Kamis, 03 Maret 2011

Persoalan Tabung EUSTACHIAN

Definisi Tabung Eustachian

Tabung Eustachian adalah suatu tabung yang berasal di belakang dari hidung, menelusuri sedikit jalan keatas, dan berakhir di ruang telinga tengah. Ruang telinga tengah adalah bagian yang berlubang dari tulang tengkorak yang mengandung aparatus (piranti) pendengaran dan ditutup pada satu sisi oleh gendang telinga. Pada kaum dewasa, tabung Eustachian adalah kira-kira 35 mm panjangnya dan kira-kira 3 mm garis tengahnya. Tulang rawan (cartilage) menyediakan struktur pendukung untuk duapertiga pertama dari tabung Eustachian, dengan sepertiga terakhir (bagian yang terdekat pada ruang telinga tengah) terbuat dari tulang.

Jaringan yang melapisi tabung Eustachian adalah serupa dengan yang didalam rongga hidung dan mungkin merespon dengan cara yang sama (membengkak) ketika diperkenalkan dengan stimuli yang serupa. Tabung Eustachian dinamakan dalam penghargaan dari ahli anatomi dari Italia di abad 16 yang bernama Eustachius. Sumber-sumber mengkreditkan Almaceon of Sparta sebagai yang pertama yang menggambarkan strukturnya pada kira-kira 400 BC.

Fungsi-Fungsi Tabung Eustachian

Fungsi utama dari tabung Eustachian adalah untuk mengventilasi (menukar udara) ruang telinga tengah, memastikan bahwa tekanannya tetap dekat pada tekanan udara lingkungan yang normal. Fungsi kedua dari tabung Eustachian adalah untuk mengalirkan sekresi-sekresi apa saja yang terkumpul, infeksi, atau puing-puing dari ruang telinga tengah. Beberapa otot-otot kecil berlokasi dibelakang tenggorokan dan langit-langit mulut mengontrol membuka dan menutupnya tabung. Menelan dan menguap menyebabkan kontraksi-kontraksi dari otot-otot ini dan membantu untuk mengatur fungsi tabung Eustachian. Jika saja itu bukan untuk tabung Eustachian, rongga telinga tengah akan menjadi suatu kantong udara yang terisolasi didalam kepala yang akan menjadi peka (mudah terserang) pada setiap perubahan pada tekanan udara dan menjurus pada telinga yang tidak sehat.

Normalnya, tabung Eustachian tertutup, yang membantu mencegah kontaminasi yang tanpa sengaja dari ruang telinga tengah oleh sekresi-sekresi normal yang ditemukan di belakang hidung. Suatu kelainan fungsi dari tabung Eustachian yang adalah selalu terbuka disebut suatu tabung Eustachian "patulous". Pasien-pasien dengan kondisi yang jarang ini dibebani oleh infeksi-infeksi kronis telinga. Suatu persoalan yang lebih umum adalah suatu kegagalan dari tabung Eustachian untuk mengatur secara efektif tekanan udara. Rintangan yang sebagian atau sepenuhnya dari tabung Eustachian dapat menyebabkan sensasi-sensasi dari meletus, meng-klik, dan kepenuhan telinga dan adakalanya nyeri telinga yang sedang sampai parah/berat. Anak-anak muda mungkin menggambarkan sensasi meletus sebagai "suatu yang menggelitik di telinga saya".

Ketika fungsi tabung Eustachian memburuk, tekanan udara di telinga tengah jatuh, dan telinga terasa penuh dan suara-suara dirasakan sebagai meredam. Akhirnya, suatu ruang hampa diciptakan yang dapat kemudian menyebabkan cairan ditarik kedalam ruang telinga tengah (diistilahkan serous otitis media). Jika cairan menjadi terinfeksi, infeks telinga yang umum (suppurative otitis media) berkembang.

Penyebab Blokade (Kemacetan) Tabung Eustachian

Tabung Eustachian dapat macet, atau terhalangi, untuk suatu keragaman dari sebab-sebab termasuk:

* Penyebab yang paling umum adalah selesma (infeksi pernapasan bagian atas).
* Dengan cara yang sama, infeksi-infeksi sinus dan alergi-alergi mungkin juga menyebabkan pembengkakan dari jaringan yang melapisi tabung Eustachian. Secara mudah dikatakan, suatu hidung yang sesak (mampat) menjurus pada telinga-telinga yang sesak (mampat).
* Anak-anak terutama adalah lebih mudah mendapat blokade (rintangan) pada tabung Eustachian karena tabung-tabung mereka adalah lebih sempit di garis tengahnya, lebih horisontal di orientasinya, dan lebih dekat pada bukaan hidung dari tabung Eustachian ke adenoid.
* Kemungkinan dari suatu adenoid yang membesar yang menghalangi bukaan dari tabung Eustachian adalah sebabnya bahwa pengangkatan adenoid (adenoidectomy) seringkali direkomendasikan pada anak-anak dengan infeksi-infeksi kronis telinga (chronic otitis media).
* Jarang, massa-massa atau tumor-tumor di dasar tengkorak atau nasopharynx dapat menjurus pada halangan dari tabung Eustachian.

Persoalan-persoalan tabung Eustachian dan infeksi-infeksi telinga yang berhubungan dengannya adalah diantara persoalan-persoalan yang paling umum dilihat oleh dokter-dokter. Banyak orang-orang mempunyai persoalan-persoalan kronis mengatur tekanan telinga tengah. Sebab-sebab mencakup dari alergi-alergi ke tabung-tabung Eustachian yang terlalu kecil (seperti yang mungkin menimpa anak-anak dengan Down Syndrome). Pasien-pasien ini sering memcatat kepenuhan telinga yang sebentar-sebentar, telinga yang meletus atau memecah, kehilangan pendengaran yang ringan, telinga-telinga yang berdengung (tinnitus), dan/atau adakalanya keseimbangan yang buruk. Merokok dihubungkan dengan kerusakan pada cilia yang menyapu lendir dan puing-puing dari ruang telinga tengah ke belakang hidung dimana ia mungkin dikeluarkan.
Perubahan-Perubahan Ketinggian (Altitude) Atau Perjalanan Udara Mempengaruhi Persoalan-Persoalan Tabung Eustachian

Suatu perubahan yang cepat dalam ketinggian dan dengan demikian tekanan udara disamakan diseluruh gendang telinga oleh suatu tabung Eustachian yang berfungsi secara normal. Suatu tabung yang sehat terbuka seringkali dan cukup lebar untuk menyamakan perubahan-perubahan dalam tekanan udara ini. Dengan perubahan-perubahan ketinggian sewaktu pendaratan dari suatu pesawat udara, tekanan udara meningkat ketika pesawat turun. Perubahan tekanan udara mendorong gendang telinga kedalam (retraction). Orang-orang dengan kemacetan/rintangan tabung Eustachian dapat mengembangkan kepenuhan telinga, pendengaran yang tumpul, dan kemungkinan nyeri ketika ini terjadi. Mereka yang dengan tabung-tabung Eustachian yang berfungsi secara buruk mungkin mengalami gejala-gejala serupa ketika menggunakan lift (elevators), mengemudi melalui gunung-gunung, atau menyelam ke dasar suatu kolam renang. Penyelam-penyelam Scuba belajar akal-akal (tipu muslihat) untuk menyamakan tekanan-tekanan telinga mereka.

Merawat Rintangan/Kemacetan Tabung Eustachian

Beberapa maneuvermaneuver mungkin dilakukan untuk memperbaiki fungsi tabung Eustachian dan dengan demikian membantu dalam persamaan tekanan udara.

* Tindakan yang sederhana dari menelan mengaktifkan otot-otot dibelakang tenggorokan yang membantu membuka tabung Eustachian. Mengunyah permen karet, minum, atau makan memajukan menelan.
* Menguap adalah bahkan lebih efektif karena ia adalah suatu penggerak otot yang lebih kuat.
* Jika telinga masih terasa penuh, anda dapat mencoba membuka dengan paksa tabung Eustachian dengan mengambil suatu napas yang dalam dan meniup selagi memencet lubang-lubang hidung anda dan menutup mulut anda. Jika anda merasa suatu "pop" anda tahu anda telah berhasil. Jika persoalan-persoalan bertahan meskipun telah dicoba untuk membuka dengan paksa tabung-tabung anda mungkin perlu mencari perhatian medis. Jikia anda merasa pusing melakukan maneuver ini, maka berhenti dan diskusikan ini dengan dokter anda.
* Jika anda mempunyai selesma, sinus atau infeksi telinga atau sedang mempunyai suatu serangan alergi, mungkin sebaiknya menunda suatu perjalanan dengan pesawat udara.
* Dengan cara yang sama, individu-individu dengan persoalan-persoalan tabung Eustachian mungkin menemukan jenis olahraga-olahraga seperti scuba diving menyakitkan, dan dalam beberapa situasi-situasi sungguh berbahaya.
* Bayi-bayi yang berpergian pada pesawat-pesawat udara tidak dapat dengan sengaja meletuskan (pop) telinga-telinga mereka, namun mungkin melakukan begitu jika mereka sedang menyedot pada suatu botol susu atau empeng. Menangis, serupa dalam fungsi pada menguap, akan juga memungkinkan persamaan tekanan udara.

Banyak turis-turis pesawat dengan persoalan-persoalan tabung Eustachian menggunakan suatu pil decongestant (yang menghilangkan rasa sesak atau kemampetan hidung) atau spray hidung satu jam sebelum takeoff, dan jika perlu, sebelum mendarat. Decongestant bekerja menyusutkan selaput-selaput yang melapisi hidung dan tenggorokan, mengizinkan telinga-telinga untuk menyamakan lebih mudah. Dengan cara yang sama, pasien-pasien yang mengalami persoalan-persoalan harian yang kronis dengan kelainan fungsi dari tabung Eustachian dapat mendapatkan manfaat dengan pengontrolan yang agresif dari alergi-alergi (dengan antihistamines, decongestants, dan spray-spray hidung yang diresepkan). Evaluasi alergi dapat berguna. Pada situasi-situasi yang parah, suatu "pressure equalization tube" (PET) dapat ditempatkan secara operasi di gendang telinga, menggantikan peran dari suatu tabung Eustachian yang berfungsi dan makanya menjamin penyamaan dari tekanan telinga tengah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar