Rabu, 09 Maret 2011

Peripheral Blood Stem Cell Transplantation

Definisi Peripheral Blood Stem Cell Transplantation

Peripheral blood stem cell transplantation adalah teknik baru dimana stem cells diperoleh dari darah pasien dan digunakan dalam transplantasi sumsum tulang (bone marrow).
Definisi Stem Cells

Stem cells adalah sel-sel yang kecil dan bundar dengan squat nucleus dan scant surrounding cytoplasm. Meskipun tidak luar biasa dalam penampakannya, stem cells dapat melakukan apa yang disebut "acts of biological resurrection."
Yang Dilakukan Stem Cells

Sementara tipe-tipe lain dari sel-sel dalam tubuh mempunyai jangka hidup yang terbatas dan mati setelah membelah angka dari waktu-waktu mereka yang diberkati, stem cell dapat reproduksi selamanya. Stem cell adalah abadi (dalam istilah-istilah cellular). Stem cell dapat membatalkan keabadiannya dan berubah kedalam sel darah yang biasa, sel darah merah (erythrocyte), sel darah putih (leukocyte),atau sel yang besar (megakaryocyte) yang membagi-bagi kedalam platelet-platelet yang diperlukan untuk pembekuan atau penggumpalan darah.
Nilai Dari Stem Cells Untuk Transplantasi

Jumlah yang relatif kecil dari sel-sel induk (stem cells) dapat dengan ajaib mendiami kembali seluruh sumsum tulang, menyediakan pasokan yang tak ada habis-habisnya dari stem cells, membuat kembali seluruh perbendaharaan dari sel-sel darah, dan memugar kembali sistim imun.
Dari Mana Datangnya Stem Cells Untuk Transplantasi

Dibawah keadaan-keadaan yang normal, stem cells jarang terlihat dalam aliran darah. Untuk merekrut cukup stem cells kedalam darah, stem cells dipancing keluar dari sumsum tulang dengan regimen khusus dari obat-obat dan dibujuk kedalam memasuki darah tepi (aliran darah).
Mengeluarkan Stem Cells Dari Darah

Darah disaring melalui mesin dan stem cells diambil. Pengeluaran dari sel-sel diistilahkan pheresis atau apheresis (dari Greek "aphairesis" untuk mengeluarkan). Stem cells kemudian mungkin digunakan langsung untuk transplantasi sumsum tulang atau disimpan dalam cairan nitrogen sampai diperlukan.
Persiapan Pasien Untuk Transplantasi

Sebelum transplantasi dilakukan, pasien menerima kemoterapi dosis tinggi dan/atau terapi radiasi untuk menghancurkan sel-sel yang sakit (sel-sel leukemia, sel-sel lymphoma, sel-sel tumor yang padat, sel-sel sistim imun yang sakit pada scleroderma, dan seterusnya). Stem cells kemudian dikembalikan pada pasien, dimana mereka dapat menghasilkan darah baru dan sel-sel imun dan menggantikan sel-sel yang dihancurkan oleh perawatan.
Bagaimana Sebenarnya Transplantasi Dilakukan ?

Preparasi stem-cell diinfuskan kedalam vena dan, sekali didalam aliran darah, stem cells bekerja seperti burung-burung merpati rumah dan menuju langsung ke ruang sumsum tulang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar