Rabu, 02 Maret 2011

ARTHRITIS

Definisi dan Penyebab Arthritis

Arthritis adalah kelainan sendi yang meliputi peradangan. Sendi adalah area dari tubuh dimana dua tulang-tulang yang berbeda bertemu. Sendi berfungsi untuk menggerakan bagian-bagian tubuh yang dihubungkan oleh tulang-tulangnya. Arthritis secara harafiah berarti peradangan dari satu atau lebih sendi-sendi.

Arthritis seringkali disertai oleh nyeri sendi. Nyeri sendi dirujuk sebagai arthralgia.

Ada banyak tipe dari arthritis (lebih dari 100 dan terus bertambah). Tipe-tipe mencakup dari yang berhubungan dengan kerusakan tulang rawan yang disebabkan pemakaian (seperti osteoarthritis) ke yang berhubungan dengan peradangan yang berakibat dari suatu sistim imun yang aktif berlebihan (seperti rheumatoid arthritis). Bersama-sama, banyak tipe dari arthritis membentuk penyakit kronis yang paling umum di Amerika.

Penyebab dari arthritis tergantung pada bentuk dari arthritis. Penyebab-penyebab termasuk luka (menjurus pada osteoarthritis), kelainan-kelainan metabolisme (seperti gout dan pseudogout), faktor-faktor keturunan, infeksi-infeksi, dan sebab-sebab yang tidak jelas (seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus).

Arthritis digolongkan sebagai satu dari penyakit-penyakit rheumatik. Ini adalah kondisi-kondisi yang adalah penyakit-penyakit individu yang berbeda, dengan ciri-ciri, perawatan-perawatan, komplikasi-komplikasi, dan prognosis-prognosis yang berbeda. Mereka adalah serupa dalam bahwa mereka mempunyai suatu kecenderungan untuk mempengaruhi sendi-sendi, otot-otot, ligamen-ligamen, tulang-tulang rawan, dan tendon-tendon, dan banyak mempunyai potensi untuk mempengaruhi area-area dalam tubuh lainnya.

Gejala-Gejala Arthritis
Gejala-gejala dari arthritis termasuk nyeri dan fungsi yang terbatas dari sendi-sendi. Peradangan dari sendi-sendi dari arthritis dikarakteristikan oleh kekakuan, pembengkakan, kemerahan, dan kehangantan sendi. Kepekaan dari sendi yang meradang dapat hadir.

Banyak bentuk-bentuk dari arthritis, karena meraka adalah penyakit-penyakit rheumatik, dapat menyebabkan gejala-gejala yang mempengaruhi beragam organ-organ tubuh yang tidak secara langsung melibatkan sendi-sendi. Oleh karenanya, gejala-gejala pada beberapa pasien-pasien dengan bentuk-bentuk tertentu dari arthritis dapat juga termasuk demam, pembengkakan kelenjar (simpul getah bening), kehilangan berat badan, kelelahan, merasa tidak enak, dan bahkan gejala-gejala dari kelainan-kelainan organ-organ seperti paru-paru, jantung, atau ginjal-ginjal.

Siapa Yang Dipengaruhi Oleh Arthritis ?

Penderita-penderita arthritis termasuk pria-pria dan wanita-wanita, anak-anak dan orang-orang dewasa. Kira-kira 350 juta orang-orang diseluruh dunia mempunyai arthritis. Hampir 40 juta orang-orang di Amerika dipengaruhi oleh arthritis, termasuk lebih dari seperempat juta anak-anak!

Lebih dari 27 juta orang-orang Amerika mempunyai osteoarthritis. Kira-kira 1.3 juta orang-orang Amerika menderita rheumatoid arthritis.

Lebih dari separuh dari mereka yang dengan arthritis berumur dibawah 65 tahun. Hampir 60% dari orang-orang Amerika dengan arthritis adalah wanita-wanita.
Mendiagnosis Arthritis Dan Pentingnya Suatu Diagnosis

Langkah pertama dalam mendiagnosis arthritis adalah pertemuan antara dokter dan pasien. Dokter akan meninjau ulang sejarah dari gejala-gejala, memeriksa sendi-sendi untuk peradangan dan kelainan bentuk, begitu juga menanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang atau memeriksa bagian-bagian lain tubuh untuk peradangan atau tanda-tanda dari penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi area-area tubuh lain. Lebih jauh, tes-tes tertentu dari darah, urin, cairan sendi, dan atau X-ray mungkin diperintahkan. Diagnosis akan didasarkan pada pola dari gejala-gejala, distribusi dari sendi-sendi yang meradang, dan penemuan-penemuan apa saja dari darah dan X-ray. Beberapa kunjungan-kunjungan mungkin perlu sebelum dokter dapat menjadi pasti dari diagnosis. Seorang dokter dengan latihan yang khusus dalam arthritis dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengannya disebut seorang rheumatologist.

Banyak bentuk-bentuk dari arthritis ada yang lebih menjengkelkan daripada serius. Bagaimanapun, jutaan dari pasien-pasien menderita setiap hari dengan nyeri dan ketidakmampuan dari arthritis atau komplikasi-komplikasinya.

Diagnosa yang awal dan akurat dapat membantu mencegah kerusakan dan ketidakmampuan yang tidak dapat diubah. Program-program latihan dan istirahat yang dipandu secara tepat, obat-obat, terapi fisik, dan opsi-opsi operasi dapat mengidealkan hasil-hasil jangka panjang untuk pasien-pasien arthritis.

Harus dicatat bahwa keduanya sebelum dan terutama setelah diagnosis dari arthritis, komunikasi dengan dokter yang merawat adalah penting untuk kesehatan yang optimal. Ini adalah penting dari sudut pandang dokter, sehingga ia dapat sadar atas tingkah-tingkah laku yang aneh dari gejala-gejala pasien begitu juga toleransi dan penerimaan perawatan-perawatan mereka. Adalah penting dari sudut pandang pasien, sehingga mereka dapat diyakinkan bahwa mereka mempunyai pengertian dari diagnosis dan bagaimana kondisi melakukan dan mungkin mempengaruhi mereka. Adalah juga krusial (penting sekali) untuk penggunaan yang aman dari obat-obat.

Merawat Arthritis
Perawatan arthritis adalah sangat tergantung pada tipe arthritis yang tepat yang hadir. Diagnosis yang akurat meningktakan kesempatan-kesempatan untuk perawatan yang sukses. Perawatan-perawatan tersedia termasuk terapi fisik, splinting, aplikasi bungkusan dingin, paraffin wax dips, obat-obat antiperadangan, obat-obat yang mengubah imun, dan operasi-operasi.

Dampak Keuangan Nasional Dari Arthritis
Telah diperkirakan bahwa total biaya dari tagihan arthritis untuk Amerika, dalam hal-hal opname rumah sakit, kunjungan-kunjungan dokter, obat-obat, terapi-terapi fisik, perawatan dirumah, gaji-gaji yang hilang, kematian yang dini, dan perselisihan keluarga adalah lebih dari 50 milyar US dollar per tahun.

Ini belum termasuk hampir 2 milyar US dolar yang dikeluarkan setiap tahun di Amerika pada obat-obat yang tidak terbukti oleh pasien-pasien yang mengatasi gejala-gejala mereka atas tindakan mereka sendiri.
Definisi Seorang Rheumatologist

Seorang rheumatologist adalah seorang dokter medis yang mengkhususkan diri pada perawatan yang bukan operasi dari penyakit-penyakit rheumatik, terutama arthritis.

Rheumatologists mempunyai perhatian-perhatian khusus dalam ruam kulit yang tidak dapat dijelaskan, demam, arthritis, anemia, kelemahan, kehilangan berat badan, kelelahan, nyeri sendi atau otot, penyakit autoimun, dan anorexia. Mereka seringkali melayani sebagai penasehat-penasehat, bertindak seperti detektip-detektip medis pada permintaan dari dokter-dokter lain.

Rheumatologists mempunyai ketrampilan-ketrampilan khusus dalam mengevaluasi lebih dari 100 bentuk-bentuk dari arthritis dan mempunyai perhatian-perhatian khusus pada rheumatoid arthritis, spondylitis, psoriatic arthritis, systemic lupus erythematosus, antiphospholipid syndrome, penyakit Still, dermatomyositis, sindrom Sjogren, vasculitis, scleroderma, mixed connective tissue disease, sarcoidosis, penyakit Lyme, osteomyelitis, osteoarthritis, nyeri punggung, gout, pseudogout, relapsing polychondritis, Henoch-Schonlein purpura, penyakit serum, reactive arthritis, penyakit Kawasaki, fibromyalgia, erythromelalgia, Raynaud's disease, nyeri-nyeri yang bertumbuh, iritis, osteoporosis, reflex sympathetic dystrophy, dan lain-lain.

Latihan rheumatologi orang dewasa yang klasik termasuk empat tahun sekolah kedokteran, satu tahun masa latihan suatu keahlian dalam kedokteran internal, dua tahun tempat kediaman dari kedokteran internal, dan dua tahun rheumatology fellowship. Ada pengurus subkhusus untuk sertifikasi rheumatologi, ditawarkan oleh American Board of Internal Medicine, yang dapat menyediakan sertifikasi pengurus untuk menyetujui rheumatologists.

Pediatric rheumatologists adalah dokter-dokter yang berspesialisasi dalam menyediakan perawatan yang menyeluruh pada anak-anak (begitu juga keluarga-keluarga mereka) dengan penyakit-penyakit rheumatik, terutama arthritis.

Pediatric rheumatologists adalah dokter-dokter anak-anak yang telah menyelesaikan latihan khusus tambahan dua sampai tiga tahun dalam rheumatologi anak-anak dan biasanya disertifikasi oleh pengurus dalam rheumatologi anak-anak.

Definisi Yayasan Arthritis
Yayasan Arthritis adalah satu-satunya organisasi kesehatan sukarela nasional yang maksudnya diarahkan semata-mata pada semua bentuk-bentuk dari arthritis. Yayasan Arthritis mempunyai program-program nasional dan internasional yang melibatkan dukungan untuk penelitian ilmiah, informasi dan pendidikan publik untuk pasien-pasien yang terpangaruh dan keluarga-keluarga mereka, pelatihan dari spesialis-spesialis, kesadaran publik, bantuan komunitas lokal.

Cabang-cabang lokal dari yayasan arthritis melayani untuk menyebarkan informasi tentang arthritis dan penyakit-penyakit rheumatik begitu juga berfungsi sebagai pusat-pusat perujukan. Lebih dari itu, banyak dari bentuk-bentuk yang beragam dari arthritis mempunyai yayasan-yayasan mereka sendiri yang melayani sebagai sumber-sumber informasi dan perujukan untuk komunitas-komunitas lokal.

Ringkasan
Adalah tujuan akhir dari penelitian arthritis secara ilmiah bahwa program-program optimal dirancang (didisain) untuk setiap dari banyak bentuk dari arthritis. Bidang ini akan berlanjut untuk berkembang ketika perbaikan-perbaikan berkembang dalam diagnosis dan perawatan dari arthritis dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar