Jumat, 25 Maret 2011

Diabetes Dan Persoalan- Persoalan Mata

Introduksi Persoalan-Persoalan Mata Dan Diabetes

Jika anda mempunyai diabetes, kunjungan-kunjungan yang teratur ke ophthalmologist (dokter mata) anda untuk pemeriksaan-pemeriksaan mata adalah penting untuk mencegah persoalan-persoalan mata. Gula darah (glucose) yang tinggi meningkatkan risiko persoalan-persoalan mata diabetes. Nyatanya, diabetes adalah penyebab yang memimpin dari kebutaan pada kaum dewasa berumur 20 sampai 74 tahun.
Jika anda mempunyai persoalan-persoalan mata dan diabetes, jangan membeli sepasang kaca mata yang baru ketika anda mencatat anda mempunyai penglihatan yang kabur. Itu mungkin hanya persoalan mata sementara yang berkembang secara cepat dengan diabetes dan disebabkan oleh tingkat-tingkat gula darah yang tinggi.
Gula darah yang tinggi pada diabetes menyebabkan lensa-lensa mata membengkak, yang merubah kemampuan anda untuk melihat. Untuk mengkoreksi persoalan mata macam ini, anda perlu mendapatkan gula darah anda kembali kedalam batasan sasaran (90-130 milligrams per deciliter atau mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL satu sampai dua jam setelah makan). Mungkin itu memakan waktu selama tiga bulan setelah gula darah anda terkontrol baik untuk penglihatan anda kembali sepenuhnya ke normal.
Penglihatan kabur dapat juga menjadi gejala dari persoalan mata yang lebih serius dengan diabetes. Tiga persoalan-persoalan mata utama yang orang-orang dengan diabetes mungkin kembangkan dan harus waspada adalah cataracts, glaucoma, dan retinopathy.

Cataracts Dan Diabetes

Cataract adalah pengkabutan dari lensa-lensa mata yang normalnya bening. Lensa-lensa adalah apa yang mengizinkan kita untuk melihat dan berfokus pada gambar tepat seperti kamera. Meskipun siapa saja dapat menperoleh cataracts, orang-orang dengan diabetes mendapatkan persoalan-persoalan mata ini pada umur yang lebih awal daripada kebanyakan orang dan kondisnya berlanjut lebih cepat daripada pada orang-orang tanpa diabetes.
Jika anda mempunyai cataract dengan diabetes, mata anda tidak dapat mengfokuskan cahaya dan penglihatan anda terganggu. Gejala-gejala dari persoalan mata ini pada diabetes termasuk penglihatan yang kabur atau menyilaukan.
Perawatan biasanya adalah operasi diikuti oleh penempatan dari penanaman lensa-lensa (lens implant), dengan kacamata-kacamata atau contact lenses seperti yang diperlukan untuk lebih jauh mengkoreksi penglihatan.

Glaucoma Dan Diabetes

Ketika cairan didalam mata tidak mengalir secara benar dari penumpukan tekanan didalam mata, ia berakibat pada persoalan mata yang lain dengan diabetes yang disebut glaucoma. Tekanan merusak syaraf-syaraf dan pembuluh-pembuluh dalam mata, menyebabkan perubahan-perubahan pada penglihatan.
Pada bentuk yang paling umum dari glaucoma, mungkin tidak ada gejala-gejala dari persoalan mata ini sama sekali sampai penyakitnya sangat berlanjut dan ada kehilangan penglihatan yang signifikan. Pada bentuk yang kurang umum dari persoalan mata ini, gejala-gejala dapat termasuk sakit kepala, nyeri-nyeri atau sakit mata, penglihatan kabur, mata-mata yang berair, halos sekitar cahaya-cahaya, dan kehilangan penglihatan.
Perawatan dari persoalan mata ini pada diabetes dapat termasuk tetes-tetes mata khusus, prosedur-prosedur laser, pengobatan, atau operasi. Anda dapat mencegah persoalan-persoalan mata yang serius pada persoalan-persoalan diabetes dengan mendapatkan penyaringan (screening) glaucoma tahunan dari dokter mata anda.

Diabetic Retinopathy

Retina adala kelompok dari sel-sel khusus yang merubah cahaya ketika ia masuk melalui lensa kedalam gambar-gambar. Syaraf mata atau syaraf optik mengirim informasi penglihatan ke otak.
Diabetic retinopathy adalah salah satu dari komplikasi-komplikasi vaskular (berhubungan dengan pembuluh darah) yang berhubungan pada diabetes. Persoalan mata diabetes ini disebabkan oleh kerusakan dari pembuluh-pembuluh kecil dan disebut "microvascular complication". Penyakit ginjal dan kerusakan syaraf yang disebabkan oleh diabetes juga adalah komplikasi-komplikasi microvascular. Kerusakan pembluh darah besar (juga disebut komplikasi-komplikasi macrovascular) termasuk komplikasi-komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.
Komplikasi-komplikasi microvascular pada banyak studi-studi telah ditunjukan berhubungan dengan tingkat-tingkat gula darah yang tinggi. Anda dapat mengurangi risiko persoalan-persoalan mata ini pada komplikasi-komplikasi diabetes dengan memperbaiki kontrol gula darah anda.
Diabetic retinopathy adalah penyebab yang memimpin dari kebutaan yang tidak dapat dibalikan di negara-negara maju. Durasi (lamanya) dari diabetes adalah risiko tunggal yang paling penting untuk mengembangkan retinopathy. Jadi lebih lama anda mempunyai diabetes, lebih besar risiko dari persoalan mata yang sangat serius ini. Jika retinopathy tidak ditemukan dini atau tidak dirawat, ia dapat menjurus pada kebutaan.
Orang-orang dengan diabetes tipe 1 jarang mengembangkan retinopathy sebelum masa remaja. Pada kaum dewasa dengan diabetes tipe 1, adalah juga jarang melihat retinopathy sebelum durasi diabetes selama lima tahun. Risiko-risiko kerusakan retina meningkat dengan durasi diabetes yang progresif. Kontrol yang intensif dari tingkat-tingkat gula darah akan mengurangi risiko-risiko anda mengembangkan retinopathy. DCCT, studi besar dari orang-orang dengan diabetes tipe 1 menunjukan bahwa orang-orang dengan diabetes yang mencapai kontrol yang ketat dari gula-gula darah mereka dengan pompa insulin atau suntikan-suntikan harian beberapa kali adalah 50%-75% kurang mungkin mengembangkan retinopathy, nephropathy (penyakit ginjal), atau kerusakan syaraf (semua komplikasi-komplikasi microvascular).
Orang-orang dengan diabetes tipe 2 biasanya mempunyai tanda-tanda dari persoalan-persoalan mata ketika diabetes didiagnosa. Pada kasus ini, kontrol dari gula darah, tekanan darah, dan kolesterol darah dengan diabetes mempunyai peran yang penting dalam memperlambat progresi (kemajuan) dari retinopathy dan persoalan-persoalan mata lain.

Tipe-tipe dari Retinopathy pada Diabetes:

  • Background retinopathy. Adakalanya kerusakan pembuluh darah hadir, namun tidak ada persoalan penglihatan. Ini disebut background retinopathy. Adalah penting untuk secara hati-hati mengendalikan diabetes anda pada stadium ini untuk mencegah background retinopathy dari progresi menuju ke penyakit mata yang lebih serius.
  • Maculopathy. Pada maculopathy, orang itu telah mengembangkan kerusakan pada area kritis yang disebut macula. Karena ini terjadi pada area yang penting untuk penglihatan, tipe persoalan mata ini dapat secara signifikan mengurangi penglihatan.
  • Proliferative retinopathy. Pembuluh-pembuluh darah baru mulai tumbuh dibelakang mata. Karena retinopathy adalah komplikasi microvascular dari diabetes, penyakit dari pembuluh-pembuluh kecil, tipe retinopathy ini berkembang karena kekurangan oksigen yang meningkat pada mata dari penyakit vascular. Pembuluh-pembuluh di mata menipis dan macet dan mereka mulai mengubah bentuk.
Disini, adalah penting untuk menangani faktor-faktor risiko yang dapat memperburuk pembuluh-pembuluh yang macet. Penghentian merokok, kontrol tekanan darah tinggi, pengendalian kolesterol, dan kontrol gula darah harus dilakukan dalam rangka untuk menghentikan progresi (kemajuan) dari pembuluh-pembuluh baru membentuk kedalam orbit mata. Ini adalah pembuluh-pembuluh yang rapuh yang dapat berdarah dan akhirnya menyebabkan gumpalan terbentuk dalam orbit, yang meninggalkan parut dan menyebabkan pelepasan (detachment) dari retina. Ini akhirnya menjurus pada kehilangan penglihatan yang tidak dapat dibalikan.
Perawatan dari diabetic retinopathy mungkin melibatkan prosedur-prosedur laser atau operasi. Pada studi dari orang-orang dengan diabetes dengan retinopathy awal, terapi laser yang membakar pembuluh-pembuluh yang rapuh berakibat pada 50% pengurangan kebutaan.
Untuk mencegah retinopathy dengan diabetes, dapatkan dokter anda menyaring mata-mata anda setiap tahun. Wanita-wanita dengan diabetes yang kemudian menjadi hamil harus mempunyai pemeriksaan mata yang komprehensif selama trimester pertama dan follow-up yang ketat dengan dokter mata selama sisa kehamilan mereka untuk menghindari persoalan-persoalan mata yang serius dengan diabetes. (Rekomendasi ini tidak berlaku untuk wanita-wanita yang mengembangkan gestational diabetes, karena mereka tidak berisiko untuk retinopathy).

Mencegah Persoalan-Persoalan Mata Dengan Diabetes

The American Diabetes Association menawarkan petunjuk-petunjuk perawatan mata ini untuk orang-orang dengan diabetes untuk membantu mencegah persoalan-persoalan mata:
  • Orang-orang dengan diabetes tipe 1 harus mempunyai pemeriksaan mata yang dilebarkan atau dibesarkan oleh ophthalmologist (dokter mata) atau optometrist dalam tiga sampai lima tahun setelah diagnosis.
  • Orang-orang dengan diabetes tipe 2 harus mempunyai pemeriksaan mata yang dilebarkan atau dibesarkan oleh ophthalmologist (dokter mata) atau optometrist segera setelah diagnosis.
  • Pemeriksaan mata tahunan harus dilakukan dengan keduanya diabetes tipe 1 dan tipe 2 oleh ophthalmologist atau optometrist; lebih sering jika diperlukan.
  • Ketika mempertimbangkan kehamilan, wanita-wanita dengan sejarah diabetes harus mempunyai pemeriksaan mata sebelum dan selama kehamilan. Ini tidak menyinggung wanita-wanita dengan gestational diabetes.
Untuk mencegah persoalan-persoalan mata pada diabetes, anda harus:
  • Mengontrol gula darah anda
  • Mengontrol tekanan darah tinggi

Menghubungi Dokter Anda Tentang Persoalan-Persoalan Mata Pada Diabetes

Jika anda mempunyai diabetes, hubungi dokter anda tentang segala persoalan-persoalan mata jika apa saja dari yang berikut terjadi:
  • Noda-noda hitam dalam penglihatan anda.
  • Kilasan-kilasan dari cahaya.
  • "Holes" pada penglihatan anda.
  • Penglihatan yang kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar