Kamis, 03 Maret 2011

Radiculopathy

Definisi Radiculopathy

Radiculopathy adalah kondisi yang disebabkan oleh syaraf yang terjepit (tertekan) pada spine (tulang belakang) yang dapat meyebabkan nyeri, mati rasa, kesemutan, atau kelemahan sepanjang jalur syaraf. Radiculopathy dapat terjadi pada bagian apa saja dari spine, namun adalah paling umum pada punggung bagian bawah (lumbar radiculopathy) dan pada leher (cervical radiculopathy). Ia kurang umum ditemukan pada bagian tengah dari spine (thoracic radiculopathy).
Faktor-Faktor Risiko Untuk Radiculopathy

Faktor-faktor risiko untuk radiculopathy adalah aktivitas-aktivitas yang menempatkan beban yang berlebihan atau yang berulangkali pada spine. Pasien-pasien yang terlibat pada pekerjaan yang berat atau olahraga-olahraga kontak adalah lebih cenderung mengembangkan radiculopathy daripada mereka yang dengan gaya hidup yang lebih banyak duduk terus menerus. Sejarah radiculopathy keluarga atau penyakit-penyakit spine lain juga meningkatkan risiko mengembangkan radiculopathy.

Penyebab-Penyebab Radiculopathy

Radiculopathy disebabkan oleh kompresi (penekanan) atau iritasi dari syaraf-syaraf ketika mereka keluar (meninggalkan) dari spine. Ini dapat disebabkan oleh kompresi mekanik dari syaraf oleh hernia cakram (disk herniation), bone spur (osteophytes) dari osteoarthritis, atau dari penebalan dari ligamen-ligamen yang mengelilinginya.

Penyebab-penyebab lain yang kurang umum dari kompresi mekanik dari syaraf-syaraf adalah dari tumor atau infeksi. Salah satu dari ini dapat mengurangi jumlah ruang pada spinal canal (kolom tulang belakang) dan menekan syaraf yang meninggalkannya (keluar).

Scoliosis dapat menyebabkan syaraf-syaraf pada satu sisi spine menjadi tertekan oleh curve (garis lengkung) spine yang abnormal.

Penyebab-penyebab lain dari radiculopathy temasuk diabetes yang dapat mengurangi aliran darah yang normal ke syaraf-syaraf tulang belakang. Peradangan dari trauma atau degenerasi dapat menjurus pada radiculopathy dari peradangan langsung dari syaraf-syaraf.

Gejala-Gejala Dari Radiculopathy

Gejala-gejala dari radiculopathy tergantung pada syaraf-syaraf mana yang dipengaruhi. Syaraf-syaraf yang keluar dari leher (cervical spine) mengontrol otot-otot dari leher dan lengan-lengan dan mensuplai sensasi disana. Syaraf-syaraf dari bagian tengah punggung (thoracic spine) mengontrol otot-otot dari dada dan perut dan mensuplai sensasi disana. Syaraf-syaraf dari punggung bagian bawah (lumbar spine) mengontrol otot-otot dari pantat dan tungkai-tungkai (legs) dan mensuplai sensasi disana.

Gejala-gejala yang paling umum dari radiculopathy adalah nyeri, mati rasa dan kesemutan pada lengan-lengan atau tungkai-tungkai. Adalah umum untuk pasien-pasien untuk juga serta telah melokalisir nyeri leher atau punggung . Lumbar radiculopathy yang menyebabkan nyeri yang menyebar menuruni anggota tubuh bagian bawah umumnya dirujuk sebagai sciatica. Thoracic radiculopathy menyebabkan nyeri dari punggung tengah yang berjalan berkelilng ke dada. Ia seringkali disalahartikan untuk shingles.

Beberapa pasien-pasien mengembangkan kesensitifan yang sangat pada sentuhan yang ringan yang dirasakan menyakitkan pada area yang terlibat. Secara kurang umum, pasien-pasien dapat mengembangkan kelemahan pada otot-otot yang dikontrol oleh syaraf-syaraf yang terpengaruh. Ini dapat mengindikasikan kerusakan syaraf.

Mendiagnosa Radiculopathy

Diagnosis dari radiculopathy mulai dengan sejarah medis dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Selama sejarah medis, dokter akan bertanya pertanyaan-pertanyaan tentang tipe dan lokasi dari gejala-gejala, berapa lama mereka telah hadir, apa yang membuat mereka lebih baik atau lebih buruk, dan persoalan-persoalan medis lain apa yang hadir. Dengan mengetahui lokasi yang tepat dari gejala-gejala pasien, dokter dapat membantu melokalisir syaraf yang bertanggung jawab. Pemeriksaan fisik akan berfokus pada anggota tubuh yang terlibat. Dokter akan memeriksa kekuatan, sensasi dan refleks-refleks otot untuk melihat apakah ada kelainan-kelainan apa saja.

Pasien mungkin kemudian diminta untuk memperoleh studi-studi gambar untuk mencari sumber dari radiculopathy. X-rays sederhana seringkali diperoleh pertama-tama. Ini dapat seringkali mengidentifikasi kehadiran dari trauma atau osteoarthritis dan tanda-tanda awal dari tumor atau infeksi. MRI scan mungkin kemudian diperoleh. Studi ini menyediakan pandangan yang paling baik pada jaringan-jaringan lunak sekitar spine termasuk syaraf-syaraf, cakram dan ligamen-ligamen. Jika pasien tidak mampu untuk memperoleh MRI, mereka mungkin memperoleh CT scan sebagai gantinya untuk menyelidiki kemungkinan kompresi (tekanan) dari syaraf-syaraf.

Pada beberapa kasus-kasus dokter mungkin memerintahkan studi konduksi syaraf atau electromyogram (EMG). Studi-studi ini melihat pada aktivits elektrik sepanjang syaraf dan dapat menunjukan jika ada kerusakan pada syaraf.

Perawatan Untuk Radiculopathy

Untungnya, kebanyakan orang-orang dapat memperoleh pembebasan yang baik dari gejala-gejala radiculopathy mereka dengan perawatan konservatif. Ini mungkin termasuk obat-obat anti peradangan, terapi fisik atau perawatan chiropractic, dan menghindari aktivitas yang menegangkan leher atau punggung. Mayoritas dari pasien-pasien radiculopathy merespon dengan baik pada perawatan konservatif ini, dan gejala-gejala seringkali membaik dalam enam minggu sampai tiga bulan.

Jika pasien-pasien tidak membaik dengan perawatan-perawatan yang didaftar diatas mereka mungkin mendapat manfaar dari suntikan steroid epidural. Dengan bantuan dari mesin X-ray, dokter menyuntikan obat steroid antara tulang-tulang dari spine yang berdekatan pada syaraf-syaraf yang terlibat. Ini dapat membantu untuk dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi dari syaraf dan membantu mengurangi gejala-gejala dari radiculopathy.

Pada beberapa kasus-kasus gejala-gejala berlanjut meskipun dengan semua dari opsi-opsi perawatan diatas. Jika ini terjadi dan gejala-gejalanya berat, operasi mungkin adalah opsi (pilihan). Tujuan dari operasi adalah mengeluarkan kompresi (tekanan) dari syaraf yang terpengaruh. Tergantung pada penyebab dari radiculopathy, ini dapat dilakukan dengan laminectomy atau discectomy. Laminectomy mengeluarkan bagian yang kecil dari tulang yang menutupi syaraf untuk mengizinkannya mempunyai ruang tambahan. Discectomy mengeluarkan bagian dari cakram yang telah keluar menonjol dan menekan syaraf.

Mencegah Radiculopathy

Tidak ada pencegahan spesifik untuk radiculopathy. Mempertahankan berat badan yang layak, kondisi otot yang baik, dan menghindari penegangan yang berlebihan pada leher dan punggung dapat mengurangi kesempatan-kesempatan mengembangkan radiculopathy.

Prognosis Untuk Radiculopathy

Prognosis untuk radiculopathy adalah baik. Mayoritas dari pasien-pasien merespon dengan baik pada opsi-opsi perawatan konservatif. Pasien-pasien yang memerlukan prosedur-prosedur operasi secara khas memperoleh hasil-hasil yang baik serta dengan tidak ada restriksi-restriksi (pembatasan-pembatasan) jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar