Kamis, 03 Maret 2011

TELINGA BERDENGUNG (TINNITUS)

Definisi Tinnitus

Tinnitus adalah bunyi yang berdering, berdesir, atau tipe lain yang tampaknya berasal didalam telinga atau kepala. Pada banyak kasus-kasus ia adalah bukan persoalan yang serius, namun agaknya gangguan yang akhirnya menghilang.

Ia bukan penyakit tunggal, namun gejala dari kondisi yang mendasarinya. Hampir 36 juta orang-orang Amerika menderita dari gangguan ini. Pada hampir semua kasus-kasus, hanya pasien yang dapat mendengar bunyinya.
Penyebab Tinnitus

Tinnitus dapat timbul dimana saja dari empat bagian-bagian telinga: telinga bagian luar, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam, dan otak. Beberapa tinnitus atau bunyi kepala adalah normal. Jika seseorang pergi kedalam kamar yang kedap suara dan bunyi luar yang normal dikurangi, maka ia menjadi sadar atas suara-suara normal ini. Kita biasanya tidak sadar atas suara-suara tubuh yang normal ini, karena bunyi luar menyembunyikan mereka. Apa saja, seperti wax atau benda asing di luar telinga, yang menghalangi suara-suara latarbelakang ini akan menyebabkan kita lebih sadar atas suara-suara kepala kita sendiri. Cairan, infeksi, atau penyakit dari tulang-tulang telinga tengah atau gendang telinga (tympanic membrane) dapat juga menyebabkan tinnitus.

Satu dari penyebab-penyebab yang paling umum dari tinnitus adalah kerusakan pada ujung-ujung mikroskopik dari syaraf pendengaran didalam telinga bagian dalam. Usia yang berlanjut umumnya disertai oleh jumlah tertentu dari perburukan syaraf pendengaran, dan sebagai konsekwensi tinnitus. Sekarang ini, paparan bunyi yang keras adalah penyebab yang sangat umum dari tinnitus, dan ia seringkali juga merusak pendengaran. Sayangnya, banyak orang-orang tidak perduli terhadap efek-efek yang merugikan dari bunyi-bunyi keras yang berlebihan, dari senjata-senjata api, dan musik intensitas tinggi. Beberapa obat-obat (contohnya, aspirin) dan penyakit-penyakit lain dari telingan bagian dalam (Meniere's syndrome) dapat menyebabkan tinnitus. Tinnitus dapat pada situasi-situasi yang jarang menjadi gejala dari persoalan-persoalan yang begitu serius seperti aneurysm atau tumor otak (acoustic tumor).
Mengevaluasi Tinnitus

Sejarah medis, pemeriksaan fisik, dan rentetan dari tes-tes khusus dapat membantu menentukan secara tepat dimana tinnitus berasal. Adalah berguna untuk dokter untuk mengetahui apakah tinnitus adalah terus menerus, sebentar-sebentar atau berdenyut (secara sinkron dengan denyut jantung), atau ia berhubungan dengan kehilangan pendengaran atau kehilangan keseimbangan (vertigo). Semua pasien-pasien dengan tinnitus gigih yang tidak dapat dijelaskan memerlukan pengujian pendengaran (audiogram). Pola-pola dari kehilangan pendengaran mungkin memimpin dokter ke diagnosis.

Tes-tes lain, seperti auditory brain stem response (ABR), tes dengan komputer dari syaraf-syaraf pendengaran dan jalan-jalan kecil otak, computer tomography scan (CT scan) atau, magnetic resonance imaging (MRI scan) mungkin diperlukan untuk menyampingkan tumor yang terjadi pada syaraf pendengaran atau keseimbangan. Tumor-tumor ini adalah jarang, namun mereka dapat menyebabkan tinnitus.

Perawatan Tinnitus

Setelah evaluasi yang hati-hati, dokter anda mungkin menemukan penyebab yang dapat diidentifikasikan dan mampu untuk merawat atau membuat rekomendasi-rekomendasi untuk merawat tinnitus. Sekali anda telah mempunyai evaluasi keseluruhan, bagian yang penting dari perawatan adalah pengertian anda sendiri dari tinnitus (apa yang telah menyebabkannya, dan pilihan-pilihan anda untuk perawatan).

Pada banyak kasus-kasus, tidak ada perawatan spesifik untuk tinnitus. Ia mungkin menghilang dengan sendirinya, atau ia menjadi cacat yang permanen yang akan dipunyai pasien untuk hidup dengannya. Beberapa otolaryngologists telah merekomendasikan niacin untuk merawat tinnitus. Bagaimanapun, tidak ada bukti ilmiah untuk menyarankan bahwa niacin membantu mengurangi tinnitus, dan ia mungkin menyebabkan persoalan-persoalan skin flushing.

Pencegahan Tinnitus

Jangan menempatkan obyek-obyek dalam telinga anda seperti cotton swabs (Q-tips) untuk membersihkan telinga anda. Ini dapat menyebabkan wax impaction terhadap gendang telinga anda yang dapat menyebabkan tinnitus. Minum obat-obat tekanan darah dan obat-obat lain yang diresepkan seperti yang diperintahkan oleh dokter anda

Menurut the American Tinnitus Association ada beberapa hal-hal yang dapat anda lakukan untuk melindungi diri anda sendiri dari bunyi yang berlebihan yang berhubungan dengan tinnitus:

* Lindungi pendengaran anda di tempat kerja. Gunakan sumbat-sumbat telinga atau alat-alat penutup telinga.
* Ketika berada di sekitar segala bunyi yang mengganggu telinga-telinga anda (concert, acara olahraga, berburu) pakailah pelindung pendengaran atau mengurangi tingkat-tingkat bunyi.
* Bahkan bunyi-bunyi setiap hari, seperti blow untuk mengeringkan rambut anda atau menggunakan pemotong rumput, dapat memerlukan perlindungan. Siapkan sumbat-sumbat telinga atau penutup-penutup telinga untuk aktivitas-aktivitas ini.

Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Intensitas Tinnitus

Adalah penting untuk menyadari bahwa sistim pendengaran adalah satu dari mekanisme-mekanisme yang paling lembut dan sensitif dalam tubuh. Karena ia adalah bagian dari sistim syaraf umum, ia adalah sensitif, sampai ke beberapa derajat, oleh apa saja yang mempengaruhi kesehatan keseluruhan dari individu (keduanya fisik dan jiwa). Oleh karenanya, dalam rangka untuk mengurangi intensitas dari tinnitus, adalah sebaiknya untuk melakukan setiap usaha untuk:

* Menghindari paparan pada suara-suara dan bunyi-bunyi yang keras.
* Mengontrol tekanan darah.
* Mengurangi pemasukan garam.
* Menghindari stimulan-stimulan syaraf seperti kopi dan cola (kafein) dan tembakau (nikotin).
* Mengurangi ketakutan.
* Coba berhenti untuk mengkhwatirkan tinnitus. Sering, lebih banyak anda khwatir dan berkonsentrasi pada bunyi, lebih keras ia akan menjadi.
* Dapatkan istirahat yang cukup dan hindari kelelahan.
* Latihan
* Gunakan penyembunyi suara. Tinnitus biasanya adalah mengganggu ketika lingkungan-lingkungan sepi, terutama ketika anda ada di ranjang. Suara yang menyaingi seperti detak jam, radio, atau kipas angin mungkin membantu menyembunyikan tinnitus. Alat-alat seperti pembantu pendengaran yang kecil yang menghasilkan suara yang bersaing mungkin membantu mengurangi kesadaran dari tinnitus.
* Biofeedback mungkin membantu atau mengurangi tinnitus pada beberapa pasien-pasien.
* Hindari aspirin atau produk-produk aspirin dalam kwantitas-kwantitas yang besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar