Senin, 14 Maret 2011

Kista Indung Telur

Definisi Indung Telur (Ovary) dan Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Indung telur (ovary) adalah satu dari suatu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus). Setiap indung telur adalah kira-kira seukuran dan berbentuk suatu almond. Indung-indung telur menghasilkan telur-telur (ova) dan hormon-hormon wanita. Indung-indung telur adalah sumber utama dari hormon-hormon wanita, yang mengontrol perkembangan dari karakteristik-karakteristik tubuh wanita, seperti payudara-payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstrual dan kehamilan. Kista-kista indung telur (Ovarian cysts) adalah struktur-struktur seperti kantong yang tertutup didalam suatu indung telur (ovary) yang mengandung suatu senyawa cairan, berupa gas, atau setengah padat.

Penyebab-Penyebab Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.
Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.
Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.
Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.
Keduanya tumor-tumor yang jinak dan ganas dari ovary mungkin juga mengandung kista-kista (cysts). Lebih jauh, kondisi yang dikenal sebagai polycystic ovarian syndrome dikarakteristikan oleh kehadiran dari banyaknya kista-kista didalam kedua indung telur (ovaries).

Gejala-Gejala Yang disebabkan Oleh Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Kebanyakan ovarian cysts (kista-kista indung telur) tidak pernah dirasakan (dicatat) dan menghilang tanpa wanita-wanita pernah menyadari bahwa mereka ada disana. Ketika suatu kista (cyst) menyebabkan gejala-gejala, nyeri pada perut atau pelvis adalah betul-betul yang paling umum. Nyeri dapat disebabkan dari:
  • pecahnya kista,
  • pertumbuhan yang cepat dan peregangan,
  • perdarahan kedalam kista, atau
  • pelintiran dari kista sekitar suplai darahnya (dikenal sebagai torsion).

Mendiagnosa Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Adakalanya ovarian cysts mungkin tercatat oleh seorang dokter sewaktu suatu pemeriksaan bimanual dari pelvis. Jika suatu kista dicurigai yang berdasarkan pada gejala-gejala dari pemeriksaan fisik, teknik-teknik penggambaran (imaging) digunakan. Kebanyakan kista-kista didiagnosa dengan ultrasound, yang adalah teknik imaging yang paling baik untuk mendeteksi ovarian cysts (kista-kista indung telur). Ultrasound adalah suatu metode imaging yang menggunakan gelombang-gelombang suara untuk menghasilkan suatu gambar (image) dari struktur-struktur didalam tubuh. Ultrasound imaging adalah tidak menyakitkan dan tidak membahayakan.
Cysts (kista-kista) dapat juga dideteksi dengan metode-metode imaging lain, seperti CT scan atau MRI scan (magnetic resonance imaging).

Bagaimana Dokter Dapat Memutuskan Apakah Suatu Kista Indung Telur Berbahaya ?

Jika seorang wanita berada pada umur empatpuluhannya (40's), atau lebih muda, dan mempunyai periode-periode menstrual yang teratur, kebanyakan massa-massa ovarian adalah "kista-kista indung telur yang berfungsi (functioning ovarian cysts)", yang adalah sungguh-sungguh bukan abnormal. Contoh-contoh termasuk follicular cysts dan corpus luteum cysts. Ini berhubungan dengan proses dari ovulasi (ovulation) yang terjadi dengan siklus menstrual. Mereka biasanya menghilang dengan sendirinya sewaktu suatu siklus menstrual masa depan. Oleh karenanya, terutama pada wanita-wanita di umur duapuluhan (20's) dan tigapuluhannya (30's), kista-kista ini diawasi untuk beberapa siklus-siklus menstrual untuk membuktikan bahwa mereka menghilang.
Karena obat-obat pencegah kehamilan oral bekerja sebagian dengan mencegah ovulasi (ovulation), dokter-dokter umumnya tidak akan mengharapkan wanita-wanita yang meminum obat-obat pencegah kehamilan oral untuk mempunyai "kista-kista indung telur yang berfungsi" yang umum. Jadi, wanita-wanita yang mengembangkan ovarian cysts sewaktu meminum obat-obat pencegahan kehamilan oral mungkin dinasehati terhadap pengamatan yang sederhana; daripada, mereka mungkin menerima pengamatan yang lebih ketat dengan pelvic ultrasound atau, kurang umum, penjajakan operasi dari indung telur (ovary).
Faktor-faktor lain adalah berguna dalam mengevaluasi ovarian cysts (disamping umur wanita, atau apakah ia sedang meminum obat-obat pencegah kehamilan oral). Suatu kista yang tampak seperti ia adalah hanya suatu kantong yang sederhana dari cairan pada ultrasound adalah lebih mungkin jinak daripada suatu kista dengan jaringan padat didalamnya. Jadi penampakan ultrasound juga memainkan suatu peran dalam menentukan tingkat kecurigaan mengenai suatu pertumbuhan ovarian (indung telur) yang serius.
Ovarian cancer (kanker indung telur) adalah jarang pada wanita-wanita yang lebih muda dari umur 40 tahun. Setelah umur 40 tahun, suatu kista indung telur mempunyai suatu kesempatan yang lebih tinggi menjadi bersifat kanker daripada sebelum umur 40 tahun, meskipun kebanyakan ovarian cysts adalah jinak bahkan setelah umur 40 tahun. Pengujian darah CA-125 dapat digunakan sebagai suatu penanda dari kanker indung telur, namun ia tidak selalu mewakili kanker ketika ia adalah abnormal.
  • Pertama, banyak kondisi-kondisi yang jinak pada wanita-wanita dari umur untuk melahirkan anak dapat menyebabkan tingkat CA-125 meninggi, jadi CA-125 adalah bukan suatu tes yang spesifik, terutama pada wanita-wanita yang lebih muda. Infeksi-infeksi pelvic, uterine fibroids, kehamilan, benign (hemorrhagic) ovarian cysts, dan penyakit hati semuanya adalah kondisi-kondisi yang mungkin meninggikan tingkat-tingkat darah CA-125 dalam ketidakhadiran dari kanker indung telur.
  • Kedua, bahkan jika wanita itu mempunyai suatu kanker indung telur (ovarian cancer), tidak semua kanker-kanker indung telur akan menyebabkan tingkat CA-125 meninggi. Lebih jauh, tingkat-tingkat CA-125 dapat menjadi tingginya secara abnormal pada wanita-wanita dengan kanker payudara, kanker paru, dan kanker pankreas.

Merawat Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)

Kebanyakan ovarian cysts (kista-kista indung telur) pada wanita-wanita dari umur yang melahirkan anak adalah follicular cysts (kista-kista yang berfungsi) yang menghilang secara alamiah dalam satu sampai tiga bulan. Meskipun mereka dapat pecah (biasanya tanpa efek-efek yang menyakitkan), mereka jarang menyebabkan gejala-gejala. Mereka adalah jinak dan tidak mempunyai konsekwensi medis yang nyata. Mereka mungkin didiagnosa secara kebetulan sewaktu suatu pemeriksaan pada wanita-wanita yang tidak mempunyai segala gejala-gejala yang berhubungan. Semua wanita-wanita mempunyai follicular cysts pada beberapa titik yang umumnya pergi tanpa diketahui.
Suatu follicular cyst pada seorang wanita dari umur yang melahirkan anak umumnya diamati untuk beberapa siklus-siklus menstrual karena kista-kista (cysts) adalah umum, dan kanker indung telur (ovarian cancer) adalah jarang pada kelompok umur ini. Adakalanya ovarian cysts pada wanita-wanita yang bermenstruasi mengandung beberapa darah, yang disebut hemorrhagic cysts, yang seringkali menghilang secara cepat.
Ultrasound digunakan untuk menentukan strategi perawatan untuk ovarian cysts karena ia dapat membantu untuk menentukan apakah kista adalah kista sederhana (hanya cairan dengan tidak ada jaringan yang padat, terlihat pada kondisi-kondisi jinak) atau suatu compound cyst (dengan beberapa jaringan padat yang memerlukan pengamatan yang lebih dekat dan kemungkinan operasi pemotongan keluar).
Dalam ringkasan, perawatan yang ideal dari ovarian cysts tergantung pada umur wanita, ukuran (dan segala perubahan dalam ukuran) dari kista, dan penampakan kista pada ultrasound.
Perawatan dapat terdiri dari hanya pengamatan, atau ia dapat melibatkan evaluasi tes-tes darah seperti suatu CA-125 untuk membantu menentukan potensi untuk kanker (mengingat-ingat banyaknya batasan-batasan dari pengujian dari CA-125 yang digambarkan diatas).
Tumor dapat secara operasi dikeluarkan dengan laparoscopy, atau jika perlu, suatu open laparotomy (menggunakan suatu sayatan pada garis bikini) jika ia menyebabkan nyeri yang parah, tidak menghilang, atau jika ia bagaimanapun juga mencurigakan. Sekali kista dikeluarkan, pertumbuhan dikirim ke seorang ahli patologi (pathologist) yang menguji jaringan dibawah sebuah mikroskop untuk membuat diagnosis akhir dari tipe kista yang hadir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar