Senin, 14 Maret 2011

Gestational Diabetes (Diabetes Kehamilan)

Definisi Gestational Diabetes

Gestational diabetes adalah kondisi yang dikarakteristikan oleh tingkat-tingkat gula darah (glucose) yang tinggi yang pertama kali dikenali selama kehamilan. Kondisi terjadi pada kira-kira 4% dari semua kehamilan-kehamilan.

Penyebab Gestational Diabetes

Hampir semua wanita-wanita mempunyai beberapa derajat dari ketidaktoleranan glucose yang terganggu sebagai akibat dari perubahan-perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan. Itu berarti bahwa gula darah mereka mungkin lebih tinggi daripada normal, namun tidak cukup tinggi untuk mempunyai diabetes. Selama bagian belakangan dari kehamilan (trimester ketiga), perubahan-perubahan hormonal ini menempatkan wanita-wanita pada risiko untuk gestational diabetes.
Selama kehamilan, tingkat-tingkat yang meninggi dari hormon-hormon tertentu yang dibuat didalam placenta (organ yang menghubungkan bayi oleh tali pusar ke kandungan) membantu memindahkan nutrisi-nutrisi dari ibu ke fetus yang sedang berkembang. Hormon-hormon lain dihasilkan oleh placenta untuk membantu mencegah ibu mengembangkan gula darah yang rendah. Mereka bekerja dengan menghentikan aksi-aksi dari insulin.
Melalui perjalanan dari kehamilan, hormon-hormon ini menjurus pada ketidaktoleranan glucose terganggu yang progresif (tingkat-tingkat gula darah yang lebih tinggi). Untuk mencoba mengurangi tingkat-tingkat gula darah, tubuh membuat lebih banyak insulin untuk mendapatkan glucose kedalam sel-sel untuk digunakan sebagai energi.
Biasanya pankreas ibu mampu untuk menghasilkan lebih banyak insulin (kira-kira tiga kali jumlah normal) untuk mengatasi efek dari hormon-hormon kehamilan pada tingkat-tingkat gula darah. Jika, bagaimanapun, pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk mengatasi efek dari hormon-hormon yang meningkat selama kehamilan, tingkat-tingkat gula darah akan naik, berakibat pada gestational diabetes.

Komplikasi-Komplikasi Dari Gestational Diabetes

Diabetes dapat mempengaruhi perkembangan bayi sepanjang kehamilan. Pada awal kehamilan, diabetes ibu dapat berakibat pada kerusakan-kerusakan kelahiran dan angka yang meningkat dari keguguran. Banyak dari kerusakan-kerusakan kelahiran yang terjadi mempengaruhi organ-organ utama seperti otak dan jantung.
Selama trimester kedua dan ketiga, diabetes ibu dapat menjurus pada nutrisi yang berlebihan dan pertumbuhan yang berlebihan dari bayi. Mempunyai bayi yang besar meningkatkan risiko-risiko selama kelahiran. Contohnya, bayi-bayi yang besar seringkali memerlukan kelahiran-kelahiran caesarean dan jika ia dilahirkan melalui vagina, mereka berada pada risiko yang meningkat untuk trauma pada pundak mereka.
Sebagai tambahan, jika nutrisi bayi berlebihan terjadi dan hyperinsulinemia berakibat, gula darah bayi dapat jatuh sangat rendah setelah kelahiran, karena ia tidak akan menerima gula darah yang tinggi dari ibu.
Bagaimanapun, dengan perawatan yang benar, anda dapat melahirkan bayi yang sehat meskipun mempunyai diabetes.

Siapa Yang Berisiko Untuk Gestational Diabetes ?

Faktor-faktor berikut meningkatkan risiko mengembangkan gestational diabetes selama kelahiran:
  • Kelebihan berat badan sebelum menjadi hamil (jika anda 20% atau lebih berat dari berat badan ideal anda).
  • Anggota dari kelompok etnik yang berisiko tinggi (Hispanic, Black, Native American, atau Asian).
  • Mempunyai gula dalam urin anda.
  • Toleran glucose yang terganggu atau glucose puasa yang terganggu (tingkat-tingkat gula darah tinggi, namun tidak cukup tinggi untuk menjadi diabetes).
  • Sejarah diabetes keluarga (jika orangtua atau saudara kandung anda mempuyai diabetes).
  • Sebelumnya memberikan kelahiran bayi lebih dari 9 pounds.
  • Sebelumnya memberikan kelahiran bayi yang meninggal.
  • Mempunyai gestational diabetes dengan kehamilan sebelumnya.
  • Mempunyai terlalu banyak cairan amniotic (kondisi yang disebut polyhydramnios).
Banyak wanita-wanita yang mengembangkan gestational diabetes mempunyai faktor-faktor risiko yang tidak diketahui.

Mendiagnosa Gestational Diabetes

Wanita-wanita yang berisiko tinggi harus disaring untuk gestational diabetes sedini mungkin selama kehamilan-kehamilan mereka. Semua wanita-wanta lainnya akan disaring antara kehamilan minggu ke 24 dan 28.
Untuk menyaring gestational diabetes, anda akan mengambil tes yang disebut tes toleran glucose oral. Tes ini melibatkan minum cairan yang dimaniskan secara cepat, yang mengandung 50g gula. Tubuh menyerap gula ini secara cepat, menyebabkan tingkat-tingkat gula darah naik dalam waktu 30-60 menit. Sample darah akan diambil dari vena pada lengan anda 1 jam setelah minum larutan. Tes darah mengukur bagaimana larutan gula di-metabolisme (diproses oleh tubuh).
Tingkat gula darah lebih besar dari atau sama pada 140mg/dL diakui sebagai abnormal. Jika hasil-hasil anda adalah abnormal berdasarkan pada tes toleran glucose oral, tes lain akan diberikan setelah berpuasa untuk beberapa jam.
Pada wanita-wanita yang berisiko tinggi mengembangkan gestational diabetes, hasil tes penyaringan yang normal diikuti dengan tes penyaringan lain pada waktu 24-28 minggu untuk konfirmasi diagnosis.

Mengendalikan Gestational Diabetes

Gestational diabetes dikendalikan dengan:
  • Memonitor tingkat-tingkat gula darah empat kali per hari (sebelum breakfast dan 2 jam setelah makan. Memonitor gula darah sebelum semua makan mungkin juga menjadi perlu).
  • Memonitor urin untuk keton-keton (asam yang mengindikasikan diabetes anda tidak terkontrol).
  • Ikuti petunjuk-petunjuk diet khusus seperti yang diinstruksikan oleh dokter anda. Anda akan diminta untuk mendistribusikan kalori-kalori anda secara merata sepanjang hari.
  • Latihan setelah memperoleh izin dokter anda.
  • Memonitor penambahan berat badan anda.
  • Mengambil insulin, jika perlu. Insulin sekarang ini adalah obat diabetes satu-satunya yang digunakan selama kehamilan.
  • Mengontrol hipertensi.

Bagaimana Saya Memonitor Tingkat-Tingkat Gula Darah Saya ?

Menguji gula darah anda pada waktu-waktu tertentu dari hari akan membantu menentukan apakah latihan dan pola-pola makan anda mempertahankan tingkat-tingkat gula darah anda dibawah kontrol, atau apakah anda memerlukan ekstra insulin untuk melindungi bayi anda yang sedang berkembang. Dokter anda akan meminta anda untuk membuat catatan makanan harian dan meminta anda untuk mencatat tingkat-tingkat gula darah rumah anda.
Menguji gula darah anda melibatkan menusuk jari tangan anda dengan alat lancet (jarum yang kecil dan tajam), menempatkan satu tetes darah diatas strip penguji, menggunakan meter gula darah untuk memperlihatkan hasil-hasil anda, merekam hasil-hasil dalam buku log, dan kemudian membuang lancet dan strips secara benar (dalam "sharps" container atau container plastik yang keras, seperti botol detergent laundry).
Bawa data-data gula darah anda ke dokter anda sehingga dokter anda dapat mengevaluasi berapa baik tingkat-tingkat gula darah anda terkontrol dan menentukan apakah perubahan-perubahan perlu dibuat pada rencana perawatan anda.
Dokter anda akan menunjukan pada anda bagaimana menggunakan glucose meter. Ia dapat juga memberitahu anda dimana mendapatkan meter. Anda mungkin bisa meminjamnya dari rumah sakit anda, karena banyak rumah-rumah sakit mempunyai program-program pemberi pinjam meter untuk wanita-wanita dengan gestational diabetes.
Tujuan dari pengamatan adalah mempertahankan gula darah anda sedekat mungkin pada normal. Batasan-batasan termasuk:
Waktu Tes Target Pembacaan Gula Darah
Sebelum Makan Pagi plasma dibawah 105; seluruh darah dibawah 95
2 Jam Setelah Makan plasma dibawah 130; seluruh darah dibawah 120

Insulin dimulai jika tingkat-tingkat diatas tidak dipertahankan.

Perlukah Saya Mengambil Insulin Untuk Gestational Diabetes ?

Berdasarkan pada hasil-hasil pengamatan gula darah anda, dokter anda akan memberitahu anda apakah anda perlu mengambil insulin dalam bentuk suntikan-suntikan selama kehamilan. Insulin adalah hormon yang mengontrol gula darah. Jika insulin diresepkan untuk anda, anda mungkin diajari bagaimana melakukan prosedur suntikan insulin.
Ketika kehamilan anda berlanjut, placenta akan membuat lebih banyak hormon-hormon kehamilan dan dosis-dosis yang besar dari insulin mungkin diperlukan untuk mengontrol gula darah anda. Dokter anda akan menyesuaikan dosis insulin anda berdasarkan log gula darah anda.
Ketika menggunakan insulin, "reaksi glucose darah rendah", atau hypoglycemia, dapat terjadi jika anda tidak cukup makan makanan, melewati makan, tidak makan pada wanktu yang benar, atau jika anda latihan lebih banyak dari biasanya.
Gejala-gejala dari hypoglycemia termasuk:
  • Kebingungan
  • Dizziness
  • Merasa gemetar
  • Sakit-sakit kepla
  • Tiba-tiba lapar
  • Berkeringat
  • Kelemahan
Hypoglycemia adalah persoalan yang serius yang perlu dirawat segera. Jika anda pikir anda mempunyai reaksi gula darah rendah, periksa gula darah anda. Jika gula darah anda kurang dari 60 mg/dL (miligram per deciliter), makan makanan yang mengandung gula, seperti 1/2 cangkir orange atau apple juice; 1 cangkir skim milk; 4-6 potong permen yang keras (bukan yang bebas gula); 1/2 cangkir soft drink; atau 1 sendok makan madu, brown sugar, atau corn syrup. Lima belas menit setelah memakan salah satu dari makanan-makanan yang didaftar diatas, periksa gula darah anda. Jika ia masih kurang dari 60 mg/dL, makan lagi salah satu dari pilihan-pilihan makanan diatas. Jika masih lebih dari 45 menit sampai waktu makan anda berikutnya, makan roti dan sumber protein untuk mencegah reaksi lainnya.
Rekam semua reaksi-reaksi gula darah rendah pada buku log anda, termasuk tanggal, waktu dari hari reaksi terjadi dan bagaimana anda merawatnya.

Bagaimana Diet Saya Akan Berubah Dengan Gestational Diabetes ?

Jika anda mempunyai gestational diabetes, ikuti tip-tip diet ini:
  • Makan tiga kali makanan-makanan yang kecil dan dua atau tiga snacks pada waktu-waktu yang teratur setiap hari. Jangan melewati makan-makan atau snacks. Karbohidrat-karbohidrat harus 40%-45% dari seluruh kalori-kalori dengan makan pagi dan snack waktu tidur mengandung 15-30 gram karbohidrat-karbohidrat.
  • Jika anda mempunyai sakit pagi hari, makan 1-2 crackers, cereal, atau pretzels sebelum bangun dari tempat tidur. Makan makanan-makanan kecil dan seringkali sepanjang hari dan hindari makanan-makanan yang berlemak, digoreng, dan berminyak. Jika anda mengambil insulin dan mempunyai sakit-sakit pagi hari, pastikan anda mengetahui bagaimana merawat gula darah rendah.
  • Pilih makanan-makanan yang tinggi seratnya seperti roti-roti whole-grain, cereals, pasta, nasi, buah-buah, dan sayuran. Semua wanita-wanita hamil harus makan 20-35 gram serat per hari.
  • Lemak-lemak harus kurang dari 40% dari kalori-kalori dengan kurang dari 10% yang dikonsumsi dari lemak-lemak jenuh.
  • Minum paling sedkiti 8 cangkir-cangkir (atau 64 ounces) cairan per hari.
  • Pastikan anda mendapatkan cukup vitamin-vitamin dan mineral-mineral dalam diet harian anda. Tanya dokter anda tentang mengambil prenatal vitamin dan suplemen mineral untuk memenuhi keperluan-keperluan nutrisi kehamilan anda.

Berapa Banyak Latihan Adalah Aman Untuk Gestational Diabetes?

Latihan teratur selama kehamilan dapat memperbaiki postur anda dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan-ketidaknyamanan umum seperti sakit-sakit punggung dan kelelahan. Menjadi fit selama kehamilan berarti latihan yang aman, ringan sampai sedang paling sedkiti tiga kali seminggu. Namun, tidak perduli gestational diabetes, setiap wanita hamil harus konsultasi dengan dokter mereka sebelum memulai program latihan. Ia dapat memberikan pada anda petunjuk-petunjuk latihan pribadi, berdasarkan pada sejarah medis anda.
Karena insulin dan latihan menurunkan gula darah, anda harus mengikuti petunjuk-petunjuk latihan tambahan ini untuk mencegah reaksi gula darah rendah:
  • Selalu membawa beberapa bentuk dari gula dengan anda ketika latihan, seperti tablet-tablet glucose atau permen keras.
  • Makan buah atau persamaan dari 15 gram karbohidrat untuk kebanyakan aktivitas-aktivitas yang berlangsung 30 menit. Jika anda latihan segera setelah makan, makan snack ini setelah latihan. Jika anda latihan 2 jam atau lebih setelah makan, makan snack sebelum latihan. 

Penambahan Berat Bada Waktu Kehamilan

Jumlah penambahan berat badan yang direkomendasikan selama kehamilan tergantung pada berat badan anda sebelum kehamilan, apakah ada lebih dari satu fetus, dan trimester. Secara khas lebih banyak penambahan berat badan diharapkan selama trimester kedua dan ketiga dan pemasukan-pemasukan kalori-kalori yang direkomendasikan harus meningkat pada saat itu.
Menambah jumlah berat badan yang benar selama kehamilan dengan memakan diet yang sehat dan seimbang adalah tanda yang baik bahwa bayi anda mendapatkan semua nutrisi-nutrisi yang ia perlukan dan berkembang pada kecepatan yang sehat.
Adalah tidak perlu untuk "makan untuk berdua" selama kehamilan. Adalah benar bahwa anda perlu ekstra kalori-kalori dari makanan-makanan yang kaya nutrisi untuk membantu bayi anda tumbuh, namun anda umumnya perlu mengkonsumsi hanya 200 sampai 300 lebih banyak kalori-kalori daripada anda lakukan sebelum anda menjadi hamil untuk memenuhi keperluan-keperluan dari bayi anda yang sedang berkembang.
Tanya dokter anda berapa banyak berat badan anda harus tambah selama kehamilan. Seorang wanita dengan berat badan rata-rata sebelum kehamilan dapat mengharapkan menambah 25 sampai 35 pounds selama kehamilan. Anda mungkin perlu menambah lebih banyak atau lebih sedikit berat badan, tergantung pada apa yang direkomendasikan dokter anda.
Pada umumnya, anda harus menambah kira-kira 2-4 pounds selama 3 bulan pertama kehamilan anda dan 1 pound per minggu untuk sisa dari kehamilan anda.
Kemana perginya berat badan
Bayi 8 pounds
Placenta 2-3 pounds
Cairan Amniotic 2-3 pounds
Suplai darah 4 pounds
Penyimpanan lemak untuk kelahiran dan menyusui 5-9 pounds
Peningkatan Uterus 2-5 pounds
TOTAL 25 sampai 35 pounds

Yang Terjadi Pada Bayi Saya Setelah Kelahiran

Tingkat gula darah bayi anda akan diuji segera setelah kelahiran. Jika gula darahnya rendah, ia akan diberikan air gula untuk diminum atau dengan tabung intravena pada vena. Bayi anda mungkin dikirim ke perawatan khusus untuk pengamatan selama beberapa jam pertama setelah kelahiran untuk memastikan ia tidak mempunyai reaksi gula darah rendah.
Jika anda mempunyai gestational diabetes, ada risiko yang meningkat bahwa bayi anda yang baru dilahirkan akan mengembangkan jaundice. Jaundice adalah perubahan warna kuning dari kulit yang terjadi ketika bilirubin hadir dalam darah bayi. Bilirubin adalah pigmen yang menyebakan jaundice dan dilepas ketika sel-sel darah merah ekstra menumpuk dalam darah dan tidak dapat diproses cukup cepat. Jaundice menghilang dengan cepat dengan perawatan yang seringkali melibatkan memaparkan bayi pada sinar-sinar khusus untuk menghilangkan pigmen.

Akankah Gestational Diabetes Menyebabkan Bayi Mempunyai Diabetes ?

Gestational diabetes tidak meningkatkan risiko bahwa anak anda akan mempunyai diabetes dimasa depan.

Akankah Saya Masih Mempunyai Diabetes Setelah Saya Melahirkan Bayi Saya ?

Biasanya dengan gestational diabetes, tingkat-tingkat gula darah kembali ke normal kira-kira 6 minggu setelah kelahiran anak karena placenta, yang menghasilkan hormon-hormon ekstra yang menyebabkan resisten insulin, hilang. Dokter anda akan memeriksa tingkat-tingkat gula darah anda setelah bayi anda dilahirkan untuk memastikan tingkat-tingkat gula darah anda telah kembali ke normal. Beberapa dokter-dokter merekomendasian tes toleransi glucose oral 6-8 minggu setelah kelahiran untuk memeriksa untuk diabetes.
Anda juga harus disaring untuk diabetes dimasa depan. Wanita-wanita yang telah mempunyai gestational diabetes mempunyai 60% risiko yang meningkat mengembangkan diabetes tipe 2 dikemudian hari di kehidupannya. Dengan mempertahankan berat badan yang ideal, mengikuti diet yang sehat, dan latihan, akan akan mampu mengurangi risiko anda mengembangkan diabetes tipe 2.
Sebagai tambahan, wanita-wanita yang telah mempunyai gestational diabetes selama satu kehamilan mempunyai 40%-50% kesempatan mengembangkan diabetes pada kehamilan berikutnya. Jika anda mempunyai gestational diabetes selama satu kehamilan dan merencanakan untuk hamil kembali, bicara pada dokter anda dahulu sehingga anda dapat membuat perubahan-perubahan gaya hidup yang diperlukan sebelum kehamilan anda berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar