Kamis, 03 Maret 2011

Mimisan / Perdarahan Hidung

Mengapa orang-orang mendapat Mimisan ?

Hidung adalah suatu bagian dari tubuh yang kaya dengan pembuluh-pembuluh darah (vascular) dan berada pada suatu posisi yang mudah terluka karena ia menonjol keluar dari muka. Sebagai akibatnya, luka (trauma) pada muka dapat menyebabkan luka hidung dan perdarahan. Perdarahan mungkin sedalam-dalamnya atau hanya suatu komplikasi kecil saja. Perdarahan hidung dapat terjadi secara spontan ketika selaput-selaput hidung mengering dan retak. Ini adalah umum di iklim-iklim yang kering, atau selama bulan-bulan dingin ketika udara kering dan panas dari alat-alat pemanas rumah tangga. Orang-orang menjadi lebih rentan pada perdarahan jika mereka meminum obat-obatan yang mencegah penggumpalan darah normal [warfarin (Coumadin), aspirin, atau obat-obat anti-peradangan apa saja]. Pada situasi ini, bahkan suatu luka kecil dapat beakibat pada perdarahan yang signifikan.

Timbulnya kejadian perdarahan hidung adalah lebih tinggi selama bulan-bulan musim dingin ketika infeksi-infeksi pernapasan bagian atas lebih sering, dan temperatur dan kelembaban berfluktuasi lebih dramatis. Apalagi, perubahan-perubahan dari suatu dingin yang sengit diluar lingkungan ke suatu rumah yang hangat, kering dan dihangatkan, berakibat pada kekeringan dan perubahan-perubahan didalam hidung yang akan membuat dia lebih rentan pada perdarahan. Perdarahan hidung juga terjadi di iklim-iklim panas dan kering dengan kelembaban yang rendah, atau ketika ada perubahan musim-musim. Faktor-faktor berikut memberi kecenderungan perdarahan hidung pada orang-orang:

* Infeksi
* Luka/Trauma, termasuk yang dibuat sendiri dengan mengorek hidung
* Alergi dan nonalergi rhinitis
* Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
* Penggunaan dari obat-obat pengencer darah
* Penyalahgunaan Alkohol
* Penyebab-penyebab yang lebih tidak umum termasuk tumor-tumor dan persoalan-persoalan perdarahan yang diwariskan

Memberhentikan Mimisan / Perdarahan Hidung yang Umum

Kebanyakan orang yang mengembangkan perdarahan hidung dapat menangani persoalan itu tanpa perlunya seorang dokter jika mereka mengikuti rekomendasi-rekomendasi dibawah:

1. Pencet semua bagian-bagian yang lunak dari hidung bersama antara jempol dan telunjuk anda.
2. Tekan yang kuat menuju ke muka - mampatkan bagian-bagian dari hidung yang dipencet pada tulang-tulang muka.
3. Bersandar sedikit maju dengan kepala miring kedepan. Bersandar kebelakang atau miringkan kepala kebelakang mengizinkan darah mengalir balik kedalam sinus-sinus anda dan tenggorokan dan dapat menyebabkan penyumbatan atau penghisapan darah.
4. Tahan hidung untuk paling sedikit lima menit. Ulangi seperlunya hingga hidung berhenti berdarah.
5. Duduk dengan tenang, pertahankan kepala lebih tinggi dari pada tinggi jantung. Jangan berbaring atau menaruh kepala anda diantara kaki-kaki anda.
6. Gunakan es (dibungkus didalam handuk) pada hidung dan pipi.

Mencegah Hidung dari Perdarahan lagi

1. Pulang kerumah dan istirahat dengan kepala diangkat 30 sampai 45 derajat.
2. Jangan meniup hidung anda atau menaruh barang apa saja kedalamnya. Jika anda harus bersin, buka mulut anda sedemikian rupa sehingga udara akan keluar dari mulut dan tidak melalui hidung.
3. Jangan menggunakan tenaga waktu mengeluarkan feces. Gunakan suatu pelembut feces (contohnya, Colace).
4. Jangan meregang atau membungkuk untuk mengangkat barang apa saja yang berat.
5. Coba pertahankan kepala anda lebih tingi dari tinggi jantung anda.
6. Jangan merokok
7. Bertahan pada makanan yang lunak dan sejuk. Jangan meminum minuman panas untuk paling sedikit 24 jam.
8. Jangan minum obat-obat apa saja yang akan mengencerkan darah [aspirin, ibuprofen, clopidogrel bisulfate (Plavix) atau warfarin (Coumadin)]. Jika ini telah diresepkan oleh dokter anda, anda perlu mengontak mereka mengenai pemberhentian obat-obatan ini.
9. Dokter anda mungkin merekomendasikan beberapa bentuk dari obat salep pelumas untuk bagian dalam dari hidung.
10. Jika perdarahan kembali terjadi, coba bersikan hidung dari gumpalan-gumpalan dengan mengendus kuat-kuat. Anda dapat sementara menggunakan suatu penyemprot yang menghilangkan kemampatan hidung (nasal decongestant spray), seperti Afrin atau Neo-Synephrine. Tipe-tipe penyemprot ini menyempitkan pembuluh-pembuluh darah. (Catatan: Jika digunakan untuk banyak hari, ini dapat menyebabkan kecanduan dan jangan gunakan jika anda mempunyai tekanan darah tinggi.)
11. Ulangi langkah-langkah diatas untuk bagaimana memberhentikan perdarahan hidung yang umum. Jika perdarahan bertahan, panggil dokter dan/atau kunjungi kamar darurat.

Tindakan-Tindakan pencegahan untuk Perdarahan Hidung

Penyebab yang paling umum dari perdarahan hidung adalah kekeringan dari selaput-selaput hidung. Jika anda mudah mendapat perdarahan hidung yang berulang, seringkali berguna untuk mencoba melumasi hidung dengan suatu obat salep dari beberapa tipe. Ini dapat dioles secara perlahan dengan suatu Q-tip atau ujung jari anda kedalam hidung, terutama pada porsi tengah (the septum). Banyak pasien-pasien menggunakan A & D ointment, Mentholatum, Polysporin/Neosporin ointment, atau Vaseline. Saline mist nasal spray juga sering berguna (Ocean Spray).

Memanggil Dokter atau Melapor pada Kamar Darurat

* Jika perdarahan tidak dapat dihentikan atau tetap terus terjadi.
* Jika perdarahan cepat, atau jika kehilangan darah yang besar.
* Jika anda merasa lemah atau pusing ingin pingsan, diperkirakan dari kehilangan darah.

Jika perdarahan hidung bertahan atau berulang, kunjungi dokter anda, yang mungkin kemudian merekomendasikan pemberhentian perdarahan dengan suatu alat pemanas atau kain penyeka kimia (pembakaran/cautery dari pembuluh darah yang menyebabkan kesusahan) atau aplikasi dari suatu obat topikal (topical medicine) disebut thrombin yang mempromosikan penggumplan darah lokal. Tes-tes darah mungkin dapat diperintahkan untuk memeriksa kelainan-kelainan perdarahan. Jika perdarahan masih tetap bertahan, dokter mungkin menempatkan nasal packs, yang mengkompres pembuluh-pembuluh dan menghentikan perdarahan. Pada situasi-situasi yang jarang, anda mungkin diopname atau memerlukan perawatan operasi atau suatu prosedur dimana material digunakan untuk menutup pembuluh-pembuluh yang berdarah didalam hidung (angiographic embolization).

Dokter Menempatkan Nasal Packs

Nasal packs digunakan ketika tindakan-tindakan yang kurang konservatif gagal. seringkali ditempatkan pada kedua sisi hidung. umumnya terbuat dari suatu material disebut "Merocel" yang adalah suatu material seperti spon yang dikompres digunakan untuk membantu mengkompres daerah hidung yang berdarah. Dokter umumnya tidak membuang mereka untuk beberapa hari (dua sampai tiga hari). Ini memerlukan suatu janji temu berikutnya.

Anda akan memerlukan seseorang untuk mengantar dan membawa pulang anda setelah nasal packs dilepas. Selama waktu ini, anda mungkin diresepkan obat-obat antibiotik dan sakit jika diperlukan.

Adalah umum untuk hidung mengeluarkan suatu material sedikit berwarna darah. Kain kasa yang ditekuk ditempel dibawah hidung seringkali berguna. Dokter anda mungkin mengizinkan anda ntuk membersihkan lubang hidung anda dengan Q-tips yang direndam dengan hydrogen peroxide. Akhirnya, anda harus mempertimbangkan metode-metode pencegahan yang dibahas diatas untuk membantu menghindari perdarahan lagi.

Ingat, pasien-pasien dengan perdarahan hidung jangan minum aspirin atau produk-produk pengencer darah lain apa saja. Jika pasien-pasien sudah minum obat-obat ini ketika perdarahan hidung terjadi, mereka harus konsultasi dengan dokter mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar