Selasa, 15 Maret 2011

Encephalitis dan Meningitis

Definisi Encephalitis

Encephalitis adalah suatu peradangan dari otak. Ada banyak tipe-tipe dari encephalitis, kebanyakan darinya disebabkan oleh infeksi-infeksi. Paling sering infeksi-infeksi ini disebabkan oleh virus-virus. Encephalitis dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit yang menyebabkan peradangan dari otak.

Gejala-Gejala Encephalitis

Gejala-gejala dari encephalitis termasuk demam yang tiba-tiba, sakit kepala, muntah, kepekaan penglihatan pada sinar, leher dan punggung yang kaku, kebingungan, keadaan mengantuk, kecanggungan, gaya berjalan yang tidak mantap, dan mudah terangsang. Kehilangan kesadaran , kemampuan reaksi yang buruk, serangan-serangan, kelemahan otot, demensia berat yang tiba-tiba dan kehilangan memori dapat juga ditemukan pada pasien-pasien dengan encephalitis.
Siapa saja yang mengalami gejala-gejala dari encephalitis harus segera mengunjungi seorang dokter.

Definisi Meningitis

Meningitis adalah suatu peradangan dari selaput-selaput (yang disebut meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (spinal cord). Meningitis mungkin disebabkan oleh banyak virus-virus dan bakeri-bakteri yang berbeda. Ia juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit yang dapat memicu peradangan dari jaringan-jaringan tubuh tanpa infeksi (seperti systemic lupus erythematosus dan penyakit Behcet)

Gejala-Gejala Meningitis

Gejala-gejala dari meningitis, yang mungkin tampak secara tiba-tiba, seringkali termasuk demam yang tinggi, sakit kepala yang berat dan gigih (persisten), leher kaku, mual, dan muntah. Perubahan-perubahan pada kelakuan, seperti kebingungan, ngantuk, dan kesulitan untuk berjaga/bangun, adalah gejala-gejala yang penting. Pada bayi-bayi, gejala-gejala dari meningitis adalah seringkali jauh kurang spesifik dan mungkin termasuk mudah terangsang atau kecapaian, penyusuan yang buruk, dan demam.
Beberapa tipe-tipe dari meningitis dapat mematikan jika tidak segera dirawat. Siapa saja yang mengalami gejala-gejala dari meningitis harus segera mengunjungi seorang dokter.

Definisi Encephalomyelitis

Encephalomyelitis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada peradangan dari keduanya yaitu otak dan spinal cord. Encephalomyelitis dapat disebabkan oleh suatu keragaman dari kondisi-kondisi yang menjurus pada iritasi dari otak dan spinal cord. Diantara penyebab-penyebab umum dari encephalomyelitis adalah virus-virus yang menginfeksi jaringan-jaringan syaraf (contohnya, virus herpes zoster). Orang-orang dengan encephalomyelitis dapat memperlihatkan kombinasi-kombinasi dari beragam gejala-gejala dari encephalitis atau meningitis.

Mendiagnosis Encephalitis dan Meningitis

Encephalitis atau meningitis disarankan ketika gejala-gejala yang digambarkan diatas hadir. Dokter mendiagnosis encephalitis atau meningitis setelah melengkapi suatu sejarah yang menyeluruh (menanyakan pada pasien pertanyaan-pertanyaan) dan pemeriksaan. Pemeriksaan termasuk pengaturan-pengaturan siasat khusus untuk mendeteksi tanda-tanda peradangan dari selaput-selaput yang mengelilingi otak dan spinal cord (meninges). Berdasarkan pada sejarah dan pemeriksaan, dokter menyarankan tes-tes khusus untuk lebih lanjut membantu dalam menentukan diagnosis.
Tes-tes yang digunakan dalam mengevaluasi individu-individu yang dicurigai mempunyai encephalitis atau meningitis termasuk evaluasi darah untuk tanda-tanda dari infeksi dan kemungkinan kehadiran dari bakteri-bakteri, scanning otak (seperti MRI scan), dan analisa cairan spinal.
Suatu lumbar puncture adalah metode yang paling umum untuk memperoleh suatu contoh dari cairan dalam spinal canal (cerebrospinal fluid atau CSF) untuk pemeriksaan. Suat lumbar puncture (LP) adalah pemasukan dari sebuah jarum kedalam cairan didalam spinal canal. Ia diistilahkan suatu "lumbar puncture" karena jarumnya masuk kedalam bagian lumbar (bagian yang lebih bawah dari tulang belakang). Jarum melewati diantara bagian-bagian yang bertulang dari spine sampai ia mencapai cairan cerebral spinal. Suatu jumlah yang kecil dari cairan kemudian diambil dan dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan. Evaluasi dari cairan spinal biasanya adalah perlu untuk diagnosis yang pasti dan untuk membantu membuat keputusan-keputusan perawatan yang optimal (seperti pilihan antibiotik-antibiotik yang tepat).
Diagnosis dikonfirmasikan oleh hasil-hasil cairan spinal yang abnormal.

Perawatan Encephalitis dan Meningitis

Antibiotik-antibiotik dan/atau obat-obat antivirus sangat dipertimbangkan ketika diagnosis dari encephalitis atau meningitis disarankan. Pada beberapa situasi-situasi, anticonvulsants digunakan untuk mencegah atau merawat serangan-serangan (epilepsi). Adakalanya corticosteroids diberikan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan otak. Obat-obat penenang (Sedatives) mungkin diperlukan untuk mudah marah atau kegelisahan. Obat-obat tambahan mungkin digunakan untuk mengurangi demam atau merawat sakit-sakit kepala. Keperluan untuk opname di rumah sakit tergantung pada tipe dari meningitis yang dipunyai pasien dan keparahan gejala-gejalanya.

Prognosis Untuk Pasien-Pasien Dengan Encephalitis atau Meningitis

Prognosis untuk encephalitis atau meningitis bervariasi. Beberapa kasus-kasus adalah ringan, singkat, dan relatif tidak berbahaya dan pasien-pasien sembuh sepenuhnya. Kasus-kasus lain adalah parah, dan perburukan yang permanen atau kematian adalah mungkin. Ini biasanya ditentukan oleh tipe infeksi yang hadir. Meningitis dapat menjurus pada kerusakan yang permanen pada sistim syaraf dan dapat menyebabkan hydrocephalus. Tahap akut dari encephalitis mungkin berlangsung untuk satu sampai dua minggu, dengan resolusi (pemecahan) yang berangsur-angsur atau tiba-tiba dari demam dan gejala-gejala neurologikal. Gejala-gejala neurologikal mungkin memerlukan berbulan-bulan sebelum kesembuhan sepenuhnya. Beberapa pasien-pasien tidak akan pulih sepenuhnya.
Dengan diagnosis dini dan perawatan yang segera, banyak pasien-pasien pulih dari meningitis. Viral meningitis dapat hilang dengan sendirinya sampai 10 hari atau kurang, bagaimanapun, dalam beberapa kasus-kasus, penyakit dapat maju begitu cepat hingga kematian terjadi dalam waktu 48 jam pertama, meskipun dirawat secara dini.

Apakah Meningitis Menular ?

Ya. Terutama beberapa bentuk-bentuk dari bacterial meningitis adalah menular. Bakteri-bakteri ini disebarkan melalui pertukaran dari pernapasan dan sekresi-sekresi tenggorokan (contohnya, batuk, mencium). Untungnya, tidak satupun dari bakteri-bakteri yang menyebabkan meningitis adalah semenular kondisi-kondisi seperti selesma atau influenza yang umum, dan mereka tidak disebar dengan kontak secara kebetulan atau dengan hanya bernapas udara dimana seseorang dengan meningitis pernah ada disitu. Bagaimanapun, adakalanya bakteri-bakteri yang menyebabkan meningitis dapat menyebar kepada orang-orang lain yang telah mempunyai kontak yang dekat atau berkepanjangan dengan seorang pasien dengan meningitis yang disebabkan oleh Neisseria meningitidis (juga disebut meningococcal meningitis). Orang-orang yang berada dalam rumah tangga yang sama, asrama-asrama, atau pusat perawatan harian, atau siapa saja dengan kontak langsung dengan sekresi oral seorang pasien akan dipertimbangkan berada pada risiko yang meningkat memperoleh infeksi. Orang-orang yang memenuhi syarat sebagai kontak-kontak yang dekat dari seorang dengan meningitis yang disebabkan oleh N. meningitidis harus menerima antibiotik-antibiotik untuk mencegah mereka memperoleh penyakit.

Vaksin Melawan Meningitis

Ya. Ada vaksin-vaksin melawan Hib (Haemophilus influenzae type B) dan melawan beberapa strains dari N. meningitidis dan banyak tipe-tipe dari Streptococcus pneumoniae.
Vaksin-vaksin yang melawan Hib dipertimbangkan sangat aman dan sangat efektif. Pada umur 6 bulan, setiap bayi harus menerima paling sedikit tiga dosis dari suatu vaksin Hib. Suatu dosis keempat ("booster") harus diberikan pada anak-anak yang berumur antara 12 dan 18 bulan.
Ada juga suatu vaksin yang melindungi terhadap empat strains dari N. meningitidis, namun ia tidak digunakan secara rutin di Amerika. Ia adalah tidak efektif pada anak-anak dibawah umur 18 bulan. Ia adakalanya digunakan untuk mengontrol perjangkitan-perjangkitan dari beberapa tipe-tipe dari meningococcal meningitis di Amerika. Mahasiswa-mahasiswa College secara khusus diberikan vaksin sebelum bertempat tinggal di college.
Meskipun epidemik-epidemik yang besar dari meningococcal meningitis tidak terjadi di Amerika, beberapa negara-negara mengalami epidemik-epidemik periodik yang besar. Turis-turis luar negri harus memeriksa untuk melihat apakah vaksin meningococcal direkomendasikan untuk negara tujuan mereka. Turis-turis harus memperoleh vaksin paling sedikit satu minggu sebelum keberangkatan, jika mungkin.
Suatu vaksin untuk mencegah meningitis yang disebabkn oleh S. pneumoniae (juga disebut pneumococcal meningitis) dapat juga mencegah bentuk-bentuk lain dari infeksi yang disebabkan oleh S. pneumoniae. Vaksin pneumococcal adalah tidak efektif pada anak-anak yang berumur dibawah 2 tahun, namun ia direkomendasikan nuntuk semua orang-orang yang berumur diatas 65 tahun dan orang-orang yang lebih muda dengan persoalan-persoalan medis kronis yang tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar