Kamis, 03 Maret 2011

Sakit Tenggorokan (Pharyngitis)

Penyebab Sakit Tenggorokan (Pharyngitis)

Sakit tenggorokan dapat mempunyai banyak sebab-sebab termasuk:

1. Virus-virus yang umum, dan bahkan virus-virus yang menyebabkan mononucleosis (mono) dan flu, dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Beberapa virus-virus dapat juga menghasilkan blisters(gelembung-gelembung) dalam mulut dan tenggorokan ("aphthous stomatitis").
2. Bernapas melalui mulut dapat menghasilkan kekeringan dan luka-luka tenggorokan.
3. Sinus drainage (post nasal drip) mungkin menyebabkan sakit tenggorokan.
4. Sakit tenggorokan dapat juga disebabkan oleh bakteri-bakteri. Dua bakteri-bakteri yang paling umum yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah Streptococcus (yang menyebabkan strep throat atau sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri stretokokus) dan Arcanobacterium haemolyticum. Arcanobacterium menyebabkan luka-luka tenggorokan terutama pada dewasa-dewasa muda dan adakalanya berhubungan dengan ruam merah yang halus.
5. Sakit tenggorokan yang timbul setelah perawatan dengan antibiotik-antibiotik, kemoterapi, atau obat-obat lain yang mengkompromikan imun mungkin disebabkan oleh Candida, umumnya dikenal sebagai "thrush".
6. Sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari dua minggu dapat menjadi tanda dari penyakit yang serius, seperti kanker tenggorokan atau AIDS.

Yang Dapat Diperbuat Dirumah Untuk Sakit Tenggorokan

Umumnya, sakit-sakit tenggorokan harus menjalani perjalanan-perjalanan mereka (pengecualian, strep throat akan ditanggapi dibawah).

* Berkumur air garam, permen-permen keras, spray-spray (contohnya, Chloraseptic) dan lozenges dapat menyediakan pembebasan nyeri sementara. (Perhatian: Lozenges dan permen yang keras adalah bahaya tercekik untuk anak-anak . Hindari penggunaan mereka pada anak-anak kecil.)
* Pelembab mungkin bermanfaat dalam membebaskan gejala-gejala, terutama pada luka-luka tenggorokan yang disebabkan oleh pernapasan mulut dan udara yang kering.
* Acetaminophen atau ibuprofen mungkin membantu mengontrol nyeri.
* Untuk kaum dewasa, jika hidung anda tersumbat, spray-spray hidung seperti Afrin mungkin digunakan untuk dua sampai tiga hari untuk mencegah pernapasan mulut. Adalah bukan idea yang baik untuk menggunakan produk-produk ini untuk lebih dari beberapa hari; anda mungkin menjadi tergantung pada mereka.
* Produk-produk decongestant lain, seperti Sudafed, mungkin bermanfaat.

Jika anda mempunyai persoalan-persoalan jantung seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, kontak dokter anda sebelum menggunakan produk-produk ini.

Definisi Strep Throat Dan Mengapa Ia Berbeda

Strep throat disebabkan oleh bakteri Streptococcus, yang adalah bakteri yang sama yang menyebabkan demam rhematik. Hanya 5%-10% dari luka-luka tenggorokan dewasa disebabkan oleh strep, sedangkan kira-kira 15%-40% dari luka-luka tenggorokan pada anak-anak berhubungan dengan strep. Untuk sebab ini, banyak dokter-dokter akan merekomendasikan tes "Strep cepat" untuk pasien dengan luka atau sakit tenggorokan. Tes "Strep cepat" dapat biasanya dilakukan ditempat praktek dokter dan memakan waktu 15-20 menit. Jika hasilnya negatif, ia seringkali diikuti dengan pembiakan strep. Jika keduanya dari ini adalah positif, sakit tenggorokan umumnya dirawat dengan penicillin atau antibiotik-antibiotik lain.

Obyektif utama dari perawatan strep throat adalah untuk mencegah perkembangan dari demam rhematik, penyakit serius yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan kerusakan klep jantung. Bagaimanapun, antibiotik-antibiotik tidak dengan sendirinya mempercepat penyembuhan dari sakit tenggorokan, dan antibiotik-antibiotik tidak berguna untuk sakit tenggorokan kecuali ia disebabkan oleh strep. Penyakit lain yang berhubungan dengan strep, demam scarlet, dapat menyebabkan ruam, namun tidak akan menyebabkan luka jantung atau nyeri sendi.

Ketika Harus Mencari Perawatan Medis Untuk Sakit Tenggorokan

Cari perawatan medis:

1. Jika anda telah ada kontak dengan seseorang dengan strep throat dan anda mempunyai sakit tenggorokan, adalah bijaksana untuk mendapatkan tes strep.
2. Jika sakit tenggorokan anda berhubungan dengan demam, "kelenjar-kelenjar" (nodul-nodul limpa) yang bengkak, atau tempelan-tempelan putih pada belakang dari tenggorokan anda.
3. Jika sakit tenggorokan anda tidak berhubungan dengan gejala-gejala selesma lain (hidung yang ingusan, mata-mata yang berair, penyumbatan sinus).
4. Sakit tenggorokan apa saja yang mempunyai penimbulan tiba-tiba dan berhubungan dengan demam.
5. Jika anda mempunyai kesulitan menelan cairan-cairan (nyeri dengan menelan diharapkan dengan sakit tenggorokan).
6. Jika sakit tenggorokan anda bertahan lebih dari seminggu.
7. Jika anda mempunyai sakit tenggorokan dan bagian depan dari leher anda sakit dan kaku.

Jika Saya Mempunyai Episode-Episode Kekambuhan Dari Sakit Tenggorokan Yang Berkali-Kali

Ada sejumlah situasi-situasi dimana seorang anak atau dewasa dapat mempunyai tes-tes strep positif yang berulang-ulang.

1. Yang pertama, dan paling umum, adalah bahwa bakteri-bakteri strep tidak pernah dibasmi pada tempat pertama. Orang itu tidak mendapatkan semua dosis-dosis dari obat yang diresepkan. Kecuali anda mengambil perjalanan 7-10 hari sepenuhnya dari penicillin atau erythromycin, strep throat tidak akan bersih. Bahkan kehilangan satu dosis atau dua dapat menjadi persoalan.
2. Individu-individu mungkin adalah "carriers" dari strep (orang-orang yang mempunyai strep di tenggorokan-tenggorokan mereka sepanjang waktu sebagai bagian dari bakteri-bakteri normal mereka). Seseorang mungkin adalah asymptomatic carrier (carrier yang tidak mempunyai gejala-gejala dari sakit tenggorokan). Anda mungkin adalah carrier, seseorang dalam lingkungan dekat anda mungkin adalah carrier - bahkan anjing anda mungkin adalah carrier! Seluruh keluarga harus diuji untuk strep jika ia berulang-ulang.
3. Semua bakteri-bakteri strep throat akan dibasmi oleh penicillin. Jika penicillin tidak memusnahkan strep throat anda, cari dokter anda. Pada kasus-kasus yang jarang, bakteri-bakteri lain dalam tenggorokan dapat mengeluarkan enzim (penicillinase) yang mengurai penicillin. Ini dapat diatasi dengan menggunakan obat yang resisten pada enzim ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar