Jumat, 25 Maret 2011

Kanal-Kanal Akar

Kanal akar adalah perawatan yang digunakan untuk memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang rusak atau membusuk dengan buruk atau terinfeksi. Selama prosedur kanal akar, syaraf dan sumsum dikeluarkan dan bagian dalam dari gigi dibersihkan dan disegel (ditutup). Tanpa perawatan, jaringan yang mengelilingi gigi akan menjadi trinfeksi dan bisul bernanah mungkin terbentuk.
"Kanal akar" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga alami didalam pusat gigi. Sumsum (pulp) atau bilik sumsum adalah area lunak didalam kanal akar gigi. Syaraf gigi terletak didalam kanal akar gigi.
Syaraf gigi tidak sangat penting pada kesehatan dan fungsi gigi setelah gigi telah keluar melalui gusi-gusi. Fungsi satu-satunya adalah -- merasakan -- untuk menyediakan sensasi dari panas atau dingin. Kehadiran atau ketidakhadiran dari syaraf tidak akan mempengaruhi fungsi harian gigi.

Mengapa Sumsum Gigi Harus Dikeluarkan ?

Ketika jaringan syaraf atau sumsum gigi rusak, ia terurai dan bakteri-bakteri mulai berkembang biak didalam bilik sumsum. Bakteri-bakteri dan puing-puing yang membusuk lainnya dapat menyebabkan infeksi atau gigi yang bernanah. Bisul yang bernanah adalah kantong yang berisi nanah yang terbentuk pada ujung dari akar-akar gigi. Bisul bernanah terjadi ketika infeksi menyebar menyeluruh melewati ujung-ujung akar-akar gigi. Sebagai tambahan pada bisul bernanah, infeksi pada kanal akar gigi dapat menyebabkan:
  • Pembengkakan yang mungkin menyebar ke area-area lain dari muka, leher, atau kepala
  • Kehilangan tulang sekitar puncak akar gigi
  • Persoalan-persoalan pengaliran meluas keluar dari akar. Lubang dapat terjadi melali sisi gigi dengan pengaliran kedalam gusi-gusi melalui atau melalui pipi dengan pengaliran kedalam kulit.

Apa Yang Merusak Syaraf Dan Sumsum Gigi Pada Tempat Pertama ?

Syaraf dan sumsum gigi dapat menjadi teriritasi, meradang, dan terinfeksi yang disebabkan oleh pembusukan yang dalam, prosedur-prosedur gigi yang berulangkali pada gigi, dan/atau tambalan-tambalan yang besar, retakan atau bilah pada gigi, ata trauma pada muka.

Tanda-Tanda Apa Bahwa Kanal Akar Diperlukan ?

Adakalanya tidak ada gejala-gejala yang hadir; bagaimanapun, tanda-tanda yang anda perlukan untuk kanal akar termasuk:
  • Sakit gigi yang sangat menyakitkan waktu mengunyah atau aplikasi tekanan
  • Kepekaan/nyeri yang berkepanjangan pada temperatur panas atau dingin
  • Perubahan warna (menggelap) gigi
  • Pembengkakan dan kepekaan pada gusi-gusi yang berdekatan
  • Jerawat yang gigih atau berulang pada gusi-gusi

Apa Yang Terjadi Selama Kanal Akar ?

Kanal akar memerlukan satu atau lebih kunjungan-kunjungan dokter dan dapat dilakukan oleh dentist (dokter gigi) atau endodontist. Endodontist adalah dentist yang berspesialisasi pada penyebab-penyebab, diagnosis, pencegahan, dan perawatan dari penyakit-penyakit dan luka-luka dari sumsum gigi atau syaraf gigi manusia. Pilihan tipe mana dari dentist yang digunakan tergantung pada beberapa derajat pada kesulitan dari prosedur pengkanalan akar gigi yang diperlukan pada gigi tertentu anda dan tingkat kenyamanan umum dentist dalam mengerjakan gigi anda. Dokter gigi (dentist) anda akan mendiskusikan siapa yang mungkin paling cocok untuk melakukan pekerjaan pada kasus tertentu anda.
Langkah pertama pada prosedur adalah mengambil X-ray untuk melihat bentuk dari kanal-kanal akar gigi dan menentukan apakah ada tanda-tanda apa saja dari infeksi pada tulang sekitarnya. Dokter gigi atau endodontist anda akan kemudian menggunakan pembiusan lokal untuk mematikan rasa pada area dekat gigi. Pembiusan mungkin tidak diperlukan, karena syarafnya mati, namun kebanyakan dokter-dokter gigi masih membiuskan area untuk membuat pasien lebih mengendurkan ketegangan.
Berikutnya, untuk mempertahankan areanya kering dan bebas dari air liur selama perawatan, dokter gigi anda akan menempatkan rubber dam (selembar karet) sekitar gigi.
Lubang akses akan kemudian dibor kedalam gigi. Sumsum (pulp) bersama dengan bakteri-bakteri, jaringan syaraf yang membusuk dan puing-puing yang berhubungan dikeluarkan dari gigi. Proses pembersihan diselesaikan menggunakan kikir-kikir kanal akar gigi. Rentetan dari kikir-kikir ini dari diameter yang meningkat sesudah itu setiapnya ditempatkan kedalam lubang akses dan bekerja kebawah sepanjang gigi untuk mengikis dan menggosok sisi-sisi dari kanal-kanal akar gigi. Air atau sodium hypochlorite digunakan secara periodik untuk membilas puing-puing.
Sekali gigi telah dibersihkan sepenuhnya, ia disegel (ditutup). Beberapa dokter-dokter gigi menyukai menunggu satu minggu sebelum menyegel gigi. Misalnya, jika ada infeksi, dokter gigi anda mungkin menaruh obat didalam gigi untuk menghilangkannya. Yang lain-lain mungkin memilih menyegel gigi pada hari yang sama ia dibersihkan. Jika kanal akar gigi tidak diselesaikan pada hari yang sama, tambalan sementara ditempatkan pada lubang eksterior gigi untuk menjauhkan pencemar-pencemar seperti air liur dan makanan diantara janji-janji kunjungan.
Pada janji kunjungan berikutnya, untuk mengisi interior dari gigi, pasta penyegel dan komponen karet yang disebut gutta percha ditempatkan kedalam kanal akar gigi. Untuk mengisi lubang akses eksterior yang diciptakan pada permulaan perawatan, tambalan ditempatkan.
Langkah akhir mungkin melibatkan restorasi lebih jauh dari gigi. Karena gigi yang memerlukan kanal akar gigi seringkali adalah satu yang mempunyai penambalan yang besar dan pembusukan yang ekstensif atau kelemahan lain, crown, crown dan tiang, atau restorasi lain seringkali diperlukan untuk ditempatkan pada gigi untuk melindunginya, mencegahnya dari pecah, dan memugarnya ke fungsi sepenuhnya. Dokter gigi anda akan mendiskusikan keperluan untuk pekerjaan gigi tambahan apa saja dengan anda.

Berapa Menyakitkan Kanal Akar ?

Prosedur-prosedur kanal akar mempunyai reputasi yang menyakitkan. Sebenarnya, kebanyakan orang-orang melaporkan bahwa prosedurnya sendiri tidak lebih menyakitkan daripada mendapatkan tambalan.

Apa Yang Diharapkan Seseorang Setelah Kanal Akar ?

Untuk beberapa hari-hari pertama setelah penyelesaian kanal akar, gigi mungkin terasa sensitif yang disebabkan oleh peradangan jaringan yang alami, terutama jika ada nyeri atau infeksi sebelum prosedur. Kepekaan atau ketidaknyamanan ini biasanya dapat dikontrol dengan obat-obat nyeri bebas resep seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau naproxen (Aleve). Kebanyakan pasien-pasien dapat kembali ke aktivitas-aktivitas normal mereka pada hari berikutnya.
Sampai prosedur kanal akar anda selesai sepenuhnya, apa yang dikatakan penambalan permanen pada tempatnya dan/atau crown, adalah bijaksana untuk meminimalkan mengunyah pada gigi yang sedang diperbaiki. Langkah ini akan membantu menghindari pencemaran kembali interior gigi dan juga mungkin mencegah gigi yang rentan untuk patah sebelum gigi dapat dipugar sepenuhnya.
Sejauh menyangkut perawatan kesehatan oral, sikat dan bersihkan dengan benang sutera secara reguler dan kunjungi dokter gigi anda pada interval-interval yang normalnya dijadwalkan.

Berapa Berhasilnya Kanal Akar ?

Perawatan kanal akar adalah sangat berhasil; prosedur mempunyai angka kesuksesan lebih dari 95%. Banyak gigi-gigi yang dirawat dengan kanal akar dapat berlangsung seumur hidup.
Juga, karena langkah akhir dari prosedur kanal akar adalah aplikasi dari restorasi seperti crown atau tambalan, ia tidak akan jelas pada penonton-penonton bahwa kanal akar telah dilakukan.

Komplikasi-Komplikasi Dari Kanal Akar

Meskipun dengan usaha-usaha yang paling baik dari dokter gigi anda untuk membersihkan dan menyegel gigi, infeksi-infeksi baru mungkin timbul setelah pengkanalan akar gigi. Diantara alasan-alasan yang mungkin untuk ini termasuk:
  • Lebih dari jumlah kanal-kanal akar gigi yang normalnya diantisipasi (meninggalkan satu dari mereka yang tidak dibersihkan)
  • Retakan yang tidak terdeteksi pada akar gigi
  • Restorasi gigi yang defektif atau tidak memadai yang telah mengizinkan bakteri-bakteri melewati restorasi kedalam aspek-aspek bagian dalam gigi dan memcemar kembali area
  • Penguraian dari material penyegelan bagian dalam melalui waktu, mengizinkan bakteri-bakteri untuk mencemar kembali aspek-aspek bagian dalam gigi
Adakalanya perawatan kembali dapat berhasil, di lain-lain waktu operasi endodontic harus dicoba dalam rangka menyelamatkan gigi. Prosedur operasi endodontic yang paling umum adalah apicoectomy atau reseksi ujung akar gigi. Prosedur ini membebaskan peradangan atau infeksi pada area bertulang sekitar ujung gigi anda yang berlanjut setelah perawatan endodontic. Pada prosedur ini, jaringan gusi dibuka, jaringan yang terinfeksi dikeluarkan, dan adakalanya yang paling ujung dari akar dikeluarkan. Penambalan kecil mungkin ditempatkan untuk menyegel kanal akar gigi.

Biaya Dari Kanal Akar

Biaya bervariasi tergantung pada berapa parah persoalannya dan gigi yang terpengaruh. Banyak polis asuransi gigi menanggung perawatan endodontic. Perkiraan untuk perawatan kanal akar sendiri (tidak termasuk restorasi gigi setelah prosedur) yang dilakukan oleh dokter gigi umum dapat berkisar dari $350 sampai $540 untuk gigi seri (incisor) dan $520 sampai $800 untuk geraham (molar). Biaya-biaya yang dibebankan oleh endodontists dapat menjadi sampai 50% lebih tinggi.

Alternatif-Alternatif Pada Kanal Akar

Menyelamatkan gigi-gigi alami anda adalah opsi yang sangat baik, jika memungkinkan. Gigi-gigi alami anda mengizinkan anda untuk makan keberagaman yang luas dari makanan-makanan yang perlu untuk mempertahankan nutrisi yang tepat. Prosedur kanal akar adalah perawatan pilihan.
Alternatif satu-satunya pada prosedur kanal akar adalah mencabut gigi dan menggantikan dengan bridge, implant, atau gigi palsu sebagian yang dapat dikeluarkan untuk memugar kembali fungsi mengunyah dan mencegah gigi-gigi yang berdekatan bergeser. Alternatif-alternatif ini tidak hanya lebih mahal daripada prosedur kanal akar namun memerlukan lebih banyak waktu perawatan dan prosedur-prosedur tambahan pada gigi-gigi yang berdekatan dan jaringan-jaringan yang mendukung.

Pencegahan Kanal Akar

Karena beberapa dari alasan-alasan mengapa syaraf gigi dan sumsumnya meradang dan menjadi terinfeksi disebabkan oleh pembusukan yang dalam, prosedur-prosedur gigi yang berulangkali pada gigi dan/atau tambalan-tambalan yang besar, mengikuti praktek-praktek kesehatan oral yang baik (sikat gigi dua kali sehari, bersihkan dengan benang sutera paling sedikit satu kali sehari, dan menjadwalkan kunjungan-kunjungan ke dokter gigi secara teratur) mungkin mengurangi keperluan untuk prosedur kanal akar. Trauma yang berakibat dari luka yang berhubungan dengan sport dapat dikurangi dengan memakai pelindung mulut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar