Kamis, 03 Maret 2011

Wax Telinga

Definisi Wax (Lilin) Telinga

Kulit pada bagian luar dari kanal telinga mempunyai kelenjar-kelenjar khusus yang menghasilkan wax (lilin) telinga, juga dikenal sebagai cerumen. Tujuan dari wax alamiah ini adalah untuk melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi-infeksi. Biasanya sejumlah kecil dari wax berakumulasi dan kemudian mengering dan jatuh keluar dari kanal telinga, membawa dengannya debu atau pertikel-partikel pasir yang tidak dikehendakinya. Wax telinga adalah berguna dalam jumlah-jumlah yang normal dan berfungsi untuk melapisis kulit dari kanal telinga dimana ia bekerja sebagai penolak air sementara. Ketidakhadiran dari wax telinga mungkin berakibat pada telinga-telinga yang kering, gatal, dan bahkan infeksi. Cerumen mungkin bervariasi dalam bentuk dan penampilan. Ia mungkin hampir cair, atau kokoh dan padat. Warna dari wax telinga dapat juga bervariasi tergantung pada komposisinya. Sekresi-sekresi glandular, sel-sel kulit yang terkelupas, bakteri normal hadir pada permukaan kanal, dan air mungkin hadir pada seluruh wax telinga.

Pada kebanyakan waktu kanal-kanal telinga membersihkan dirinya sendiri; yaitu, ada migrasi yang perlahan dan tertib dari kulit yang melapisi kanal telinga dari gendang telinga sampai ke bukaan bagian luar dari telinga. Kotoran telinga yang tua diangkut secara terus menerus dari area-area kanal telinga yang lebih dalam keluar ke bukaan dimana ia biasanya mengering, mengelupas, dan jatuh keluar.

Kapan Wax Telinga Harus Dikeluarkan ?

Pada keadaan-keadaan yang ideal, anda harus tidak pernah boleh membersihkan kanal-kanal telinga anda. Bagaimanapun, kita semua tahu bahwa ini adalah tidak selalu kasusnya. Kotoran telinga (wax telinga) mungkin berakumulasi pada kanal telinga untuk keragaman dari sebab-sebab, termasuk penyempitan dari kanal telinga yang berakibat dari infeksi-infeksi atau penyakit-penyakit kulit, tulang-tulang, atau jaringan penghubung; produksi dari bentuk cerumen yang kurang cair (lebih umum pada orang-orang yang lebih tua yang disebabkan oleh kelenjar-kelenjar yang menua yang menghasilkan wax telinga); atau produksi cerumen yang berlebihan dalam respon pada trauma atau halanga didalam kanal telinga. Ketika wax telah berakumulasi begitu banyak sehingga ia menghalangi kanal telinga (dan megganggu pendengaran), dokter anda mungkin harus membersihkannya keluar (dikenal sebagai lavage), menyedotnya keluar, atau mengeluarkannya dengan alat khusus. Secara alternatif, dokter anda mungkin meresepkan obat tetes telinga yang didisain untuk melunakkan wax (seperti obat-obat tetes telinga trolamine polypeptide oleate [Cerumenex]) .

Anda mungkin pertama mencoba produk bebas resep atau over-the-counter (OTC) jika anda perlu untuk mengeluarkan wax telinga, seperti obat-oba tetes telinga Debrox atau Murine. Jika telinga anda masih terasa terhalangi setelah menggunakan obat-obat tetes ini, anda harus konsultasikan dengan dokter anda. Jika anda mencoba pelunak-pelunak wax telinga, adalah penting untuk mengetahui bahwa anda tidak mempunyai gendang telinga yang berlubang sebelum menggunakan produknya. Menaruh pelunak-pelunak wax telinga pada telinga anda pada kehadiran dari gendang telinga yang berlubang mungkin menyebabkan infeksi pada telinga tengah. Dengan cara yang sama, hanya mencucui telinga seseorang pada kehadiran lubang mungkin memulai infeksi. Jika anda tidak pasti apakah anda mempunyai atau tidak mempunyai lubang pada gendang telinga anda, konsultasikan dengan dokter anda. Beberapa orang-orang mungkin juga hipersensitif pada produk-produk yang didisain untuk melunakan wax telinga. Oleh karenanya, jika nyeri, kepekaan atau ruam kulit lokal berkembang, anda harus memberhentikan penggunaan obat-obat tetes ini.

Apakah OK Untuk Menggunakan Q-tips ?

Jangan pernah memasukan barang apa saja yang lebih kecil dari sikut anda kedalam telinga anda! Wax tidak dibentuk di bagian dalam dari kanal telinga dekat gendang telinga, namun hanya di bagian luar dari kanal dekat bukaan bagian luar. Jadi ketika dokter melihat bahwa seorang pasien mempunyai wax yang terdorong pada gendang telinga, ia tahu bahwa itu adalah seringkali karena pasien telah menggali telinganya dengan benda-benda seperti Q-Tips (cotton bud), bobby pins atau ujung-ujung serbet yang dipelintir! Benda-benda seperti itu hanya berfungsi sebagai pelantak-pelantak untuk mendorong wax lebih dalam kedalam telinga. Juga, kulit dari kanal telinga dan gendang telinga adalah sangat tipis dan mudah robek, dan mudah terluka. Kanal telinga lebih mudah mendapatkan infeksi setelah ia dibersihkan dari wax yang baik dan tipe pelapis. Dokter-dokter melihat banyak gendang-gendang telinga yang berlubang sebagai akibat dari usaha-usaha diatas. Beberapa dokter-dokter merekomendasikan penggunaan dari dua tetes dari mineral oil pada setiap telinga satu hari per minggu pada waktu tidur untuk membantu mencairkan wax telinga pada orang-orang yang mempunyai sejarah kekambuhan persoalan-persoalan dengan wax telinga. Ini harus hanya dilakukan jika individunya mempunyai gendang telinga yang utuh dan tidak ada persoalan-persoalan lain dengan telinga-telinga yang diketahui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar