Jumat, 04 Maret 2011

Peripheral Neuropathy

Definisi Peripheral Neuropathy

Peripheral neuropathy adalah penyakit dari syaraf (-syaraf) terpisah dari otak dan spinal cord (sumsum tulang belakang). Pasien-pasien dengan peripheral neuropathy mungkin mempunyai rasa kesemutan, mati rasa, sensasi-sensasi yang tidak biasa, kelemahan, atau rasa nyeri terbakar.

Penyebab Peripheral Neuropathy

Ada banyak penyebab-penyebab yang mungkin dari peripheral neuropathy, termasuk:

1. Diabetes Mellitus
2. Shingles (post herpetic neuralgia)
3. Kekurangan vitamin, terutama B12 dan folate
4. Alkohol
5. Penyakit-penyakit autoimmune, termasuk lupus, rheumatoid arthritis atau Guillain-Barre syndrome
6. AIDS, apakah dari penyakit atau perawatannya,
7. syphilis, dan gagal ginjal
8. Penyakit-penyakit yang diwariskan, seperti amyloid polyneuropathy atau penyakit Charcot-Marie-Tooth
9. Paparan pada racun-racun, seperti metal-metal berat, senyawa-senyawa emas, timah, arsenic, mercury, dan pestisida-pestisida organophosphate
10. Obat-obat terapi kanker seperti vincristine (Oncovin, Vincasar), dan obat-obat lain [contohnya antibiotik-antibiotik seperti metronidazole (Flagyl), dan isoniazid (Nydrazid, Laniazid)]

Sementara diabetes dan post herpetic neuralgia adalah penyebab-penyebab yang paling umum dari peripheral neuropathy, seringkali tidak ada penyebab yang ditemukan. Pada situasi-situasi ini, ia dirujuk sebagai idiopathic peripheral neuropathy.

Adakalanya, terjebaknya (terjepitnya) syaraf peripheral, seperti carpal tunnel syndrome, dipertimbangkan sebagai peripheral neuropathies. Pada kasus-kasus ini, tekanan pada syaraf agaknya daripada keadaan penyakit menjurus pada malfungsi syaraf.

Adakah Perawatan Untuk Peripheral Neuropathy ?

Perawatan untuk peripheral neuropathy tergantung pada penyebabnya. Langkah pertama pada perawatan adalah, oleh karenanya, mencari penyebabnya.

* Kekurangan-kekurangan vitamin dapat dikoreksi.
* Diabetes dapat dikontrol, meskipun kontrol mungkin tidak membalikan neuropathy. Tujuan dengan diabetes adalah deteksi dini untuk mencegah kejadian neuropathy.
* Neuropathies yang berhubungan dengan penyakit-penyakit imun dapat diperbaiki dengan perawatan dari penyakit autoimun.
* Neuropathy yang disebabkan oleh terjepitnya syaraf dapat dirawat dengan terap fisik, suntikan-suntikan atau operasi.
* Perawatan yang segera dengan suntikan-suntikan sympathetic dapat mengecilkan kesempatan dari shingles yang berlanjut ke post herpetic neuralgia.

Jika perawatan yang spesifik tidak tersedia, nyeri dari neuropathy dapat biasanya dikontrol dengan obat-obat. Perawatan yang paling sederhana adalah acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin. Tricyclic antidepressants seperti amitriptyline (Elavil) dan obat-obat anti-seizure, seperti carbamazepine (Tegretol) telah digunakan untuk membebaskan nyeri dari neuropathy. Capsaicin, kimia yang bertanggung jawab untuk pedasnya chili peppers, digunakan sebagai cream untuk membantu membebaskan nyeri dari peripheral neuropathy. Pregabalin (Lyrica) baru-baru ini disetujui oleh FDA untuk perawatan dari post herpetic neuralgia dan diabetic peripheral neuropathy, sementara duloxetine (Cymbalta) telah disetujui untuk diabetic peripheral neuropathy. Tambahan dari obat-obat ini pada kumpulan dari alat-alat untuk merawat peripheral neuropathy adalah sangat menggembirakan dan mengindikasikan minat pada area ini.

Jika anda percaya anda mempunyai peripheral neuropathy, anda harus menghubungi dokter anda karena banyak penyebab-penyebab dari peripheral neuropathy dapat dirawat dengan sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar