Sabtu, 05 Maret 2011

Kanker Ginjal

Ginjal-Ginjal

Ginjal-ginjal adalah sepasang organ pada setiap sisi dari tulang belakang (spine) didalam perut bagian bawah. Setiap ginjal adalah kira-kira seukuran kepalan tangan. Melekat pada puncak dari setiap ginjal adalah suatu kelenjar adrenal. Suatu massa dari jaringan yang berlemak dan suatu lapisan luar dari jaringan yang berserat (Gerota's fascia) menyelubungi ginjal-ginjal dan kelenjar-kelenjar adrenal.

Ginjal-ginjal adalah bagian dari saluran air seni (kencing). Mereka membuat urin dengan mengeluarkan pembuangan dan kelebihan air dari darah. Urin berkumpul didalam suatu ruang berongga (renal pelvis) ditengah-tengah dari setiap ginjal. Ia mengalir dari renal pelvis kedalam kantong kemih melalui suatu tabung yang disebut suatu ureter. Urin meninggalkan tubuh melalui tabung lain (urethra).

Ginjal-ginjal juga membuat senyawa-senyawa yang membantu mengontrol tekanan darah dan produksi dari sel-sel darah merah.

Mengerti Kanker

Kanker mulai pada sel-sel, blok-blok bangunan yang membentuk jaringan-jaringan. Jaringan-jaringan membentuk organ-organ tubuh.

Secara normal, sel-sel tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru ketika tubuh memerlukan mereka. Ketika sel-sel tumbuh menua, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.

Adakalanya proses yang teratur ini berjalan salah. Sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka, dan sel-sel tua tidak mati ketika mereka seharusnya mati. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk suatu massa dari jaringan yang disebut suatu pertumbuhan atau tumor.

Tumor-tumor dapat jinak atau ganas:

* Tumor-tumor jinak adalah bukan kanker:
o Tumor-tumor jinak adalah jarang mengancam nyawa.
o Biasanya, tumor-tumor jinak dapat diangkat/dikeluarkan, dan mereka jarang tumbuh kembali.
o Sel-sel dari tumor-tumor jinak tidak menyerang jaringan-jaringan disekitar mereka atau menyebar ke bagian-bagian lain tubuh.
* Tumor-tumor ganas adalah kanker:
o Tumor-tumor ganas umumnya adalah lebih serius daripada tumor-tumor jinak. Mereka mungkin adalah mengancam nyawa.
o Tumor-tumor ganas seringkali dapat diangkat/dikeluarkan, namun mereka dapat tumbuh kebali.
o Sel-sel dari tumor-tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan-jaringan dan organ-organ yang berdekatan. Juga, sel-sel kanker dapat menyebar dari suatu tumor ganas dan memasuki aliran darah atau sistim lymphatic (getah bening). Itu adalah bagaimana sel-sel kanker menyebar dari kanker asal (tumor primer) untuk membentuk tumor-tumor baru pada organ-organ lain. Penyebaran dari kanker disebut metastasis.

Beberapa tipe-tipe kanker dapat mulai di ginjal. Artikel ini adalah tentang kanker sel ginjal, tipe yang paling umum dari kanker ginjal pada orang-orang dewasa. Tipe ini adakalanya disebut renal adenocarcinoma atau hypernephroma. Tipe yang lain dari kanker, transitional cell carcinoma, mempengaruhi renal pelvis. Ia adalah serupa kanker kantong kemih dan seringkali dirawat seperti kanker kantong kemih. Wilms tumor adalah tipe yang paling umum dari kanker ginjal masa kanak-kanak. Ia berbeda dari kanker ginjal orang dewasa dan memerlukan perawatan yang berbeda.

Ketika kanker ginjal menyebar keluar dari ginjal, sel-sel kanker seringkali ditemukan di simpul-simpul getah bening yang berdekatan. Kanker ginjal juga mungkin menyebar ke paru-paru, tulang-tulang, atau hati. Dan ia mungkin menyebar dari satu ginjal ke ginjal lainnya.

Ketika kanker menyebar (metastasizes) dari tempat asalnya ke bagian lain dari tubuh, tumor baru mempunyai jenis yang sama dari sel-sel abnormal dan nama yang sama seperti tumor primer. Contohnya, jika kanker ginjal menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya adalah sel-sel kanker ginjal. Penyakitnya adalah kanker ginjal yang metastatis, bukan kanker paru. Ia dirawat sebagai kanker ginjal, bukan kanker paru. Dokter-dokter adakalanya menyebut tumor baru sebagai penyakit metastatis atau penyakit "jauh".

Yang berisiko Pada Kanker Ginjal

Kanker ginjal berkembang paling sering pada orang-orang yang berumur 40 tahun keatas, namun tidak seorang pun mengetahui penyebab-penyebab yang pasti dari penyakit ini. Dokter-dokter jarang dapat menerangkan mengapa seseorang mengembangkan kanker ginjal dan yang lainnya tidak. Bagaimanapun, adalah jelas bahwa kanker ginjal adalah tidak menular. Tidak seorang pun dapat "menangkap" penyakit ini dari orang lain.

Penelitian telah menunjukan bahwa orang-orang dengan faktor-faktor risiko tertentu adalah lebih mungkin daripada yang lain-lainnya mengembangkan kanker ginjal. Suatu faktor risiko adalah apa saja yang meningkatkan kesempatan seseorang mengembangkan suatu penyakit.

Studi-studi telah menemukan faktor-faktor risiko yang berikut untuk kanker ginjal:

* Merokok: Merokok sigaret adalah suatu faktor risiko utama. Perokok-perokok sigaret adalah dua kali lebih mungkin daripada bukan perokok untuk mengembangkan kanker ginjal. Merokok cerutu juga mungkin meningkatkan risiko penyakit ini.
* Kegemukan: Orang-orang yang kegemukan mempunyai suatu risiko yang meningkat dari kanker ginjal.
* Tekanan darah tinggi: Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko kanker ginjal.
* Dialysis jangka panjang: Dialysis adalah suatu perawatan untuk orang-orang yang ginjal-ginjalnya tidak bekerja dengan baik. Ia mengeluarkan pembuangan-pembuangan dari darah. Berada pada dialysis untuk waktu bertahun-tahun adalah suatu faktor risiko untuk kanker ginjal.
* Von Hippel-Lindau (VHL) syndrome: VHL adalah suatu penyakit yang jarang yang beredar pada beberapa keluarga-keluarga. Ia disebabkan oleh perubahan-perubahan dalam gen VHL. Suatu gen VHL yang abnormal meningkatkan risiko kanker ginjal. Ia juga dapat menyebabkan kista-kista (cysts) atau tumor-tumor di mata-mata, otak, dan bagian-bagian lain tubuh. Anggota-anggota keluarga dari mereka yang dengan sindrom ini dapat memdapatkan suatu tes untuk memeriksa kemungkinan gen VHL yang abnormal. Untuk orang-orang dengan gen VHL abnormal, dokter-dokter mungkin menyarankan cara-cara untuk memperbaiki pendeteksian kanker ginjal dan penyakit-penyakit lain sebelum gejala-gejala berkembang.
* Pekerjaan: Some people have a higher risk of getting kidney cancer because they come in contact with certain chemicals or substances in their workplace. Coke oven workers in the iron and steel industry are at risk. Workers exposed to asbestos or cadmium also may be at risk.
* Jenis kelamin: Laki-laki adalah lebih mungkin daripada wanita-wanita didiagnosis dengan kanker ginjal. Setiap tahun di Amerika, kira-kira 20,000 laki-laki dan 12,000 wanita-wanita belajar bahwa mereka mempunyai kanker ginjal.

Kebanyakan orang-orang yang mempunyai faktor-faktor risiko ini tidak mendapat kanker ginjal. Pada sisi lain, kebanyakan orang-orang yang mendapat penyakit ini tidak mempunyai faktor-faktor risiko yang diketahui. Orang-orang yang berpikir mereka mungkin berisiko harus mendiskusikan kekhwatiran ini dengan dokter mereka. Dokter mungkin mampu untuk menyarankan cara-cara untuk mengurangi risiko dan dapat merencanakan suatu jadwal yang tepat untuk checkup-checkup.

Gejala-Gejala Kanker Ginjal

Gejala-gejala umum dari kanker ginjal termasuk:

* Darah dalam urin (membuat urin sedikit merah karatan atau merah dalam)
* Nyeri pada sisi yang tidak hilang
* Suatu gumpalan atau massa pada sisi atau diperut
* Kehilangan berat badan
* Demam
* Merasakan sangat lelah atau mempunyai suatu perasaan keseluruhan dari kesehatan yang jelek

Paling sering, gejala-gejala ini tidak berarti kanker. Suatu infeksi, suatu kista, atau persoalan lain juga dapat menyebabkan gejala-gejala yang sama. Seseorang dengan yang mana saja dari gejala-gejala ini harus mengunjungi seorang dokter sehingga persoalan apa saja dapat didiagnosis dan dirawat sedini mungkin.

Mendiagnosis Kanker Ginjal

Jika seorang pasien mempunyai gejala-gejala yang menyarankan kanker ginjal, dokter mungkin melaksanakan satu atau lebih dari prosedur-prosedur berikut:

* Pemeriksaan fisik: Dokter memeriksa tanda-tanda kesehatan umum dan menguji untuk demam dan tekanan darah tinggi. Dokter juga merasakan (meraba) perut dan pinggang untuk tumor-tumor.
* Tes-tes urin: Urin diperiksa untuk darah dan tanda-tanda lain dari penyakit.
* Tes-tes darah: Laboratorium memeriksa darah untuk melihat berapa baik ginjal-ginjal bekerja. Lab mungkin memeriksa tingkat dari beberapa senyawa-senyawa, seperti creatinine. Suatu tingkat creatinine yang tinggi mungkin berarti ginjal-ginjal tidak mengerjakan pekerjaan mereka.
* Intravenous pyelogram (IVP): Dokter menyuntikan zat warna (dye) kedalam suatu vena di lengan. Zat warna berjalan melalui tubuh dan mengumpul di ginjal-ginjal. Zat warna membuat mereka terlihat pada x-rays. Suatu rentetan dari x-rays kemudian menjejaki zat warna ketika ia bergerak melalui ginjal-ginjal ke ureter-ureter dan kantong kemih. X-rays dapat menunjukan suatu tumor ginjal atau persoalan-persoalan lain.
* CT scan (CAT scan): Suatu mesin x-ray yang dihubungkan ke sebuah komputer mengambil serentetan gambar-gambar yang detil dari ginjal-ginjal. Pasien mungkin menerima suatu suntikan dari zat warna sehingga ginjal-ginjal terlihat dengan jelas didalam gambar-gambar. Suatu CT scan dapat menunjukan suatu tumor ginjal.
* Tes Ultrasound: Alat ultrasound menggunakan gelombang-gelombang suara yang orang-orang tidak dapat dengar. Gelombang-gelombag memantul balik dari ginjal-ginjal, dan sebuah komputer menggunakan gema-gema untuk menciptakan suatu gambar yang disebut suatu sonogram. Suatu tumor atau kista yang solid nampak pada suatu sonogram.
* Biopsi: Pada beberapa kasus-kasus, dokter mungkin melakukan suatu biopsi. Suatu biopsi adalah pengangkatan dari jaringan untuk mencari sel-sel kanker. Dokter memasukan suatu jarum yang tipis melalui kulit kedalam ginjal untuk mengangkat suatu jumlah yang kecil dari jaringan. Dokter mungkin menggunakan ultrasound atau x-rays untuk memandu jarum. Seorang ahli patologi menggunakan sebuah mikroskop untuk mencari sel-sel kanker dalam jaringan.
* Operasi: Pada kebanyakan kasus-kasus, berdasarkan pada hasil-hasil dari CT scan, ultrasound, dan x-rays, dokter mempunyai cukup informasi untuk merekomendasikan operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh dari ginjal. Seorang ahli patologi membuat diagnosis akhir dengan memeriksa jaringan dibawah sebuah mikroskop.

Merawat Kanker Ginjal
Pen-stadium-an

Untuk merencanakan perawatan yang paling baik, dokter perlu mengetahui stadium (luasnya) dari penyakit. Stadium didasarkan pada ukuran tumor, apakah kanker telah menyebar dan, jika ya, ke bagian-bagian mana dari tubuh.

Penstadiuman mungkin melibatkan tes-tes pencitraan (imaging) seperti suatu ultrasound scan atau suatu CT scan. Dokter juga mungkin menggunakan suatu MRI. Untuk tes ini, suatu megnet yang kuat yang dihubungkan ke sebuah komputer membuat gambar-gambar detil dari organ-organ dan pembuluh-pembuluh darah.

Dokter-dokter menggambarkan kanker ginjal dengan stadium-stadium berikut:

* Stadium I adalah suatu stadium awal dari kanker ginjal. Tumor berukuran sampai 2 3/4 inches (7 centimeter). Ia adalah tidak lebih besar dari sebuah bola tenis. Sel-sel kanker ditemukan hanya di ginjal.
* Stadium II adalah juga suatu stadium awal dari kanker ginjal, namun tumor berukuran lebih dari 2 3/4 inches. Sel-sel kanker ditemukan hanya di ginjal.
* Stadium III adalah satu dari yang berikut: Tumor tidak meluas diluar ginjal, namun sel-sel kanker telah menyebar melalui sistim getah bening ke suatu simpul getah bening yang berdekatan; atau tumor telah menyerang kelenjar adrenal atau lapisan-lapisan dari lemak dan jaringan yang berserabut yang mengelilingi ginjal, namun sel-sel kanker masih belum menyebar diluar jaringan berserabut. Sel-sel kanker mungkin ditemukan pada satu simpul getah bening yang berdekatan; atau sel-sel kanker telah menyebar dari ginjal ke satu pembuluh darah yang besar yang berdekatan. Sel-sel kanker mungkin ditemukan pada satu simpul getah bening yang berdekatan.
* Stadium IV adalah satu dari yang berikut: Tumr meluas diluar jaringan berserabut yang mengelilingi ginjal; atau sel-sel kanker ditemukan pada lebih dari satu simpul getah bening yang berdekatan; atau kanker telah menyebar ke tempat-tempat lain didalam tubuh seperti paru-paru.
* Kanker yang kambuh adalah kaker yang telah kembali (kambuh) setelah perawatan. Ia mungkin kembali di ginjal atau di bagian lain tubuh.

Perawatan

Banyak orang-orang dengan kanker ginjal ingin mengambil suatu bagian yang aktif dalam membuat keputusan-keputusan tentang perawatan medis mereka. Mereka ingin belajar semua yang mereka bisa tentang penyakit mereka dan pilihan-pilihan perawatan mereka. Bagaimanapun, shock (guncangan) dan stres setelah diagnosis dapat membuatnya sulit untuk memikirkan segala sesuatu yang mereka ingin tanyakan pada dokter. Adalah seringkali membantu untuk membuat suatu daftar dari pertanyaan-pertanyaan sebelum suatu janji temu. Untuk membantu mengingat apa yang dikatakan dokter, orang-orang mungkin membuat catatan-catatan atau bertanya apakah mereka boleh menggunakan suatu alat perekam. Beberapa juga ingin mempunyai seorang anggota keluarga atau teman dengan mereka ketika mereka bicara dengan dokter - untuk mengambil bagian dalam diskusi, untuk membuat catatan, atau hanya mendengar.

Dokter mungkin merujuk pasien kepada seorang spesialis, atau pasien mungkin meminta untuk suatu penyerahan. Spesialis-spesialis yang merawat kanker ginjal termasuk dokter-dokter yang mengkhususkan diri pada penyakit-penyakit sistim urin (urologists) dan dokter-dokter yang mengkhususkan diri pada kanker (medical oncologists dan radiation oncologists).

Mendapatkan suatu pendapat kedua (second opinion)

Sebelum memulai perawatan, seseorang dengan kanker ginjal mungkin ingin suatu pendapat kedua tentang diagnosis dan rencana perawatan. Beberapa perusahaan-perusahaan asuransi memerlukan suatu pendapat kedua; yang lain-lain mungkin melengkapi suatu pendapat kedua jika pasien atau dokter memintanya.

Ada sejumlah cara-cara untuk menemukan seorang dokter untuk suatu pendapat kedua:

* Dokter pasien mungkin merujuk pasien pada satu atau lebih spesialis-spesialis. Pada pusat-pusat kanker, beberapa spesialis-spesialis seringkali bekerja bersama sebagai suatu team.
* Cancer Information Service, di 1-800-4-CANCER, dapat memberitahukan penelpon-penelpon tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.
* Suatu masyarakat medis lokal atau negara, sebuah rumah sakit yang berdekatan, atau sebuah sekolah kedokteran dapat biasanya menyediakan nama-nama dari spesialis-spesialis.
* American Board of Medical Specialties (ABMS) menawarkan suatu daftar dari dokter-dokter yang telah memenuhi tuntutan-tuntutan pendidikan dan latihan yang spesifik dan telah lulus suatu ujian kespesialisan. Buku petunjuk (directory) mereka - Official ABMS Directory of Board Certified Medical Specialists - mendaftar nama-nama dokter bersama dengan kespesialisan mereka dan latar belakang pendidikan mereka. Buku petunjuk (directory) tersedia di kebanyakan perpustakaan-perpustakaan publik. Juga, ABMS menawarkan informasi ini dengan telephone dan di Internet. Nomor telephone yang bebas pulsa adalah 1-866-ASK-ABMS (1-866-275-2267). Alamat Internet adalah http://www.abms.org.
* NCI menyediakan suatu lembaran fakta yang berguna tentang bagaimana menemuka seorang dokter yang disebut "Bagaimana menemukan seorang dokter atau fasilitas perawatan jika anda mempunyai kanker". Ia tersedia di Internet di http://cancer.gov/publications.

Persiapan untuk perawatan

Perawatan tergantung terutama pada stadium penyakit dan kesehatan umum dan umur pasien. Dokter dapat menggambarkan pilihan-pilihan perawatan dan mendiskusikan hasil-hasil yang diharapkan. Dokter dan pasien dapat bekerja bersama untuk mengembangkan suatu rencana perawatan yang cocok dengan keperluan-keperluan pasien.

Orang-orang tidak perlu bertanya semua pertanyaan-pertanyaan mereka atau mengerti semua jawaban-jawaban denga segera. Mereka akan mempunyai kesempatan-kesempatan lain untuk meminta dokter untuk menjelaskan hal-hal yang tidak jelas dan untuk meminta lebih banyak informasi.

Metode-Metode Perawatan

Orang-orang dengan kanker ginjal mungkin mempunyai operasi, arterial embolization, terapi radiasi, terapi biologi, atau kemoterapi. Beberapa mungkin mempunyai suatu kombinasi dari perawatan-perawatan.

Pada setiap stadium penyakit, orang-orang dengan kanker ginjal mungkin mempunyai perawatan untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lain, untuk menghilangkan efek-efek sampingan terapi, dan untuk meringankan persoalan-persoalan emosi dan praktis. Jenis perawatan ini disebut perawatan pendukung, manajemen gejala-gejala, atau perawatan yang meringankan atau meredakan. Informasi tentang perawatan pendukung tersedia pada website NCI di http://cancer.gov dan dari pelayanan informasi kanker NCI di 1-800-4-CANCER.

Seorang pasien mungkin ingin berbicara pada dokter tentang mengambil bagian dalam suatu percobaan klinik, suatu studi penelitian dari metode-metode perawatan yang baru.
Operasi

Operasi adalah perawatan yang paling umum untuk kanker ginjal. Ia adalah suatu tipe dari terapi lokal. Ia mearawat kanker di ginjal dan area yang dekat pada tumor.

Suatu operasi untuk mengangkat ginjal disebut suatu nephrectomy. Ada beberapa tipe dari nephrectomies. Tipe tergantng terutama pada stadium dari tumor. Dokter dapat menjelaskan setiap operasi dan mendiskusikan yang mana adalah paling cocok untuk pasien:

* Radical nephrectomy: Kanker ginjal biasanya dirawat dengan radical nephrectomy. Ahli bedah mengangkat seluruh ginjal bersama dengan kelenjar adrenal dan beberapa jaringan sekitar ginjal. Beberapa simpul-simpul getah bening di area itu juga mungkin diangkat.
* Simple nephrectomy: Ahli bedah mengangkat hanya ginjal. Beberapa orang-orang dengan kanker ginjal stadium I mungkin mempunyai suatu simple nephrectomy.
* Partial nephrectomy: Ahli bedah mengangkat hanya bagian dari ginjal yang mengandung tumor. Jenis tipe operasi ini mungkin digunakan ketika orang itu mempunyai hanya satu ginjal, atau ketika kanker mempengaruhi kedua ginjal-ginjal. Juga, seorang dengan suatu tumor ginjal yang kecil (kurang dari 4 centimeter atau tiga perempat inch) mungkin mempunyai tipe operasi ini.

Arterial embolization

Arterial embolization adalah suatu tipe terapi lokal yang menyusutkan tumor. Adakalanya itu dilakukan sebelum suatu operasi untuk membuat operasi lebih mudah. Ketika operasi adalah tidak mungkin, embolization mungkin digunakan untuk membantu menghilangkan gejala-gejala dari kanker ginjal.

Dokter memasukan suatu tabung yang sempit (kateter) kedalam suatu pembuluh darah di kaki. Tabung dilewatkan keatas sampai pada pembuluh besar utama (arteri ginjal) yang menyediakan darah pada ginjal. Dokter menyuntikan suatu senyawa kedalam pembuluh darah untuk menghalangi aliran darah kedalam ginjal. Halangan atau rintangan mencegah tumor dari mendapatkan oksigen dan senyawa-senyawa lain yang ia perlukan untuk tumbuh.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi (juga disebut radioterapi) adalah tipe yang lain dari terapi lokal. Ia menggunakan sinar-sinar bertenaga tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Ia mempengaruhi sel-sel kanker hanya diarea yang dirawat. Suatu mesin yang besar mengarahkan radiasi pada tubuh. Pasien mendapatkan perawatan di rumah sakit atau klinik, 5 hari setiap minggu untuk beberapa minggu.

Sejumlah kecil pasien-pasien mempunyai terapi radiasi sebelum operasi untuk menyusutkan tumor. Beberapa mempunyai itu setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tertinggal di area itu. Orang-orang yang tidak dapat mempunyai operasi mungkin mempunyai terapi radiasi untuk menghilangkan nyeri dan persoalan-persoalan lain yang disebabkan oleh kanker.

Terapi Biologi

Terapi biologi adalah suatu tipe dari terapi sistemik. Ia menggunakan senyawa-senyawa yang berjalan melalui aliran darah, mencapai dan mempengaruhi sel-sel diseluruh tubuh. Terapi biologi menggunakan kemampuan alamiah tubuh (sistim imun) untuk melawan kanker.

Untuk pasien-pasien dengan kanker ginjal yang metastatis, dokter mungkin menyarankan interferon alpha atau interleukin-2 (juga disebut IL-2 atau aldesleukin). Tubuh secara normal menghasilkan senyawa-senyawa ini dalam jumlah yang kecil dalam merespon pada infeksi-infeksi dan penyakit-penyakit lain. Untuk perawatan kanker, mereka dibuat di laboratorium dalam jumlah yang besar.

Kemoterapi

Kemoterapi juga adalah suatu tipe dari terapi sistemik. Obat-obat antikanker memasuki aliran darah dan berjalan ke seluruh tubuh. Meskipun berguna untuk banyak kanker-kaner yang lain, obt-obat antikanker telah menunjukan penggunaan yang terbatas terhadap kanker ginjal. Bagaimanapun, banyak dokter-dokter sedang mempelajari obat-obat baru dan kombinasi-kombinasi baru yang mungkin terbukti lebih bermanfaat.

Efek-Efek Sampingan Perawatan Kanker Ginjal

Karena perawatan mungkin merusak sel-sel dan jaringan-jaringan yang sehat, efek-efek sampingan yang tidak dikehendaki adalah umum. Efek-efek sampingan ini tergantung terutama pada tipe dan luasnya perawatan. Efek-efek sampingan mungkin adalah tidak sama untuk setiap orang, dan mereka mungkin berubah dari satu sesi perawatan ke berikutnya. Sebelum perawatan mulai, team perawatan kesehatan akan menjelaskan kemungkinan efek-efek sampingan dan menyarankan cara-cara untuk membantu pasien mengendalikan mereka.

NCI menyediakan brosur-brosur yang berguna tentang perawatan-perawatan kanker dan mengatasi efek-efek sampingan, seperti Terapi Radiasi dan Anda, Kemoterapi dan Anda, dan Petunjuk-Petunjuk Makan untuk Pasien-Pasien Kanker.

Operasi

Adalah memakan waktu untuk sembuh setelah operasi, dan waktu yang diperlukan untuk kesembuhan adalah berbeda untuk setiap orang. Pasien-pasien adalah seringkali tidak nyaman selama beberapa hari pertama. Bagaimanapun, obat dapat biasanya mengontrol nyeri mereka. Sebelum operasi, pasien-pasien harus mendiskusikan rencana penghilangan nyeri dengan dokter atau perawat. Setelah operasi, dokter dapat menyesuaikan rencana jika lebih banyak penghilag nyeri diperlukan.

Adalah umum untuk merasakan lelah atau lemah untuk sementara. Team perawat kesehatan mengamati pasien untuk tanda-tanda dari persoalan-persoalan ginjal dengan memonitor jumlah cairan yang diminujm pasien dan jumlah urin yang dihasilkan. Mereka juga mengamati tanda-tanda perdarahan, infeksi, atau persolan-persoalan lain yang memerlukan perawatan segera. Tes-tes lab membantu team perawatan kesehatan memonitor tanda-tanda dari persoalan-persoalan.

Jika satu ginjal diangkat, ginjal yang sisa umumnya mampu untuk melaksanakan pekerjaan dari kedua ginjal-ginjal. Bagaimanapun, jika ginjal yang tersisa tidak bekerja dengan baik atau jika kedua ginjal-ginjal diangkat, dialysis diperlukan untuk membersihkan darah. Untuk sedikit pasien-pasien, transplantasi ginjal mungkin adalah suatu opsi (pilihan). Untuk prosedur ini, ahli bedah transplantasi menggantikan ginjal pasien dengan suatu ginjal yang sehat dari seorang donor.

Arterial embolization

Setelah arterial embolization, beberapa pasien-pasien mempunyai nyeri punggung atau mengembangkan suatu demam. Efek-efek sampingan lainnya adalah mual dan muntah. Persoalan-persoalan ini segera menghilang.

Terapi Radiasi

Efek-efek sampingan dari terapi radiasi tergantung terutama pada jumlah dari radiasi yang diberikan dan bagian dari tubuh yang dirawat. Pasien-pasien kemungkinan menjadi sangat lelah selama terap radiasi, terutama pada minggu-minggu kemudian perawatan. Istirahat adalah penting, namun dokter-dokter biasanya menasehati pasien-pasien untuk mencoba untuk tetap aktif sebisa mereka.

Terapi radiasi pada ginjal dan area-area yang berdekatan mungkin menyebabkan mual, muntah, diare, atau ketidaknyamanan membuang air seni. Terapi radiasi juga mungkin menyebabkan suatu pengurangan dalam jumlah dari sel-sel darah putih yang sehat, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Sebagi tambahan, kulit di area yang dirawat mungkin adakalanya menjadi merah, kering, dan peka. Meskipun efek-efek sampingan dari terapi radiasi dapat menyusahkan, dokter biasanya dapat merawat dan mengontrol mereka.

Terapi Biologi

Terapi biologi mungkin menyebabkan gejal-gejala seperti flu, seperti kedinginan, demam, nyeri-nyeri otot, kelemahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan diare. Pasien-pasien juga mungkin memperoleh suatu ruam kulit (skin rash). Persoalan-persoalan ini dapat menjadi parah, namun mereka menghilang setelah perawatan dihentikan.

Kemoterapi

Efek-efek sampingan dari kemoterapi tergantung terutama pada obat-obat spesifik dan jumlah yang diterima pada satu kali. Pada umumnya, obat-obat antikanker mempengaruhi sel-sel yang membelah secara cepat, terutama:

* Sel-sel darah: Sel-sel ini melawan infeksi, membantu darah untuk menggumpal/membeku, dan membawa oksigen ke seluruh bagian-bagian tubuh. Ketika obat-obat mempengaruhi sel-sel darah, pasien-pasien lebih mungkin mendapat infeksi-infeksi, mungkin mememar atau berdarah dengan mudah, dan mungkin merasa sangat lemah dan lelah.
* Sel-sel di akar-akar rambut: Kemoeterapi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut tumbuh kembali, namun adakalanya rambut yang baru adalah sedikit banyak berbeda dalam warna dan tekstur.
* Sel-sel yang melapisi saluran pencernaan: Kemoterapi dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, mual dan muntah, diare, atau lika-luka mulut dan bibir. Banyak dari efek-efek sampingan ini dapat dikontrol dengan obat-obat.

Nutrisi

Pasien-pasien perlu makan dengan baik selama terapi kanker. Mereka perlu kalori-kalori yang cukup untuk memelihara suatu berat badan yang baik dan protein untuk mempertahankan kekuatan. Nutrisi yang baik sering membantu orang-orang dengan kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.

Namun makan dengan baik dapat menjadi sulit. Pasien-pasien mungkin tidak merasa ingin makan jika mereka tidak nyaman atau lelah. Juga, efek-efek sampingan dari perawatan, seperti nafsu makan yang buruk, mual, atau muntah, dapat menjadi suatu persoalan. Beberapa pasien-pasien menemukan bahwa makanan-makanan tidak terasa enak selama terapi kanker.

Dokterr, ahli diet, atau perawat kesehatan lainnya dapat menyarankan cara-cara untuk memelihara suatu diet yang sehat. Pasien-pasien dan keluarga-keluarga mereka mungkin ingin membaca brosur-brosur National Cancer Institute tentang Petunjuk-Petunjuk Makan sehat untuk Pasien-Pasien Kanker, yang mengandung banyak gagasan-gagasan dan resep-resep yang berguna.

Perawatan Follow-up Untuk Kanker Ginjal

Perawatan Follow-up setelah perawatan untuk kanker ginjal adalah penting. Bahkan ketika kanker tampaknya telah diangkat atau dihancurkan secara penuh, penyakit adakalanya kembali karena sel-sel kanker dapat tinggal didalam tubuh setelah perawatan. Dokter memonitor kesembuhan dari orang yang dirawat untuk kanker ginjal dan menguji kekambuhan dari kanker. Checkup-checkup membantu memastikan bahwa segala perubahan-perubahan dalam kesehatan tercatat. Pasien mungkin mempunyai tes-tes lab, x-rays dada, CT scans, atau tes-tes lain.

NCI telah menyiapkan suatu brosur untuk orang-orang yang telah menyelesaikan perawatan mereka untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan follow-up dan kekhwatiran-kekhwatiran lain.
Dukungan untuk orang-orang dengan kanker ginjal

Hidup dengan suatu penyakit serius seperti kanker ginjal adalah tidak mudah. Orang-orang dengan kanker ginjal mungkin khwatir tentang melayani keluarga-keluarga mereka, mempertahankan pekerjaan-pekerjaan mereka, atau meneruskan aktivitas-aktivitas hariannya. Kekhwatiran-kekhwatiran tentang perawatan-perawatan dan mengendalikan efek-efek sampingan, opname-opname rumah sakit, dan tagihan-tagihan obat adalah juga umum. Dokter-dokter, perawat-perawat, dan anggota-anggota lain dari team perawatan kesehatan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan, bekerja, atau aktivitas-aktivitas lain. Bertemu dengan seorang pekerja sosial, penasihat, atau anggota dari keagamaan dapat bermanfaat pada mereka yang ingin berbicara tentang perasaan-perasaan mereka atau mendiskusikan kekhwatiran-kekhwatiran mereka. Seringkali, seorang pekerja sosial dapat menyarankan sumber-sumber untuk bantuan keuangan, pengangkutan (transport), perawatan rumah, atau dukungan emosi.

Kelompok-kelompok pendukung juga dapat membantu. Pada kelompok-kelompok ini, pasien-pasien atau anggota-anggota keluarga mereka bertemu dengan pasien-pasien lain atau keluarga-keluarga mereka untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari tentang mengatasi penyakit dan efek-efek dari perawatan. Kelompok-kelompok ini mungkin menawarkan dukungan dalam pribadinya, melalui telephone, atau di Internet. Pasien-pasien mungkin ingin berbicara dengan seorang anggota dari team perawatan kesehatan mereka tentang menemukan suatu kelompok pendukung.

Cancer Information Service di 1-800-4-CANCER dapat menyediakan informasi untuk membantu pasien-pasien dan keluarga-keluarga mereka menemukan program-program, layanan-layanan, dan publikasi-publikasi.

Janji Dari Penelitian Kanker

Dokter-dokter di seluruh negri sedang melakukan banyak tipe-tipe dari percobaan-perconaan klinik. Ini adalah studi-studi penelitian dimana orang-orang secara sukarela mengambil bagian. Pada percobaan-percobaan klinik, dokter-dokter mencoba cara-cara baru untuk merawat kanker ginjal. Penelitian telah menjurus pada kemajuan-kemajuan, dan peneliti-peneliti terus menerus mencari pendekatan-pendekatan yang lebih efektif.

Pasien-pasien yang bergabung dengan studi-studi ini mempunyai kesempatan pertama mereka untuk mendapatkan manfaat dari perawatan-perawatan yang telah menunjukan janji pada penelitian awal. Mereka juga membuat suatu kontribusi yang penting pada ilmu kedokteran dengan membantu dokter-dokter belajar lebih banyak tentang penyakitnya. Meskipun percobaan-percobaan klinik mungkin memaparkan beberapa risiko-risiko, peneliti-peneliti melakukan semua yang mereka bisa untuk melindungi pasien-pasien mereka.

Peneliti-peneliti sedang mempelajari operasi, terapi biologi, kemoterapi, dan kombinasi-kombinasi dari tipe-tipe perawatan ini. Mereka juga menggabungkan kemoterapi dengan perawatan-perawatan yang baru, seperti transplantasi sel induk. Suatu transplantasi sel induk mengizinkan seorang pasien dirawat dengan dosis-dosis yang tinggi dari obat-obat. Dosis-dosis tinggi menghancurkan keduanya yaitu sel-sel kanker dan sel-sel darah normal didalam sumsum tulang (bone marrow). Kemudian, pasien menerima sel-sel induk yang sehat dari seorang donor. Sel-sel darah yang baru berkembang dari sel-sel induk yang ditransplantasikan.

Pendekatan-pendekatan lain juga ada dalam studi-studi. Contohnya, peneliti-peneliti sedang mempelajari vaksin-vaksin kanker yang membantu sistim imun untuki menemukan dan menghancurkan sel-sel kanker ginjal.

Pasien-pasien yang tertarik menjadi bagian dari suatu percobaan klinik harus bicara dengan dokter mereka. Mereka mungkn ingin membaca Mengambil Bagian dalam Percobaan-Percobaan Klinik: Apa yang perlu diketahui pasien kanker. NCI juga menawarkan suatu brosur yang mudah dibaca yang disebut Jika Anda Mempunyai Kanker...Apa Yang Anda Harus Ketahui Tentang Percobaan-Percobaan Klinik. Publikasi-publikasi NCI ini menggambarkan bagaimana studi-studi penelitian dijalankan dan menjelaskan kemungkinan manfaat-manfaat dan risiko-risiko mereka .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar