Rabu, 02 Maret 2011

Cod Liver Oil (Minyak Hati Cod)

Bertahun-tahun, saya telah merekomendasikan cod liver oil (minyak hati Cod) sebagai suplemen makanan untuk mendukung tingkat-tingkat vitamin D yang sehat. Bagaimanapun, berdasarkan pada penemuan-penemuan baru-baru ini, saya memperbaharui rekomendasi-rekomendasi saya menyangkut cod liver oil, karena ia mungkin tidak melayani anda sebaik seperti dipercayai sebelumnya.

Rekomendasi saya sebelumnya didasarkan pada fakta bahwa cod liver oil mengandung vitamin-vitamin D dan A sebagai tambahan pada lemak-lemak omega-3 yang sehat. Vitamin-vitamin ini adalah penting untuk kebanyakan dari setiap orang yang tidak dapat memperoleh paparan sinar matahari yang teratur sepanjang tahun.

Namun penelitian baru-baru ini telah menemukan bahwa rasio-rasio (perbandingan-perbandingan) dari dua vitamin-vitamin ini mungkin adalah kepentingan yang tertinggi dalam rangka untuk menggali manfaat-manfaat kesehatan yang optimal, dan sayangnya, modern cod liver oil tidak mensuplai vitamin-vitamin ini dalam rasio-rasio yang sehat satu sama lainnya.
Apa Yang Anda Perlu Tahu Tentang Vitamin-Vitamin A dan D Dalam Cod Liver Oil (Minyak Hati Cod) ?

Paling sedikit 2,000 gen-gen, atau hampir 10% dari gen-gen anda, telah teridentifikasi yang secara langsung dipengaruhi oleh vitamin D, yang pada gilirannya berdampak pada keberagaman yang luas dari persoalan-persoalan kesehatan, dari mencegah pilek dan selesma yang umum sampai mencegah paling sedikit 16 tipe-tipe yang berbeda dari kanker. Bahkan ada bukti yang menghubungkan vitamin D pada proses dari detoksifikasi otak dari metal-metal berat seperti mercury.

Kekurangan vitamin D yang meluas juga secara kuat telah dihubungkan pada epidemi-epidemi autism, asma, dan diabetes tipe 1 dan 2, masa kanak-kanak.

Vitamin A, yang adalah penting untuk sistim imun anda tepat seperti vitamin D, adalah juga pelopor pada hormon-hormon yang aktif yang mengatur ekspresi dari gen-gen anda, dan mereka bekerja berduaan.

Contohnya, ada bukti bahwa tanpa vitamin D, vitamin A dapat menjadi tidak efektif atau bahkan beracun. Namun jika anda kekurangan vitamin A, vitamin D juga tidak dapat berfungsi secara benar.

Ada banyak persoalan-persoalan dengan modern cod liver oil namun salah satu dari yang utama adalah bahwa tidak ada definisi standar dari apa yang melambangkan cod liver oil. Pabrik-pabrik bebas untuk menambahkan atau mengurangi sebanyak vitamin A atau D seperti yang mereka lihat tepat. Kenyataannya cod liver oil ditemukan pada penjahit-penjahit dari England beberapa ratus tahun yang lalu dengan melaparkan anak-anak yang meminumnya dan ilmuwan-ilmuwan mencatat mereka tidak memperoleh rickets (rakhitis-rakhitis atau penyakit Inggris). Cod liver oil kenyataannya adalah makanan yang sangat diproses yang tidak pernah dikonsumsi oleh manusia-manusia sebelum ini.
Pembenaran Utama Mengapa Anda Harus Menghindari Cod Liver Oil (Minyak Hati Cod)

Telah ada dua analisa-analisa meta yang baru-baru ini dilakukan. Yang pertama menunjukan bahwa orang-orang yang mengambil suplemen-suplemen vitamin A dalam cod liver oil, atau pada suplemen-suplemen, mempunyai 18 persen peningkatan dalam angka-angka kematian. Studi yang lain menunjukan bahwa tidak seperti negara-negara dunia ketiga dimana suplementasi vitamin A nampak mengurangi infeksi-infeksi, suplementasi vitamin A di negara-negara maju seperti Amerika sebenarnya meningkatkan infeksi-infeksi.

Peneliti-peneliti percaya ini disebabkan oleh kekurangan-kekurangan nutrisi yang secara besar-besaran didunia ketiga karena kebanyakan dari kalori-kalori mereka adalah berasal dari padi-padian dan mereka sama sekali tidak mempunyai kesempatan untuk mengkonsumsi sebanyak buah-buah segar, sayur-sayur segar, butter, telur-telur dan makanan-makanan lain yang mengandung vitamin A yang didapat oleh mereka di dunia yang telah maju.

Kenyataannya peneliti tidak dapat menemukan segala kekurangan vitamin A sama sekali, namun kaira-kira 5% mempunyai keracunan vitamin. Kebalikannya adalah benar di dunia ketiga dimana keracunan vitamin A tidak pernah terdengar, tapi kekurangan vitamin A menyebar.

Sebagai tambahan penelitian baru telah menunjukan bahwa vitamin D melindungi terhadap kanker. Namun paradoks ditemukan ketika mereka dengan tingkat-tingkat vitamin D yang lebih tinggi tidak nampak mempunyai manfaat ini. Peneliti Harvard yang cemerlang secara hati-hati menganalisa data dalam studi yang menunjukan ini dan menemukan bahwa jika ia mengeluarkan orang-orang tingkat-tingkat vitamin A dan vitamin D yang tinggi, mereka yang dengan tingkat-tingkat vitamin A yang normal dan tingkat-tingkat vitamin D yang tinggi berlanjut mempunyai risiko yang berkurang dari kanker kolon. Jadi mereka yang tidak mengambil vitamin A mempunyai efek pelindung dari tingkat-tingkat vitamin D yang lebih tinggi.

Penelitian lain sekarang ini menunjukan hubungan antara tingkat-tingkat yang tinggi dari vitamin A dan osteoporosis. Faktanya banyak negara-negara Scandinavian yang secara teratur mensuplemen dengan cod liver oil mempunyai osteoporosis yang merajarela meskipun mereka memperoleh jumlah-jumlah yang cukup dari vitamin D oral.

Dr. John Cannell, kepala dari the Vitamin D Council, bersama dengan 15 peneliti-penekiti lain, baru-baru ini mengeluarkan artikel "Cod Liver Oil, Keracunan Vitamin A, Infeksi-Infeksi Pernapasan Yang Sering, dan Epidemi Kekurangan Vitamin D" pada terbitan November dari Annals of Otology, Rhinology and Laryngology. Pada paper ini Dr. Cannell mengangkat pertanyaan-pertanyaan tentang kemanjuran dari cod liver oil yang disebabkan oleh jumlah vitamin A yang sangat bervariasi dan seringkali berlebihan. Secara khas modern cod liver oil mengandung jauh lebih berkurang vitamin D daripada seharusnya, disebabkan oleh proses doedorisasi yang digunakan sekarang ini yang mengeluarkan banyak dari nutrisi yang penting ini.

Dr. Cannell dan peneliti-peneliti prominen lainnya percaya vitamin A yang terkandung dalam kebanyakan cod liver oil adalah berlebihan, dan dapat mengurangi keefektifan dari vitamin D dengan menghalangi pengikatan dari bentuk aktifnya pada DNA anda, secara efektif mencegah kemampuannya untuk mengatur ekspresi dari gen-gen responsif vitamin D anda.

The Weston Price Foundation, dimana saya adalah anggota penasihat, memegang pandangan yang berlawanan. Mereka percaya vitamin D dapat hanya secara efektif mengenai sasaran gen-gen ketika partner receptornya diaktifkan oleh vitamin A. Jika vitamin A tidak hadir, molekul-molekul tertentu yang disebut co-repressors mengikat pada receptor-receptor dan mencegah vitamin D berfungsi. Adalah posisi mereka bahwa cod liver oil adalah suplemen yang masih sangat direkomendasikan.

Setelah meninjau ulang bukti, saya pribadi yakin bahwa ada cukup vitamin A sekarang ini dalam diet orang Amerika untuk memudahkan aktivasi vitamin D yang cukup. Ini nampaknya bukan kasusnya di negara-neara dunia ketiga, dimana cod liver oil, atau beberapa suplemen preformed retinol lain, akan masih bermanfaat.
Kebanyakan Cod Liver Oils (Minyak Hati Cod) Mempunyai Vitamin A Yang Berlebihan (Preformed Retinol)

Bagaimanapun, bahkan the Weston Price Foundation mengakui bahwa ada versi-versi yang bahaya dari cod liver oil diluar sana, bahkan dari beberapa perusahaan-perusahaan yang sangat bereputasi membuat cod liver oil yang jelas berlebihan dalam vitamin A dimana ia hanya mempunyai 3 sampai 60 unit vitamin D per sendok makan namun antara 150 dan 12,000 kali lebih banyak vitamin A.

Ini adalah keseimbangan yang sulit.

Kedua vitamin-vitamin adalah penting untuk memperoleh manfaat-manfaat kesehatan yang optimal, bagaimanapun, rasio-rasio dapat menjadi tidak seimbang secara bahaya -- mirip keseimbangan omega-3/omega-6, yang telah terbalik pada diet modern kita.

Hampir semua merek-merek dari cod liver oil menyediakan jumlah vitamin D yang terbukti, secara khas tidak lebih dari 400 sampai 1,200 IU dari vitamin D per sendok makan namun kira-kira antara 4,000 sampai 30,000 IU dari vitamin A. Ini jelas adalah tidak benar. Kira-kira rasio yang paling rendah yang saya telah lihat adalah sepuluh kali lebih banak vitamin A daripada vitamin D namun, seperti yang saya sebut diatas, ia dapat menjadi setinggi 12,000 kali lebih banyak vitamin A.

Pertama-tama, ini jelas adalah jumlah yang tidak cukup dari vitamin D untuk bahkan anak yang paling kecil. Ini sebagain disebabkan oleh rekomendasi-rekomendasi pemerintah, yang adalah jauh terlalu rendah untuk menyediakan segala manfaat-manfaat kesehatan; dosis harian yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 sampai 600 IU, tergantung pada umur. Sementara itu, peneliti-peneliti sejak itu telah menegakkan bahwa dosis terapi adalah kira-kira antara 2,000 sampai 10,000 IU per hari, tergantung pada berat badan anda dan faktor-faktor lain, seperti warna kulit dan tingkat dari paparan matahari yang teratur. (Beberapa orang-orang mungkin memerlukan, dan dapat dengan aman mengambl, sebanyak 20,000 IU per hari.)

Mengkonsumsi jumlah-jumlah yang tinggi seperti ini dari vitamin A yang terkandung dalam cod liver oil dan kebanyakan multi-vitamins, sementara tidak memeroleh vitamin D yang hampir cukup, digabungkan dengan fakta bahwa kebanyakan orang-orang kekurangan vitamin D untuk memulai dengannya, dapat secara berpotensi menyebabkan vitamin A menjadi racun.

Kekhawatiran yang dipunyai Dr. Cannell dan peneliti-peneliti lain adalah bahwa vitamin A dalam cod liver oil adalah berlebihan dan sebenarnya melawan vitamin D dengan menghalangi pengikatan dari bentuk aktifnya pada DNA dan jadi mencegah kemampuannya untuk mengatur ekspresi dari gen-gen yang merespon pada vitamin D.

Kepercayaan yang kuat dari The Weston Price Foundation adalah bahwa vitamin A adalah sama sekali bukan racun namun adalah perlu untuk fungsi vitamin D yang optimal. Bagaimanapun mereka percaya ada kecukupan vitamin A dalam diet dari kebanyakan orang-orang Amerika, terutama jika mereka mengambil multivitamin. Di dunia ketiga ini bukanlah kasusnya dan mereka akan kemungkinan besar mendapat manfaat dari suplementasi vitamin A.

The Weston Price Foundation tidak setuju dengan kesimpulan Dr. Cannell bahwa cod liver oil sendiri mungkin menyebabkan keracunan vitamin A, bagaimanapun mereka juga tidak merekomendasikan pengambilan segala cod liver oil yang rendah vitamin Dnya. Namun bahkan rekomendasi-rekomendasi mereka, dalam pendapat saya mempunyai jumlah-jumlah vitamin D yang jauh terlalu rendah untuk bermanfaat secara klinik. Namun nampaknya lebih penting bahwa jumlah-jumlah yang tinggi dari vitamin A mungkin membatasi keeektifan dari vitamin D bahkan jika diambil sebagai tambahan pada apa yang diterima dalam cod liver oil.

Meskipun adalah masih tidak jelas secara tepat keseimbangan mana yang harus ada, Dr. Cannell dan kebanyakan dari peneliti-peneliti ahli yang prominen di area-area ini percaya bahwa rasio-rasio dari dua nutrisi-nutrisi penting ini kemungkinan besar harus dibalikan dari yang secara khas terlihat di cod liver oil, karena anda memerlukan jumlah-jumlah yang jauh lebih besar dari vitamin D daripada vitamin A.

Setelah secara hati-hati meninjau ulang argumen-argumen pada kedua sisi dari pesoalan saya yakin bahwa pendekatan Dr. Cannell jauh lebih mungkin konsisten dengan menghasilkan tingkat-tingkat yang tinggi dari kesehatan dan mengurangi penyakit.
Rekomendasi-Rekomendasi Cod Liver Oil (Minyak Hati Cod) Saya Yang Direvisi

Karena kelaziman kekurangan vitamin A (yang akan mendapat manfaat dari cod liver oil) di Amerika adalah jauh lebih rendah daripada kelaziman dari keracunan subclinical vitamin A, sementara kebanyakan setiap orang menderita kekurangan vitamin D, saya sangat kuat tidak lagi merekomendasikan mengambil cod liver oil baik untuk kaum dewasa maupun anak-anak.

Bagaimanapun jika anda ingin menggunakan cod liver oil saya akan merekomendasikan yang dari Carlson karena mereka mempunyai rasio yang terbaik dari vitamin A pada vitamin D. Ia adalah satu-satunya yang saya tahu dengan rasio yang benar, kira-kira empat sampai lima kali lebih banyak vitamin D dari vitamin A. Kita tidak menjual lagi cod liver oil di website kami namun Carlson tersedia di banyak toko-toko makanan kesehatan.

Anda kemungkinan besar memperoleh vitamin A yang anda perlukan jika anda secara teratur mengkonsumsi sayur-sayuran segar yang tinggi nutrisi ini, seperti ubi-ubi manis, wortel-wortel, belewa-belewa, dan buah-buahan dan sayur-sayuran lain yang penuh warna, dan butter terutama, jika diperoleh dari sapi-sapi yang diberikan makan rumput.

Meskipun anda dapat memperoleh Vitamin D dari diet anda, adalah sangat sulit, dan saya percaya itu adalah sangat tidak alami. Adalah kepercayaan saya yang kuat bahwa kita didisain untuk memperoleh hampir semua vitamin D kita dari memaparkan area-area yang tepat dari kulit kita pada sinar matahari. Jika ini tidak memungkinkan, pilihan terbaik berikutnya adalah paparan pada sinar-sinar UVB dari tempat-tempat tidur tanning yang aman, dan jika itu tidak mungkin maka seseorang harus memilih suplemen vitamin D3 yang berkwalitas tinggi.
Seperti keadaannya, adalah kepercayaan saya yang kuat bahwa anda sama sekali tidak memperoleh keseimbangan yang benar dari vitamin A pada vitamin D dari cod liver oil, yang adalah mengapa saya percaya adalah terbaik untuk menghindarinya.

Silahkan dicatat bahwa rekomendasi baru ini tidak berlaku pada keduanya fish oil (minyak ikan) atau krill oil (minyak krill), karena tidak satupun dari mereka mengandung vitamin-vitamin A atau D, namun agaknya adalah sumber-sumber yang sempurna dari lemak-lemak omega-3 yang penting. Setiap orang masih perlu sumber kwalitas tinggi yang teratur dari nutrisi-nutrisi yang mutlak penting dan vital ini.

Titik kebingungan lain yang berpotensi adalah bahwa beta carotene bukanlah masalah, karena ia adalah PRE vitamin A. Tubuh anda sama sekali tidak akan terlalu merubah beta carotene ke tingkat-tingkat yang berlebihan dari vitamin A. Jadi mengambil suplemen-suplemen beta carotene tidak akan mengganggu vitamin D.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar