerti apa yang terjadi pada tubuh wanita ketika ia berfungsi secara normal.

Siklus Menstruasi Yang Normal

Pada umumnya, kesehatan reproduksi seorang wanita melibatkan ia punya:
  • Hypothalamus (dieja high-poe-THAL-amus) - bagian dari otak yang berfungsi sebagai kontrol utama untuk sistim reproduksi tubuh. Hypothalamus bekerja seperti thermostat dalam tungku perapian, dimana ia mengontrol tingkat-tingkat dari hormon-hormon yang berbeda dan kimia-kimia lain dalam tubuh. Jika hypothalamus mendeteksi bahwa ada terlalu sedikit hormon dalam tubuh, ia memerintahkan tubuh untuk membuatnya lebih banyak.
  • Kelenjar Pituitary (dieja pitt-OO-ih-terry) - kelenjar utama tubuh. Pituitary mengirim keluar hormon-hormon, atau sinyal-sinyal kimia untuk mengontrol kelenjar-kelenjar lain dalam tubuh. Pituitary mendapat perintah-perintah dari hypothalamus tentang apa yang diperlukan tubuh.
  • Ovaries (Indung-Indung Telur) - sumber dari telur-telur pada tubuh wanita. Ovaries mempunyai follicles (folikel-folikel), yang adalah kantong-kantong kecil berisi cairan yang memegang telur-telur. Ovaries juga membuat hormon-hormon yang membantu memelihara kesehatan wanita, seperti estrogen, progesterone, dan testosterone. Ovaries menerima sinyal-sinyal kimia dari pituitary dan merespon dengan membuat hormon-hormon tertentu. Pada kegagalan prematur ovaries (indung telur), ovaries berhenti bekerja secara benar dalam kedua perannya yaitu peran memproduksi telur, dan peran memproduksi hormon.
  • Uterus (Kandungan) - dimana wanita membawa bayi, juga disebut "womb." Uterus (kandungan/rahim) mempunyai lapisan-lapisan yang berbeda; lapisan paling dalamnya disebut endometrium - endo berarti "didalam" dan metrium (dieja MEE-tree-um) berarti "womb". Endometrium berfungsi sebagai alas untuk embryo ketika seorang wanita hamil. Jika tidak ada kehamilan sewaktu siklus, maka endometrium dikeluarkan sebagai aliran menstruasi, atau periode, dan siklus memulai kembali.
Bagian-bagian ini berinteraksi satu dengan lainnya untuk mengkoordinir siklus menstruasi bulanan seorang wanita.
  • Hypothalamus menjejaki tingkat estradiol (pronounced ess-trah-DYE-awl) dalam tubuh. Estradiol adalah estrogen alamiah yang dibuat tubuh wanita, jadi kita akan sebut itu estrogen mulai dari sekarang.
  • Ketika tingkatnya menjadi rendah, hypothalamus mengirim perintah pada kelenjar pituitary memberitahukannya bahwa tubuh perlu lebih banyak estrogen.
  • Pituitary mendapat perintah dan merespon dengan mengirimkan hormon yang menstimulasi folikel atau follicle stimulating hormone (FSH), hormon yang menyebabkan folikel-folikel pada ovari untuk tumbuh dan matang (menjadi dewasa). Folikel-folikel yang matang membuat estrogen dan senyawa-senyawa lain, seperti inhibin. Pituitary terus menerus membuat FSH hingga folikel-folikel ovari yang matang membuat estrogen yang cukup. Jika folikel-folikel tidak membuat estrogen yang cukup, tingkat dari FSH akan naik bahkan lebih tinggi.
  • Ketika tingkat estrogen menjadi cukup tinggi, hypothalamus dan pituitary tahu bahwa ada telur yang matang di salah satu dari folikel-folikel. Untuk mendapatkan telur ini ke kandungan (rahim) sehingga ia dapat dibuahi, pituitary mengirim keluar luteinizing hormone (LH) yang sangat besar. LH membuka folikel yang matang untuk melepaskan telur, yang mengizinkannya untuk bergerak menuju kandungan. Tingkat dari LH hanya tinggi selama waktu telur sedang dilepaskan. Ledakan LH ini adalah dasar untuk kit-kit pendeteksi ovulasi rumah. Karena LH mungkin tinggi sepanjang kebanyakan dari siklus menstruasi pada wanita-wanita yang mempunyai kegagalan prematur indung telur, kit-kit deteksi ovulasi rumah tidak dapat dipercaya pada wanita-wanita ini.
  • Folikel yang kosong kemudian dirubah kedalam corpus luteum (dieja CORE-puss loo-tee-um) yang kekuningan. Corpus berarti "tubuh" dan luteum berarti "kuning". Corpus luteum membuat progesterone, hormon yang menyiapkan uterus (kandungan) untuk kehamilan.
  • Tingkat-tingkat yang naik dari progesterone menyebabkan endometrium untuk berubah dalam persiapan untuk kehamilan, kalau sampai itu terjadi. Sekali endometrium dipersiapkan secara tepat, ia dapat menopang embrio dan mengizinkan embrio untuk tumbuh.
  • Jika telur dibuahi, ia mengirim keluar hormon yang disebut HCG untuk membiarkan tubuh mengetahui bahwa ia ada disana. HCG menyebabkan corpus luteum untuk terus menerus membuat progesterone, hormon yang diperlukan untuk kehamilan. Tes-tes kehamilan mengukur tingkat HCG. Jika HCG hadir, maka adalah mungkin bahwa seorang wanita hamil.
  • Jika tidak ada sinyal, yaitu, tidak ada HCG hadir karena telur tidak dibuahi, corpus luteum berhenti membuat progesterone. Tanpa progesterone, endometrium mulai mengurai, dan tubuh wanita mengeluarkannya sebagai periode. 

Apa Yang Terjadi Berbeda Pada Kegagalan Prematur Indung Telur ?

Sekarang ini, peneliti-peneliti tidak mampu untuk menunjuk dengan tepat apa yang terjadi pada kegagalan prematur ovari untuk menghentkan fungsi yang normal dari ovaries (indung-indung telur) pada kebanyakan kasus-kasus. Ingat bahwa tingkat-tingkat FSH adalah tinggi ketika ovaries gagal untuk memproduksi estrogen yang cukup. Tingkat-tingkat LH juga tinggal tinggi pada banyak kasus-kasus, bahkan selama waktu-waktu berkala yang folikel-folikel tumbuh secara sukses. Folikel-folikel yang matang dalam ovaries membuat estrogen, serta senyawa-senyawa lain, termasuk protein inhibin. Karena wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mempunyai tingkat-tingkat yang rendah dari estrogen, ilmuwan-ilmuwan mengfokuskan perhatian mereka pada folikel-folikel dalam ovari dalam studi kegagalan prematur ovari mereka.
Folikel-folikel dalam ovari mulai sebagai benih-benih mikroskopik, disebut folikel-folikel primordial (dieja prime-OR-dee-ul). Benih-benih ini sekarang masih belum folikel-folike, namun dapat tumbuh kedalam mereka. Pada umumnya, seorang wanita dilahirkan dengan kira-kira dua juta folikel-folikel primordial, yang seharusnya mencukupinya gingga ia melewati menopause. Namun ini mungkin bukan kasusnya untuk wanita dengan kegagalan prematur ovari (indung telur). Wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mungkin masuk dalam salah satu dari dua kelompok-kelompok.

Penipisan Folikel

Wanita dengan penipisan folikel tidak mempunyai folikel-folikel yang responsif yang tertinggal dalam ovari-ovarinya. Tidak ada jalan untuk tubuh untuk membuat lebih banyak folikel-folikel primordial. Dan, sekarang ini, tidak ada jalan untuk ilmuwan-ilmuwan untuk membuat folikel-folikel primordial. Meskipun ilmuwan-ilmuwan belum mengidentifikasi semua penyebab-penyebab dari penipisan folikel, beberapa penyebab-penyebab yang diketahui termasuk:
  • Kemoterapi atau terapi radiasi - perawatan-perawatan yang kuat untuk kanker
  • Kromosom X yang abnormal atau hilang - kromosom X menyimpan materi genetik yang membantu "membangun" seseorang. Ia juga membantu menentukan apakah seseorang adalah pria atau perempuan. Perempuan-perempuan perlu dua kromosom-kromosom X normal untuk membuat folikel-folikel primordial yang cukup, dan untuk menggunakan mereka secara tepat. Jika bagian yang kritis dari salah satu kromosom X hilang, atau jika seluruh kromosom X hilang, tubuh mungkin tidak membua folikel-folikel primordial yang cukup untuk memulai dengannya, atau ia mungkin menghabiskan mereka terlalu cepat. Persoalan ini adalah penyebab dari kegagalan prematur ovari pada 2 persen sampai 3 persen dari wanita-wanita dengan kondisi ini.
  • Bahkan ketika nampak bahwa semua folikel-folikel wanita menipis, adalah mungkin bahwa jumlah yang sangat kecil dari folikel-folikel yang selamat dapat, tanpa peringatan, mulai berfungsi dengan sendirinya. Fungsi secara spontan ini dapat menyebabkan ovulasi atau periode menstruasi; jika inseminasi (pembuahan) terjadi, fungsi ini dapat menjurus pada kehamilan, meskipun situasi seperti ini adalah tidak umum. Sekarang ini, dokter-dokter tidak dapat memprediksi wanita-wanita yang mana dengan kegagalan prematur ovari akan mengalami kesembuhan fungsi ovari.

Disfungsi Folikel

Wanita dengan disfungsi folikel tetap masih mempunyai folikel-folikel dalam ovari-ovarinya, namun untuk sebab-sebab yang tidak diketahui mereka tidak berfungsi secara benar. Sekarang ini, ilmuwan-ilmuwan tidak mempunyai cara yang aman dan efektif untuk membuat folikel-folikel mulai bekerja secara normal lagi. Meskipun mereka sekarang ini harus mengidentifikasi semua penyebab-penyebab dari disfungsi folikel, beberapa penyebab-penyebab yang diketahui termasuk:
  • Serangan Autoimmune - sistim imun normalnya melindungi tubuh dari bakteri-bakteri dan virus-virus yang menyerang. Meskipun pada beberapa wanita-wanita, untuk sebab-sebab yang tidak dimengerti penelkiti-peneliti, sistim imun menyerang folikel-folikel yang sedang berkembang, yang mencegah folikel-folikel bekerja dalam cara yang mereka seharusnya. Penelitian sekarang ini menyarankan bahwa tipe persoalan ini terjadi pada 5 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari.
  • Jumlah yang sedikit dari folikel-folikel - meskipun hanya satu folikel yang matang melepaskan telur setiap bulan, folikel itu biasanya mempunyai lebih sedikit folikel-folikel yang matang yang berkembang bersama dengannya. Ilmuwan-ilmuwan tidak mengerti secara tepat bagaimana, namun folikel-folikel pendukung ini tampaknya memainkan peran dalam membantu folikel yang matang untuk berfungsi secara normal. Jika folikel-folikel ekstra ini hilang, folikel yang dominan menjadi luteinized dan tidak akan matang dan melepaskan telur secara benar. Penelitian sekarang ini memperkirakan bahwa persoalan ini mungkin terjadi pada sampai dengan 60 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari, namun ini bukan angka yang pasti.
Peneliti juga menunjukan bahwa 10 persen sampai 20 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mempunyai sejarah keluarga dari kondisi, yang dapat berarti bahwa beberapa kasus-kasus dari kegagalan prematur ovari mempunyai komponen genetik. Namun, pola-pola keturunan menunjukan bahwa kegagalan prematur ovari bukan semata-mata penyakit genetik. Penelitian kedalam penyebab dari kegagalan prematur ovari sedang berjalan, dalam harapan bahwa mengapa itu terjadi akan juga membantu dalam mengembangkan perawatan-perawatan untuk penyakit.

Berapa Banyak Wanita-Wanita Mempunyai Kegagalan Prematur Indung Telur ?

Kegagalan prematur ovari mempengaruh kira-kira:
  • Satu dalam 10,000 wanita-wanita pada umur 20 tahun
  • Satu dalam 1,000 wanita-wanita pada umur 30 tahun
  • Satu dalam 250 wanita-wanita pada umur 35 tahun
  • Satu dalam 100 wanita-wanita pada umur 40 tahun

Gejala-Gejala Dari Kegagalan Prematur Indung Telur

Gejala pertama yang paling umum dari kegagalan prematur ovari adalah mempunyai periode-periode yang tidak teratur. Dokter-dokter adakalanya menolak periode-periode yang tidak teratur atau yang terlewati (adakalanya disebut amenorrhea - dieja AY-men-or-ee-uh) berhubungan dengan stres; namun siklus bulanan seorang wanita sebenarnya adalah sinyal penting dari kesehatannya, dalam cara yang sama seperti tekanan darah atau temperatur adalah sinyal-sinyal dari kesehatan. Jika anda mempunyai periode-periode yang tidak teratur atau yang terlewati, anda harus memberitahu dokter anda, sehingga ia dapat mulai menentukan penyebab dari persoalan-persoalan ini.
Beberpa wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari juga mengalami gejala-gejala lain dengan kegagalan prematur ovari. Gejala-gejala ini serupa pada yang dialami oleh wanita-wanita yang sedang mejalani menopause alamiah dan termasuk (namun tidak terbatas pada):
  • Rasa panas (hot flashes)
  • Keringat-keringat malam
  • Mudah marah
  • Konsentrasi yang buruk
  • Minat yang menurun pada sex
  • Nyeri selama sex
  • Kekeringan vagina
  • Ketidaksuburan

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Mempunyai Kegagalan Prematur Indung Telur ?

Salah satu dari tanda-tnda yang paling umum dari kegagalan prematur ovari adalah mempunyai periode-periode yang tidak teratur. Wanita-wanita harus memberikan perhatian yang ketat pada siklus-siklus menstruasi mereka, sehingga mereka dapat menyiagakan dokter-dokter mereka ketika perubahan-perubahan terjadi pada periode-periode mereka.
Jika anda berumur dibawah 40 tahun dan periode-periode anda tidak teratur, atau jika anda kehilangan semua periode anda untuk tiga bulan atau lebih, dokter anda mungkin mengukur tingkat dari FSH dalam darah anda, untuk menentukan apakah anda mempunyai kekurangan ovari primer pada stadium-stadium awalnya, atau kemungkinan bahkan kegagalan prematur ovari yang telah berkembang sepenuhnya. Ingat bahwa FSH memberikan sinyal pada ovari-ovari untuk membuat estrogen. Jika ovari-ovari tidak bekerja secara benar, seperti kasusnya pada kegagalan prematur ovari, tingkat dari FSH dalam darah meningkat. Tingkat yang lebih tinggi dari FSH dalam darah adalah tanda yang kuat dari kegagalan prematur ovari. Namun, periode-periode yang tidak teratur sendirian bukan tanda yang pasti bahwa anda mempunyai kegagalan prematur ovari - penelitian menunjukan bahwa kurang dari 10 persen dari wanita-wanita yang mempunyai periode-periode yang tidak teratur atau yang terlewati mempunyai tigkat-tingkat FSH yang tinggi dan kegagalan prematur ovari.
Untuk melakukan tes FSH, dokter anda akan mengumpulkan beberapa dari darah anda dan mengirimnya ke laboratorium. Di lab, teknisi akan memeriksa tingkat dari FSH. Jika tingkat dari FSH berada dalam batasan menopause, adalah mungkin bahwa anda mempunyai kegagalan prematur ovari.

Perawatan-Perawatan Unutk Gejala-Gejala Kegagalan Prematur Indung Telur

Sekarang ini, tidak ada perawatan yang terbukti akan memulihkan fungsi yang normal pada ovari-ovari seorang wanita. Namun, dokter-dokter dapat menyarankan perawatan-perawatan untuk beberapa dari gejala-gejala kegagalan prematur ovari.
Salah satu dari perawatan-perawatan yang paling umum untuk wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari adalah terapi penggantian hormon atau hormone replacement therapy (HRT). Pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari, HRT memberikan pada tubuh-tubuh mereka estrogen dan hormon-hormon lain yang tidak dibuat oleh ovari-ovari mereka. Menggantikan hormon-hormon ini menyebabkan seorang wanita dengan kegagalan prematur ovari untuk memulai mempunyai periode-periode teratur kembali. Sebagai tambahan, HRT mungkin membantu wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari menurunkan risiko mereka untuk penyakit tulang osteoporosis.
HRT biasanya adalah gabungan dari hormon-hormon estrogen dan progesterone (atau bentuk progesterone yang dibuat manusia, disebut progestin). Wanita-wanita dapat mengambil terapi sebagai pil-pil, atau mereka dapat memakai tempelan yang melekat pada kulit mereka untuk mendapatkan hormon-hormon kedalam tubuh-tubuh mereka. Banyak dokter-dokter menyarankan tempelan (plester) untuk wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari karena ia menawarkan aliran yang terus menerus dari hormon-hormon kedalam aliran darah, yang meniru cara tubuh secara alamiah melepaskan estrogen. Gabungan dan jumlah dari hormon-hormon yang digunakan pada HRT mungkin berbeda untuk berbeda-beda wanita. Jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan tentang HRT sebagai perawatan untuk kegagalan prematur ovari, bicara pada dokter anda.
Kebanyakan dokter-dokter menyarankan bahwa wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mengambil HRT hingga mereka berumur 50 tahun. Setelah waktu itu, wanita-wanita harus bicara dengan dokter-dokter mereka tentang menghentikan HRT karena risiko-risiko yang berhubungan dengan kaum wanita tua yang mengambil terapi setelah menopause.
Penelitian sekarang ini juga melihat kedalam manfaat-manfaat dari penggantian hormon-hormon testosterone untuk mencegah kehilangan tulang pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari. Kebanyakan orang-orang berpikir tentang kesehatan laki-laki ketika mereka mendengar kata testosterone, namun tubuh-tubuh wanita juga membuat testosterone, pada tingkat kira-kira sepertujuh dari yang laki-laki. Testosterone membantu untuk memelihara massa otot dan tulang, dan mungkin dihubungkan dengan rangsangan sex wanita. Ovari-ovari membuat testosterone, dan tingkatnya lebih rendah pada wanita-wanita kegagalan prematur ovari. Namun, tidak seperti estrogen dan progesterone, testosterone biasanya tidak digantikan sebagai bagian dari HRT.

Apakah HRT Aman Untuk Saya Jika Saya Mempunyai Kegagalan Prematur Indung Telur ?

Kebanyakan dokter-dokter percaya bahwa HRT menggantikan apa yang tubuh anda seharusnya membuat secara alamiah sebagai wanita muda, dan bahwa tubh anda memerlukan hormon-hormon ini untuk berfungsi secara normal. HRT yang diambil oleh wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari adalah sangat berbeda dari terapi hormon yang seringkali diambil oleh wanita-wanita yang sedang menjalani atau telah melewati menopause alamiah.
Studi menemukan bahwa wanita-wanita yang lebih tua, yang telah melewati menopause yang normal, berada pada risiko yang meningkat untuk kondisi-kondisi kesehatan tertentu jika mereka mengambil tipe tertentu dari terapi hormon untuk periode waktu yang panjang. Studi adalah bagian dari Women's Health Initiative, studi beberapa pusat yang besar yang melibatkan lebih dari 161,000 wanita-wanita postmenopause di umur limapuluhan, enempuluhan, dan tujuhpuluhan. Peneliti-peneliti menemuka bahwa wanita-wanita ini, yang melewati menopause alamiah pada umur yang diharapkan, berada pada risiko yang lebih besar untuk stroke, bekuan-bekuan darah, penyakit jantung, serangan-serangan jantung, dan kanker payudara setelah mengambil tipe terapi hormon yang spesifik untuk lebih dari lima tahun.
Hasil-hasil ini tidak berlaku pada wanita-wanita muda yang mengambil HRT; secara khas, hasil-hasil ini tidak berlaku pada wanita-wanita muda dengan kegagalan prematur ovari. Wanita-wanita pada studi yang disebutkan diatas adalah antara umur-umur 50 dan 79 tahun ketika studi dimulai dan telah melewati menopause pada waktu yang secara normal diharapkan; tubuh-tubuh mereka tidak akan secara normal membuat tingkat-tinkat yang tinggi dari hormon-hormon. Tipe terapi yang diambil oleh wanita-wanita pada studi dari Women's Health Initiative tidak dapat disebut terapi perluasan hormon, dibanding terapi penggantian hormon, seperti yang seringkali dilaporkan. Wanita-wanita ini mengambil hormon-hormon melebihi waktu yang hormon-hormon akan hadir secara alamiah. Wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mendapat terapi penggantian hormon; yaitu, HRT menyediakan sesuatu yang tubuh-tubuh mereka yang normalnya akan membuatnya, jika mereka tidak mempunyai kegagalan prematur ovari.
Tipe dan jumlah dari HRT yang diresepkan pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari adalah berbeda dari terapi hormon yang diambil oleh wanita-wanita pada studi Women's Health Initiative. Contohnya, wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari biasanya mengambil terapi penggantian estrogen dosis penuh, yang berarti jumlah dari estrogen lebih dekat atau sama pada tingkat yang normalnya ditemukan pada wanita muda yang sehat, yang ovari-ovarinya bekerja secara benar, sebelum menopause. Terapi hormon untuk wanita-wanita yang telah melewati menopause adalah dosis yang jauh lebih rendah. Dan, wanbita-wanita dengan kegagalan prematur ovari secara khas menggunakan tempelan (plester) untuk mengantarkan hormon estrogen, namun mengambil pil yang menyediakan progestin. Regimen ini adalah berbeda daripada satu yang digunakan pada Women's Health Initiative, yang mempunyai wanita-wanita yang mengambil pil yang mengandung keduanya estrogen dan progestin.
Bicara pada dokter anda jika anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan tentang HRT sebagai perawatan untuk kegagalan prematur ovari. Ia dapat menjelaskan manfaat-manfaat dan risiko-risiko dari HRT untuk situasi spesifik anda sebagai wanita muda. Adalah penting untuk mengingat bahwa wanita-wanita muda dengan kegagalan prematur ovari berbeda dari wanita-wanita menopause yang lebih tua dalam banyak cara-cara yang signifikan. Dokter anda harus mempertimbangkan hal-hal ini ketika memutuskan pada perawatan yang terbaik untuk anda.

Bagaimana Akan Mempunyai Kegagalan Prematur Indung Telur Mempengaruhi Kesehatan Umum Saya ?

Karena tingkat-tingkat hormon yang lebih rendah yang berakibat dari kegagalan prematur ovari, anda berada pada risiko yang lebih besar untuk sejumlah kondisi-kondisi kesehatan. Kondisi-kondisi ini, dan apa yang anda dapat buat untuk tetap sehat, digambarkan dibawah.

Osteoporosis

  • Osteoporosis (dieja OWS-tee-oh-pour-oh-siss) adalah penyakit tulang yang mengurangi kekuatan tulang dan meningkatkan risiko untuk retak-retak dan patah-patah tulang.
  • Estrogen membantu untuk memelihara kalsium dan mineral-mineral lain di tulang-tulang dan melindungi terhadap kehilangan tulang. Pada kegagalan prematur ovari, ovari-ovari (indung-indung telur) berhenti membuat estrogen, yang dapat menyebabkan wanita-wanita kehilangan kepadatan tulang, atau kekuatan tulang, salah satu dari faktor-faktor utama yang menjurus pada osteoporosis.
  • Meskipun osteoporosis adalah lebih umum pada orang-orang berumur 50 tahun dan diatasnya, wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari mungkin mengalami kondisi ini pada umur yang jauh lebih muda.

Adakah cara-cara untuk mencegah atau merawat kondisi-kondisi tulang pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari ?

Untuk melindungi terhadapa kehilangan tulang, National Osteoporosis Foundation merekomendasikan ahwa wanita-wanita yang berisiko untuk osteoporosis:
  • Mendapatkan paling sedikit 1200 mg kalsium di dietnya setiap hari. Jika tidak mungkin untuk mendapatkan jumlah itu melalui diet, ambilah suplemen kalsium.
  • Mendapatkan antara 400 IU dan 800 IU vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium, setiap hari.
  • Mendapatkan aktivitas fisik yang teratur, yang mengangkat beban dan yang membentuk otot. Aktivitas fisik yang mengangkat beban, seperti jalan, akan membantu membangun kekuatan tulang. Aktivitas seperti yoga atau tai chi membantu membangun kekuatan otot dan memperbaiki kelenturan.
Tingkat estrogen yang cukup dalam tubuh adalah faktor yang penting dalam mencegah kehilangan tulang yang mungkin menjurus pada osteoporosis. Strategi-strategi yang didaftar disini mungkin memperlambat kehilangan tulang, namun tidak satupun dari mereka akan mencegah kehilangan tulang seluruhnya.

Fungsi Tiroid Yang Rendah

  • Persoalan ini juga disebut hipotiroidisme atau hypothyroidism (dieja high-poe-THIGH-royd-iz-em).
  • Tiroid adalah kelenjar, seperti kelenjar ovari, adrenal, dan pituitary. Ia membuat dan melepaskan hormon-hormon. Seacara khas, tiroid membuat hormon-hormon yang mengontrol metabolisme tubuh dan tingkat energi. Tingkat-tingkat yang rendah dari hormon-hormon yang dibuat oleh tiroid dapat mempengaruhi metabolisme, dan dapat menyebabkan seorang wanita mempunyai energi yang sangat rendah.
  • Gejala-gejala termasuk perlambatan pada angka berfungsi tubuh yang normal, yang dapat menjurus pada kemelempeman mental dan fisik. Kaki-kaki yang dingin juga adalah sifat dari fungsi tiroid yang rendah.
  • Studi menemukan bahwa 27.0 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari juga mempunyai fungsi tiroid yang rendah. Pada populasi umum, hanya dua persen dari semua orang-orang (keduanya laki-laki dan perempuan-perempuan) mempunyai fungsi tiroid yang rendah.

Adakah cara-cara untuk mencegah atau merawat fungsi tiroid yang rendah pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari ?

Menggantikan hormon yang tiroid tidak cukup membuatnya merawat persoalan ini. Biasanya, anda dapat mengambil pil untuk menggantikan hormon.

Penyakit Addison

  • Penyakit Addison adalah penyakit autoimun, yang berarti sel-sel imun tubuh, yang normalnya melindungi tubuh dari sel-sel dan mikroba-mikroba yang menyerang, menyerang kelenjar-kelenjar adrenal, bagian dari sistim endokrin yang berlokasi diatas ginjal-ginjal. Kelenjar-kelenjar adrenal memproduksi hormon-hormon yang mengatur respon tubuh pada stres dan penanganan garamnya.
  • Penyakit Addison juga disebut primary autoimmune adrenal insufficiency.
  • Studi-studi menyarankan bahwa 3.2 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari juga mempunyai penyakit Addison, membuat mereka jauh lebih mungkin daripada anggota-anggota dari populasi umum untuk mengembangkan penyakit.
  • Gejala-gejala dari penyakit Addison termasuk kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, kepeningan ketika berdiri, dan kelelahan. Pada stadium-stadium kemudian dari penyakit Addison, permintaan garam, tekanan darah rendah, dan penggelapan dari kulit mungkin terjadi.
  • Penelitian mengindikasikan bahwa pengujian antibodi adrenal adalah cara yang paling efektif untuk mendeteksi penyakit Addison pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari. Jika hasil-hasil dari tes ini adalah positif, dokter mungkin memerintahkan tes kedua, yang disebut tes stimulasi ACTH, untuk mengkonfirmasikan diagnosis. Kedua tes melibatkan pengumpulan contoh-contoh darah.

Adakah cara-cara untuk mencegah atau merawat penyakit Addison pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari ?

Sementara sekarang ini tidak ada cara untuk mencegah penyakit Addison, cara terbaik untuk merawatnya adalah menemukan apakah anda mempunyainya. Anda dapat dengan mudah mengendalikan kondisi dengan bantuan dokter anda, dengan mengambil obat yang menggantikan hormon-hormon yang tidak dibuat oleh kelenjar-kelenjar adrenal anda. Jika dibiarkan tak terawat, bagaimanapun, penyakitnya dapat mengancam nyawa karena tubuh tidak dapat merespon secara benar kejadian-kejadian yang penuh stres, seperti penyakit-penyakit yang parah, luka, atau operasi.
Peneliti-peneliti sekarang merekomendasikan bahwa dokter-dokter menyaring semua wanita-wanita yang telah mengkonfirmasikan kegagalan prematur ovari untuk penyakit Addison yang menggunakan tes antobodi adrenal, meskipun penyaringan (screening) seperti itu masih bukanlah praktek standar. Jika wanita-wanita dengan penyakit Addison yang tidak terdetensi menjalankan stres fisik yang luar biasa, seperti operasi atau kecelakaan mobil, mereka berisiko untuk "adrenal crisis", situasi yang dapat menjurus pada shock dan bahkan kematian. Oleh karenanya, penyaringan (screening) untuk penyakit ini terutama adalah penting sebelum seorang wanita dengan kegagala prematur ovari mempunyai operasi atau menjalani stes-stres fisik lain yang dikenal.

Penyakit Jantung

  • Sementara adalah sangat jarang untuk seorang wanita muda dengan kegagalan prematur ovari untuk mengembangkan penyakit jantung, faktor-faktor tertentu yang berhubungan dengan penyakit mungkin meningkatkan kesempatan-kesempatannya mengembangkan penyakit jantung kemudian di kehidupannya.
  • Tingkat-tingkat yang rendah dari estrogen pada kegagalan prematur ovari dapat menjurus pada tingkat-tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol low-density lipoprotein (LDL). LDL diketahui sebagai kolesterol "buruk" karena ia adalah sumber utama dari penumpukan dan rintangan dalam arteri-arteri yang dapat menjurus pada serangan-serangan jantung.
  • Tingkat-tingkat yang rendah dari estrogen pada kegagalan prematur ovari dapat juga menjurus pada tingkat-tingkat yang lebih rendah dari kolesterol high-density lipoprotein (HDL), dikenal sebagai kolesterol "baik" karena ia membantu mencegah penumpukan dan rintangan dalam arteri-arteri.
  • Setelah beberapa waktu, penumpukan dari kolesterol dalam arteri-arteri dapat menyebabkan "pengerasan dari arteri-arteri", yang berarti bahwa aliran darah ke jantung diperlambat atau dirintangi. Darah mengangkut oksigen ke jantung. Jika jantung tidak mendapat oksigen yang cukup, seseorang mungkin mempunyai nyeri dada (angina). Jika suplai darah ke bagian dari jantung terputus sepenuhnya, karena rintangan, akibatnya adalah serangan jantung.

Adakah cara-cara untuk mencegah penyakit jantung pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari ?

Mendapatkan terapi estrogen yang cukup mungkin membantu menjaga terhadap penyakit jantung. Estrogen membantu tubuh dengan:
  • Mempertahankan lapisan yang sehat dari arteri-arteri
  • Mengendurkan otot-otot yang mengontrol arteri-arteri untuk mengizinkan aliran darah ke jaringan-jaringan yang lebih baik
  • Menormalkan tingkat-tingkat LDL dan HDL untuk mengurangi penumpukan kolesterol di arteri-arteri yang dapat menjurus pada rintangan. Pertahankan berat badan yang sehat dan dapatkan aktivitas fisik yang teratur adalah penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat kolesterol anda, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi risiko anda untuk penyakit jantung.
Faktor-faktor risiko lain untuk penyakit jantung termasuk:
  • Merokok sigaret
  • Tekanan darah tinggi (ditentukan sebagai 140/90 mm/Hg atau lebih tinggi, atau berada pada obat tekanan darah)
  • Kolesterol darah yang tinggi
  • Sejarah penyakit jantung keluarga
  • Umur: wanita-wanita — 55 tahun atau lebih tua
Bicara pada dokter anda tentang penyakit jantung untuk menentukan langkah-langkah apa, jika ada, anda harus ambil untuk menurunkan risiko anda.
  • Diantara wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari, studi-studi menunjukan bahwa 13.8 persen dari wanita-wanita dengan sejarah kegagalan prematur ovari keluarga, dan 2.1 persen dari wanita-wanita tanpa sejarah kegagalan prematur ovari keluarga mungkin juga mempunyai bentuk yang ringan dari Fragile X syndrome.
  • Fragile X syndrome adalah kondisi genetik yang timbul karena kesalahan pada gen tunggal. Pada wanita-wanita dengan gen yang terpengaruh, gejala-gejala dapat berkisar dari tidak ada sama sekali, ke ketidakmampuan-ketidakmampuan belajar dan persoalan-persoalan dengan math, ke risiko yang sedikit lebih tinggi dari penyakit ketakutan. Wanita-wanita yang mempunyai gen yang terpengaruh mungkin memberikan itu pada anak-anak mereka, yang mungkin mengalami ketidakmampuan-ketidakmampuan belajar dan persoalan-persoalan lain sebagai akibatnya.
  • Jika anda mempunyai diagnosis yang telah dikonfirmasikan dari kegagalan prematur ovari, anda harus bicara pada dokter anda tentang Fragile X syndrome dan tes-tes untuk menemukan kelainan-kelainan pada gen Fragile X. 

Apakah Mempunyai Kegagalan Prematur Indung Telur Berarti Bahwa Saya Akan Menjadi Tidak Subur Atau Tidak Mampu Mempunyai Anak-Anak ?

Jika anda mempunyai kegagalan prematur ovari, sepertinya akan sangat sulit untuk anda untuk menjadi hamil karena ovari-ovari anda tidak bekerja secara benar. Pada saat ini, tidak ada perawatan medis yang terbukti yang memperbaiki kemampuan seorang wanita untuk mempunyai bayi secara alamiah jika ia mempunyai kegagalan prematur ovari.
Ada kesempatan bahwa anda akan menjadi hamil tanpa perawatan kesuburan. Antara 5 persen dan 10 persen dari wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari menjadi hamil, meskipun mereka telah tidak mempunyai perawatan kesuburan. Adakalanya kehamilan dapat terjadi berdekade-dekade setelah diagnosis awal. Peneliti-peneliti tidak dapat menjelaskan mengapa beberapa wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari menjadi hamil, sementara yang lainnya tidak.
Karena kehamilan masih mungkin untuk wanita-wanita yang mempunyai kegagalan prematur ovari, mereka yang tidak ingin menjadi hamil harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah kehamilan. Pada beberapa wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari, kontrasepsi oral mungkin tidak seefektif untuk pencegahan kehamilan seperti pada wanita-wanita yang tidak mempunyai kegagalan prematur ovari. Pada beberapa kasus-kasus, menggunakan metode kontrasepsi "barrier", seperti diaphragm atau condom, mungkin adalah opsi yang lebih baik untuk wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari yang tidak ingin menjadi hamil. Diskusikan keperluan-keperluan kontrasepsi anda dengan dokter anda, jika anda mempunyai kegagalan prematur ovari dan tidak ingin menjadi hamil.
Jka anda mempunyai kegagalan prematur ovari dan ingin menjadi hamil, anda dan keluarga anda mempunyai beberapa opsi-opsi, dijelaskan dibawah. Anda juga harus tahu, bagaimanapun, bahwa beberapa terapi-terapi medis untuk kesuburan telah dibuktikan tidak efektif, melalui percobaan-percobaan klinik secara acak. Terapi-terapi ini termasuk terapi estrogen dosis tinggi, gonadotropin-releasing hormone (GnRH) agonist therapy, terapi kortikosteroid, terapi GnRH dosis tinggi, dan perawatan dengan Danocrine. Dokter-dokter merekomendasikan menghindari perawatan-perawatan kesuburan yang tidak terbukti karena metode-metode seperti itu mungkin sebenanya mengurangi kesempatan-kesempatan anda mendapatkan kehamilan secara alamiah.

Catatan khusus tentang ketidaksuburan yang berhubungan dengan kegagalan prematur ovari

Banyak wanita-wanita yang terlibat dalam kelompok-kelompok pendukung kegagalan prematur ovari melaporkan bahwa, ketika mereka didiagnosis dengan kegagalan prematur ovari, mereka merasakan perasaan kehilangan atau dukacita, bukan tidak seperti kesedihan yang berhubungan dengan kematian orang kesayangan. Yang lain-lain melaporkan bahwa mereka merasa bersalah tentang tidak mencoba mempunyai anak-anak lebih awal dalam kehidupan-kehidupan mereka. Mereka mencatat bahwa diagnosis juga mempengaruhi pasangan-pasangan mereka, suami/istri, dan keluarga-keluarga. Untuk wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari dan keluarga-keluarga mereka, maka, dukungan emosional mungkin adalah sepenting perawatan medis untuk menangani kegagalan prematur ovari.
Dokter-dokter yang merawat wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari seringkali harus menenteramkan hati pasien-pasien mereka bahwa respon-respon emosional ini adalah reaksi-reaksi alamiah yang sempurna pada berita-berita dari kegagalan prematur ovari. Beberapa dokter-dokter menyarankan mengambil waktu untuk menangani diagnosis dan emosi-emosi yang mengelilinginya, sebelum membuat keputusan-keputusan apa saja tentang mempunyai keluarga.
Banyak dokter-dokter merekomendasikan bahwa wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari dan keluarga-keluarga mereka bekerja dengan "pendengar-pendengar profesional" untuk membantu menangani emosi-emosi yang kuat dan adakalanya menyakitkan yang berhubungan dengan diagnosis ini. Pekerja sosial, psychologist, psychiatrist, atau profesional kesehatan mental lainnya dapat bekerja dengan seorang wanita secara individu, bersama dengan suami/istri, pasangan, atau anggota keluarga, atau dalam beberapa kombinasi dari pengaturan-pengaturan ini.
Banyak wanita-wanita dalam setting-setting kelompok pendukung melaporkan bahwa berbicara pada wanita-wanita lain yang mempunyai kegagalan prematur ovari adalah bermanfaat. Banyak rumah-rumah sakit dan klinik-klinik kesehatan menawarkan kelompok-kelompok pendukung untuk wanita-wanita dan keluarga-keluarga yang terpengaruh oleh kegagalan prematur ovari.

Opsi-opsi saya apa saja untuk mendapatkan anak ?

Keluarga-keluarga yang terpengaruh oleh kegagalan prematur ovari mempunyai opsi-opsi untuk mempunyai anak. Seperti disebutkan lebih awal, hindari perawatan-perawatan kesuburan yang tidak terbukti dan perawatan-perawatan yang telah dibuktikan tidak efektif karena metode-metode seperti itu mungkin sebenarnya mengurangi kesempatan-kesempatan anda menjadi hamil secara alamiah.
Mengadopsi anak adalah satu opsi untuk memulai keluarga jika anda mempunyai kegagalan prematur ovari. Adopsi dapat menjadi salah satu dari pengalaman-pengalaman yang paling memberi penghargaan seumur hidup; namun prosesnya adalah bukan tanpa risiko-risiko. Banyak dokter-dokter merekomendasikan bahwa keluarga-keluarga yang mempertimbangkan adopsi belajar tentang proses, manfaat-manfaat dan risiko-risikonya, dan aspek-aspek hukumnya, sebagai tambahan pada efek-efek emosional yang mungkin, sebelum membuat keputusan.
Tipe tertentu dari assisted reproductive technology (ART), dikenal sebagai donasi telur, mungkin juga adalah opsi untuk mempunyai anak. Pada kegagalan prematur ovari, persoalannya adalah dalam memproduksi telur-telur yang sehat; kondisinya tidak mempengaruhi kandungan (uterus) wanita, yang berarti ia mungkin mampu untuk membawa anak. Donasi telur membuatnya mungkin untuk menggabungkan telur-telur donor dan sperma dalam laboratorium, dan kemudian menempatkan embrio-embrio yang dihasilkan kedalam uterus (kandungan) wanita yang mempunyai kegagalan prematur ovari.
Semua bentuk-bentuk dari ART adalah kompleks, dan setiapnya membawa manfaat-manfaat dan risiko-risikonya sendiri, beberapa dari mereka serius. Karena sedikit perusahaan-perusahaan asuransi sekarang ini menyediakan pemenuhan untuk prosedur ini, keluarga-keluarga mungkin harus untuk menutupi seluruh biaya dari proses ini. Dan, banyak keluarga-keluarga harus mencoba ART beberapa kali sebelum ia sukses. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyediakan statistik-statistik pada angka-angka kesuksesan dari prosedur-prosedur ART berdasarkan pada faktor-faktor yang berbeda.
Jika anda dan keluarga anda mempertimbangkan ART, bicara dengan dokter dan/atau spesialis kesuburan tentang risiko-risiko dan manfaat-manfaat mungkin membantu anda membuat keputusan akhir anda.
Sebagai tambahan, peneliti-peneliti sedang bekerja secara aktif mengembangkan metode-metode yang memperbaiki kesuburan pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari dan kondisi-kondisi lain. Ketika metode-metode dan perawatan-perawatan semacam itu menjadi lebih baik, wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari dan keluarga-keluarga mereka mungkin mempunyai lebih banyak opsi-opsi untuk mempunyai anak-anak secara alamiah.

Yang Dilakukan Peneliti-Peneliti Untuk Belajar Lebih Banyak Tentang Kegagalan Prematur Indung Telur

Sekarang ini, NICHD sedang melakukan dan mensponsor sejumlah studi-studi pada kegagalan prematur ovari:
Beberapa peneliti-peneliti sedang menjelidiki apakah dosis yang rendah dari steroid-steroid tertentu dapat merawat kegagalan prematur ovari pada kasus-kasus yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Steroid, yang disebut prednisone, mengurangi fungsi dari sistim imun tubuh, yang diperkirakan menyerang folikel-folikel ovari pada wanita-wanita dengan kegagalan prematur ovari.
Peneliti-peneliti sedang mencoba untuk menentukan kombinasi dan dosis yang terbaik dari HRT untuk merawat kegagalann prematur ovari. Beberapa pekerjaan sedang dicoba untuk belajar apakah menambahkan testosterone pada HRT wanita dapat membantu mencegah kehilangan tulang. Studi-studi lain sedang mencoba untuk menemukan jumlah dari estrogen dan progestin yang paling baik untuk merawat kegagalan prematur ovari tanpa menyebabkan terlalu banyak efek-efek sampingan.
Penelitian yang lain fokus pada apa yang terjadi pada ovari yang bekerja secara normal. Informasi ini mungkin membantu ilmuwan-ilmuwan mengembangkan pengujian untuk deteksi awal dari kegagalan prematur ovari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar