Kamis, 03 Maret 2011

Penyakit Meniere

Definisi Penyakit Meniere

Penyakit Meniere adalah kekacauan dari aliran cairan-cairan dari telinga dalam. Meskipun penyebab dari penyakit Meniere tidak diketahui, ia mungkin berakibat dari kelainan dalam cara cairan telinga dalam diatur. Pada kebanyakan kasus-kasus hanya satu telinga yang terlibat, namun kedua telinga mungkin dipengaruhi pada kira-kira 10% sampai 20% dari pasien-pasien. Penyakit Meniere secara khas mulai antara umur 20 dan 50 tahun (meskipun telah dilaporkan pada hampir semua kelompok umur). Pria-pria dan wanita-wanita sama-sama dipengaruhi. Gejala-gejala mungkin hanya gangguan minor, atau dapat menjadi melumpuhkan, terutama jika serangan-serangan dari vertigo berat/parah, seringkali, dan terjadi tanpa peringatan. Penyakit Meniere juga disebut idiopathic endolymphatic hydrops.

Gejala-Gejala Penyakit Meniere

Gejala-gejala dari penyakit Meniere secara khas termasuk paling sedikit beberapa dari yang berikut:

* Episodic rotational vertigo: Serangan-serangan dari perasaan memutar yang disertai oleh disequilibrium (perasaan ketakseimbangan), mual, dan adakalanya muntah. Ini biasanya adalah gejala yang paling menyusahkan. Vertigo biasanya berlangsung 20 menit sampai dua jam atau bahkan lebih lama. Selama serangan-serangan, pasien-pasien adalah sangat dilumpuhkan, dan ketiduran mungkin mengikutinya. Perasaan ketakseimbangan mungkin berlangsung untuk beberapa hari.
* Tinnitus: Suara meraung, berdengung, seperti mesin, atau berdering dalam telinga. Ia mungkin episodik (kadang-kadang) dengan serangan vertigo atau ia mungkin tetap. Biasanya tinnitus memburuk atau akan tampak tepat sebelum timbulnya vertigo.
* Kehilangan pendengaran: Ia mungkin sebentar-sebentar pada awal timbulnya penyakit, namun melalui waktu ia mungkin menjadi kehilangan pendengaran yang tetap. Ia mungkin melibatkan semua frekwensi-frekwensi, namun paling umum terjadi pada frekwensi-frekwensi yang lebih rendah . Suara-suara yang keras mungkin menjadi tidak nyaman dan tampak menyimpang pada telinga yang terpengaruh.
* Kepenuhan telinga: Biasanya perasaan penuh ini terjadi tepat sebelum timbulnya serangan vertigo.

Mendiagnosa Penyakit Meniere

Diagnosis dari penyakit Meniere terutama dibuat dari sejarah dan pemeriksaan fisik. Tinnitus atau kepenuhan telinga (aural fullness) perlu hadir untk membuat diagnosis. Audiogram adalah bermanfaat untuk menunjukan kehilangan pendengaran, dan untuk menyampingkan kelainan-kelainan lainnya. Adalah seringkali berguna, jika dapat dilakukan secara aman, untuk mempunyai audiogram selama atau segera setelah serangan vertigo. Ini mungkin menunjukan karakteristik kehilangan pendengaran frekwensi rendah. Ketika penyakitnya berlanjut kehilangan pendengaran biasanya memburuk.

Tes-tes lain seperti auditory brain stem response (ABR), tes komputer dari syaraf-syaraf pendengaran dan jalan-jalan kecil otak, computer tomography (CT scan) atau, magnetic resonance imaging (MRI) mungkin diperlukan untuk menyampingkan tumor yang terjadi pada syaraf pendengaran atau keseimbangan. Tumor-tumor ini adalah jarang, namun mereka dapat menyebabkan gejala-gejala yang serupa dengan penyakit Meniere. Evaluasi neurologikal yang penuh dilakukan untuk menyampingkan penyebab-penyebab lain dari vertigo.

Merawat Penyakit Meniere

* Obat-Obat: Diuretic (pil air) seperti triamterene (Dyazide, Maxzide) digabungkan dengan diet rendah garam, adalah perawatan utama dari penyakit Meniere. Obat-obat anti-vertigo seperti meclizine (Antivert, Bonine, Meni-D, Antrizine) atau diazepam (Valium) mungkin menyediakan pembebasan sementara selama serangan-serangan vertigo. Obat-obat anti-mual [contohnya, promethazine (Phenergan)] adakalanya juga diresepkan. Keduanya obat-obat anti-vertigo dan anti-mual mungkin menyebabkan keadaan mengantuk.
* Operasi: Jika serangan-serangan vertigo tidak terkontrol secara medis dan melumpuhkan, satu dari prosedur-prosedur operasi berikut mungkin direkomendasikan tergantung pada situasi perorangan pasien:
o endolymphatic shunt (Prosedur operasi dimana tabung ditempatkan pada kantong endolymphatic yang mengalirkan cairan yang berlebihan dari telinga).
o selective vestibular neurectomy
o labyrinthectomy (pengangkatan labyrinth telinga secara operasi) dan delapan seksi syaraf.

Meskipun tidak ada penyembuhan yang nyata untuk penyakit Meniere, serangan-serangan vertigo dapat dikontrol pada hampir semua kasus-kasus. Jika anda mempunyai vertigo tanpa peringatan, anda harus tidak mengendarai mobil, karena kegagalan untuk mengontrol kendaraan mungkin berbahaya untuk diri anda sendiri dan orang lain. Keamanan mungkin menuntut anda membatalkan naik tangga-tangga, dan berenang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar