Kamis, 03 Maret 2011

Telinga Perenang (Swimmer's Ear)

Definisi Telinga Perenang Atau Otitis Eksternal Akut
Otitis eksternal atau telinga perenang adalah infeksi dari kulit yang menutupi telinga bagian luar dan kanal telinga. Otitis eksternal akut umumnya adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh tipe-tipe bakteri streptococcus, staphylococcus, atau pseudomonas. Infeksit telinga perenang biasanya disebabkan oleh paparan air yang berlebihan. Ketika air mengumpul dalam kanal telinga (seringkali terjebak oleh wax), kulit akan menjadi lembab dan melayani sebagai media pembiakan yang mengundang untuk bakteri-bakteri. Sayatan-sayatan atau luka-luka lecet pada lapisan dari kanal telinga (contohnya, dari luka cotton bud) dapat juga memberi kecenderungan pada infeksi bakteri dari kanal telinga.

Gejala-Gejala Telinga Perenang

Gejala pertama dari infeksi adalah bahwa telinga akan merasa penuh, dan ia mungkin gatal. Berikutnya, kanal telinga akan membengkak dan aliran telinga akan mengikutinya. Pada stadium ini telinga akan menjadi sangat menyakitkan, terutama dengan gerakan dari bagian luar telinga. Kanal telinga dapat membengkak tertutup, dan sisi dari muka dapat membengkak. Akhirnya, kelenjar-kelenjar dari leher mungkin membesar, membuatnya sulit atau nyeri untuk membuka rahang. Orang-orang dengan telinga perenang mungkin mengalami kapasitas pendengaran yang berkurang pada telinga yang terpengaruh.

Definisi Telinga Perenang Kronis

Telinga perenang kronis (berjangka panjang) dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, kondisi kulit (eczema atau seborrhea), jamur (Aspergillosis), iritasi kronis (seperti dari penggunaan bantuan pendengaran, pemasukan cotton bud, dllnya), alergi, pengaliran yang kronis dari penyakit telinga tengah, tumor-tumor (jarang), atau ia mungkin hanya dari kebiasaan gugup seringkali menggaruk telinga. Pada beberapa pasien-pasien, lebih dari satu faktor mungkin terlibat. Contohnya, seorang pasien dengan eczema mungkin sesudah itu mengembangkan aliran telinga yang hitam. Ini menyarankan infeksi jamur yang menyertainya.

Perawatan-perawatan standar dan tindakan-tindakan pencegahan, seperti dicatat dibawah, seringkali adalah semua yang diperlukan untuk merawat bahkan kasus dari otitis eksternal kronis. Bagaimanapun, pada orang-orang dengan diabetes atau mereka yang dengan sistim-sistim imun yang tertekan, telinga perenang yang kronis dapat menjadi penyakit yang serius (malignant external otitis). Malignant external otitis adalah misnomer (istilah yang tak cocok) karena ia bukan tumor atau kanker, namun agaknya infeksi bakteri yang agresif (khususnya Pseudomonas) dari dasar tengkorak.

Perawatan Telinga Perenang

Tanpa menghiraukan penyebabnya, kelembaban dan iritasi akan memperpanjang perjalanan dari persoalan. Untuk sebab ini, telinga harus dipertahankan kering. Ketika mandi atau berenang gunakan penyumbat telinga, atau gunakan cotton dengan Vaseline pada bagian luar.

Menggaruk bagian dalam telinga atau menggunakan cotton bud harus dihindari. Ini hanya akan memperburuk kulit yang teriritasi, dan pada kebanyakan situasi-situasi akan memperburuk kondisi. Faktanya, menggaruk telinga bagian dalam akan hanya membuat telinga lebih gatal, dan obat-obat apa saja yang diresepkan akan menjadi tidak efektif. Bantuan pendengaran harus dikeluarkan sebanyak mungkin hingga pembengkakan dan pengeluaran kotoran berhenti.

Perawatan yang paling umum terdiri dari obat-obat tetes telinga yang mengandung antibiotik-antibiotik atau antibiotik-antibiotik dengan corticosteroids untuk mengurangi peradangan. Antibiotik-antibiotik oral mungkin juga diperlukan pada beberapa kasus-kasus. Ini harus digunakan seperti yang diarahkan. Pada beberapa situasi-situasi, "wick" akan perlu ditempatkan pada kanal telinga untuk membuatnya terbuka dan melayani sebagai saluran untuk obat-obat tetes telinga. Berkala, dan adakalanya seringkali, pengisapan dari kanal telinga membantu mempertahankannya terbuka, mengeluarkan puing-puing, dan mengurangi jumlah-jumlah bakteri.

Mencegah Telinga Perenang

1. Mengurangi paparan pada air. Jika anda mudah mendapat infeksi, adalah sebaiknya bahwa anda menggunakan penyumbat telinga ketika anda mandi atau berenang. Obat-obat tetes telinga perenang atau obat-obat tetes alkohol (Swim-EAR®) yang digunakan dalam telinga setelah paparan pada air yang diikuti dengan mengeringkan telinga dengan pengering rambut yang dipegang pada jarak panjangnya lengan akan seringkali membantu mempertahankan telinga bebas dari kelembaban.
2. Jangan memasukan alat-alat, menggaruk, atau menggunaka cotton bud dalam telinga-telinga.
3. Coba pertahankan telinga bebas dari wax. Ini mungkin memerlukan kunjungan-kunjungan pada dokter untuk mendapatkan telinga-telinga anda dibersihkan.
4. Jika anda telah mempunyai infeksi telinga, atau jika anda mempunyai lubang pada gendang telinga anda, atau jika anda telah mempunyai operasi telinga atau tabung-tabung telinga, pertama konsultasikan dokter anda sebelum berenang dan sebelum anda menggunakan segala tipe dari obat-obat tetes telinga.
5. Larutan tetesan telinga pencegah dapat dibuat dengan murah dan mudah dengan mencampurkan bagian-bagian yang sama dari alkohol penggosok dan cuka putih (campuran 50:50 ). Larutan ini akan meningkatkan kecepatan penguapan dari air dalam kanal telinga dan mempunyai sifat-sifat antibakteri. Menggunakan larutan ini untuk membilas telinga sebelum dan setelah paparan air dapat melayani sebagi tindakan pencegahan terhadap infeksi.
6. Tetesan telinga Mineral oil dapat digunakan untuk melindungi telinga dari air ketika kondisi kulit yang kering berkerak hadir.

Telinga-Telinga Yang Gatal

Telinga-telinga yang gatal dapat membuat seseorang menjadi gila (kesal). Ia dapat menjadi tanda pertama dari infeksi, namun jika persoalannya adalah kronis, ia lebih mungkin disebabkan oleh dermatitis kronis dari kanal telinga. Seborrheic dermatitis dan eczema keduanya dapat mempengaruhi kanal telinga. Sebenarnya tidak ada penyembuhan untuk persoalan ini, namun ia dapat dibuat tolerir dengan penggunaan obat-obat tetes dan cream-cream steroid. Orang-orang dengan persoalan-persoalan ini adalah lebih mudah mendapatkan infeksi-infeksi akut. Penggunaan penyumbat-penyumbat telinga, tetes-tetes alkohol, dan bukan alat dari telinga adalah pencegahan yang terbaik untuk infeksi. Perawatan-perawatan lain untuk alergi-alergi mungkin juga membantu telinga-telinga yang gatal.

Yang Dilakukan Jika Benda Asing Atau Serangga Masuk Kedalam Telinga

Benda-benda asing seringkali ditempatkan dalam telinga oleh anak-anak muda atau terjadi secara tidak disengaja ketika mencoba untuk membersihkan atau menggaruk telinga. Sering ada infeksi telinga eksternal yang menyertainya. Pengeluaran/pengangkatan dari segala benda dari telinga dapat menjadi sangat sulit, dan harus hanya dilakukan oleh dokter yang terampil dalam teknik-teknik pengangakatan yang aman. Biasanya ini dapat dilakukan di ruang praktek dokter, namun adakalanya pembiusan total harus digunakan pada kasus-kasus dimana bendanya tertanam terlalu dalam di telinga atau jika pasien tidak kooperatif. Adalah enting untuk mengingat bahwa sebab yang paling umum telinga terluka dari benda asing adalah karena kerusakan yang lalai yang terjadi selama pengangkatan/pengeluaran benda.

Serangga-serangga atau kutu-kutu mungkin juga terperangkap dalam telinga. Nyamuk-nyamuk kecil mungkin terperangkap pada wax telinga dan tidak dapat terbang keluar. Mereka seringkali dapat dicuci keluar dengan air hangat. Serangga-serangga atau kutu-kutu yang lebih besar mungkin tidak mampu untuk berbalik dalam kanal yang sempit. Jika serangga atau kutu masih hidup, pertama membunuhnya dengan mengisikan telinga dengan mineral oil. Ini akan menyebabkan serangga mati lemas, kemudian cari dokter untuk mengeluarkannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar