Rabu, 09 Maret 2011

OPERASI MATA LASIK

Definisi LASIK

LASIK berdiri untuk laser in situ keratomileusis, yang berarti menggunakan suatu laser dibawah suatu penutup kornea (in situ) untuk merubah bentuk kornea (keratomileusis). Prosedur ini menggunakan suatu laser yang sangat khusus (excimer laser) yang diciptakan untuk merawat refractive error (kesalahan bias), memperbaiki penglihatan, dan mengurangi atau mengeliminasi keperluan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak. Prosedur laser ini merubah bentuk kornea, yang adalah penutup depan yang transparan dari mata. Walaupun excimer laser telah digunakan bertahun-tahun sebelumnya, perkembangan dari LASIK umumnya diberikan penghargaan pada Ioannis Pallikaris dari Yunani sekitar tahun 1991.
Bagaimana LASIK bekerja

Selama prosedur LASIK, seorang ahli bedah mata yang terlatih pertama menciptakan suatu penutup (flap) kornea yang tepat, tipis dan tergantung menggunakan suatu microkeratome. Ahli bedah kemudian menyingkap penutup untuk menyingkapkan jaringan kornea yang teletak dibawahnya, dan kemudian excimer laser mengablasi (merubah bentuk) kornea dalam suatu pola unik yang telah dispesifikasikan untuk setiap pasien. Penutup (flap) kemudian dengan hati-hati di posisikan kembali pada kornea yang terletak dibawahnya tanpa jahitan-jahitan.
Definisi Kesalahan Bias (refractive error)

Pada mata manusia, permukaan depan (kornea) dan lensa didalam mata membentuk "sisitm pemusatan (fokus)" mata dan adalah terutama bertanggung jawab untuk pemusatan (fokus) sinar-sinar cahaya pada permukaan retina, sangat seperti lensa-lensa suatu kamera yang mengfokus sinar pada film. Pada suatu sistim optik yang sempurna, kekuatan dari kornea dan lensa dicocokan secara sempurna dengan panjang mata dan gambar-gambar berada pada fokus; segala ketidakcocokan pada sistim ini disebut suatu kesalahan bias (refractive error), dan hasilnya adalah suatu gambar yang kabur pada beberapa lokasi.
Tipe-Tipe Utama Refractive Error

Myopia (mata dekat): Pada orang-orang dengan myopia, ketidakcocokan dalam kekuatan pemusatan (fokus) dan panjang mata menyebabkan benda-benda jauh menjadi kabur dan benda-benda dekat lebih jelas.

Hyperopia (mata jauh): Pada orang-orang dengan hyperopia, ketidakcocokan dalam kekuatan pemusatan (fokus) dan panjang mata menyebabkan benda-benda dekat menjadi kabur dan benda-benda jauh relatif lebih jelas.

Astigmatism: Pada orang-orang dengan astigmatism, salah satu dari bentuk kornea atau bentuk lensa menyimpang, menyebabkan berbagai gambar-gambar pada retina. Ini menyebabkan benda-benda pada semua jarak-jarak nampak kabur. Banyak orang-orang mempunyai suatu kombinasi dari salah satu dari myopia atau hyperopia dengan astigmatism.
Bagaimana Kacamata-Kacamata Atau Lensa-Lensa Kontak Memperbaiki Penglihatan Pada Orang-Orang Dengan Refractive Error

Kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak digunakan untuk mengimbangi kesalahan bias (refractive error) mata dengan membengkokkan sinar-sinar cahaya dalam suatu cara yang menyempurnakan refractive error mata yang spesifik. Berlawanan dengannya, LASIK dan bentuk-bentuk lain dari operasi refractive (bias) dimaksudkan untuk mengkoreksi refractive error mata untuk mengurangi keperluan untuk bantuan-bantuan penglihatan lain.



Yang Terjadi Pada Penglihatan Jika Kita Menua

Semasa remaja kita, lensa alami mempunyai kemampuan untuk merubah bentuk dan kekuatan. Ini mengizinkan kita untuk fokus pada benda-benda dekat melalui suatu proses perubahan kekuatan lensa yang disebut akomodasi. Ketika kita menua, lensa alami menjadi lebih kaku dan kehilangan kemampuannya untuk merubah bentuk. Ini diistilahkan presbyopia, yang adalah kehilangan akomodasi, dan keperluan untuk kacamata-kacamata baca, bifocal-bifocal, atau alat-alat bantu penglihatan lain untuk memudahkan pekerjaan dekat. LASIK tidak dapat secara langsung memperbaiki akomodasi, namun ada suatu keanekaragaman strategi-strategi yang dapat sukses, termasuk penglihatan yang dicampur (blended vision) atau penglihatan mono (monovision), dimana satu mata dikoreksi untuk penglihatan jauh yang lebih baik dan satu mata dikoreksi untuk penglihatan dekat yang lebih baik.
Tipe-Tipe Berbeda Dari LASIK

Ada suatu keanekaragaman dari tipe-tipe laser yang berbeda yang digunakan dalam ilmu pengobatan mata (ophthalmology). Semua prosedur-prosedur LASIK dilaksanakan dengan suatu tipe laser yang spesifik (excimer laser), jadi dalam satu arti, semua prosedur-prosedur LASIK adalah serupa. Bagaimanapun, ada suatu keanekaragaman dari pabrikan-pabrikan laser yang berbeda, termasuk Visx, Wavelight, Alcon, Bausch & Lomb, dan Nidek, diantara lain-lain, yang semuanya telah menciptakan laser-laser excimer yang spesifik. Lebih jauh, ada tipe-tipe yang berbeda dari laser ablations (penghancuran jaringan dengan laser) yang dapat dilaksanakan (lihat bawah), termasuk perawatan-perawatan laser konvensional, perawatan-perawatan wavefront-optimized, dan perawatan-perawatan wavefront-guided. Akhirnya, suatu tipe laser yang sama sekali berbeda (femtosecond laser) dapat digunakan sebagai ganti dari suatu microkeratome mekanis untuk menciptakan penutup (kornea) LASIK.
Definisi LASIK Konvensional

Lasik konvensional adalah pola ablasi (penghancuran jaringan) yang tersedia pada kebanyakan laser-laser yang merawat secara langsung berdasarkan resep kacamata-kacamata pasien, dengan parameter-parameter perawatan yang telah ditentukan untuk setiap pasien. Tipe perawatan ini adalah efektif untuk kebanyakan pasien-pasien namun dapat berakibat pada lebih banyak penyimpangan-penyimpangan penglihatan sepeti cahaya yang menyilaukan, lingkaran-lingkaran cahaya, dan persoalan-persoalan penglihatan malam daripada bentuk-betuk perawatan laser lainnya.


Definisi Wavefront-Optimized LASIK

Wavefront-optimized LASIK adalah tipe perawatan laser yang tersedia pada laser Wavelight. Perawatan ini juga berdasarkan resep kacamata-kacamata pasien, namun juga mempertimbangkan lengkungan dan ketebalan kornea, dan mengaplikasikan tenaga laser dalam suatu cara yang unik pada keliling kornea. Laser ini telah ditemukan mengurangi komplikasi-komplikasi tersebut diatas seperti cahaya yang menyilaukan , lingkaran-lingkaran cahaya, dan penyimpangan-penyimpangan penglihatan malam lainnya yang adakalanya dapat terjadi dengan perawatan-perawatan konvensional.
Definisi Wavefront-Guided LASIK

Wavefront-guided LASIK, juga dirujuk sebagai custom LASIK atau wavefront LASIK, adalah serupa LASIK konvensional, kecuali bahwa sebagai tambahan pada perawatan suatu refractive error dasar seorang pasien, perubahan-perubahan spesifik pada mata pasien (penyimpangan-penyimpangan yang tinggi) dapat juga dirawat. Pada wavefront-guided LASIK, pemetaan khusus dilaksanakan sebelum operasi untuk mengidentifikasi ketidakaturan-ketidakaturan kecil mana saja pada sistim optik pasien. Ketika ketidakaturan-ketidakaturan ini parah/berat, mereka dapat mempengaruhi kwalitas penglihatan, kepekaan kontras, dan penglihatan malam. Jika ketidakaturan-ketidakaturan yang signifikan ditemukan pada pemetaan wafefront seorang pasien, wavefront-guided LASIK dapat digunakan, dan perawatan akan berdasarkan pada peta-wavefront yang dihasilkan.
Tipe-Tipe Operasi Refractive Lain Yang Tersedia

Tipe-tipe lain dari operasi refractive tersedia dan mungkin lebih tepat daripada LASIK untuk individu-individu tertentu.

Advanced surface ablation: Ada keanekaragaman teknik-teknik lain yang menggunakan laser excimer untuk merubah bentuk kornea dalam suatu cara yang sangat sama seperti LASIK, namun tanpa penciptaan penutup kornea. Ini umumnya diistilahkan advanced surface ablation (ASA) dan termasuk photorefractive keratectomy (PRK), laser subepithelial keratomileusis (LASEK), dan epipolis laser in situ keratomileusis (Epi-LASIK). Semua teknik-teknik ini melibatakan pertama-tama mengangkat lapisan kornea yang paling dangkal (epithelium) dan kemudian melaksanakan excimer laser ablation (penghancuran jaringan dengan laser excimer).

Phakic intraocular lenses: Untuk pasien-pasien dengan myopia yang ekstrim, LASIK dan advanced surface ablation bukanlah pilihan-pilihan yang layak. Pada kasus-kasus ini, suatu lensa intraokular phakic mungkin digunakan. Lensa ini ditanamkan kedalam mata dan dapat secara efeketif merawat mata dekat (nearsightedness) sampai dengan -20 diopters.

Conductive keratoplasty: Conductive keratoplasty (CK) adalah suatu teknik yang dapat diguakan untuk koreksi sementara dari hyperopia atau presbyopia. CK melibatkan penggunaan gelombang-gelombang frekwensi radio pada sekeliling kornea untuk menyebakan penyusutan sekeliling kornea dan pencuraman pusat (central steepening). Prosedur ini sangat aman, namun efeknya seringkali tidak berlangsung lama, dan regresi (kemunduran) adalah umum setelah beberapa tahun.

Intracorneal ring segments: Intacs (Addition Technology, Inc.) disetujui untuk pengkoreksian myopia rendah dan untuk pasien-pasien dengan keratoconus di Amerika. Intacs adalah segmen-segmen paltik yang mikro tipis yang ditanam kedalam sekeliling kornea dalam rangka untuk meratakan kornea secara terpusat. Sekali ditanam, cincin-cincin umumnya tidak dapat dirasakan oleh pasien. Cincin-cincin ini dapat diangkat, dan efek mereka umumnya dapat dibalikkan dengan sepenuhnya. Mereka hanya mampu mengkoreksi sampai dengan -3 diopters dari myopia, dan pemulihan penglihatan umumnya lebih lambat dan kurang dapat diprediksikan daripada LASIK.


Kandidat Yang Tepat Untuk LASIK

Operasi refractive adalah bukan untuk setiap orang. Sebagai tambahan pada pemilikan suatu pemeriksaan mata yang komplit untuk menemukan apakah anda adalah seorang kandidat (calon) untuk operasi, ada pertanyaan-pertanyaan tertentu yang anda harus tanya pada diri anda sendiri sebelum mempertimbangkan LASIK atau prosedur-prosedur refractive lainnya.

1. Apakah saya bersedia menerima suatu risiko komplikasi-komplikasi operasi yang kecil namun nyata ? Walaupun Lasik modern adalah sangat aman dengan komplikasi-komplikasi yang jarang, tetap ada waktu-waktu ketika komplikasi-komplikasi yang tidak dapat dihindari terjadi yang dapat secara negatif mempengaruhi penglihatan anda.
2. Apakah karir saya mengizinkan saya mendapat LASIK ? Walaupun sekarang hanya ada sedikit organisasi-organisasi yang melarang karyawan-karyawan atau anggota-anggota mereka mendapatkan operasi refractive, jika ada keraguan apa saja, maka adalah penting untuk menanyai majikan anda, masyarakat pekerja, atau dinas militer apakah diizinkan untuk anda menjalani operasi refractive.
3. Apakah penglihatan saya telah stabil cukup lama untuk mendapatkan LASIK ? Sewaktu perubahan-perubahan minor dalam resep anda adalah bukan tidak umum dari tahun ke tahun, jika resep anda terus menerus menjadi lebih kuat secara progresif (contohnya, lebih myopic, lebih hyperopic, atau lebih astigmatism) setiap tahun, maka anda mungkin masih bukan seorang calon yang baik untuk operasi refractive.
4. Apakah saya mempunyai kondisi-kondisi kesehatan apa saja yang membuat saya seorang kandidat operasi yang buruk ? Penyakit-penyakit autoimun tertentu yang telah lanjut, seperti lupus dan rheumatoid arthritis, mungkin mempengaruhi penyembuhan setelah operasi.
5. Apakah aktivitas-aktivitas rekreasi saya membuat saya seorang calon operasi yang buruk ? Ada risiko seumur hidup dari dislokasi penutup LASIK jika ada suatu luka (trauma) yang signifikan pada mata, jadi orang-orang yang berpartisipasi pada olahraga-olahraga kontak seperti boxing, seni beladiri, atau wrestling tidak mungkin menjadi seorang calon yang baik untuk LASIK. Pada keadaan-keadaan ini, prosedur-prosedur refractive lain, terutama surface ablation, mungkin adalah pilihan-pilihan yang lebih tepat.
6. Apakah saya terlalu muda atau terlalu tua untuk LASIK ? Tidak ada aturan-aturan yang keras dan cepat tentang umur yang tepat untuk LASIK. Bagaimanapun, pasien-pasien dibawah umur 18 tahun adalah jarang cukup stabil untuk LASIK, dan pasien-pasien yang lebih tua mungkin mulai mengembangkan katarak-katarak atau persoalan-persoalan kesehatan mata lain yang menghalangi mereka dari menjalani LASIK. Sekali lagi, jalan terbaik untuk menentukan hal-hal ini adalah mendapatkan suatu pemeriksaan mata yang sepenuhnya.
7. Apakah saya mempunyai keratoconus ? Keratoconus adalah suatu penyakit kornea yang berakibat dari kekuatan kornea yang berkurang yang dapat dideteksi sebagai suatu lengkungan yang abnormal pada pengujian. Pasien-pasien yang mempunyai bukti keratoconus adalah bukan calon-calon untuk LASIK atau surface ablation, namun teknologi-teknologi baru mungkin menjadi tersedia untuk individu-individu ini.

Yang Dicari Dokter Selama Evaluasi

Dokte mata anda harus mencari faktor-faktor risiko sebelum operasi yang membuat anda seorang calon yang kurang ideal untuk operasi dan mendiskusikan penemuan-penemuan abnormal apa saja dengan anda sepanjang-panjangnya. Berikut dipertimbangkan sebagai faktor-faktor risiko untuk operasi refractive.

1. Resep-Resep yang tinggi: Pasien-pasien dengan resep-resep kacamata yang ekstrim (myopia tinggi atau hyperopia tinggi) mungkin bukan calon-calon yang baik untuk LASIK karean terlalu banyak jaringan kornea akan diperlukan untuk diangkat untuk melaksanakan prosedur secara aman.
2. Kornea yang tipis: Karena semua operasi laser excimer (LASIK dan surface ablation) memerlukan pengangkatan jumlah-jumlah kecil dari jaringan kornea untuk mengkoreksi refractive error anda, ketebalan kornea-kornea anda harus diukur sebelum operasi. Pasien-pasien yang mempunyai kornea-kornea yang sangat tipis berisiko untuk pelemahan kornea yang berlebihan setelah operasi dan mungkin bukan calon-calon yang baik untuk LASIK. Pada kasus-kasus ini, surface ablation atau prosedur-prosedur lain mungkin lebih tepat.
3. Lengkungan Kornea Abnormal: Ada banyak alat-alat yang digunakan sekarng ini untuk mengukur bentuk keseluruhan dan lengkungan dari kornea-kornea anda. Alat-alat ini disebut topographers dan adalah suatu bagian yang penting dari evaluasi awal anda. Kelainan-kelainan pada bentuk dan lengkungan dari kornea anda mungkin mengindikasikan bahwa kornea anda adalah lebih lemah daripada yang dari rata-rata orang, dan ini akan mengeluarkan anda dari mendapatkan LASIK secara aman.
4. Mata-Mata Kering: Pasien-pasien dengan gejala-gejala mata kering, seperti terbakar, kemerahan, dan keluar air mata mungkin mempunyai gejala-gejala yang paling buruk setelah operasi LASIK. Ini terjadi karena syaraf-syaraf kornea terpotong sewaktu prosedur ini, dan syaraf-syaraf ini sebagian bertanggung jawab untuk stimulasi pengeluaran air mata. Kebanyakan pasien-pasien mempunyai suatu pengembalian balik secara penuh pada keadaan garis dasar mereka setelah operasi; bagaimanapun, pasien-pasien dengan mata kering yang signifikan sebelum operasi mungkin bukan calon-calon operasi yang tepat.
5. Pupil-Pupil yang besar: Meskipun kurang umum sekarang ini, beberapa pasien-pasien tetap masih mencatat cahaya yang menyilaukan, lingkaran-lingkaran cahaya, atau persoalan-persoalan penglihatan malam lain setelah LASIK. Pasien-pasien dengan pupil-pupil yang lebih besar mungkin lebih cenderung mencatat hal-hal ini, jadi evaluasi screening anda harus termasuk pengukuran ukuran pupil anda dalam suatu kamar yang gelap.
6. Operasi Refractive sebelumnya: Operasi kornea atau tipe-tipe lain dari operasi refractive sebelumnya, terutama radial keratotomy (RK), mungkin mempersulit prosedur-prosedur tambahan. Anda harus berbicara dengan dokter mata anda tentang situasi ini dalam rangka membuat keputusan terbaik yang mungkin tentang kemampuan anda untuk dikoreksi dengan operasi lebih lanjut.


Risiko-Risiko LASIK

LASIK telah ditunjukan adalah suatu prosedur yang sangat efektif, dan kebanyakan pasien-pasien senang dengan penglihatan mereka setelah prosedur. Bagaimanapun, seperti prosedur operasi apa saja, LASIK datang dengan beberapa risiko-risiko. Dalam rangka untuk anda memutuskan apakah operasi LASIK adalah tepat untuk anda, anda perlu sadar tentang risiko-risiko dan komplikasi-komplikasi yang potensial dan menimbang ini secara hati-hati sebelum maju dengan operasi.

1. Anda mungkin terlalu-terkoreksi atau kurang-terkoreksi. Kebanyakan pasien-pasien puas dengan penglihatan mereka setelah suatu perawatan tunggal, namun pada beberapa kasus-kasus, anda mungkin tidak mencapai penglihatan yang berkwalitas pada awalnya dan memerlukan operasi kedua, disebut suatu perbaikan/peningkatan, untuk mempertajam penglihatan anda. Pasien-pasien dengan resep-resep yang lebih ekstrim berisiko lebih tinggi untuk memerlukan suatu perbaikan/peningkatan. Perbaikan/peningkatan ini tidak dapat dilaksanakan untuk berbulan-bulan setelah operasi awal anda untuk mengizinkan mata-mata anda untuk sembuh dengan baik dari operasi pertama dan untuk resep kacamata anda menstabilkannya. Pada kasus-kasus yang jarang , anda mungkin tidak mampu untuk mempunyai suatu perbaikan/peningkatan jika kornea-kornea anda terlalu tipis atau terbentuk secara abnormal setelah operasi.
2. Anda mungkin tetap memerlukan kacamata-kacamata dan lensa-lensa kontak setelah operasi untuk mencapai penglihatan anda yang terbaik. Ini adalah sangat jarang untuk rata-rata orang; bagaimanapun, ini adalah sesuatu yang anda harus diskusikan dengan ahli bedah anda. Sebagai tambahan, jika kedua mata-mata anda dikoreksi untuk penglihatan jauh yang baik, anda tetap memerlukan kacamata-kacamata untuk pekerjaan dekat ketika presbyopia berkembang sebagai bagian dari proses penuaan yang normal.
3. Hasil-hasil anda mungkin tidak permanen. Walaupun tidak umum, beberapa pasien-pasien mengalami suatu regresi (kemunduran) dari efek perawatan yang diinginkan bertahun-tahun setelah operasi. Ini adalah lebih umum pada pasien-pasien dengan hyperopia, atau mata jauh (farsightedness). Mereka yang memerlukan kacamata-kacamata baca terutama cenderung mempunyai perubahan-perubahan pada penglihatannya setelah operasi LASIK. Jika regresi terjadi, itu kemungkinan mungkin untuk anda mempunyai suatu operasi tambahan bertahun-tahun setelah LASIK pertama/awal anda.
4. Anda mungkin mengalami penyimpangan-penyimpangan penglihatan, terutama pada penerangan yang gelap. Efek-efek penglihatan yang dapat terjadi dengan LASIK dan mengurangi kwalitas penglihatan termasuk: anisometropia (perbedaan dalam kekuatan bias anatara kedua mata-mata), aniseikonia (perbedaan dalam ukuran gambar antara kedua mata-mata), penglihatan double, penglihatan kabur, penglihatan yang berfluktuasi seharian dan dari hari ke hari, menigkatkan kepekaan pada sinar, cahaya yang menyilaukan, bayangan-bayangan, dan melihat lingkaran-lingkaran cahaya sekitar cahaya-cahaya. Penyimpangan-penyimpangan penglihatan ini adalah sangat tidak umum; bagaimanapun, mereka mungkin menjadikannya tidak mampu untuk beberapa waktu dan mungkin tidak pernah hilang sepenuhnya.
5. Gejala-gejala mata kering mungkin menetap atau memburuk. Kebanyakan orang-orang mengalami beberapa gejala-gejala mata kering segera setelah operasi. Pada beberapa kasus-kasus, orang-orang mungkin mengalami perburukan gejala-gejala mata kering, seperti terbakar dan kemerahan, atau bahkan penglihatan yang berkurang, setelah operasi. Kondisi ini adakalanya permanen mungkin memerlukan obat-obat untuk memperbaiki produksi air mata atau punctal plugs, yang secara sementara menutup sistim pengaliran air-air mata.
6. Anda mungkin kehilangan penglihatan. Jarang, LASIK mungkin berakibat pada penglihatan yang lebih buruk yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak. Ini dapat berakibat dari komplikasi-komplikasi yang berhubungan dengan penutup (flap), kegagalan pemakaian alat, infeksi, luka parut (scarring), atau perubahan-perubahan yang ekstrim pada bentuk kornea setelah operasi.


Mencari Dokter Yang Tepat

Jika anda mempertimbangkan operasi bias (refractive surgery), adalah penting sekali bahwa anda membandingkan semua variabel-variabel (faktor tak tetap) yang berbeda yang masuk kedalam operasi anda. Sukses keseluruhan dari prosedur anda akan tergantung pada tipe operasi yang anda pertimbangkan, tipe dari alat-alat atau laser-laser yang digunakan untuk operasi khusus itu, dan tingkat pengalaman dari ahli bedah anda. Anda harus tidak mendasarkan keputusan anda semata-mata pada berapa besar biaya prosedur, dan anda harus membandingkan pusat-pusat mata (eye centers) yang berbeda dan dokter-dokter mata sebelum datang pada suatu keputusan. Operasi bias (refractive surgery) adalah permanen dan akan mempengaruhi penglihatan anda seumur hidup anda, jadi anda perlu secara hati-hati mempertimbangkan semua opsi-opsi (pilihan-pilihan) anda. Berikut adalah beberapa hal-hal spesifik untuk anda untuk dipertimbangkan:

1. Hati-Hati dengan Garansi. Hati-hati dengan pusat-pusat mata (eye centers) yang mengiklankan garansi pada operasi-operasi bias (refractive surgeries), termasuk "garansi seumur hidup", "20/20 atau bebas biaya," atau "penglihatan sempurna." Ingat bahwa tidak pernah ada garansi-garansi dengan operasi (bedah).
2. Mengenal ahli bedah anda. Pastikan bahwa ahli bedah yang anda pilih mempunyai latihan pendidikan yang tepat dan suatu reputasi yang baik di masyarakat. Anda harus meminta dokter mata anda untuk mendiskusikan hasil-hasil mereka dan menbandingkan mereka dengan hasil-hasil dari studi-studi yang dicetak pada buku manual alat produsen. Adalah juga penting untuk mengetahui bahwa ahli bedah anda akan tersedia untuk anda setelah operasi seandainya anda mengembangkan suatu komplikasi yang memerlukan pengendalian (manajemen).
3. Mengenal pusat operasi anda. Adalah sama pentingnya untuk memastikan bahwa pusat dimana anda mendapatkan operasi anda dilengkapi dengan teknologi terakhir, staf yang berpengetahuan, dan mempunyai suatu reputasi yang baik didalam masyarakat.
4. Menjadi seorang konsumen yang terdidik. Karena ini adalah suatu keputusan yang penting, anda harus membaca sebanyak mungkin informasi. Minta dokter anda untuk menyediakan anda dengan buklet (buku kecil atau brosur) pendidikan pasien dari produsen alat. Adalah juga penting untuk mempunyai suatu diskusi yang mendalam tentang prosedur yang paling tepat untuk mata-mata anda, karena ini mungkin bervariasi dari individu ke individu.


Yang Harus Diharapkan Sebelum, Selama dan Sesudah Operasi

Apa yang harus anda harapkan sebelum, selama, dan setelah operasi mungkin bervariasi sedikit dari pasien ke pasien dan dari ahli bedah ke ahli bedah; bagaimanapun, informasi yang didaftar dibawah adalah suatu petunjuk umum untuk proses LASIK. Setiap pasien mungkin juga mempunyai harapan-harapan yang sedikit berbeda, dan adalah penting untuk berbicara dengan dokter mata anda tentang harapan-harapan ini sebelum operasi.
Sebelum operasi

Sebelum prosedur manapun, anda akan memerlukan suatu pemeriksaan mata yang penuh oleh dokter mata anda. Proses ini akan membantu menentukan apakah anda seorang calon yang baik untuk operasi dan apakah anda mempunyai faktor-faktor risiko tertentu yang didaftar diatas. Jika anda memakai lensa-lensa kontak, anda harus mengeluarkan mereka untuk beberapa hari sebelum pemeriksaan awal anda dan gunakan kacamata-kacamata secara penuh waktu. Ini penting karena lensa-lensa kontak akan merubah bentuk kornea anda, dan jika kornea anda tidak mempunyai cukup waktu tanpa lensa-lensa kontak, maka pengukuran-pengukuran yang diambil sebelum operasi mungkin tidak akurat. Anda harus mendiskusikan jumlah waktu anda diminta diluar dari lensa-lensa kontak dengan pusat bedah (operasi) yang melaksanakan evaluasi anda.

Selama pemeriksaan awal anda, anda harus bicara pada dokter mata anda tentang kondisi-kondisi mata dan medis anda pada masa lalu dan sekarang, termasuk operasi mata atau luka (trauma) manapun sebelumnya. Adalah juga penting untuk mendiskusikan obat-obat yang anda minum, termasuk obat-obat bebas resep (over the counter), karena ini adakalanya dapat mempengaruhi penglihatan atau operasi anda. Juga pastikan untuk mengatakan alergi-alergi obat apa saja yang anda punya.

Selama pemeriksaan mata ini, dokter anda harus mendiskusikan topik-topik tertentu dengan anda, termasuk apakah anda seorang calon yang baik untuk operasi bias (refractive surgery). Ia harus mendiskusika risiko-risiko, manfaat-manfaat, dan alternatif-alternatif dari operasi, dan apa yang harus anda harapkan sebelum, selama, dan setelah prosedurnya. Dokter anda harus juga menjelaskan apa yang dapat diharapkan dari anda sebelum, selama, dan setelah operasi.

Adalah sangat penting bahwa anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan selama pemeriksaan ini, dan secara ideal anda harus telah mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang anda ingin dijawab dalam pikiran anda sebelum pemeriksaan anda. Anda akan perlu untuk memikirkan tentang semua risiko-risiko dan manfaat-manfaat dan mengambil waktu untuk meninjau ulang selebaran-selebaran yang disediakan pada anda oleh dokter anda. Setelah anda mempunyai waktu yang banyak untuk memikirkan tentang persoalan-persoalan ini dan mempunyai semua pertanyaan-pertanyaan anda terjawab, anda akan perlu untk menandatangani suatu formulir persetujuan yang telah diinformasikan. Adalah tidak direkomendasikan untuk mempunyai evaluasi awal anda dan operasi yang dilaksanakan pada hari yang sama, karena ini tidak memberikan anda waktu yang cukup untuk merenungkan secara penuh keputusan anda. Adalah juga tidak ideal untuk pertama kali bertemu dengan ahli bedah anda pada hari operasi, karena ini sekali lagi tidak memberikan anda banyak waktu dan kesempatan untuk bertanya pertanyan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab oleh ahli bedah anda sebelum prosedur anda.

Pada hari operasi, anda akan memerlukan untuk menghindari menggunakan semua lotion-lotion, cream-cream, makeup, dan minyak-minyak wangi. Beberapa dari item-item ini mengumpul pada bulu-bulu mata dan mungkin meningkatkan risiko infeksi anda, dimana yang lain-lain (lotion dan minyak wangi) dapat mempengaruhi fungsi laser. Dalam suatu usaha untuk membersihkan pinggiran kelopak mata anda, dokter anda mungkin meminta bahwa anda menggosok kelopak-kelopak dan bulu-bulu mata anda dengan suatu sabun yang lembut yang adalah aman untuk mata-mata sebelum operasi.

Anda akan juga memerlukan untuk mengatur transport dari dan ke pusat operasi kedua-duanya pada hari operasi dan untuk kunjungan follow-up pertama anda hari berikutnya. Anda tidak akan diizinkan mengendarai mobil sendiri untuk pulang kerumah setelah operasi pada keadaan-keadaan apapun.
Selama operasi

Operasi mata LASIK biasanya memakan waktu kurang dari 30 menit untuk melaksanakan operasi pada kedua mata-mata. Anda akan dibawa ke ruangan operasi dan ditempatkan pada suatu bangku atau ranjang yang dapat dimiringkan dimana anda akan berbaring pada punggung anda. Sistim laser terdiri dari suatu mikroskop yang dipasang pada suatu mesin yang besar dan sebuah layar komputer.

Setelah anda berbaring dan diposisikan dibawah laser, tetes-tetes mata yang membiuskan akan ditempatkan pada mata-mata anda, dan area sekitar mata-mata anda akan dibersihkan secara menyeluruh. Setelah team (regu) bedah anda, termasuk ahli-ahli bedah anda dan asisten-asistennya, telah meninjau ulang dan mengkonfirmasi semua informasi perawatan anda, suatu lid speculum akan ditempatkan untuk mempertahankan kelopak-kelopak mata anda terbuka selama operasi. Ketika waktunya menciptakan penutup LASIK, suatu alat penghisap ditempatkan pada mata anda yang akan memandangnya. Selama periode ini, anda mungkin merasakan tekanan yang mungkin sedikit banyaknya tidak enak, dan penglihatan anda akan menggelap untuk suatu periode waktu yang singkat. Dokter anda akan kemudian menggunakan microkeratome untuk menciptakan penutup kornea. Setelah penutup diciptakan, microkeratome akan diangkat, penghisap akan mati, dan penglihatan anda akan kembali, walaupun kemungkinannya tetap kabur untuk sisa waktu prosedur.

Dokter anda akan kemudian secara hati-hati menggeser penutup dalam rangka untuk menyingkapkan jaringan kornea yang terletak dibawahnya. Segala kelembaban yang berlebihan pada jaringan akan dikeringkan, dan ketebalan kornea yang terletak dibawahnya akan diukur. Peralatan laser akan kemudian diposisikan diatas mata anda. Dokter anda akan meminta anda untuk menatap secara langsung pada cahaya. Harus dicatat bawa cahaya yang ditatapi oleh anda adalah bukan laser yang sedang dgunakan untuk operasi dan mungkin mempunyai warna-warna yang berbeda berdasarkan pada laser yang spesifik yang sedang digunakan untuk perawatan anda. Cahaya ini hanya digunakan sehingga mata anda akan tetap pada suatu posisi yang ditentukan.

Laser akan kemudian dimulai oleh dokter anda sekali mata anda dalam suatu posisi yang memuaskan. Jangan kaget jika anda mencatat suara-suara berdetak dan bau-bau baru selama bagian ini dari prosedur. Suara berdetak adalah suara nadi-nadi (pulses) dari laser dan bau-bau, yang telah digambarkan oleh beberapa orang-orang sebagai rambut yang terbakar, adalah penguapan cairan dari kornea anda selama laser ablation (penghancuran jaringan dengan laser). Jumlah waktu perawatan laser bervariasi diantara pasien-pasien namun biasanya adalah kurang dari 60 detik. Setelah jumlah yang tepat dari jaringan kornea telah dihancurkan oleh laser, penutup kornea secara lembut ditempatkan kembali kebawah kedalam posisi asalnya.

Untuk melindungi mata anda, suatu pelindung akan ditempatkan sekitar mata anda. Ini adalah untuk mencegah anda dari secara kebetulan menggosok mata anda atau menaruh tekanan apa saja pada mata anda. Kornea anda adalah terutama mudah luka pada periode awal setelah operasi, yang adalah mengapa itu sangat penting untuk mempertahankan mata anda terlindung. Jika anda mempunyai kedua mata dirawat selama operasi yang sama, ahli bedah akan mereposisikan laser diatas mata lain anda dan proses yang sama akan diulangi untuk mata yang kedua.
Setelah operasi

Segera setelah prosedur selesai, anda mungkin mencatat bahwa mata-mata anda merasa teriritasi, terbakar, gatal, atau merasa seperti ada ssesuatu didalamnya. Mata-mata anda akan seringkali berair atau keluar air mata secara berlebihan, dan penglihatan anda akan menjadi sedikit banyaknya kabur. Hal yang paling penting untuk dihindari selama waktu ini adalah menggosok mata-mata anda. Jangan menggosok mata-mata anda dalam keadaan apapun, karena meggosok dapat memindahkan atau menggeser penutup kornea, yang dapat meminta anda untuk mendapatkan suatu prosedur tambahan untuk menempatkan kembali atau mereposisikan itu. Menggunakan airmata-airmata tiruan yang berlimpah dan istirahat dengan mata-mata anda tertutup akan paling efektif meredakan sensasi-sensasi ini. Pada beberapa kejadian-kejadian, mungkin ada ketidakenakan yang menigkat atau bahkan suatu derajat nyeri yang ringan, untuk mana dokter anda mungkin menasehati anda untuk meminum obat penghilang nyeri. Pada kebanyakan kasus-kasus, obat-obat anti-peradangan nonsteroid, seperti ibuprofen, adalah cukup untuk menghilangkan nyeri. Sebagai tambahan pada airmata-airmata tiruan, anda akan mempunyai tetes-tetes antibiotik dan tetes-tetes anti-peradangan (steroids) untuk digunakan yang dimulai pada hari operasi yang anda akan terus menerus gunakan berhari-hari sampai berminggu-minggu setelah operasi.

Gejala-gejala lain yang anda mungkin catat segera setelah operasi termasuk kepekaan sinar, penglihatan berkabut, cahaya yang menyilaukan, melihat ledakan-ledakan bintang atau lingkaran-lingkaran cahaya disekeliling sinar-sinar, atau mata-mata yang memerah. Semua gejala-gejala ini seharusnya membaik melalui beberapa hari pertama setelah operasi. Adalah sangat penting bahwa anda menghubungi dokter anda segera pada malam pertama setelah operasi jika anda mempunyai nyeri yang sangat atau jika penglihatan anda memburuk dan tidak membaik. Anda tidak perlu menunggu hingga kunjungan follow-up pertama anda jika mengalami salah satu dari hal-hal ini.

Kunjungan pertama anda setelah operasi harus dijadwalkan dalam 24 jam setelah operasi. Pada kunjungan itu, dokter anda akan memeriksa penglihatan anda dan memeriksa mata-mata anda. Anda akan terus menerus menggunakan tetes-tetes antibiotik-antibiotik dan steroid begitu juga airmata-airmata tiruan. Penglihatan anda seharusnya lebih terang namun masih kabur pada beberapa hari pertama setelah operasi, dan anda mungkin perlu untuk melakukan penyesuaian pekerjaan anda atau jadwal perjalanan atau bahkan libur beberapa waktu setelah operasi untuk sembuh sepenuhnya.

Anda harus menanya dokter anda berapa lama anda perlu menunggu untuk mulai berpartisipasi kembali pada olahraga-olahraga, seperti jalan atau jogging. Pada umumnya, anda harus menunggu dari satu sampai tiga hari setelah operasi untuk memulai olahraga-olahraga dengan benturan yang rendah, dan menghindari kemungkinan luka mata apa saja, seperti olahraga-olahraga yang lebih bersaing, untuk suatu waktu yang minimum dua atau tiga minggu. Sebagai tambahan, adalah tidak bijaksana untuk memaparkan diri anda pada risiko-risiko infeksi mata seperti kolam-kolam renang, danau-danau selama proses awal penyembuhan. Ahli bedah anda akan memberitahu anda kapan anda dapat memulai lagi aktivitas-aktivitas ini.

Seperti disebutkan lebih awal, lotio-lotion, cream-cream, makeup, dan minyak-minyak wangi dapat seringkali menyebabkan penumpukan pada kelopak-kelopak mata dan mungkin meningkatkan risiko infeksi. Tanya dokter anda kapan sebaiknya memulai lagi penggunaan produk-produk ini.

Secara khas, penglihatan anda akan stabil dalam minggu pertama atau kedua, namun itu mungkin terus menerus berubah melalui beberapa bula-bulan pertama setelah operasi. Itu mungkin memakan waktu dari tiga sampai enam bulan untuk penglihatan anda untuk stabil sepenuhnya. Gejala-gejala penglihatan lain, seperti cahaya yang menyilaukan, melihat lingkaran-lingkaran cahaya, dan kesulitan mengendarai mobil waktu malam hari, mungkin berlanjut selama periode stabilisasi ini. Perawatan-perawatan tambahan, atau perbaikan-perbaikan, mungkin diperlukan setelah operasi, namun stabilitas dari kornea anda akan perlu ditegakkan sebelum perawatan-perawatan apa saja yang diulang dilaksanakan. Sebelum perbaikan-perbaikan dipertimbangkan, anda harus telah mempunyai pengukuran-pengukuran mata yang konsisten pada dua kunjungan yang berurutan. Ketika mempertimbangkan perawatan-perawatan tambahan, anda harus tahu bahwa dimana adalah mungkin penglhatan anda dapat diperbaiki dengan perbaikan-perbaikan, tepat seperti dengan operasi awal, tidak ada garansi-garansi, dan masih ada risiko-risiko yang dihubungkan dengan mendapatkan operasi.

Anda harus tidak ragu-ragu memanggil dokter mata anda segera jika anda mengembangkan perburukan atau gejala-gejala tidak umum kapan saja setelah operasi. Gejala-gejala ini mungkin adalah suatu tanda-tanda dari suatu persoalan yang serius yang dapat berakibat pada kehilangan penglihatan jika tidak dirawat dengan tepat dalam suatu model waktu.



Keuntungan-Keuntungan Operasi LASIK

Secara ringkas, meskipun risiko-risiko yang diuraikan secra singkat diatas, LASIK telah dibuktikan aman dan efektif untuk kebanyakan orang-orang. Dengan penyaringan dan pemilihan pasien secara hati-hati, harapan-harapan yang layak, dan dalam perawatan dari seorang ahli bedah yang berpengalaman, kebanyakan pasien-pasien akan sangat senang dengan hasil-hasil mereka. Ini adalah beberapa dari keuntungan-keuntungan lain dari LASIK:

* LASIK mampu untuk mengkoreksi secara akurat kebanyakan tingkatan-tingkatan dari myopia (nearsightedness), hyperopia (farsightedness), dan astigmatism.
* Prosedurnya cepat, biasanya berlangsung hanya lima sampai 10 menit, dan biasanya tidak sakit.
* Karena lasernya dituntun oleh sebuah komputer, ia adalah sangat tepat dan hasil-hasilnya adalah sangat akurat.
* Pada kebanyakan kasus-kasus, suatu perawatan tunggal akan mencapai hasil yang diinginkan; bagaimanapun, perbaikan-perbaikan adalah mungkin jika diperlukan, bahkan bertahun-tahun setelah operasi pertama/awal.

Kerugian-Kerugian Operasi LASIK

* Karena setiap pasien akan sembuh secara sedikit berbeda, hasil-hasil mungkin bervariasi dari pasien ke pasien.
* LASIK dapat membuat beberapa aspek-aspek penglihatan anda lebih buruk, termasuk penglihatan malam dengan cahaya yang menyilaukan dan lingkaran-lingkaran cahaya.
* LASIK mungkin membuat gejala-gejala mata kering lebih buruk pada individu-individu tertentu.
* Pada keadaan-keadaan yang jarang, LASIK dapat membuat penglihatan anda lebih buruk dan tidak dapat dikoreksi dengan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak reguler (biasa).

Checklist LASIK

1. Mengetahui refractive error (kesalahan bias) anda.
2. Mengetahui opsi-opsi (pilihan-pilihan) perawatan anda.
3. Mengetahui tipe laser yang telah direkomendasikan untuk perawatan anda dan kenapa laser spesifik ini dipilih.
4. Mengathui apa yang dicari untuk menentukan apakah anda seorang calon yang baik untuk operasi.
* Persoalan-persoalan karir
* Stabilitas penglihatan
* Penyakit-penyakit medis atau mata
* Umur
* Ketebalan kornea
* Bentuk dan lengkungan kornea
* Ukuran pupil
* Mata-mata kering
* Operasi bias (refractive) sebelumnya
5. Mengetahui risiko-risiko yang mungkin dengan operasi.
* Terlalu-koreksi atau kekurangan-koreksi
* Mungkin masih memerlukan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak setelah operasi
* Hasil-hasil mungkin tidak permanen
* Penyimpangan-penyimpangan penglihatan
* Mata kering mungkin memburuk
* Mungkin kehilangan penglihatan
6. Mengatahui bagaimana mencari ahli bedah yang tepat.
* Berpengalaman
* Reputasi yang baik dalam masyarakat
* Akses ke teknologi terakhir
* Tersedia setelah operasi untuk mengendalikan komplikasi-komplikasi apa saja yang mungkin terjadi
* Hati-hati dengan "garansi"
7. Mengetahui apa yang diharapkan sebelum, selama, dan setelah operasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar