Senin, 14 Maret 2011

Pertumbuhan Kandungan (Uterine Growths)

Definisi Pertumbuhan-Pertumbuhan Kandungan

Uterine growths adalah pembesaran-pembesaran jaringan dari kandungan wanita. Uterine growths dapat disebkan oleh kondisi-kondisi yang tidak berbahaya atau berbahaya. Pertumbuhan-pertumbuhan adakalanya dirujuk secara medis sebagai massa-massa atau tumor-tumor. Contoh dari pertumbuhan yang tidak berbahaya (atau bukan bersifat kanker), yang tidak memperlagakan ancaman, adalah polip dari cervix (leher rahim). Beberapa pertumbuhan-pertumbuhan, seperti fibroid-fibroid kandungan, adalah tidak berbahaya, namun mereka dapat tetap menyebabkan beberapa persoalan-persoalan yang mengganggu, seperti perdarahan. Pertumbuhan-pertumbuhan berbahaya lain dari kandungan termasuk pertumbuhan-pertumbuhan yang bersifat kanker (malignant).
Sementara mayoritas dari pertumbuhan-pertumbuhan kandungan adalah tidak berbahaya, kanker-kanker dari kandungan terjadi. Artikel ini akan mendiskusikan kondisi-kondisi yang tidak berbahaya yang menyebabkan pertumbuhan-pertumbuhan atau massa-massa kandungan. Pertumbuhan-pertumbuhan yang tidak berbahaya atau bukan bersifat kanker termasuk fibroid-fibroid kandungan, adenomyosis, dan polip-polip kandungan. Untuk informasi tentang kanker kandungan, silahkan lihat artikel kanker kandungan.

Anatomi

Kandungan (uterus) adalah organ yang berongga, berbentuk buah pear yang berlokasi pada perut bagian bawah wanita antara kantong kemih dan rectum. Bagian bawah yang sempit dari kandungan adalah cervix (leher rahim); bagian atas, lebih lebar dikenal sebagai corpus. Cervix membentuk transisi antara kandungan dan vagina. Vagina, atau kanal kelahiran, menghubungkan kandungan ke bagian luar tubuh.

Definisi Fibroid-Fibroid Kandungan

Fibroid-fibroid kandungan adalah massa-massa yang tidak berbahaya yang tumbuh dalam kandungan untuk sebab-sebab yang tidak jelas. Fibroid-fibroid kandungan umumnya disebut dengan nama yang lebih singkat, "fibroids". Istilah medis untuk fibroid adalah leiomyoma, yang merujuk pada proliferasi atau pertumbuhan abnormal dari jaringan otot halus. Uterine fibroids timbul dari jaringan pada lapisan otot dari dinding kandungan, disebut myometrium. Mereka tidak bersifat kanker.
Sebab mengapa beberapa wanita-wanita mengembangkan fibroid-fibroid masih belum dimengerti. Sejarah keluarga mungkin memainkan peran, karena seringkali ada sejarah dari fibroids yang berkembang pada wanita-wanita dari keluarga yang sama. Untk sebab-sebab yang dimengerti dengan buruk, fibroids adalah lebih umum pada wanita-wanita berwarna (risiko yang meningkat dua sampai tiga kali) daripada wanita-wanita Caucasian (kulit putih). Sebagai tambahan, wanita-wanita yang kelebihan berat badan mempunyai risiko yang meningkat dari fibroids. Kebanyakan wanita-wanita dengan fibroids kemungkinan melalui kehidupannya bahkan tidak mengetahui mereka mempunyai mereka, karena fibroids seringkali ditemukan sewaktu prosedur-prosedur diagnostik atau terapeutik.
Fibroid-fibroid adalah umum dan mungkin terjadi pada beberapa derajat pada sampai dengan 50% dari wanita-wanita.

Gejala-Gejala Dari Fibroid-Fibroid Kandungan

Kebanyakan wanita-wanita dengan fibroid-fibroid kandungan tidak mempunyai gejala-gejala. Bagaimanapun, fibroid-fibroid dapat menyebabkan sejumah gejala-gejala tergantung pada ukuran dan lokasi mereka didalam kandungan, dan berapa dekat mereka pada organ-organ pelvis yang berdekatan. Fibroid-fibroid yang besar dapat menyebabkan:
  • tekanan,
  • nyeri pelvis,
  • tekanan pada kantong kemih dengan buang air kecil (kencing) yang sering atau bahkan yang terhalang, dan
  • tekanan pada rectum dengan nyeri selama buang air besar.
Perdarahan kandungan yang abnormal adalah gejala yang paling umum dari fibroid. Jika tumor-tumor dekat lapisan kandungan, atau mengganggu aliran darah ke lapisan, mereka dapat menyebabkan periode-periode yang berat, periode-periode yang menyakitkan, periode-periode yang berkepanjangan atau spotting antara mens-mens. Fibroid-fibroid kandungan yang memburuk dapat adakalanya menyebabkan nyeri lokal yang parah.

Jika Fibroid-Fibroid Kandungan Tidak Berbahaya, Mengapa Mereka Adalah Sebab-Sebab Untuk Begitu Banyak Hysterectomies (Operasi-Operasi Yang Dilakukan Untuk Mengeluarkan Kandungan) ?

Jawaban utama adalah bahwa fibroid-fibroid kandungan dapat menyebabkan perdarahan. Perdarahan ini dapat adakalanya siginifikan dan menjurus pada anemia. Fibroid-fibroid dapat juga menjurus pada komplikasi-komplikasi seperti didiskusikan pada bagian berikut. Untungnya, ada juga banyak alat-alat bukan operasi yang tersedia untuk merawat fibroid-fibroid.

Komplikasi-Komplikasi Dari Fibroid-Fibroid Kandungan

Fibroid-fibroid sendiri tidak memerlukan perawatan, namun wanita-wanita dengan fibroid-fibroid dapat mengembangkan komplikasi-komplikasi sebagai akibat dari fibroid-fibroid, termasuk perdarahan dan nyeri pelvis (seperti didiskusikan diatas). Itu karena gejala-gejala bahwa dokter-dokter mungkin menyarankan perawatan untuk fibroid. Hanya 20 sampai 50% dari wanita-wanita dengan fibroids mempnyai mgejala-gejala yang disebabkan oleh kondisi, yang berarti perdarahan atau tekanan pelvis.
Sebagai tambahan pada perdarahan dan tekanan pelvis, fibroid-fibroid dapat menyebabkan keguguran yang berulang, ketidaksuburan, kelahiran prematur, dan komplikasi-komplikasi kelahiran. Bagaimanapun, berlawanan pada mitos umum, perasaan sekarang ini adalah bahwa mayoritas yang besar dari wanita-wanita dengan fibroid-fibroid mampu untuk mempunyai kehamilan-kehamilan yang sukses kecuali rongga kandungan terdistorsi (tersimpang) dengan tidak biasa.

Mendiagnosa Fibroid-Fibroid Kandungan

Fibroid-fibroid didiagnosa dengan melakukan pemeriksaan pelvis manual (bimanual examination) dan dikonfirmasi dengan ultrasound. Ultrasound adalah tidak berbahaya dan tidak melibatkan segala jarum-jarum atau suntikan-suntikan. Tes ini serupa pada satu yang dilakukan pada wanita-wanita hamil untuk melihat perkembangan fetus didalam kandungan. Jarang, pencitraan yang lebih kompleks digunakan, namun hanya pada kasus-kasus dimana dokter tidak dapat menentukan sifat yang tepat dari massa yang ditemukan pada pemeriksaan fisik atau ultrasound.

Perawatan Untuk Fibroid-Fibroid Kandungan

Pengangkatan fibroid-fibroid kandungan secara operasi

Beberapa dari sebab-sebab untuk pengangkatan fibroid-fibroid kandungan secara operasi termasuk:
  1. Jika masih ada kekhawatiran bahwa pertumbuhan kandungan dapat menjadi kanker: Pada kasus-kasus ini, dokter tidak pasti bahwa pertumbuhan sebenarnya adalah fibroid yang tidak berbahaya. Pertumbuhan yang cepatnya tidak biasa adalah tanda bahwa pertumbuhan kandungan mungkin bersifat kanker. Pertumbuhan harus diangkat dan diperiksa secara ketat untuk tanda-tanda dari kondisi-kondisi yang lebih berbahaya.
  2. Jika operasi pelvis lain telah dilakukan: Tidak ada alasan-alasan untuk operasi pelvis, seperti penyakit ovarian (indung telur).
  3. Jika semua perawatan-perawatan medis telah gagal untuk menghentikan komplikasi-komplikasi perdarahan.

Operasi untuk fibroid-fibroid

Ada tiga kategori-kategori utama operasi untuk fibroid-fibroid.
  1. Hysterectomy: Pengangkatan dari kandungan disebut hysterectomy. Fibroid-fibroid adalah sebab yang paling umum bahwa hysterectomies dilakukan di Amerika. Keuntungan-keuntungan adalah bahwa : (1) fibroid-fibroid tidak pernah kembali (satu-satunya "penyembuhan" untuk fibroid-fibroid); (2) wanita-wanita tidak akan mempunyai periode menstruasi yang lain (yang beberapa, namun tidak semua wanita-wanita, menemukannya sebagai keuntungan); dan (3) kontrasepsi bukan lagi kekhawatiran. Adalah mudah untuk mengerti, oleh karenanya, bahwa calon-calon yang terbaik untuk hysterectomy telah menyelesaikan kemampuan untuk mempunyai anak-anak.
  2. Myomectomy (Local Resection): Operasi ini melibatkan pengangkatan dari fibroid-fibroid sendiri tanpa pengangkatan dari seluruh kandungan. Myomectomy adalah tidak permanen dalam arti bahwa fibroid-fibroid dapat tumbuh kembali setelah prosedur. Fibroid-fibroid tumbuh kembali pada kira-kira 25 sampai 50% dari wanita-wanita, dan kira-kira 10% dari wanita-wanita akan memerlukan operasi kedua. Meskipun myomectomy adalah pasti tindakan sementara, ia kurang digaransi sebagai solusi permanen. Jadi, prosedur ini sering digunakan untuk "membeli waktu" jika wanita merencanakan untuk menjadi hamil dalam beberapa tahun kedepan. Keuntungan-keuntungan dari operasi ini adalah bahwa ia memelihara kandungan untuk kemampuan mempunyai anak dan melibatkan operasi yang kurang ekstensif, yang menyiratkan periode-periode pemulihan yang kurang ekstensif. Pasti, dalam jangka pendek, perdarahan cenderung menjadi jauh lebih baik setelah myomectomy (pada kira-kira 80% dari wanita-wanita).
  3. Prosedur-prosedur lain: Beberapa perawatan-perawatan telah melibatkan pemboran lubang-lubang kedalam fibroid dengan serat-serat laser, freezing probes (cryosurgery), dan teknik-teknik penghancuran lain yang sebenarnya tidak mengangkat jaringan namun mencoba untuk menghancurkannya ditempat.
  4. Teknik-teknik lain untuk merawat fibroid-fibroid dikenal sebagai uterine artery embolization (UAE). Teknik ini menggunakan manik-manik kecil dari bahan campuran yang disebut polyvinyl alcohol, yang disuntikan melalui kateter kedalam arteri-arteri yang memberi makan pada fibroid. Manik-manik ini menghalamgi suplai darah ke fibroid dan melaparkannya dari darah dan oksigen. Uterine artery occlusion (UAO), yang melibatkan penjepitan arteri-arteri kandungan yang terlibat yang berlawanan pada penyuntikan manik-manik polyvinyl alcohol, sekarang ini dibawah penyelidikan sebagai alternatif yang potensial terhadap UAE.

Komplikasi-Komplikasi Operasi Fibroid Kandungan

Mungkin nampaknya sangat menarik pada wanita untuk hanya mempunyai kandungannya dikeluarkan, bagaimanapun, seperti dengan segala operasi, komplikasi-komplikasi dapat termasuk risiko meninggal (meskipun sangat rendah) dari pembiusan. Juga ada risiko-risiko perdarahan dan infkesi, meskipun risiko-risio ini cukup rendah. Bagaimanapun, hysterectomy sebenarnya adalah prosedur yang lebih signifikan daripada yang disadari banyak wanita-wanita dimana ia memerlukan waktu pemulihan yang substansial.

Perawatan Medis Lain Untuk Fibroid-Fibroid Kandungan

Adalah penting untuk mengingat bahwa fibroid-fibroid hanya memerlukan perawatan jika mereka menyebabkan perdarahan atau nyeri. Ada beberapa perawatan-perawatn medis yang tersedia untuk fibroid-fibroid. Pil-pil pengontrol kelahiran (oral contraceptives) akan menyediakan banyak manfaat-manfaat untuk wanita-wanita dengan fibroid-fibroid. Mereka mengurangi jumlah perdarahan kandungan kira-kira 50% dan mengurangi nyeri kejang selama menstruasi. Mereka juga nampaknya mengurangi risiko dari fibroid-fibroid.
Perawatan-perawatan medis lain termasuk penggunaan obat-obat yang memadamkan produksi dari estrogen dari indung-indung telur atau ovaries (GnRH analogs). Obat-obat ini diberikan untuk waktu tiga sampai enam bulan. Jika sukses, mereka dapat meyusutkan fibroid-fibroid sebanyak 50%.
Mifepristone (RU-486) adalah obat antiprogestin yang dapat menyusutkan fibroid-fibroid ke tingkat yang sebanding pada perawatan dengan GnRH analogs. Obat ini, adakalanya dikenal sebagai "morning-after pill," juga digunakan untuk mengakhiri kehamilan dini. Perawatan dengan mifepristone juga mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan fibroid-fibroid, namun perawatan ini dapat dihubungkan dengan efek-efek sampingan yang merugikan seperti pertumbuhan terlalu cepat (hyperplasia) dari endometrium (lapisan kandungan).
Danazol (Danocrine) adalah hormon steroid androgenic yang telah digunakan untuk mengurangi perdarahan pada wanita-wanita dengan fibroid-fibroid, karena obat ini menyebabkan berhentinya menstruasi. Bagaimanpun, danazol tidak nampak menyusutkan ukuran dari fibroid-fibroid.
Pemasukan dari raloxifene (Evista) (obat yang digunakan untk mencegah dan merawat osteoporosis pada wanita-wanita postmenopause) telah ditunjukan mengurangi ukuran dari fibroid-fibroid pada wanita-wanita postmenopause, namun hasil-hasil dengan terapi ini pada wanita-wanita premenopause telah berlawanan. Formulasi-formulasi dosis rendah dari contraceptives oral juga adakalanya diberikan untuk merawat perdarahan abnormal yang berhubungan dengan fibroid-fibroid.

Definisi Adenomyosis

Adenomyosis adalah pertumbuhan dari jaringan kandungan dari satu lapisan tertentu kandungan (kelenjar-kelenjar endometrial) kedalam lapisan "yang salah" (lapisan otot, disebut myometrium). Ia adalah kondisi yang tidak berbahaya, namun ia dapat membesarkan kandungan yang mempresentasikan sebagai pertumbuhan. Adenomyosis adalah serupa pada endometriosis, yang adalah pertumbuhan dari sel-sel yang serupa pada yang dari bagian dalam kandungan (sel-sel endometrial), pada lokasi diluar kandungan. Pada adenomyosis, pertumbuhan abnormal dari sel-sel endometrial terjadi didalam lapisan otot dari kandungan.
Penyebab dari adenomyosis tidak dimengerti dengan baik. Beberapa peneliti-peneliti percaya bahwa operasi-operasi sebelumnya pada kandungan (termasuk kelahiran-kelahira Cesarean) dapat menyebabkan sel-sel endometrial (lapisan kandungan) untuk menyebar dan tumbuh pada lokasi yang abnormal (laisan otot dari dinding kandungan). Kemungkinan lain adalah bahwa adenomyosis timbul dari jaringan-jaringan dalam dinding kandungan sendiri yang mungkin telah mengendap disana selama perkembangan dari kandungan.
Adenomyosis adalah lebih umum setelah kelahiran anak.

Gejala-Gejala Dari Adenomyosis

Adenomyosis mungkin tidak menghasilkan segala gejala-gejala, meskipun beberapa wanita-wanita mungkin mengalami:
  • perdarahan yang berlebihan,
  • periode-periode menstruasi yang menyakitkan,
  • perdarahan diantara periode-periode, dan
  • hubungan seksual yang menyakitkan.

Mendiagnosa Adenomyosis

Diagnosis yang benar dari adenomyosis hanya mungkin dengan pemeriksaan mikroskopik aktual dari jaringan kandungan. Ini berarti bahwa ia akhirnya didiagnosa setelah hysterectomy. Adakalanya hasil-hasil dari pemeriksaan fisik dan/atau pemeriksaan ultrasound mungkin menyarankan kehadiran dari adenomyosis.

Merawat Adenomyosis

Obat-obat nyeri digunakan untuk membebaskan nyeri kejang dari adenomyosis. Sekarang ini, perawatan yang hanya efektif untuk adenomyosis adalah hysterectomy, yang berarti pengangkatan kandungan. Ini memerlukan periode pemulihan dan membawa risiko-risiko operasi dan pembiusan (anesthesia), seperti digambarkan diatas (lihat komplikasi-komplikasi dari operasi untuk fibroid-fibroid). Keputusan apakah menjalani atau tidak menjalani hysterectomy tergantung pada keparahan dari gejala-gejala dan kesehatan keseluruhan dari pasien. Mengontrol siklus menstruasi melalui kontrasepsi hormon (pil-pil) atau pengunaan dari hormon-hormon lain mungkin menyediakan beberapa pembebasan gejala.

Definisi Polip-Polip Kandungan

Polip-polip kandungan adalah pertumbuhan-pertumbuhan yang terlalu cepat, atau tonjolan-tonjolan yang tidak berbahaya dari jaringan normal yang melapisi kandungan kedalam rongga kandungan. Polip-polip mungkin juga ditemukan pada cervix kandungan. Polip-polip biasanya melekat pada kandungan yang mendasarinya dengan dasar atau batang, dan mereka bervariasi dalam ukuran. Polip-polip hanya jarang mengandung sel-sel kanker. Mereka adalah paling umum pada wanita-wanita berumur 40an.

Gejala-Gejala Dari Polip-Polip Kandunagn

Polip-polip kandungan mungkin tidak menghasilkan segala gejala-gejala. Bagaimanapun, beberapa wanita-wanita mungkin mengalami:
  • perdarahan vagina yang tidak beraturan,
  • perdarahan setelah hubungan seksual, atau
  • perdarahan menstruasi yang berat.

Mendiagnosa Dan Merawat Polip-Polip Kandungan

Adakalanya, polip-polip keluar melalui mulut cervix (leher rahim) sehingga mereka terlihat sewaktu pemeriksaan speculum, seperti sewaktu pap smear. Diagnosis adalah dengan ultrasound atau pemeriksaan dibawah mikroskop dari jaringan yang dikeluarkan sewaktu sampling (pengambilan contoh) kandungan. Diagnosis dapat juga dibuat dengan hysteroscopy, pemasukan dari scope yang mengizinkan visualisasi dari rongga kandungan dari dalam. Adalah seringkali mungkin untuk mengeluarkan polip-polip sewaktu prosedur ini. Curettage, prosedur dimana lapisan kandungan dikeluarkan, dapat digunakan untuk menyembuhkan polip-polip endometrial pada kebanyakan kasus-kasus.


    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar