Jumat, 25 Maret 2011

Pembengkakan Nodus Limfa

Definisi Nodus Limfa

Nodus-nodus limfa adalah suatu komponen yang penting dari sistim imun tubuh dan membantu dalam memerangi infeksi-knfeksi.
Mereka adalah struktur-struktur yang kecil, lunak, bulat atau oval yang ditemukan diseluruh tubuh dan berhubungan satu sama lainnya dalam model seperti rantai (lymphatic chains) oleh kanal-kanal yang serupa pada pembuluh-pembuluh darah. Setiap nodus limfa individu diselubungi oleh suatu kapsul yang terbentuk dari jaringan penghubung.
Didalam kapsul, nodus-nodus limfa mengandung jenis-jenis tertentu dari sel-sel imun. Sel-sel ini sebagian besar adalah lymphocytes, yang menghasilkan protein-protein yang menangkap dan memerangi virus-virus dan mikroba-mikroba lain, dan macrophages, yang menghancurkan dan menghilangkan material yang ditangkap.

Lokasi-Lokasi Nodus Limfa

Nodus-nodus limfa berlokasi diseluruh tubuh. Beberapa ada langsung dibawah kulit dimana yang lain-lain berada dalam didalam tubuh. Bahkan nodus-nodus limfa yang paling superficial (dekat pada kulit) adalah biasanya tidak terlihat atau gamblang (dirasakan dengan menyentuh), kecuali mereka membengkak atau membesar untuk beberapa sebab-sebab.
Mereka dihubungkan satu sama lainnya oleh pembuluh-pembuluh limfatik yang terikat secara lepas. Nodus-nodus limfa biasanya bergabung pada daerah-daerah yang berbeda didalam tubuh dimana mereka bertanggung jawab untuk penyaringan darah dan melaksanakan fungsi imunologi mereka untuk area tertentu itu dari tubuh. Cairan dari pembuluh-pembuluh limfatik akhirnya masuk kedalam sistim vena (vena-vena) dalam tubuh.

Penyebab Pembengkakan Nodus Limfa

Ada banya penyebab-penyebab untuk nodus-nodus limfa yang membengkak, adakalanya dirujuk sebagai "kelenjar-kelenjar yang membengkak" atau "swollen glands" (lymphadenopathy atau lymphadenitis). Pada umumnya, nodus-nodus limfa membengkak ketika mereka aktif yang disebabkan oleh suatu infeksi, peradangan, atau kanker.

Infeksi-Infeksi

Infeksi-infeksi adalah penyebab-penyebab yang paling umum dari nodus-nodus limfa yang membengkak. Penyebab-penyebab infeksius yang umum dari nodus-nodus limfa yang membengkak adalah virus, bakteri, parasit, dan jamur.

Virus-Virus

  • infectious mononucleosis (mono),
  • chickenpox,
  • measles,
  • HIV,
  • herpes,
  • virus-virus selesma umum,
  • adenovirus, dan
  • banyak virus-virus lain

Bakteri-Bakteri

  • streptococcus,
  • staphylococcus,
  • cat scratch disease,
  • syphilis,
  • tuberculosis,
  • chlamydia, dan
  • penyakit-penyakit seksual lain yang ditularkan

Parasit-Parasit

  • toxoplasmosis,
  • leshmaniasis

Jamur:

  • coccidiomycosis,
  • histoplamosis

Peradangan

Penyebab-penyebab yang bersifat peradangan dan imunoligik dari nodus-nodus limfa yang membengkak termasuk penyakit-penyakit seperti rheumatoid arthritis dan lupus begitu juga kepekaan pada beberapa obat-obat.

Kanker

Bayak kanker-kanker dapat juga menyebabkan pembengkakan dari nodus-nodus limfa. Ini mungkin adalah kanker-kanker yang berasal dari nodus-nodus limfa atau sel-sel darah seperti lymphomas dan leukemia-leukemia. Mereka mungkin juga adalah kanker-kaner yang menyebar dari organ-organ lain dalam tubuh (metastatic cancers). Contohnya, kanker payudara mungkin menyebar ke nodus-nodus limfa yang terdekat di axilla (dibawah lengan), atau kanker paru mungkin menyebar ke nodus-nodus limfa sekitar tulang selangka.

Penyebab-Penyebab Lain Dari Pembengkakan Nodus Limfa

Ada penyebab-penyebab lain yang kurang umum dari nodus-nodus yang membengkak, seperti penyakit-penyakit genetik penyimpanan lipid (genetic lipid storage diseases), penolakan-penolakan cangkokan transplantasi (transplant graft rejections), sarcoidosis, dan banyak kondisi-kondisi lainnya.
Adalah juga penting untuk menyebutkan bahwa nodus-nodus limfa yang membengkak adalah tidak selalu suatu tanda dari suatu penyakit yang mendasarinya. Adakalanya mereka dapat adalah normal. Contohnya, nodus-nodus limfa yang kecil (kurang dari 1 centimeter), dan rata dibawah rahang (submandibular lymph nodes) pada anak-anak yang sehat dan dewasa-dewasa muda atau nodus-nodus limfa selangkangan (inguinal lymph nodes) yang kecil (sampai dengan 2 centimeter) pada individu-individu yang muda mungkin adalah normal.
Pada banyak kejadian-kejadian, suatu penyebab yang definitif untuk nodus-nodus limfa yang membengkak mungkin tidak dapat ditentukan bahkan setelah melakukan pemeriksaan dan pengujian yang menyeluruh.


Gejala-Gejala Pembengkakan Nodus Limfa

Gejala-gejala dari nodus-nodus limfa yang membengkak bervariasi secara luas. Seseorang dapat sepenuhnya bebas dari gejala-gejala (asymptomatic) dan hanya ditemukan ketika mereka tercatat oleh seorang dokter sewaktu suatu pemeriksaan umum fisik.
Adakalanya, nodus-nodus limfa yang membengkak dapat menjadi sangat peka, menyakitkan, dan menjelekkan.
Lebih penting, gejala-gejala lain yang berhubungan dengan suatu penyakit yang mendasarinya yang menemani pembengkakan nodus limfa mungkin adalah lebih signifikan dan secara klinik relevan daripada pembengkakan nodus limfa sendirian. Contohnya, gejala-gejala seperti demam, keringat-keringat malam hari, kehilangan berat badan, atau bukti dari infeksi-infeksi lokal (sakit gigi, luka tenggorokan) mungkin menyediakan petunjuk-petunjuk yang bernilai dalam menentukan penyebab dari pembengkakan nodus limfa.

Mendiagnosis Pembengkakan Nodus Limfa

Nodus-nodus limfa yang membengkak yang lebih dekat pada permukaan tubuh umumnya didiagnosis oleh pemeriksaan seorang dokter dan merasakan area-area yang diketahui mempunyai pergabungan dari nodus-nodus limfa, contohnya, nodus-nodus limfa yang bengkak dibawah lengan-lengan (axillary lymph nodes), nodus-nodus limfa yang bengkak di sisi-sisi leher (cervical lymph nodes), atau nodus-nodus limfa yang bengkak di selangkangan (inguinal lymph nodes). Nodus-nodus yang bengkak ini dapat terlihat dan dirasakan secara mudah.
Waktu-waktu yang lain, nodus-nodus limfa yang lebih dalam dapat terlihat pada studi-studi imaging, seperti CT scan (computed tomography), dari bagian-bagian tubuh yang berbeda.
Amandel-amandel dibelakang tenggorokan adalah juga nodus-nodus limfa, dan mereka adalah satu yang paling terlihat dalam tubuh.
Mendiagnosis penyebab dari nodus-nodus limfa yang bengkak mungkin adalah menantang pada waktu-waktu. Komponen yang paling penting dari mengevaluasi pembengkakan nodus limfa adalah suatu sejarah medis keseluruhan dan suatu pemeriksaan fisik sepenuhnya oleh seorang dokter. Dokter mungkin bertanya pada anda tentang gejala-gejala seperti luka tenggorokan, demam dan menggigil, kelelahan, kehilangan berat badan, suatu daftar yang komplit dari obat-obat, aktivitas seksual, sejarah vaksinasi, perjalanan-perjalanan baru-baru ini, sejarah kanker dari pasien sendiri dan keluarganya jika ada, dan seterusnya.
Suatu kelompok dari nodus-nodus limfa pada suatu area tertentu dari tubuh bereaksi pada gangguan-gangguan pada daerah umum itu. Jika ada suatu infeksi spesifik di daerah dari nodus limfa yang bengkak, itu mungkin adalah kemungkinan besar penyebab dari pembengkakan. Contohnya, suatu infeksi dari kaki atau beberapa penyakit-penyakit seksual yang ditularkan dapat menyebabkan pembengkakan dari nodus-nodus limfa di daerah selangkangan.
Dokter-dokter biasanya menguji nodus-nodus limfa dengan merasakan mereka dan menggolongkan mereka berdasarkan pada seperti apa rasanya nodus-nodus limfa. Mereka dapat digolongkan, contohnya, sebagai:
  • besar atau kecil,
  • peka atau tidak peka,
  • menetap atau bergerak (mobile),
  • keras atau lunak, atau
  • kokoh atau elastis.
Karakteristik-karakteristik ini dapat berguna dalam menyarankan penyebab dari pembengkakan nodus limfa. Contohnya, suatu nodus limfa yang keras, tidak peka, tidak bergerak mungkin lebih banyak adalah karakteristik dari suatu kanker yang menyebar ke nodus itu. Pada sisi lain, suatu nodus limfa yang lunak, peka, dapat bergerak dapat lebih mungkin mewakili suatu infeksi.
Jika nodus limfa yang membesar dicurigai berhubungan dengan suatu kanker, maka suatu biopsi dari nodus limfa mungkin menentukan tipe kanker. Contohnya, suatu nodus limfa yang bengkak disekitar tulang selangka (supraclavicular lymph node), mungkin menandakan kanker paru pada seseorang yang mungkin mempunyai petunjuk-petunjuk klinik lain yang menyarankan kanker paru.

Merawat Pembengkakan Nodus Limfa

Tidak ada perawatan spesifik untuk nodus-nodus limfa yang membengkak. Umumnya, penyebab yang mendasarinya perlu dirawat, yang mungkin berakibat pada resolusi dari nodus limfa yang bengkak.
Merawat suatu infeksi yang menyebabkan pembengkakan nodus limfa, contohnya, akan berakibat pada pembengkakan nodus limfa yang akan surut. Jika nodus limfa yang bengkak disebabkan oleh suatu kanker dari nodus limfa (lymphoma), maka pembengkakan akan menyurut setelah perawatan lymphoma.

Kapan Saya Harus Mengunjugi Dokter Untuk Pembengkakan Nodus Limfa ?

Jika pembengkakan nodus-nodus limfa berhubungan dengan demam-demam, keringat-keringat malam hari, atau kehilangan berat badan, dan pasien tidak mempunyai infeksi yang nyata apa saja, ia mungkin perlu suatu evaluasi yang menyeluruh oleh seorang dokter.
Juga, orang-orang yang telah dirawat secara tepat untuk suatu infeksi namun mempunyai pembengkakan nodus-nodus limfa yang gigih/persisten mungkin perlu mengunjungi dokternya.
Jika seorang pasien mempunyai suatu kanker yan diketahui, atau telah dirawat untuk satu dimasa lalu dan ia memcatat nodus-nodus limfa yang baru pada area umum dari kanker, ia mungkin perlu memberitahu seorang dokter.

Nodus-Nodus Limfa Umum Yang Mungkin Membengkak

Ada banyak nodus-nodus limfa dewasa di beragam bagian-bagian tubuh yang mungkin membengkak untuk sebab-sebab yang berbeda. Banyak orang-orang dapat biasanya melihat nodus-nodus limfa yang membengkak pada leher, dibelakang telinga, dibawah rahang, diatas tulang selangka (collar bone), dibawah lengan-lengan, dan sekitar selangkangan.
Nodus-nodus limfa yang membengkak pada sisi leher atau dibawah rahang adalah yang paling umum. Mereka mungkin mewakili suatu infeksi disekitar area itu, seperti suatu infeksi gigi atau bisul-bisul, infeksi tenggorokan, penyakit virus, atau infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kebanyakan dari penyebab-enyebab dari nodus-nodus limfa yang membengkak pada area ini adalah tidak berbahaya; bagaimanapun, adakalanya, pembengkakan dari nodus-nodus limfa ini mungkin juga menyarankan suatu kanker di area kepala dan leher.
Nodus-nodus limfa yang membengkak dibelakang telinga mungkin berhubungan dengan suatu infeksi sekitar kulit kepala atau kemungkinan suatu conjunctival (eye) infection.
Nodus-nodus limfa dibawah lengan (axilla) adalah penting secara anatomi pada kanker payudara. Mereka seringkali diuji secara fisik pada pasien-pasien yang menjalani pemeriksaan untuk kanker payudara. Mereka juga memainkan suatu peran yang penting dalam pen-stadiuman (menentukan luasnya) dan memprognosa (memprediksi hasil akhir) dari kanker payudara sewaktu pengangkatan dari jaringan kanker dari payudara. Nodus-nodus limfa ini dapat juga menjadi reaktif dan membesar yang disebabkan oleh suatu trauma pada atau suatu infeksi dari lengan pada sisi yang sama.
Nodus-nodus limfa yang membesar diatas tulang selangka (supraclavicular lymphadenopathy) selalu dipertimbangkan adalah abnormal. Ini umumnya menyarankan suatu kanker dari atau suatu infeksi didaerah yang berdekatan. Contoh-contoh dari ini mungkin termasuk infeksi paru, kanker paru, lymphoma di rongga dada, atau kanker payudara. Adakalanya kanker-kanker yang lebih jauh mungkin menabur benih nodus-nodus limfa ini, seperti kanker-kanker genital atau kanker kolon. Beberapa penyebab-penyebab yang tidak berbahaya dari nodus-nodus limfa yang membengkak diatas tulang selangka (clavicle) dapat termasuk tuberculosis atau sarcoidosis.
Nodus-nodus limfa yang membengkak di selangkangan mungkin adalah normal pada orang-orang muda seperti yang disebut lebih awal. Bagaimanapun, mereka dapat juga berakibat dari beberapa penyakit-penyakit seksual yang ditularkan, kanker-kanker genital, atau infeksi-infeksi dari kaki-kaki pada sisi yang sama.

Komplikasi-Komplikasi Pembengkakan Nodus Limfa

Mungkin ada beberapa komplikasi-komplikasi yang berhubungan dengan nodus-nodus limfa yang membesar. Jika pembengkakan nodus limfa berhubungan dengan suatu infeksi yang tidak dirawat, maka suatu bisul (suatu rongga yang mengandung nanah) mungkin terjadi, yang mungkin memerlukan pengaliran melalui sayatan dan antibiotik-antibiotik. Kulit yang mendasari nodus limfa yang membesar mungkin juga menjadi terinfeksi.
Pada kasus-kasus lain, nodus limfa mungkin menjadi sangat besar dan menekan struktur-struktur lain yang berdekatan dalam tubuh. Ini dapat menjadi suatu persoalan yang serius dan mengerikan yang mungkin memerlukan perhatian medis atau operasi yang segera. Contohnya, nodus limfa dibawah lengan (axilla) dapat menekan pembuluh-pembuluh darah dan syaraf-syaraf yang mensuplai lengan. Suatu nodus limfa yang membesar didalam perut mungkin menekan usus-usus dan menyebabkan suatu halangan/rintangan dari usus-usus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar